alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53621b82ac07e7b1398b45dd/ada-apa-dengan-malam-jumat
Ada Apa Dengan Malam Jumat?
Mitos yang belum tentu kebenaranya tapi orang banyak yang mempercayai malam jumat hari yang keramat : “Hati-hati mas dijalan, malem ini malem jum’at. Nanti ada yang ngikutin loh hihhii”. Begitulah candaan dari salah satu teman saya. Aneh juga ya. Kalau dipikir-pikir memang ada apa sih di malam jum’at?

Banyak yang menghubung-hubungkan malam jumat dengan hal-hal mistis. Biasanya banyak stasiun TV ataupun radio di malam yang dianggap istimewa ini menayangkan program berbau mistis. Rasanya malam jum’at tanpa cerita mistis, seperti sayur tanpa garam. Hehehe. Teman-teman saya pun banyak yang menjadi pendengar setia sebuah radio yang menyiarkan cerita-cerita berbau mistis di malam jum’at.

Keesokan harinya, biasanya cerita ini bakal menjadi topik utama yang dibahas di kampus saya. Saya jadi bertanya-tanya dalam pikiran saya. Emang bener ya? Kenapa sih setan kok keluarnya cuma malam jum’at? Emang malam-malam lain ga ada setan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dipikiran saya itu, saya kemudian coba mencari di google tentang masalah ini. Saya tulis keyword “malam jumat”. Dan hasilnya cukup mengagetkan saya. Ternyata hasil yang banyak keluar bukan tentang cerita-cerita mistis seperti yang orang banyak bicarakan. Mayoritas hasil yang muncul adalah tentang amalan-amalan malam jum’at untuk orang muslim.

Bagi Anda yang muslim, mungkin sebagian dari Anda sudah lazim untuk melakukan amalan-amalan tertentu di malam jumat, seperti membaca surat Yasin misalnya. Memang dalam Islam, hari jumat (termasuk malam jumat) dianggap hari yang memiliki keutamaan dibandingkan hari lain. Peristiwa-peristiwa penting banyak yang terjadi di hari jumat. Bahkan salah satu yang pernah saya dengar akan terjadi di hari jumat adalah hari kiamat. Ya, wallahualam. Yang jelas, berarti bagi umat Islam hari jumat itu lebih identik dengan hari untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Alih-alih dihubungkan dengan cerita-cerita mistis.

Rasa penasaran Saya tentang misteri malam jumat masih belum hilang. Saya teruskan pencarian. Dan akhirnya saya menemukan satu artikel yang membahas alasan malam jumat begitu dikeramatkan. Ternyata hal tersebut sangat berhubungan dengan tradisi masyarakat Jawa yang menganggap malam jumat kliwon dan selasa kliwon sebagai hari yang dikeramatkan. Hal ini terkait dengan tradisi puasa selama 40 hari yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta yang puncak puasanya terjadi pada hari Jumat Kliwon. Di hari-hari ini biasanya ditaruh aneka macam sesajen di berbagai tempat yang dianggap sakral. Selain dari tradisi lokal, ternyata kepercayaan dari luar pun ikut mempengaruhi cara pandang masyarakat tentang malam jumat.

Ternyata kedatangan Belanda untuk menjajah Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu itu juga membawa kepercayaan mistis. Dalam masyarakat Eropa, mitos Friday the 13th sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Friday the 13th berarti bahwa hari jumat tanggal 13 di bulan apapun merupakan hari yang membawa kesialan. Hmmm… saya juga baru tahu. Mungkin kalau angka 13 disebut sial saya sudah biasa mendengarnya. Tapi kalau dihubungkan dengan malam jumat, wah..baru denger nih. Ya itulah dua alasan yang Saya temukan menjadi penyebab malam jumat begitu dikeramatkan sebagian orang.
sunnah rosul emoticon-Malu
Malem jumat wktnya umat islam ibadah gan, mungkin tujuannya biar kta gak keluyuran malem" dan melaksanakan ibadah gt. CMIIW emoticon-Malu
malem jumat itu spesial nuat ibadah. banyak sunah yang bisa dilakuin.
ane sih suujon nya itu kelakuan orang2 yang pengen nyesatin kita biar takut jadi kaga berani ibadah malem CMIIW emoticon-shakehand
emoticon-Matabelo ane ada dilonje ya ? emoticon-Cape d... (S) emoticon-Salah Kamar
Quote:Original Posted By kiemash
malem jumat itu spesial nuat ibadah. banyak sunah yang bisa dilakuin.
ane sih suujon nya itu kelakuan orang2 yang pengen nyesatin kita biar takut jadi kaga berani ibadah malem CMIIW emoticon-shakehand

setuju puh,pernah baca dimana gitu..termasuk friday the 13th dan angka 13 yang di anggap angka sial,cmiiw juga puh emoticon-Ngacir
malem jum'at legi byk yg nyepi ke kuburan, puh
gak ada apa pa tuhemoticon-Takut
emang kenapa dengan malam jumat emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By nogobawono
sunnah rosul emoticon-Malu


sesepuh satu ini langsung mengarah...
salken puh
katanya kalo malem jumat banyak setan berkeliaran... tapi survey membuktikan kalo maksiat banyak terjadi di malem sabtu dan malem minggu... jadi harusnya lebih banyak setan dimalem2 itu... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By nogobawono
sunnah rosul emoticon-Malu

emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By wrg
Malem jumat wktnya umat islam ibadah gan, mungkin tujuannya biar kta gak keluyuran malem" dan melaksanakan ibadah gt. CMIIW emoticon-Malu

emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By kiemash
malem jumat itu spesial nuat ibadah. banyak sunah yang bisa dilakuin.
ane sih suujon nya itu kelakuan orang2 yang pengen nyesatin kita biar takut jadi kaga berani ibadah malem CMIIW emoticon-shakehand

emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By ziganablack
emoticon-Matabelo ane ada dilonje ya ? emoticon-Cape d... (S) emoticon-Salah Kamar

ngapain dilonje Puh.
Quote:Original Posted By mahamheru


sesepuh satu ini langsung mengarah...
salken puh

emoticon-Ngakak tp memang benar adanya.
Quote:Original Posted By simbahmerapi
katanya kalo malem jumat banyak setan berkeliaran... tapi survey membuktikan kalo maksiat banyak terjadi di malem sabtu dan malem minggu... jadi harusnya lebih banyak setan dimalem2 itu... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-Ngacir2

wah sepuh ini hebat banget pake di survey.dan survey membuktikan...
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By nogobawono
sunnah rosul emoticon-Malu


wow wew sepertinya ini enak emoticon-Malu (S) emoticon-Big Grin
------
malam jumat bagi yang muslim yasinan, ngaji

kalo masalah serem ya sesuai diri masing" om
katanya sih, secara jika diliat secara aura, pada malam jum’at dan hari jum’at itu berbeda dengan aura pada hari lain.
mlam kimpoi sedunia .
Quote:Original Posted By jengjamed


wow wew sepertinya ini enak emoticon-Malu (S) emoticon-Big Grin
------
malam jumat bagi yang muslim yasinan, ngaji

kalo masalah serem ya sesuai diri masing" om


emoticon-Ngakak bingung mau komen apa

Quote:Original Posted By alradjaku
katanya sih, secara jika diliat secara aura, pada malam jum’at dan hari jum’at itu berbeda dengan aura pada hari lain.


Iya puh, bg yg peka cipta rasa karsa, pasti ngrasain pas mlm jumat.. mlm jumat kliwon, mlm selasa kliwon, mlm jumat legi.. klo buat individu pas weton kelahirannnya..
Malam Jum’at adalah malam yang paling utama, harinya adalah hari yang paling
utama dari semua hari emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By nogobawono
sunnah rosul emoticon-Malu


maaf puh, kaya nya klu sunah rosul pada malam jum'at persepsi kita kimpoi sama istri, ko rasa nya aneh ya. karena setau saya kimpoi sama istri itu hukum nya wajib bukan sunah dan itu perintah langsung dari allah.
kenapa hukum dari wajib ko bisa turun ke sunah.
maaf ya puh tolong di babarin

salam salim puh emoticon-Salaman

Yang benar datang nya dari Allah yang salah datang nya dari Saya
Quote:Original Posted By abdul114


maaf puh, kaya nya klu sunah rosul pada malam jum'at persepsi kita kimpoi sama istri, ko rasa nya aneh ya. karena setau saya kimpoi sama istri itu hukum nya wajib bukan sunah dan itu perintah langsung dari allah.
kenapa hukum dari wajib ko bisa turun ke sunah.
maaf ya puh tolong di babarin

salam salim puh emoticon-Salaman

Yang benar datang nya dari Allah yang salah datang nya dari Saya


memberi nafkah batin terhadap istri memang wajib hukumnya.Istilah Sunnah Rasul hanya mutawatir saja. di malam Jum’at hanyalah penghalusan dari hubungan intim suami istri (sex).bisa jadi barangkali karena di Indonesia, hal-hal yang terkait dg sex cukup tabu dibicarakan secara terbuka, karena akan dianggap vulgar dan kurang sopan, maka digunakan istilah sunnah Rasul (sbg pengganti). emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By nogobawono
sunnah rosul emoticon-Malu


apapun malamya ane tetap selalu sunnah rosul emoticon-Cool