alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535e38e28b07e789088b457d/motherboard-review-gigabyte-ga-z87-d3hp---ud5-paling-terjangkau
[MOTHERBOARD] Review Gigabyte GA-Z87-D3HP - UD5 paling terjangkau
GIGABYTE GA-Z87-D3HP

Kualitas Durabilitas tertinggi paling terjangkau.

[MOTHERBOARD] Review Gigabyte GA-Z87-D3HP - UD5 paling terjangkau

Penawaran produk high-end (setidaknya dari posisi ia diperuntukkan) namun dengan sisi harga terjangkau, akan selalu menarik perhatian user. Karena user akan mendapatkan kelebihan dari produk kelas atas tersebut, hanya saja tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam. Sepintas, hal ini mungkin akan sangat menguntungkan bagi konsumen, di lain pihak apakah benar seperti itu?

Coba kini kita lihat di sisi bisnis, tujuan utama penjual/ produsen pasti ingin mendapatkan untung dari hasil penjualan produk mereka. Lalu bagaimana dengan produk kelas atas yang mereka jual dengan lebih terjangkau. Bukankah komponen pembentuk dari produk kelas atas itu memiliki nilai produksi tinggi. Lalu, bagaimana mereka bisa mendapatkan untung.

Satu contoh kasus, semisal disini tentang produk motherboard yang menggunakan chipset Z87. Chipset ini diposisikan pada kelas atas, dan untuk mendapatkan unit chipset ini sendiri (ongkos produksi) sudah cukup tinggi. Maka akan ada pemangkasan di komponen lain baik dari sisi nilai harga maupun kelasnya yang rendah, agar tetap mendapatkan nilai ongkos produksi keseluruhan yang rendah.

Pada desain semestinya, dengan chipset Z87 diharuskan menggunakan komponen lain yang setaraf kelas atas (premium), yang tentunya juga makin meningkatkan ongkos produksi tinggi. Makanya jarang (bukannya tidak ada) kita lihat produk motherboard Z87 yang memiliki tawaran harga rendah.

Dilain pihak, kualitas tertinggi yang selalu menjadi acuan utama GIGABYTE pada jajaran produknya, menjadi bahasan utama kali ini. Soal harga memang mungkin masih terbilang tinggi, tapi yang akan dihadirkan kali ini adalah adalah tawaran Z87 dengan teknologi ultra durable 5-nya yang paling terjangkau dari GIGABYTE. Sebut saja, GA-Z87-D3HP.

Sebelum memasuki sisi desain produk lebih mendalam, beberapa poin fitur utama dari semua motherboard ber-chipset Z87 adalah sisi durabilitas tertinggi yang GIGABYTE sebut Ultra Durable. Berikut penjelasannya:

Spoiler for Ultra Durable 5 PLUS:


DESAIN
Spoiler for board:

Pada sisi desain, motherboard GA-Z87-D3HP ini hadir dengan nuansa coklat hitam dengan aksen biru pada heatsink seperti motherboard GIGABYTE lain yang diarahkan sebagai motherboard professional atau bisnis. Tapi penggunaan untuk user standar tetap terbuka lebar, karena tak ada batasan bagi perakit untuk menggunakan jenis motherboard apapun pada rig yang akan dibangunnya.

Spoiler for vrm1:

Di mulai pada modul voltage regulator (VRM), disini GIGABYTE menggunakan komponen MOSFET digital dari kasta tertinggi, yakni dari produsen IR (International Rectifier) yang mana menggabungkan keseluruhan high/low side MOSFET beserta driver IC kedalam satu paket IC (1 fasa VRM). Desain ini, membawa kepada operasional konversi listrik yang jauh lebih efisien dan dingin, serta output daya yang lebih besar. Selain itu juga, mengarah kepada kemungkinan overclocking processor yang lebih baik, dan tentunya berhubungan durabilitas, sebagai jaminan operasional yang lebih panjang (tidak mudah rusak). Selalu diingat, musuh utama komponen listrik selain dari listrik itu sendiri (jika berlebihan), adalah suhu yang tinggi. Tidak terlupa, jenis kapasitor solid untuk keseluruhan komponen kapasitor makin memaksimalkan daya tahan motherboard.

Spoiler for vrm2:

Berhubungan dengan kemungkinan penyediaan power besar untuk processor, tidak tanggung-tanggung, motherboard ini menyediakan input power 8pin (EPS). Hal ini selain sebagai jaminan kestabilan operasional processor, juga termasuk jaminan proses overclock yang lebih baik.

Spoiler for multi vga:

Solusi output display, pada sisi basis add-on card motherboard ini dilengkapi dua slot PCIe x16. Jadi memungkinkan untuk penggunaan multi VGA, walaupun pada model motherboard ini terbatas pada teknologi multi VGA AMD CrossFire. Sedangkan, pada solusi onboard graphic, disediakan jenis port output yang cukup lengkap (HDMI, D-Sub, dan DVI-D).

Spoiler for Konektor:

Konektifitas lain juga cukup royal, dengan menyediakan port USB3.0 yang cukup banyak. Masalah jaringan/ networking, tidak perlu diragukan lagi, karena board ini menggunakan chipset Intel GbE LAN. Selain itu, solusi jaringan/ Network ini makin dioptimalkan lagi dengan implementasi aplikasi cFos Speed sebagai manajemen traffic di dalam jaringan.

Spoiler for gold plated:

Reliabilitas socket processor yang tinggi dengan pin yang dilapisi oleh emas.

Spoiler for dual bios:

Teknologi DualBIOS sebagai salah satu trademark utama dari seluruh jajaran motherboard GIGABYTE.

OVERCLOCK
Pada sisi overclocking, GIGABYTE GA-Z87-D3HP tetap memberikan solusi yang cukup mumpuni. Walaupun dari sisi harga, ia merupakan motherboard Z87 kasta terendah dari GIGABYTE Ultra Durable 5. Dalam menguji kemampuan sisi ini, akan diterapkan overclocking minimalis, hanya mencapai 4,5GHz saja untuk processor dan 1,5GHz saja pada core GPU. Standarnya dengan processor Core i5-4670K yang digunakan adalah 3,4GHz processor, dan 1,2GHz GPU. Selain itu, juga setting ini sebagai acuan untuk bisa digunakan sebagai overclock yang bisa diterapkan pada penggunaan komputer harian. Agar menjamin kondisi overclock yang stabil, digunakan komponen pendingin water cooling.

PENGUJIAN
Kini dimulai serangkaian pengujian motherboard baik dengan aplikasi benchmark sintetis maupun aplikasi game. Tidak ketinggalan juga akan diuji dari sisi asupan daya baik ketika kondisi idle maupun full-load. Tapi sebelum memasuki proses pengujian/ benchmarking, berikut spesifikasi komputer keseluruhan:

  • Processor Intel Core i5-4670K 3,4GHz – Turbo 3,8GHz (OC 4,5GHz)
  • GPU Intel HD Graphics 4600 1,2GHz (OC 1,5GHz)
  • Motherboard GIGABYTE GA-Z87-D3HP
  • RAM Kingston HyperX Predator 2x 8GB DDR3-2133
  • Storage SSD Kingston HyperX Black 90GB
  • PSU FSP Aurum CM Series AU-750M (750W, Modular)
  • LCD Monitor Dell S2440L 1920x1080
  • Keyboard ROCCAT Isku FX
  • Mouse ROCCAT Kone XTD
  • Water Cooler Corsair H100
  • Power Meter Seasonic


Spoiler for spek:


Berikut hasil pengujian dari berbagai aplikasi benchmark sintetis maupun game, beserta perbandingannya antara kondisi standar maupun overclock:

  • 3DMark Vantage

Spoiler for 3dmark vantage:


  • 3DMark 11

Spoiler for 3dmark 11:


  • 3DMark

Spoiler for 3dmark:


  • CineBench R15

Spoiler for cinebench r15:


  • Unigine Heaven

Spoiler for unigine heaven:


  • Unigine Valley

Spoiler for unigine valley:


  • Nova Bench

Spoiler for nova bench:


  • Passmark

Spoiler for passmark:


  • PCMark8 Home / Home Accelerated

Spoiler for home conventional:

Spoiler for home accelerated:


  • PCMark8 Creative / Creative Accelerated

Spoiler for creative conventional:

Spoiler for creative accelerated:


  • Catzilla

Spoiler for catzilla:


  • FFXIV Online

Spoiler for final fantasy xiv:


  • PLA Game

Spoiler for pla game:


  • Resident Evil 6

Spoiler for resident evil 6:


  • Super Pi 32MB

Spoiler for superpi:



Tabel Hasil Pengujian
Spoiler for tabel grafik:



Power Draw

Spoiler for power draw:


Pengujian ini menggunakan power meter dari seasonic. Lalu untuk mendapatkan kondisi load maksimal dari komputer menggunakan aplikasi prime95 x64 (full-load CPU) dan Furmark (full-load GPU). Pengujian power draw ini juga terbagi antara kondisi standar maupun overlock.

Kesimpulan
Motherboard dengan chipset Z87 biasanya identik dengan tawaran harga yang tinggi, apalagi apabila poduk tersebut datang dari produsen GIGABYTE. Namun, pada motherboard yang diuji kali ini, sedikit menepis gagasan tersebut. Selain dengan tawaran harga yang lebih terjangkau, tapi tetap kemampuan maupun fitur yang dimiliki oleh setiap motherboard GIGABYTE Z87 masih dimiliki oleh board GA-Z87-D3HP ini.

Sisi performa pun menggambarkan kemampuan yang tidak akan kalah dengan variannya yang lebih mahal. Baik itu untuk penggunaan standar maupun overclock. Satu hal yang pasti, user akan mendapatkan salah satu produk Z87 GIGABYTE dengan harga terjangkau dan tentunya tingkatan performa yang tidak akan kalah dengan yang lainnya. Ditambah lagi, dengan kenyataan bahwa ia adalah produk GIGABYTE, konsumen juga akan terjamin ketenangan operasional karena GIGABYTE salah satu produsen dengan after sales paling baik di pasaran Indonesia.

NB: MSRP $178

Gransi korosi itu maksudnya apa yaa gan ?
itu maksudnya, jika terdapat karat di motherboard dan menyebabkan tidak berfungsi, akan langsung diganti baru jika masih dibawah 1 tahun umur pembeliannya