alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535db88da907e78a088b4627/ask-masalah-saluran-prostat-tersumbat
[ASK] masalah saluran prostat tersumbat
saya baru mendapat kabar bahwa ayah saya skrg umurnya sekitar 65 Tahun, mengalami kencing berdarah, sudah kontrol ke dokter dan diberi obat.
selama konsumsi obat kencing berdarahnya hilang, tapi jika konsumsi obat stop sakitnya kumat lagi. selama ini ayah saya sudah banyak minum air putih. jika minum teh atau kopi kencing nya akan sakit.

terakhir konsultasi kedokter katanya itu akibat penyumbatan saluran prostart dan bisa di korek (ga jelas apa di operasi ato gmn)

*pertanyaan saya apakah ada alternatif lain selain saran si dokter?
*apakah kencing berdarah itu karena penyumbatan saluran prostart?


saya berharap teman2 disini mau memberi saran dan penjelasan tambahan atas kebingungan saya ini dan terima kasih banyak sebelumnya.

oh ya tambahan yang periksa dokter umum, sudah di scan dan kata dokter ada batu ginjal dan masih bisa di hancurin dengan obat, tapi obat habis sakitnya masih begitu.
emoticon-Kiss
emoticon-Sorry
Penyakit laki-laki usia tua, salah satunya prostat gan

Setau saya (setau saya lho....)

Pembesaran prostat (murni hanya pembesaran prostat) tidak menyebabkan kencing berdarah

Tapi kalau batu saluran kemih (batu ginjal, baru buli-buli, batu saluran kencing lain, alagi di+ infeksi saluran kemih) bisa menyebabkan kencing berdarah

Nah, pembesaran prostat ini gejalanya bukan kencing berdarah, tapi sulit kencing, kencing tidak puas (bahkan bs nyeri, spt anyang2an), kalau kencing menetes a.k.a dribbling (bukan mengucur kalau kyk kencing normal)

Untuk batu saluran kemih, gejalanya tergantung lokasi batu, bisa mulai dari sakit pinggang, sakit perut, sakit di pubis, sakit di kelamin, kencing berdarah, kencing keluar pasir, kencing tidak tuntas/anyang2an.

Penyumbatan prostat dan dikorek itu maksudnya operasi oleh dokter spesialis urologi (spesialis yg menangani masalah saluran kemih), disebut juga TURP (Transurethral resection of the prostate), jadi alatnya dimasukkin lewat lubang kencing di ujung kelamin, kemudian akan memotong bagian prostat yang menghalangi saluran kemih.

Operasinya tergolong singkat, bahkan bisa cuma 5 menit (dihitung mulai setelah dibius, sampai alat dikeluarkan), tp normalnya 15-30 menit.
Kalau dihitung2 dengan persiapan operasi untuk pembiusan dan tunggu sadar dll, mungkin kisaran 1-2 jam
Dan sepertinya cukup 1-2 hari rawat inap di RS untuk memantau kondisi pasien sampai pulih.



Untuk masalah batu saluran kencing, bisa di atasi dgn obat, artinya sesuai hasil foto, batu nya tergolong kecil....

Pemberian obatnya sy jg kurang tahu ayah agan diberi obat apa
Tapi kemungkinan obatnya ada antibiotik, anti nyeri, diuretik (obat untuk mengeluarkan kencing), bisa jg ada +anti radang.

Jadi diharapkan dgn pemberian obat2 tersebut, batu nya bisa keluar sendiri, biasanya ditandai dengan adanya serpihan pasir keluar saat kencing

Kalau blm, mungkin blm keluar semua atau masih ada, atau mungkin batunya sdh bertambah besar.

Untuk solusi lain dari batu saluran kemih, bisa di lakukan penembakan/penghancuran batu menjadi kepingan lebih kecil dgn gelombang ultrasonik aka Extracorporeal shock wave lithotripsy(ESWL), kalau orang bilang, di laser (walaupun sebenarnya gak pakai laser)
Tindakannya tergolong non-invasif alias gak pakai pisau.



Pertanyaan sy, penghentian obat itu disarankan oleh dokter tersebut, atau bagaimana? Mengapa setelah penghentian obat, keluhan masih timbul?

Saran saya:
Kalau masih ada kelihan coba berobat kembali (kontrol) ke dokter bersangkutan.
Kalau memang ada kesempatan dan ada rejeki, tidak ada salahnya sekalian kontrol, sekalian minta rujukan ke RS untuk cari dokter spesialis urologi.
Atau bisa juga cari second opinion.
Sebagai tambahan, pasien yang mengalami penyumbatan saluran kemih akibat pembesaran prostat dan bila mengalami tidak bisa berkemih dalam waktu yang lama dimana kandung kemih teregang akibat terisi penuh, ketika dilakukan katerisasi (pemasangan selang) maka bisa saja urin tercampur dengan darah sebagai akibat pecahnya pembuluh darah pada buli-buli atau kandung kemih.
Quote:Original Posted By tx2490

Pertanyaan sy, penghentian obat itu disarankan oleh dokter tersebut, atau bagaimana? Mengapa setelah penghentian obat, keluhan masih timbul?

Saran saya:
Kalau masih ada kelihan coba berobat kembali (kontrol) ke dokter bersangkutan.
Kalau memang ada kesempatan dan ada rejeki, tidak ada salahnya sekalian kontrol, sekalian minta rujukan ke RS untuk cari dokter spesialis urologi.
Atau bisa juga cari second opinion.

obat habis gan kami pikir sudah sembuh, tapi stlh tdk minum obat kumat lagi,kalo ga salah konsumsi obatnya hanya 1 minggu, dan konsultasi ke dokter baru 2 kali.

kemudian ganti dokter dikasih obat lagi tp ga sembuh juga, terakhir kontrol dokter menyarankan untuk di korek ke RS diluar kota, kata si dokter percuma dikasih obat terus tapi ga ada perubahan yang ada ngabisin duit aja.

batasan maksimal konsumsi obat kira2 berapa lama? sampai di putuskan untuk di korek? berarti korek itu hanya operasi kecil saja ya? agak trauma kl dengar operasi besar emoticon-Cape d... (S)

gan cek kulkas ada kiriman emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By riocaesar
Sebagai tambahan, pasien yang mengalami penyumbatan saluran kemih akibat pembesaran prostat dan bila mengalami tidak bisa berkemih dalam waktu yang lama dimana kandung kemih teregang akibat terisi penuh, ketika dilakukan katerisasi (pemasangan selang) maka bisa saja urin tercampur dengan darah sebagai akibat pecahnya pembuluh darah pada buli-buli atau kandung kemih.

saya juga sebenarnya belum tau persis ayah saya infeksi saluran kemih karena batu atau karena pembengkakan prostat, tapi kalo minum air putih banyak kencingnya tidak berdarah, btw thx gan infonya emoticon-Kiss (S)

Setau sy sih, setelah obat habis biasanya kontrol lg ke dokter, apalagi yang begini (bukan cuma batuk pilek)

Krn sudah disarankan, ada baiknya sesuai anjuran, artinya pergi berobat ke dokter spesialis urologi di RS.

Dan msh setau sy jg, dokter spesialis urologi itu msh tergolong sedikit, biasanya cm ada di kota-kota besar


operasi TURP (Trans urethral resection of prostate) dibilang minor juga nggak, tp gak se heboh kalau operasi lain yang sampai buka-buka perut dll.
Normalnya cm dimasukkan alat lewat ujung kelamin.
Tapi tetap butuh prosedur bius khusus (bukan pembiusan semacam saat sunatan)
Jadi teta harus masuk kamar operasi


Batas maksimal pemberian obat, setau sy tergantung (fleksibel), kalau memang menurut analisis si dokter bahwa ukuran prostat sudah terlalu besar dan sudah mengganggu, biasanya disarankan operasi. Biasanya sih kalau dengan pengobatan 2-4 minggu, tidak ada perbaikan, disarankan utk operasi, tapi kalau memang dari awal mau operasi, ya bisa jadi langsung operasi, ada faktor keinginan pasien jg.
Sharing gan...
Mitra sy memberikan Transfer Factor Advance & TF Plus ke pasien dengan batu empedu dan ginjal, dalam sebulan hasilnya batu empedu dan ginjal bersih. Namun biasanya kl konsumsi produk ini prosesnya hingga mendapatkan hasil yg signifikan butuh 2 s/d 3 bln. Hasil scan nya bisa sy share ke email agan. PM langsung ke sy atau WA di 0878 9361 4664. Semoga bisa membantu gan....
Quote:Original Posted By tx2490
Setau sy sih, setelah obat habis biasanya kontrol lg ke dokter, apalagi yang begini (bukan cuma batuk pilek)

Krn sudah disarankan, ada baiknya sesuai anjuran, artinya pergi berobat ke dokter spesialis urologi di RS.

Dan msh setau sy jg, dokter spesialis urologi itu msh tergolong sedikit, biasanya cm ada di kota-kota besar


operasi TURP (Trans urethral resection of prostate) dibilang minor juga nggak, tp gak se heboh kalau operasi lain yang sampai buka-buka perut dll.
Normalnya cm dimasukkan alat lewat ujung kelamin.
Tapi tetap butuh prosedur bius khusus (bukan pembiusan semacam saat sunatan)
Jadi teta harus masuk kamar operasi


Batas maksimal pemberian obat, setau sy tergantung (fleksibel), kalau memang menurut analisis si dokter bahwa ukuran prostat sudah terlalu besar dan sudah mengganggu, biasanya disarankan operasi. Biasanya sih kalau dengan pengobatan 2-4 minggu, tidak ada perbaikan, disarankan utk operasi, tapi kalau memang dari awal mau operasi, ya bisa jadi langsung operasi, ada faktor keinginan pasien jg.

iya bro akhirnya ayah saya di operasi selama 3 jam baru aja selesai, dan katanya tumornya lumayan besar. tp belum ketahuan termasuk tumor jinak ato ganas harus diperiksa terlebih dahulu.

setelah operasi gini ada kemungkinan bakal kambuh lg ga ya?
Quote:Original Posted By hsg_nih
iya bro akhirnya ayah saya di operasi selama 3 jam baru aja selesai, dan katanya tumornya lumayan besar. tp belum ketahuan termasuk tumor jinak ato ganas harus diperiksa terlebih dahulu.

setelah operasi gini ada kemungkinan bakal kambuh lg ga ya?



gan, gimana sekarang keadaan ortu agan setelah operasi prostat...udah sembuh belum

bapak ane juga mau operasi prostat nih, ngeri2 juga sih..semoga lancar..aamiin
Quote:Original Posted By hsg_nih
iya bro akhirnya ayah saya di operasi selama 3 jam baru aja selesai, dan katanya tumornya lumayan besar. tp belum ketahuan termasuk tumor jinak ato ganas harus diperiksa terlebih dahulu.

setelah operasi gini ada kemungkinan bakal kambuh lg ga ya?



bantu jwb gan
Sudah dipastikan tumornya dari prostat atau kandung kemih?
Untuk kekambuhan tentu saja bisa , karena gan kalau tumornya dr prostat selama testoteron masih terbentuk maka kemungkinan tumor itu tumbuh masih ada.

Semoga bermanfaat