alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535e4872bccb17272c8b4567/ask-solusi-untuk-mata-saya--bantu-gans
[ASK] Solusi untuk mata saya , Bantu gans
Selamat malam agan dan aganwati di forum Health and Medical

Saya sista dan saya punya masalah dengan mata saya . emoticon-Mewek
Mata saya miopi 1,2 umur saya 17 (akhir tahun) . sebelumnya ukurannya itu 2 mata kiri dan 1,5 mata kanan dan silindris mata kiri .
dan sekarang turun setelah entah setelah minum apa emoticon-Bingung (S)
nah saya mau tanya adalah Apa mata miopi bisa sembuh tanpa operasi ?
dan apakah benar kalau Miopi itu tidak boleh memakai kacamata kecuali untuk menunjang aktifitas seperti membaca / belajar?
Karena harus ganti kacamata 6 bulan sekali , apa benar seperti itu ?
Saya ganti kacamatabaru 3 bulan yang lalu , (1,2) tapi sudah mulai ndak enak ,
itu karena ukuran miopi saya yang makin besar / berkurang yaa ? tapi kalau tidak pakai kacamata kok lihat orang dari jarak sekitar 15/20M saja seperti lihat orang tanpa wajah emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngakak hehe
kalau berkenan mohon dijawab kakak emoticon-Kiss (S)
dan kalau ada suplemennya kira-kira apayaa ? emoticon-Bingung (S)

sekian, Terimakasih dan selamat malam emoticon-Kiss (S)
Quote:Original Posted By justtiu
Selamat malam agan dan aganwati di forum Health and Medical

Saya sista dan saya punya masalah dengan mata saya . emoticon-Mewek
Mata saya miopi 1,2 umur saya 17 (akhir tahun) . sebelumnya ukurannya itu 2 mata kiri dan 1,5 mata kanan dan silindris mata kiri .
dan sekarang turun setelah entah setelah minum apa emoticon-Bingung (S)
nah saya mau tanya adalah Apa mata miopi bisa sembuh tanpa operasi ?
dan apakah benar kalau Miopi itu tidak boleh memakai kacamata kecuali untuk menunjang aktifitas seperti membaca / belajar?
Karena harus ganti kacamata 6 bulan sekali , apa benar seperti itu ?
Saya ganti kacamatabaru 3 bulan yang lalu , (1,2) tapi sudah mulai ndak enak ,
itu karena ukuran miopi saya yang makin besar / berkurang yaa ? tapi kalau tidak pakai kacamata kok lihat orang dari jarak sekitar 15/20M saja seperti lihat orang tanpa wajah emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngakak hehe
kalau berkenan mohon dijawab kakak emoticon-Kiss (S)
dan kalau ada suplemennya kira-kira apayaa ? emoticon-Bingung (S)

sekian, Terimakasih dan selamat malam emoticon-Kiss (S)


Untuk miop, setau sy blm ada obat nya

Agak depressing, tp mau apa lagi?

Penyebab miop beda2, mulai dari panjang bola mata, kelengkunan lensa, kelengkungan kornea, sampai indeks bias cairan bola mata yang berubah

Kalau mau sepenuhnya lepas kacamata, biasanya operasi, tp disarankan operasinya klo g salah usia dewasa muda, alias >21 thn (CMIIW, males buka2 referensi lg :P)

Alasannya, krn operasi LASIK yang populer di Indonesia itu cm bisa dilakukan sekali, prosesnya dgn membuang bagian dalam kornea sehingga kornea menjadi lebih datar.
Knp cuma bisa sekali? kurang lebih krn kalau di operasi yg ke2 kali nya setelah operasi pertama, banyak penyulitnya (komplikasi) dikarenakan prosedur operasi yg memotong bagian dalam kornea, sehingga jaringan tersebut biasanya jadi sisa sedikit.

Tapi mungkin dgn teknologi yg lebih maju, bs dilakukan lebih dari sekali, tp tentu saja harga nya beda

Nah, dgn alasan tersebut (hanya bs dilakukan sekali), makanya dianjurkan untuk dilakukan saat dewasa muda.

Karena saat usia remaja, tubuh masih bertumbuh, sehingga pada usia remaja biasanya seseorang itu sering berganti kacamata (red: minus tambah naik)
Sedangkan pada usia dewasa muda (>20 thn) sudah tdk terjadi pertumbuhan lagi, sehingga ukuran kacamata cenderung tetap, kalaupun ada perubahan, tidak begitu besar

Masalah yang timbul kalau LASIK dilakukan di usia muda adalah, terjadi miop kembali, meskipun sudah di operasi (karena proses pertumbuhan yang masih berjalan) sedangkan LASIK hanya bs dilakukan 1x.



Untuk penggunaan kacamata, setau saya malah dianjurkan untuk selalu menggunakan kacamata di setiap aktivitas, tentunya dengan pertimbangan keselamatan pribadi

Kalau cm boleh pakai kacamata saat belajar/membaca sj, bisa-bisa banyak orang tabrakan mobil/motor di jalan


Aturan 6 bulan ganti kacamata itu hanya untuk memudahkan saja
Kalau memang dirasa kacamata sudah tidak enak digunakan a.k.a sudah kabur, silahkan bisa pergi cek lagi ke dokter sp. mata


Alasan mengapa kacamata sudah tidak enak dipakai, apakah krn makin parah/makin baik, perlu di lakukan pemeriksaan lebih lanjut, krn tidak bisa main kira-kira, meskipun ada informasi jarak 15/20M pandangan sudah kabur.
Quote:Original Posted By tx2490


Untuk miop, setau sy blm ada obat nya

Agak depressing, tp mau apa lagi?

Penyebab miop beda2, mulai dari panjang bola mata, kelengkunan lensa, kelengkungan kornea, sampai indeks bias cairan bola mata yang berubah

Kalau mau sepenuhnya lepas kacamata, biasanya operasi, tp disarankan operasinya klo g salah usia dewasa muda, alias >21 thn (CMIIW, males buka2 referensi lg :P)

Alasannya, krn operasi LASIK yang populer di Indonesia itu cm bisa dilakukan sekali, prosesnya dgn membuang bagian dalam kornea sehingga kornea menjadi lebih datar.
Knp cuma bisa sekali? kurang lebih krn kalau di operasi yg ke2 kali nya setelah operasi pertama, banyak penyulitnya (komplikasi) dikarenakan prosedur operasi yg memotong bagian dalam kornea, sehingga jaringan tersebut biasanya jadi sisa sedikit.

Tapi mungkin dgn teknologi yg lebih maju, bs dilakukan lebih dari sekali, tp tentu saja harga nya beda

Nah, dgn alasan tersebut (hanya bs dilakukan sekali), makanya dianjurkan untuk dilakukan saat dewasa muda.

Karena saat usia remaja, tubuh masih bertumbuh, sehingga pada usia remaja biasanya seseorang itu sering berganti kacamata (red: minus tambah naik)
Sedangkan pada usia dewasa muda (>20 thn) sudah tdk terjadi pertumbuhan lagi, sehingga ukuran kacamata cenderung tetap, kalaupun ada perubahan, tidak begitu besar

Masalah yang timbul kalau LASIK dilakukan di usia muda adalah, terjadi miop kembali, meskipun sudah di operasi (karena proses pertumbuhan yang masih berjalan) sedangkan LASIK hanya bs dilakukan 1x.



Untuk penggunaan kacamata, setau saya malah dianjurkan untuk selalu menggunakan kacamata di setiap aktivitas, tentunya dengan pertimbangan keselamatan pribadi

Kalau cm boleh pakai kacamata saat belajar/membaca sj, bisa-bisa banyak orang tabrakan mobil/motor di jalan


Aturan 6 bulan ganti kacamata itu hanya untuk memudahkan saja
Kalau memang dirasa kacamata sudah tidak enak digunakan a.k.a sudah kabur, silahkan bisa pergi cek lagi ke dokter sp. mata


Alasan mengapa kacamata sudah tidak enak dipakai, apakah krn makin parah/makin baik, perlu di lakukan pemeriksaan lebih lanjut, krn tidak bisa main kira-kira, meskipun ada informasi jarak 15/20M pandangan sudah kabur.


Dokter mata ya ?
Mau nanya dong kalau silindris bisa sembuh gak ya,..
soalnya ane kemarin periksa mata minus 0,25 sama silindris 0.25 kiri kanan....
Quote:Original Posted By fanjisevenfold
Dokter mata ya ?
Mau nanya dong kalau silindris bisa sembuh gak ya,..
soalnya ane kemarin periksa mata minus 0,25 sama silindris 0.25 kiri kanan....


Bukan gan, dokter umum....

Setau sy ga bs sembuh, kecuali operasi.

Tp klo kecil gt angka nya biasanya bs diabaikan kalau tdk terlalu mengganggu.
mata ane dua-duanya udah minus diatas -3
dah ga bisa sembuh ya... kalo dg terapi2 gitu sebenarnya asli ga sih