alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53690da282cf17133200009e/lakukan-hal-ini-saat-agan-susah-tidur
Lakukan Hal ini saat agan susah tidur.
Lakukan Hal ini saat agan susah tidur.
KOMPAS.com - Meskipun Anda biasa tertidur dengan pulas, namun mungkin ada pula waktu-waktu ketika insomnia datang menghampiri. Nah, daripada jengkel karena tidak kunjung bisa tidur, lebih baik Anda mencoba lima teknik relaksasi ini.
1. Kendalikan visualisasi
Menurut Joshua Jacobi, ahli jantung dari Pasadena, California, mengendalikan visualisasi dapat membentuk perasaan rileks dengan segera. Caranya yaitu dengan berbaring santai, kemudian katakan "rileks" pada semua bagian tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.
"Kemudian bayangkan Anda sedang berada di pantai dan bayangkan pantai di semua sensor tubuh. Misalnya, rasakan kasarnya pasir di ujung kaki, panasnya matahari yang menyirami, dan angin sepoi-sepoi yang menyapu wajah. Bayangkan pohon kepala bergoyang tertiup angin. Dan dengarkan suara ombak laut berdesir," ujar Jacobi.
2. Analisa siklus tidur
Ari Meisel, pendiri blog kesehatan "Less Doing More Living" mengatakan, mengetahui data tentang tidur akan mempermudah Anda mengatasi insomnia. Ini juga akan membantu untuk mengetahui pola tidur yang seharusnya paling tepat untuk Anda.
3. Atasi cemas
Saat cemas menyerang, jangan langsung mencoba tidur karena justru akan menyebabkan insomnia. Sebaliknya, Anda perlu lebih dulu mengatasi kecemasan tersebut. Caranya antara lain olahraga, yoga, hingga minum obat antidepresan.
4. Atur pernapasan melalui lubang hidung
Ini adalah pola relaksasi menggunakan jari manis dan jempol yang diletakan secara lembut di sisi lubang hidung. Tarik napas panjang, hembuskan. Kemudian, tutup lubang hidung kanan dengan jempol, tarik napas dengan lubang hidung kiri selama empat hitungan. Setelah mencapai puncaknya, buka kembali lubang hidung kanan, dan tutup lubang hidung kiri, lalu hembuskan napas selama empat hitungan pula. Lakukan ini berulang-ulang hingga Anda rileks.
5. Hitung mundur
Saat terbaring, menghitung mundur mungkin bermanfaat mengenyahkan insomnia. Lakukan perlahan, satu hitungan untuk satu detik. Mulailah dari angka 100... 99... 98... Nah jika Anda kehilangan hitungan, maka Anda perlu mulai lagi dari angka 100. Namun jangan biarkan ini justru membuat Anda frustrasi, lakukan pelan-pelan.
Menurut Philip Mandel, pakar hipnoterapi di Beaverton, Oregon mengatakan, hitungan mundur bersifat monoton dan hipnotik ringan yang akan membuat Anda mengantuk. "Ini tidak sama dengan hipnosis langsung seperti "kamu mengantuk", tetapi melakukan sesuatu yang monoton akan memberikan efek mengantuk," jelasnya.

Maaf gan repost dari kompas.comemoticon-Blue Repost
Semoga bermanfaat buat agan sekalian.
oke saya akan menghitung mundur dari 1000 sampe saya ngantuk dan tertidur. makasi gan tipsnya. moga2 lancar. selamat tidur gan
thanks tipsnya gan.....
Iya gan sama-sama
Nih gan, siapa tau bisa bantu biar tidurnya pules emoticon-Smilie

Lima Langkah Dapatkan Tidur Berkualitas
Gaya Hidup Sehat
Selasa, 02 Desember 2014

Walaupun sudah banyak aturan tentang bagaimana mendapatkan tidur berkualitas, tetap saja ada beberapa kebiasaan seseorang yang unik agar bisa tidur nyenyak. Entah mesti tidur mendekap bantal guling, memeluk boneka beruang, atau tengkurap.

Namun, sebagaimana dilansir dari kanal kesehatan huffingtonpost.co.uk, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapat tidur yang baik. Mungkin U Doctorians mau mencoba?

Mandi
Ketika otak bersiap untuk tidur, secara alamiah suhu tubuh akan turun sekitar dua jam sebelum tidur. Berendam dalam bak mandi diyakini dapat menaikkan suhu tubuh Anda, sehingga dengan cepat akan membuat kondisi badan segar dan rileks. Sebuah studi kecil yang dilakukan tahun 1985 juga mengungkapkan bahwa orang yang berendam air hangat sebelum tidur tidak hanya memtidur lebih nyenyak, tapi lebih berkualitas.

Menyumbat telinga
Para ahli sepakat bahwa tidur ideal itu ruangan harus sejuk, gelap, dan tenang. Penyumbat telinga merupakan cara sederhana (dan murah) untuk memperoleh ketenangan dan tidur yang cepat. Kenapa? Karena menyumbat telinga membantu Anda memblokir, tidak hanya lalu lintas suara, tapi pasangan tidur yang mendengkur atau bahkan suara dengung elektronik.

Klik next untuk mengetahui lebih banyak cara tidur yang berkualitas

- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....2XdZoVBp.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin
boleh ni gan
temen ane kebetulan susah tidur
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
Info bagus ni.. buat nambah pengetahuan hahaha