alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535f79c4c0cb17bf688b45b2/international-jazz-day-2014
Video & Image 
International Jazz Day 2014 (30 April 2014)
Halo agan-agan kaskuser semua..

Kali ini ane mau coba mengangkat suatu event di mana belum banyak orang yg tahu, yakni mengenai International Jazz Day yang diperingati pada setiap tanggal 30 April. Bagi sebagian besar dari kita pasti event ini masih terasa asing, kenapa koq tau2 ada hari jazz sedunia? emoticon-Bingung (S)

International Jazz Day ini memang baru ditetapkan oleh UNESCO beberapa tahun lalu, yakni tepatnya pada bulan November 2011. Tujuan dengan diadakannya event ini adalah untuk lebih memperkenalkan jazz kepada masyarakat dunia dan juga peranan jazz dalam mempersatukan berbagai bangsa dan budaya di seluruh dunia. Seperti yg kita ketahui, dalam musik tidak mengenal perbedaan, baik itu etnik, suku, agama, kepercayaan, budaya, bahasa, warna kulit, usia, dsb; dalam musik semuanya dipersatukan menjadi satu bahasa yakni bahasa musik dan segala perbedaan yg ada digabungkan menghasilkan suatu harmoni yg luar biasa.

Spoiler for Participate:


International Jazz Day ini diketuai oleh seorang Direktur Umum UNESCO yang bernama Irina Bokova dan juga oleh salah satu tokoh jazz dunia pada saat ini yaitu Herbie Hancock, seorang komposer dan jazz pianist legendaris, yang juga menjabat sebagai Duta UNESCO untuk Dialog Antar Kebudayaan.

Spoiler for Herbie Hancock:


International Jazz Day mengajak semua pihak untuk turut berperan serta, mulai dari komunitas, sekolah, artis, musisi, akademisi, dan semua penggemar jazz di seluruh dunia untuk merayakan dan mempelajari tentang jazz, mulai dari akarnya sampai kepada perkembangannya di masa depan dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tanggal 30 April setiap tahunnya, event ini digunakan untuk mempromosikan perdamaian dunia, dialog antar budaya, menghormati hak asasi dan martabat manusia, menghapuskan diskriminasi, mempromosikan kebebasan berekspresi, dan meningkatkan peranan generasi muda dalam kehidupan sosial.

Spoiler for Celebrate:


International Jazz Day pertama kali diselenggarakan pada tanggal 30 April 2012 dengan tiga program pertunjukkan utama, yakni perayaan sepanjang hari di Paris (Pusat UNESCO Dunia), konser pagi hari di New Orleans Congo Square (tempat lahirnya jazz), dan konser sore hari di New York (Assembly Hall PBB). Berbagai artis terkenal dunia yg ikut berpartisipasi dalam acara ini antara lain Tony Bennet, George Benson, Richard Bona, Vinnie Colaiuta, Jack DeJohnette, George Duke, Herbie Hancock, Hiromi, Chaka Khan, Wynton Marsalis, Marcus Miller, Stevie Wonder, dan masih banyak lagi.

International Jazz Day yg kedua pada tahun 2013 diselenggarakan di Istanbul, Turki, sebagai kota utama tempat perayaan event ini. Di kota ini diadakan berbagai event jazz sepanjang hari, mulai dari workshop, seminar, diskusi panel, pemutaran film, master class, dan juga tentunya live performance dari musisi2 jazz kelas dunia seperti Robert Glasper, George Duke, Herbie Hancock, Keiko Matsui, John McLaughlin, Marcus Miller, Jean-Luc Ponty, Lee Ritenour, dan lain sebagainya.
Selain dipusatkan di Istanbul, negara2 lain juga merayakan hari jazz dunia ini dengan caranya masing2, termasuk juga di negara kita Indonesia.
Berikut adalah contoh salah satu video event yg diadakan di Indonesia pada International Jazz Day 2013 kemarin.
Spoiler for Jazzday 2013:


Pada tahun 2014 ini, panitia International Jazz Day memilih Osaka, Jepang, sebagai pusat penyelenggaraan utama untuk merayakan hari jazz sedunia ini. Sebagaimana layaknya pada tahun2 sebelumnya, acara ini memiliki berbagai program, antara lain edukasi jazz, diskusi, master class, workshop, dan performance. Kemudian acara puncaknya yg bernama All-Star Global Concert akan diadakan pada malam hari di halaman Istana Osaka. Berbagai musisi jazz kelas dunia juga akan turut tampil di acara ini, antara lain Toshiko Akiyoshi, Roberta Gambarini, Kenny Garret, Roy Hargrove, Lalah Hathaway, Earl Klugh, Marcus Miller, John Scofield, Wayne Shorter, Esperanza Spalding, dan masih banyak lagi. Konser ini akan disiarkan live ke seluruh dunia melalui live streaming, jadi buat para kaskuser sekalian yg ingin menonton acara ini bisa langsung mengunjungi website resmi International Jazz Day di [url=http://www.jazzday.com.]www.jazzday.com.[/url]

Selain itu, di negara kita Indonesia ini juga akan mengadakan beberapa live performance tepat pada tanggal 30 April besok. Jadi bagi agan2 sekalian yg ingin menonton live jazz performance secara langsung bisa mendatangi tempat2 berikut :

1. @America: Celebrating Jazz, Celebrating Life!

Bertempat di Pacific Place, Jakarta, @America akan menghadirkan live jazz performance dari para musisi jazz muda Indonesia yakni Nial Djuliarso (piano), Kevin Yosua (bass), Othman Djuliarso (drum), Nesia Ardi (vocal), Robert MR (gitar). Acara ini gratis alias tidak dipungut bayaran, jadi bagi agan2 yg berkantor di sekitar area ini bisa langsung merapat utk menonton live jazz performance sambil menunggu kemacetan Jakarta berkurang emoticon-Smilie
Spoiler for Poster @America:

2. Grand Indonesia Shopping Town - Level 5 West Mal: Indonesia nge-Jazz

Salah satu lokasi alternatif buat para jazz lover yg ingin menikmati live jazz performance secara free adalah Grand Indonesia. Para jazz lover bisa langsung menuju ke West Mal level 5 Grand Indonesia karena pada pukul 18.30-22.00 akan ada live performance dari HajarBleh Bigband bersama dengan beberapa komunitas jazz di Jakarta, antara lain Komunitas Jazz Kemayoran (KJK), Komunitas Jazz Chics (KJC), dan Jazz Musician Community (JMC).
Spoiler for Poster Grand Indonesia:

3. RW Lounge Kemang

Tempat yg menjadi salah satu lokasi berkumpulnya para jazzer muda dan senior ini juga turut berpartisipasi dalam merayakan International Jazz Day dengan mengadakan special event. Para musisi yg ikut berpartisipasi dalam event ini antara lain adalah Indra Lesmana, Tohpati, Mike Mohede, dll.
Spoiler for Poster RW Lounge:

4. Studio Teater Garasi, Yogya : The Music Journey of Jay & Gatra Wardaya

5. American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta : Celebrating International Jazz Day 2014


Spoiler for Sumber:
Nice info gan....emoticon-Jempol
BETUL...BETUL.. BETUL...!!