- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[Sharing] Ngurus surat-surat ijin perusahaan
TS
loling
[Sharing] Ngurus surat-surat ijin perusahaan
Ane ingin berbagi pengalaman mengurus surat-surat perusahaan (PT) dan berhadapan langsung dengan jajaran PNS kita yg maha kuasa di Jakarta Utara tepatnya.
Domisili
Dengan modal pengetahuan dari mbah google, ane menyiapkan dokumen2 sbg berikut:
Dengan menggunakan foursquare ane jadi tahu lokasi Kelurahan Pademangan Barat. Ane minta tolong temen ane, coba urus dahulu dan minta si dia tuk menanyakan syarat2 dan biaya dahulu. Percakapan yg terjadi dari cerita temen ane (intinya saja karena sudah lama dan lupa detail)
Kemudian datang ke-2x, lengkap bawa semua dokumen
Temen ane sudah males ngurusin, karena kelakukan pns2 tersebut. Jadilah ane yg meneruskan dari surat domisili yg belum di ttd tersebut. Datanglah ane ke sana ke-3x, ternyata di kantor ini sudah ada PTSP (hasil dari Jokohok).
PTSP di Keluarahan ini adalah calo resmi pemerintah kita, pns ini menggunakan buku kupon sumbangan sebagai sarana pungli. Dari laporan-laporan di lapor.ukp.go.id banyak sekali yg terjebak dengan kupon tersebut. Namun sebenarnya kita tidak wajib memberikan sumbangan dan pelayanannya adalah GRATIS!
Pengalaman mengurus surat keterangan domisili pt di tahun 2016.. Berdasarkan pengalaman2 sebelumnya,, maka dokumen yg saya siapkan adalah:
Semua masukin ke tas, berangkatlah saya melalang buana di dunia pns.. Langkah2 yg saya lalui adalah:
Hmm, kenapa jadi lama (h+2) baru jadi?? Hanya cacing di tanah yg tahu.. Padahal ptsp termasuk kategori sepi dan tahun lalu saya buat, langsung jadi dalam waktu 40 menit.. Ya sudah lah, paling males berargumen dengan dewa dewi pns
Awalnya mau coba perpanjang surat domisili via online http://pelayanan.jakarta.go.id/,, tapi tetep harus ada surat pengantar rt rw dan kelurahan jg di daerah rt rw, jadi sekalian aja.. Nanti SIUP dan TDP mau coba via online..
NPWP dan PKP
Dari web pajak.go.id dan ortax.org , ane dapat prosedur cara pindah alamat untuk NPWP dan PKP. Dokumen yg perlu disiapkan adalah:
Ane selalu membawa seluruh dokumen lengkap asli dan fotokopi 2 rangkap, tidak ada ruginya bawa semua dokumen. Jadi selalu siap apabila diminta dokumen-dokumen lain yg tidak tertera di web resmi (selalu terjadi). Tahap2nya cukup mudah:
Memang tidak ada pungli (alias gratis) di pengurusan yg berhubungan dengan pajak, tapi lamaaaaaaaaanya ga tahan. Ga tau pada ngapain aja. Ato jangan-jangan ini cara mereka untuk melakukan pungli?? sengaja di lama2in?? Tidak ada yg tahu. Telpon Kring Pajak ini amat sangat membantu dalam informasi dan pengaduan. Mereka juga melakukan follow up tentang pengaduan kita sampai beres.
SIUP dan TDP
Ane pikir setelah domisili beres, SIUP dan TDP bisa jalan paralel dengan NPWP. Ternyata oh ternyata tidak bisa, NPWP harus keluar dahulu. Jadi mulai ngurus ini setelah NPWP keluar (1 bulan lebihhhhhh aje gila). Dokumen yg ane siapkan
Datanglah ane ke kantor Walikota Jakarta Utara, disini jg ada PTSP. Proses:
Jadi bisa dibilang ane ngurus SIUP TDP kira2: 1 bulan 1 minggu, baru beres. Sedangkan tahun 2013 kemarin, kita heboh dengar pak Jokowi marah2 di kantor walikota karena prosesnya lama. Yah mau gimana lagi, kalo badan tidak sejalan dengan otak. Bagaimana rasanya lumpuh?
Dalam proses ini PTSP berperan sangat baik dalam membantu masyarakat dan tidak ada pungli sama sekali. PTSP disini berlaku sebagai petugas resmi yg menghubungkan masyarakat dengan Sudin UMKM. PTSP ini berkembang cukup baik, dari pertama kali datang hanya ada 2 orang staff saja di meja penerima tamu yg bekerja serabutan. Sampai akhirnya ada lebih dari 6 staff, mesin nomor antrian, konsultasi, pengambilan dokumen, penyerahan dokumen.
Yang perlu diperhatikan di PTSP ini adalah telpon. Betapa susahnya menelpon ke PTSP ini, seperti kantor siluman. Masuk ke mesin operator, namun tidak tersambung kemana2. Menelpon ke PTSP ini membutuhkan kesabaran yg super dan pulsa yg buanyakkkkk. Ane habis 100rban pulsa fren hanya untuk nelpon menanyakan status dokumen.
API-U
Sekarang mau proses pindah alamat untuk surat API-U. Dari mbah Google ketahuan deh lokasinya SUDIN UMKM di Jl. Perintis Kemerdekaan di tepi Kelapa Gading. Nah ini pengalaman baru aja, jadi ingatan juga masih segar. Seperti biasa ane bawa semua dokumen asli + fk, selalu siaga. Entah kenapa sampai ke kantor ini, aura/ suasananya tuh ga enak, feeling ane jg jadi ga enak.
Datang ke-1x, dengan quest: cari tahu persyaratan dan biaya. Masuk ke gedung cari loket yg berhubungan dengan API, akhirnya ketemu loket 1. Berdirilah ane di loket 1 yg kanan. Tidak ada orang. Ane tunggu saja disana sekitar 5 menit. Akhirnya muncul jg makluknya
Makin ga enak aja feelingnya hahahaha. Kemudian ta tinggal karena banyak dokumen yg harus ane siapkan:
Ane diharuskan siapkan 2 rangkap; 1) untuk BAP pindah alamat 2) untuk pembaharuan API-U
Setelah dokumen siap, datanglah ane ke-2xnya langsung nyelonong aja ke loket1. Ternyata salah, urus BAP di sudin beda gedung. Jalanlah ke gedung sudin ke loketnya.
Ane penasaran peraturan apa yah itu harus dijemput. Mbah Google jg gagal memberikan pencerahan. Yah ikuti aja lah
Setelah 2 minggu, staff sudin tersebut telpon lagi untuk janjian survey. Janjian kamis pk.9.30, tapi dibatalkan mendadak di hari h. Janjian kembali hari jumat di waktu yg sama. Datanglah ane ke-3x, sudah di tkp pk.9.30, tapi staffnya belum siap dengan alasan "salah pakai baju, harus ganti dahulu". Alhasil ditunggu sampai 10.10 baru siap berangkat survey.
Selesai survey, dalam perjalanan pulang di mobil (percakapan dipersingkat biar langsung intinya aja)
Survey lokasi ini memerlukan kamera. Karena ane ga tau, ane poto pake henpon aja. Jadi direktur dan staff sudin dipoto bareng di dalem dan luar kantor. Kemudian kita cetak potonya 3R. Hasil cetak poto diserahkan ke staff sudin terkait. Datanglah ane ke-4x nya hanya untuk serahkan foto.
Setelah 1 mingguan akhirnya jadi juga BAP, datanglah ane ke-5xnya, ngambil BAP dan langsung pengajuan pembaharuan api-u. Loket 1 API yg kanan (pasti ketahuan siapa makhluknya)
Selang 1 minggu lebih beberapa hari, dapat kabar API sudah siap. Datanglah ane ke-6xnya ke loket 1 lagi. Entah kenapa setiap kali ke loket 1 pasti tidak ada orang dan harus berdiri dahulu di depan loket 5-10 menit baru nongol makhluknya. Sudah siap henpon di posisi video, tinggal pencet langsung rec. Tapi ternyata staff tersebut tidak minta pungli. Ya sudah beres dokumen API-U nya GRATIS
Kantor pemerintah ini yg menurut pengalaman ane paling banyak minta pungli dan syncron antar gedung hebat. Dari pertama kali masuk gedung saja feeling sudah ga enak, sampe akhirnya kejadian. Ane baca peraturan menteri perdagangan republik indonesia nomor: 27 /M-DAG /PER /5 /2012, sama sekali tidak disinggung mengenai survey wajib dijemput, dan biaya API-U. Jadi untuk anda yg ingin mengurus SIUP TDP, yg notabene bisa langsung jg mengurus di SUDIN UMKM, lebih baik urungkan niat anda, dan beralih lah ke PTSP walikota.
STNK kendaraan PT
Share pengalaman jg ngurus perpanjangan tahunan stnk kendaraan pt.. Seperti biasa modal mbah google, dokumen yg disiapkan (dokumen yg diminta diberi tanda *):
Datang ke samsat gunung sahari hari sabtu, pk.8.15 (jam operasional 8.00-15.00 hari biasa, 8.00-12.00 hari sabtu).. Langkah2 yg dilalui:
Saya dateng hari sabtu pagi, udah ruameeee, dan parkiran jg ruameeee.. Ke dalem jg penuh orang.. Seperti biasa orang jakarta itu tidak mengerti antri dan tidak tahu sopan santun, banyak banget yg motong antrian, batuk di muka orang, bersendawa di muka orang.. Memang manusia jakarta nomer 1..
Calo2 yg kenal orang dalem jg masih banyak terlihat. Ko bisa tau?? Nunggu lumayan lama, ngapain lagi?? Perhatiin komunikasi orang2 dengan loket.. Ngasih berkas2 sekaligus segambreng dan langsung ditangani orang dalam, loket cuma numpang lewat.. Ga dipanggil jg buat ngambil notice pembayaran,, langsung hai hai an.. Yahhhh mungkin juga saya yg sok tau..
KIR Kendaraan PT --> http://www.kaskus.co.id/show_post/57...d118b4567/25/-
Domisili
Spoiler for liat:
Spoiler for 1:
Dengan modal pengetahuan dari mbah google, ane menyiapkan dokumen2 sbg berikut:
- Akte notaris pendirian asli + fotokopi (fc)
- SK menteri kehakiman asli + fc
- KTP direktur asli + fc
- Surat Domisili lama asli + fc
- Surat sewa ruko/ keterangan penggunaan ruko asli + fc
- Bukti bayar PBB tahun lalu fc
- USB berisi foto-foto kantor luar dan dalam
- Print-an laporan-laporan tentang pungli domisili dari lapor.ukp.go.id
- Surat Kuasa
- Cap PT
Dengan menggunakan foursquare ane jadi tahu lokasi Kelurahan Pademangan Barat. Ane minta tolong temen ane, coba urus dahulu dan minta si dia tuk menanyakan syarat2 dan biaya dahulu. Percakapan yg terjadi dari cerita temen ane (intinya saja karena sudah lama dan lupa detail)
temen ane: bu, mau pindah alamat domisili pt perlu apa saja
staff1: dokumen [ini itu ini itu] dan bisa saya bantu dengan biaya 300rb
temen ane: bukannya gratis? untuk apa bu 300rb?
staff1: untuk sumbangan dan staf2 freelance, kasian mereka
staff1: dokumen [ini itu ini itu] dan bisa saya bantu dengan biaya 300rb
temen ane: bukannya gratis? untuk apa bu 300rb?
staff1: untuk sumbangan dan staf2 freelance, kasian mereka
Kemudian datang ke-2x, lengkap bawa semua dokumen
temen ane: bu, mau pindah alamat untuk surat domisili [menyerahkan semua dokumen]
staff: biayanya 300rb yah untuk sumbangan
temen ane: menurut laporan dan peraturan di print-an ini gratis bu. Kalo ibu tetap memaksa saya minta nama lengkap dan nomor telpon ibu
------- alhasil jadi lah surat domisilinya GRATIS tapi blom di ttd, karena dia minta surat dari pengurus komplek ruko bawah memang benar berkantor disana ------
staff: biayanya 300rb yah untuk sumbangan
temen ane: menurut laporan dan peraturan di print-an ini gratis bu. Kalo ibu tetap memaksa saya minta nama lengkap dan nomor telpon ibu
------- alhasil jadi lah surat domisilinya GRATIS tapi blom di ttd, karena dia minta surat dari pengurus komplek ruko bawah memang benar berkantor disana ------
Spoiler for 2:
Temen ane sudah males ngurusin, karena kelakukan pns2 tersebut. Jadilah ane yg meneruskan dari surat domisili yg belum di ttd tersebut. Datanglah ane ke sana ke-3x, ternyata di kantor ini sudah ada PTSP (hasil dari Jokohok).
ane: bu, saya mau minta ttd surat domisili ini
staff1: apa bawa dokumen2 pelengkapnya?
------- untung ane selalu bawa lengkap dokumen2 asli + fc ---------
staff1: ditunggu sebentar yah
------- nunggu 5 menit ------
staff2: pak mohon ikut saya ke atas supaya cepat
------- ikutlah ane keatas menunggu sang PNS minta ttd surat domisilinya ------
staff2: sudah beres pak [kemudian turun lagi bersama]
staff2: [cengengesan] mohon dibantu yah pak sumbangannya
ane: sumbangan apa?
staff2: nanti pak dibawah ada kupon sumbangannya
------- sampai dibawah, diperlihatkanlah kupon sumbangan tsb -------
ane: terus kupon ini siapa yg isi?
staff2: o terserah
------- ane keluarin 20rb, terus ane sobek selembar kupon tsb dan pergi -------
staff1: apa bawa dokumen2 pelengkapnya?
------- untung ane selalu bawa lengkap dokumen2 asli + fc ---------
staff1: ditunggu sebentar yah
------- nunggu 5 menit ------
staff2: pak mohon ikut saya ke atas supaya cepat
------- ikutlah ane keatas menunggu sang PNS minta ttd surat domisilinya ------
staff2: sudah beres pak [kemudian turun lagi bersama]
staff2: [cengengesan] mohon dibantu yah pak sumbangannya
ane: sumbangan apa?
staff2: nanti pak dibawah ada kupon sumbangannya
------- sampai dibawah, diperlihatkanlah kupon sumbangan tsb -------
ane: terus kupon ini siapa yg isi?
staff2: o terserah
------- ane keluarin 20rb, terus ane sobek selembar kupon tsb dan pergi -------
PTSP di Keluarahan ini adalah calo resmi pemerintah kita, pns ini menggunakan buku kupon sumbangan sebagai sarana pungli. Dari laporan-laporan di lapor.ukp.go.id banyak sekali yg terjebak dengan kupon tersebut. Namun sebenarnya kita tidak wajib memberikan sumbangan dan pelayanannya adalah GRATIS!
Spoiler for Update April 2016:
Pengalaman mengurus surat keterangan domisili pt di tahun 2016.. Berdasarkan pengalaman2 sebelumnya,, maka dokumen yg saya siapkan adalah:
- Kopi ktp penanggung jawab *
- Kopi npwp penanggung jawab
- Kopi npwp pt
- Kopi akta pendirian *
- Kopi sk kehakiman
- Kopi bukti bayar pbb 2015 *
- Kopi bukti pemilik/ sewa tempat usaha *
- kopi domisili tahun lalu *
- Print warna foto tempat usaha (tampak dalam dan luar) *
Semua masukin ke tas, berangkatlah saya melalang buana di dunia pns.. Langkah2 yg saya lalui adalah:
- Surat pengantar ep1; Pagi2 ke ketua rt tempat usaha tersebut, untuk meminta surat pengantar untuk membuat surat domisili usaha pt. Disini yg dilihat diminta adalah ktp saya (yg kebetulan jg sama dengan penanggung jawab pt) dan info pt (nama dan alamat).. 5 menit beres.. Pastikan data yg diisi benar dan sudah di ttd pak rt.. Biaya = 0
- Surat pengantar ep2; lanjut ke ketua rw, untuk minta ttd surat pengantar tersebut.. Ketemu ketua rw kelihatannya lagi sibuk, mau nganter orang dulu katanya dengan motor.. Jadi saya sabar menanti pak rw kembali.. Setelah 20 menit,, muncul juga.. Disini yg diminta adalah info pt (nama dan alamat).. Ttd tidak sampai 1 menit beres.. Yg lama adalah pak rw bercerita panjang lebar dengan maksud meminta sumbangan sukarela setiap bulannya untuk keperluan warga rw tersebut.. Tidak masalah karena tidak dipaksakan, dan sukarela.. Biaya = 0
- Kelurahan ep1; lanjut ke kelurahan, untuk realisasi lakon utamanya - domisili.. Langsung masuk ke ptsp.. Disini yg dibutuhkan adalah yg saya berikan tanda bintang list dokumen diatas.. Diluar list diatas, yg ditanyakan adalah bpjs ketenagakerjaan, yg dimana saya ga punya, dan hanya mempunyai 1 karyawan.. Saya tidak yakin apakah npwp pt dan penanggung jawab dibutuhkan, tetapi karena saya membuat kopinya dalam 1 lembar kertas (save tree) dengan ktp, maka saya berikan semua.. Setelah berkas diserahkan, disuruh tunggu 5 menit.. .. .. .. .. .. Dorrr .. Dipanggil,, dikasi tanda terima,, dan diminta kembali h+2 sore..
- Kelurahan ep2; datang h+2 pk.13.30.. Kasi tanda terima, untuk ngambil domisili.. Pns nya nyari berkas di meja blakangnya, nyari di kolong meja dia, nyari ke belakang, nanya meja seblah, nyari lagi meja blakang, nyari lagi kolong meja, pergi lagi ke blakang.. Sampe 15 menit.. Akhirnya orang seblah bilang "diprint aja dulu biar beres". Tapi ini orang nyari terus terus dan terus.. Sampai orang blakang nyamperin juga bilang "diprint aja dulu".. Akhirnya dia mau print.. Ttd.. Beres.. Jadi nunggu h+2 jg blum tentu dokumen anda siap..
Hmm, kenapa jadi lama (h+2) baru jadi?? Hanya cacing di tanah yg tahu.. Padahal ptsp termasuk kategori sepi dan tahun lalu saya buat, langsung jadi dalam waktu 40 menit.. Ya sudah lah, paling males berargumen dengan dewa dewi pns
Awalnya mau coba perpanjang surat domisili via online http://pelayanan.jakarta.go.id/,, tapi tetep harus ada surat pengantar rt rw dan kelurahan jg di daerah rt rw, jadi sekalian aja.. Nanti SIUP dan TDP mau coba via online..
NPWP dan PKP
Spoiler for liat:
Dari web pajak.go.id dan ortax.org , ane dapat prosedur cara pindah alamat untuk NPWP dan PKP. Dokumen yg perlu disiapkan adalah:
- Akte notaris pendirian asli + fotokopi (fc)
- SK menteri kehakiman asli + fc
- KTP direktur asli + fc
- NPWP direktur asli + fc
- Surat Domisili asli + fc
- Surat sewa ruko/ keterangan penggunaan ruko asli + fc
- NPWP lama
- Cap PT
Ane selalu membawa seluruh dokumen lengkap asli dan fotokopi 2 rangkap, tidak ada ruginya bawa semua dokumen. Jadi selalu siap apabila diminta dokumen-dokumen lain yg tidak tertera di web resmi (selalu terjadi). Tahap2nya cukup mudah:
- Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (kpp) lama di Ancol, kemudian ajukan permohonan 'surat pindah'. Prosedur tidak rumit karena pindah masih dalam satu kotamadya (Jakut)
- Staff melakukan input ke system dan bilang ke ane ditunggu aja 1 minggu, apabila belum ada kabar, hubungi AR nya. Diberikan selip kuning ke ane
- Setelah 1 minggu ane telpon deh tuh AR, katanya "belom pak, masih belom beres surat tugasnya"
- Bolak balik telpon setiap 1 minggu akhirnya sampai 1 bulan jg masih dibilang belom belom belom belom
- Ane telpon kring pajak untuk pengaduan lamanya pengurusan surat pindah ini
- Setelah itu 1 minggu kemudian akhirnya jadi juga surat pindah
- Datanglah ane ke KPP baru di Enggano (tj priok sana) yg sesuai dengan wilayah domisili kantor baru, dan minta dibuatkan NPWP baru dan PKP baru. NPWP dan PKP langsung jadi saat itu juga
Memang tidak ada pungli (alias gratis) di pengurusan yg berhubungan dengan pajak, tapi lamaaaaaaaaanya ga tahan. Ga tau pada ngapain aja. Ato jangan-jangan ini cara mereka untuk melakukan pungli?? sengaja di lama2in?? Tidak ada yg tahu. Telpon Kring Pajak ini amat sangat membantu dalam informasi dan pengaduan. Mereka juga melakukan follow up tentang pengaduan kita sampai beres.
SIUP dan TDP
Spoiler for liat:
Spoiler for 1:
Ane pikir setelah domisili beres, SIUP dan TDP bisa jalan paralel dengan NPWP. Ternyata oh ternyata tidak bisa, NPWP harus keluar dahulu. Jadi mulai ngurus ini setelah NPWP keluar (1 bulan lebihhhhhh aje gila). Dokumen yg ane siapkan
- Akte notaris pendirian asli + fotokopi (fc)
- SK menteri kehakiman asli + fc
- KTP direktur asli + fc
- Surat Domisili asli + fc
- NPWP asli + fc
- Materai (lupa jumlahnya, ane beli 10pcs buat jaga2)
- Foto 3x4 Dirut, berwarna 2lbr
- Cap PT
Datanglah ane ke kantor Walikota Jakarta Utara, disini jg ada PTSP. Proses:
- Minta formulir perubahan SIUP dan surat pernyataan tidak memberikan pungli
- PTSP ini tidak membagikan formulir sebagai gratis, jadi kita disuruh fotokopi formulir sendiri di blakang terus balikin lagi formulir dari ptsp nya (segitu pelitnya)
- Isi lengkap formulir SIUP dan surat pernyataan, tempel materai, cap PT, tanda tangan
- Serahkan semua beserta dokumen2 pendukung
- Ane tanya apakah bisa sekalian TDP, kata staff tidak bisa, harus 1 1. ya udah deh
- Dibuatkan tanda terima dan diminta hubungi kembali setelah 2 minggu (lama benerrrrr)
- Ane iseng telpon kesana setelah 1 minggu dan menanyakan status SIUP, ternyata sudah selesai!!!
- Datanglah kesana keesokan harinya, dan ane cek SIUPnya. Alamakk masa salah ketik nama dirut. Staff nya suruh ane ke Sudin UMKM di perintis kemerdekaan untuk koreksi. Enak aja, yang salah siapa, yg repot siapa. Luar biasa memang mental PNS.
- Ane tetep kekeuh minta pertanggungjawaban PTSP. Akhirnya diterima kembali untuk dikoreksi. Staff suruh ane fotokopi ke blakang tanda terimanya. (sumpeh sediain 1 mesin foto kopi disana kenapa?). Diminta tunggu lagi 2 minggu
- Kali ini sampai 2 minggu lebih beberapa hari, baru jadi SIUPnya
- Langsung saya urus TDP saat itu jg, prosesnya sama dengan SIUP; isi formulir & surat pernyataan, tempel materai, stempel PT, serahkan bersama dengan dokumen2 pendukungnya.
- 2 minggu lagi untuk TDP baru beres (haizzzzzz)
Spoiler for 2:
Jadi bisa dibilang ane ngurus SIUP TDP kira2: 1 bulan 1 minggu, baru beres. Sedangkan tahun 2013 kemarin, kita heboh dengar pak Jokowi marah2 di kantor walikota karena prosesnya lama. Yah mau gimana lagi, kalo badan tidak sejalan dengan otak. Bagaimana rasanya lumpuh?
Dalam proses ini PTSP berperan sangat baik dalam membantu masyarakat dan tidak ada pungli sama sekali. PTSP disini berlaku sebagai petugas resmi yg menghubungkan masyarakat dengan Sudin UMKM. PTSP ini berkembang cukup baik, dari pertama kali datang hanya ada 2 orang staff saja di meja penerima tamu yg bekerja serabutan. Sampai akhirnya ada lebih dari 6 staff, mesin nomor antrian, konsultasi, pengambilan dokumen, penyerahan dokumen.
Yang perlu diperhatikan di PTSP ini adalah telpon. Betapa susahnya menelpon ke PTSP ini, seperti kantor siluman. Masuk ke mesin operator, namun tidak tersambung kemana2. Menelpon ke PTSP ini membutuhkan kesabaran yg super dan pulsa yg buanyakkkkk. Ane habis 100rban pulsa fren hanya untuk nelpon menanyakan status dokumen.
Spoiler for Update tahun 2016:
http://www.kaskus.co.id/show_post/570880f91a9975dd118b4567/25/-
API-U
Spoiler for liat:
Spoiler for 1:
Sekarang mau proses pindah alamat untuk surat API-U. Dari mbah Google ketahuan deh lokasinya SUDIN UMKM di Jl. Perintis Kemerdekaan di tepi Kelapa Gading. Nah ini pengalaman baru aja, jadi ingatan juga masih segar. Seperti biasa ane bawa semua dokumen asli + fk, selalu siaga. Entah kenapa sampai ke kantor ini, aura/ suasananya tuh ga enak, feeling ane jg jadi ga enak.
Datang ke-1x, dengan quest: cari tahu persyaratan dan biaya. Masuk ke gedung cari loket yg berhubungan dengan API, akhirnya ketemu loket 1. Berdirilah ane di loket 1 yg kanan. Tidak ada orang. Ane tunggu saja disana sekitar 5 menit. Akhirnya muncul jg makluknya
Ane: mau pindah alamat API-U pak. Perlu apa aja yah?
Staff: ----- dijelaskanlah panjang lebar sampai selesai -----
Ane: Berapa biayanya Pak untuk pembaharuan API-U?
Staff: ahh gampang itu, nanti aja.
Staff: ----- dijelaskanlah panjang lebar sampai selesai -----
Ane: Berapa biayanya Pak untuk pembaharuan API-U?
Staff: ahh gampang itu, nanti aja.
Makin ga enak aja feelingnya hahahaha. Kemudian ta tinggal karena banyak dokumen yg harus ane siapkan:
- Akte notaris pendirian asli + fotokopi (fc)
- SK menteri kehakiman asli + fc
- KTP direktur asli + fc
- Surat Domisili asli + fc
- NPWP asli + fc
- SIUP asli + fc
- TDP asli + fc
- Materai (lupa jumlahnya)
- Foto 3x4 Dirut, latar blakang merah 2lbr
- Cap PT
- Surat keterangan dari Banknya PT asli + fc
- Surat pernyataan
- Formulir2 (entah kenapa banyak)
- API lama asli
Ane diharuskan siapkan 2 rangkap; 1) untuk BAP pindah alamat 2) untuk pembaharuan API-U
Spoiler for 2:
Setelah dokumen siap, datanglah ane ke-2xnya langsung nyelonong aja ke loket1. Ternyata salah, urus BAP di sudin beda gedung. Jalanlah ke gedung sudin ke loketnya.
- Ane masukan berkas-berkas untuk BAP
- Setelah 10 menitan, dipanggil oleh staffnya ke dalem
- Tukeran nomor hp dengan staff karena harus survey lokasi kantor
- Ane nanya harus tunggu brapa lama sampe survey, dijawab "cepet kok, minggu depan jg udah saya hubungi"
- Yah ane tinggal deh tuh markas pns
- Tidak lama kemudian Staf Sudin menelpon
Staf: Pak, nanti pada saat survey, kita dijemput dengan mobil ya..., karena 2 orang yang survey
Ane: dijemput?
Staf: iya pak, wajib, sudah peraturannya dijemput
Ane: o gitu
Staf: sama pak Direkturnya jg harus ada yah di kantor
Ane: dijemput?
Staf: iya pak, wajib, sudah peraturannya dijemput
Ane: o gitu
Staf: sama pak Direkturnya jg harus ada yah di kantor
Ane penasaran peraturan apa yah itu harus dijemput. Mbah Google jg gagal memberikan pencerahan. Yah ikuti aja lah
Setelah 2 minggu, staff sudin tersebut telpon lagi untuk janjian survey. Janjian kamis pk.9.30, tapi dibatalkan mendadak di hari h. Janjian kembali hari jumat di waktu yg sama. Datanglah ane ke-3x, sudah di tkp pk.9.30, tapi staffnya belum siap dengan alasan "salah pakai baju, harus ganti dahulu". Alhasil ditunggu sampai 10.10 baru siap berangkat survey.
Selesai survey, dalam perjalanan pulang di mobil (percakapan dipersingkat biar langsung intinya aja)
Staff: apakah bapak sudah tahu mengenai biayannya?
Ane: biaya apa? Bukannya gratis?
Staff: oo maunya gratis yah, kalo begitu laporan langsung dengan koordinator saya, pak...
Ane: buat apa? Kenapa harus ketemu beliau kalo gratis?
Staff: iya supaya nanti dibicarakan langsung dengan pak... kalo bapak mau gratis
Ane: Memang menurut peraturan resmi, biayanya berapa?
Staff: *cengengesan*
----- Ane keluarkan henpon pencet rec video -----
Ane: coba ngomong ulang pak, saya videoin
Staff: wah jangan pak maap pak bla bla bla bla saya orang kecil bla bla bla maap pak bla bla bla maap pak bla bla bla istri anak bla bla bla
Ane: jadi menurut peraturan resmi berapa biayanya?
Staff: gratis pak iya gratis
Ane: jadi saya perlu ketemu pak.... lagi??
Staff: tidak usah pak gratis pak
----- suasana diam, bener kan feeling ane yg ga enak, ini dia kejadian ------
Staff: pak, saya minta didrop di sini aja mau jumatan
Ane: ya silakan
Ane: biaya apa? Bukannya gratis?
Staff: oo maunya gratis yah, kalo begitu laporan langsung dengan koordinator saya, pak...
Ane: buat apa? Kenapa harus ketemu beliau kalo gratis?
Staff: iya supaya nanti dibicarakan langsung dengan pak... kalo bapak mau gratis
Ane: Memang menurut peraturan resmi, biayanya berapa?
Staff: *cengengesan*
----- Ane keluarkan henpon pencet rec video -----
Ane: coba ngomong ulang pak, saya videoin
Staff: wah jangan pak maap pak bla bla bla bla saya orang kecil bla bla bla maap pak bla bla bla maap pak bla bla bla istri anak bla bla bla
Ane: jadi menurut peraturan resmi berapa biayanya?
Staff: gratis pak iya gratis
Ane: jadi saya perlu ketemu pak.... lagi??
Staff: tidak usah pak gratis pak
----- suasana diam, bener kan feeling ane yg ga enak, ini dia kejadian ------
Staff: pak, saya minta didrop di sini aja mau jumatan
Ane: ya silakan
Survey lokasi ini memerlukan kamera. Karena ane ga tau, ane poto pake henpon aja. Jadi direktur dan staff sudin dipoto bareng di dalem dan luar kantor. Kemudian kita cetak potonya 3R. Hasil cetak poto diserahkan ke staff sudin terkait. Datanglah ane ke-4x nya hanya untuk serahkan foto.
Spoiler for 3:
Setelah 1 mingguan akhirnya jadi juga BAP, datanglah ane ke-5xnya, ngambil BAP dan langsung pengajuan pembaharuan api-u. Loket 1 API yg kanan (pasti ketahuan siapa makhluknya)
Staff: waktu bap sama siapa?
Ane: pak...
....... Cek dokumen .......
Staff: ok dokumen beres, ditunggu aja 1 minggu. Minta no telpnya
........ Tukeran nope .........
Staff: dananya samain aja sama bap
Ane: dana apa??
Staff: bap kemaren bayar brapa?
Ane: ga bayar apa2. Gratis
Staff: ini harus ada setoran lho
Ane: setoran apa pak?
Staff: ya udah gampang nanti aja
Ane: pak...
....... Cek dokumen .......
Staff: ok dokumen beres, ditunggu aja 1 minggu. Minta no telpnya
........ Tukeran nope .........
Staff: dananya samain aja sama bap
Ane: dana apa??
Staff: bap kemaren bayar brapa?
Ane: ga bayar apa2. Gratis
Staff: ini harus ada setoran lho
Ane: setoran apa pak?
Staff: ya udah gampang nanti aja
Selang 1 minggu lebih beberapa hari, dapat kabar API sudah siap. Datanglah ane ke-6xnya ke loket 1 lagi. Entah kenapa setiap kali ke loket 1 pasti tidak ada orang dan harus berdiri dahulu di depan loket 5-10 menit baru nongol makhluknya. Sudah siap henpon di posisi video, tinggal pencet langsung rec. Tapi ternyata staff tersebut tidak minta pungli. Ya sudah beres dokumen API-U nya GRATIS
Kantor pemerintah ini yg menurut pengalaman ane paling banyak minta pungli dan syncron antar gedung hebat. Dari pertama kali masuk gedung saja feeling sudah ga enak, sampe akhirnya kejadian. Ane baca peraturan menteri perdagangan republik indonesia nomor: 27 /M-DAG /PER /5 /2012, sama sekali tidak disinggung mengenai survey wajib dijemput, dan biaya API-U. Jadi untuk anda yg ingin mengurus SIUP TDP, yg notabene bisa langsung jg mengurus di SUDIN UMKM, lebih baik urungkan niat anda, dan beralih lah ke PTSP walikota.
STNK kendaraan PT
Spoiler for April 2016:
Share pengalaman jg ngurus perpanjangan tahunan stnk kendaraan pt.. Seperti biasa modal mbah google, dokumen yg disiapkan (dokumen yg diminta diberi tanda *):
- Kopi akta pendirian pt
- Kopi domisili yg baru diatas *
- Kopi siup *
- Kopi tdp *
- Kopi stnk *
- Kopi bpkb *
- Kopi ktp *
- Kopi npwp *
- Kopi keterangan leasing * (ternyata harus asli)
- Uang tunai *
- Tambahan: surat kuasa * (wajib ada walaupun ngurus sendiri)
Datang ke samsat gunung sahari hari sabtu, pk.8.15 (jam operasional 8.00-15.00 hari biasa, 8.00-12.00 hari sabtu).. Langkah2 yg dilalui:
- Ke loket sblah kanan (roda 4) ngambil formulir... Dan isi formulir dahulu
- Siapin berkas2 dan formulir menuju loket 1 pendaftaran.. Dicek kelengkapan berkas2, menariknya:
Loket: surat kuasanya mana?
Gw: itu pt saya sendiri, dan saya ngurus sendiri
Loket: tetap harus ada surat kuasa dengan kop surat, materai, dan cap
Gw: ada lagi ga yg kurang??
Loket: (dilihat2) ga ada, itu aja
Seperti biasa, udah males argumen sama dewa dewi pns
- Baliklah bikin surat kuasa.. Saya memberi kuasa kepada diri saya sendiri (logikanya dimana??), lengkap dgn kop surat, materai, cap dan ttd
- Kembali ke loket orang yg sama, ngasi berkas yg sama + surat kuasa.. Menarik:
Loket: bpkb nya mana??
Gw: leasing pa, adanya fotokopi aja udah disitu
Loket: surat keterangan leasingnya mana??
Gw: itu ada jg disana
Loket: ngga ada (dibalikin berkas2)
Gw: (ta buka berkasnya) ini pa
Loket: ga ada aslinya??
Gw: fotokopi aja pa (mulai jengkel nih, tadi padahal udah ditanya, kalo berkas2 yg lain udah ok)
Loket: ya udah lain kali pake yg asli yah
Gw: (aminnnnn)
- Nunggu dipanggil di loket 2 untuk notice biaya selama 20 menit
- Setelah dipanggil cek dulu apa data yg terisi sudah benar, kemudian antri di kasir, langsung bayar (ingat yah loket hanya terima tunai.. Aneh??)
- Nunggu dipanggil lagi di loket pengambilan stnk selama 20 menit lagi.. Beresss
- Iseng keatas lt.4 nanya apakah kendaraan pribadi kena pajak progresif.. Ada loket kusus di sblah kanan.. Bawa aja stnk..
Saya dateng hari sabtu pagi, udah ruameeee, dan parkiran jg ruameeee.. Ke dalem jg penuh orang.. Seperti biasa orang jakarta itu tidak mengerti antri dan tidak tahu sopan santun, banyak banget yg motong antrian, batuk di muka orang, bersendawa di muka orang.. Memang manusia jakarta nomer 1..
Calo2 yg kenal orang dalem jg masih banyak terlihat. Ko bisa tau?? Nunggu lumayan lama, ngapain lagi?? Perhatiin komunikasi orang2 dengan loket.. Ngasih berkas2 sekaligus segambreng dan langsung ditangani orang dalam, loket cuma numpang lewat.. Ga dipanggil jg buat ngambil notice pembayaran,, langsung hai hai an.. Yahhhh mungkin juga saya yg sok tau..
KIR Kendaraan PT --> http://www.kaskus.co.id/show_post/57...d118b4567/25/-
Diubah oleh loling 26-04-2016 08:34
0
4.2K
Kutip
26
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan