alexa-tracking

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5358bb5380cf17f57a000115/25-april-hari-malaria-sedunia-ayo-berantas-malaria
icon-hot-thread
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Spoiler for ~ Cek ~:


Sebelum baca silahkan Rate 5 terlebih dahulu biar gak scroll keatas lagi ntar
emoticon-Wink

emoticon-Selamat HT #1 emoticon-Selamat
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
Thanks buat mimin, momod, temen DeRos dan All Kaskuser emoticon-Kaskus Lovers



[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Di dalam tubuh manusia, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah. Pasien yang terinfeksi oleh malaria akan menunjukan gejala awal menyerupai penyakit influenza, namun bila tidak diobati maka dapat terjadi komplikasi yang berujung pada kematian.

Penyakit ini paling banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis di mana parasit Plasmodium dapat berkembang baik begitu pula dengan vektor nyamuk Anopheles. Daerah selatan Sahara di Afrika dan Papua Nugini di Oceania merupakan tempat-tempat dengan angka kejadian malaria tertinggi.

Berdasarkan data di dunia, penyakit malaria membunuh satu anak setiap 30 detik. Sekitar 300-500 juta orang terinfeksi dan sekitar 1 juta orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. 90% kematian terjadi di Afrika, terutama pada anak-anak
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Quote:Tanda Gejala Penyakit Malaria

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:Tanda gejala penyakit malaria ini ada beberapa tahapan tersendiri. Yaitu hal-hal yang bisa kita kenali antara lain adalah :
1. Penderita malaria akan menjadi lemah serta nafsu makan akan menurun. Kulit akan berubah menjadi kemerahan dan selama tidur sering mengigau.
2. Gejala penyakit malaria ini berupa demam tinggi dan sakit kepala. Penderita menggigil atau gemetar selama 15 menit sampai satu jam.
3. Pucat. Hal ini disebabkan karena kurang darah. Dan ini termasuk dalam tanda penyakit malaria.
4. Pada malaria anak, gejala spesifik daerah umumnya akan ditandai dengan gejala diare.
5. Pada usia anak-anak serangan malaria dapat menimbulkan gejala aneh, misalnya menunjukkan gerakan / postur tubuh yang abnormal sebagai akibat tekanan rongga otak. Bahkan lebih serius lagi dapat menyebabkan kerusakan otak.


[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Jenis Penyakit Malaria

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:Jenis penyakit malaria ini dapat digolongkan dengan :
• Malaria tertiana, disebabkan oleh Plasmodium vivax, dimana penderita merasakan demam muncul setiap hari ketiga.
• Malaria quartana, disebabkan oleh Plasmodium malariae, penderita merasakan demam setiap hari keempat.
• Malaria serebral, disebabkan oleh Plasmodium falciparum, penderita mengalami demam tidak teratur dengan disertai gejala terserangnya bagian otak, bahkan memasuki fase koma dan kematian yang mendadak.
• Malaria pernisiosa, disebabkan oleh Plasmodium vivax, gejala dapat timbul sangat mendadak, mirip dengan stroke, koma disertai gejala malaria yang berat.


[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Penularan Penyakit Malaria

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:Penularan parasit plasmodium kepada manusia adalah melalui nyamuk anopheles betina. Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi malaria, nyamuk tersebut menyedot parasit yang disebut gametocytes. Parasit tersebut menyelesaikan siklus pertumbuhannya di dalam tubuh nyamuk dan kemudian merambat ke kelenjar ludah nyamuk. Pada saat menggigit anda, nyamuk ini menyuntikan parasit ke aliran darah anda. Menuju hati kemudian melipatgandakan diri.

Bentuk penularan lain yang dapat terjadi dapat berupa penularan dari wanita hamil ke janin. Malaria juga dapat menular melalui transfusi darah.


[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Tips Pencegahan Penyakit Malaria

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:Ada beberapa hal yang menyangkut cara dan tips pencegahan malaria itu sendiri. Ada beberapa cara mencegah penyakit malaria adalah :
√ Menghindari gigitan nyamuk, tidur memakai kelambu, menggunakan obat nyamuk, memakai obat oles anti nyamuk, pasang kawat kasa pada ventilasi, menjauhkan kandang ternak dari rumah, mengurangi berada di luar rumah pada malam hari.
√ Pengobatan pencegahan, 2 hari sebelum berangkat ke daerah malaria, dengan pemberian obat yaitu minum obat doksisilin 1 x 1 kapsul / hari sampai 2 minggu setelah keluar dari lokasi endemis malaria.
√ Membersihkan lingkungan, menimbun genangan air, membersihkan lumut, gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, mencegahnya dengan kentongan. Ini adalah bentuk dari usaha untuk pencegahan malaria.
√ Menebarkan pemakan jentik, menekan kepadatan nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik. Seperti ikan kepala timah, nila merah, gupi, mujair.
√ Penanaman padi secara serempak atau diselingi dengan tanaman kering atau pengeringan sawah secara berkala.
√ Usahakan melakukan penyemprotan rumah dengan DDT yang diusahakan oleh pemerintah.


[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Pengobatan Penyakit Malaria

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!


Quote:Dalam rangka pengobatan malaria ini tentunya kita merujuk pada prinsip pengobatan malaria dari tim medis atau pun dokter. Setelah melakukan serangkaian proses pemeriksaan, baik secara langsung dari keluhan yang timbul maupun lebih berfokus pada hasil laboratorium maka dokter akan memberikan beberapa obat-obatan kepada penderita. Diantaranya adalah pemberian obat untuk menurunkan demam seperti paracetamol, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai upaya membantu kesembuhan.

Obat malaria kita kenal dengan nama Chloroquine yang merupakan bagian dari obat antimalaria. obat lainnya adalah jenis Artesunate-Sulfadoxine/pyrimethamine, Artesunate-amodiaquine, Artesunat-piperquine, Artemether-lumefantrine, dan Dihidroartemisinin-piperquine


Quote:emoticon-exclamation Ingat emoticon-exclamation
Mencegah lebih baik daripada mengobati

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Quote:[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
Thanks For Visiting

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Paw
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
Thread Supported By :
Devil's Rose KASKUS
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!

Klik Gambar Untuk Berkunjung ke Markas Kami
[25 April Hari Malaria Sedunia] Ayo Berantas Malaria!
tambahan dari kaskuser nih gan emoticon-rose

Quote:Original Posted By lenasigalak
Jumlah kematian akibat malaria di Indonesia menurun 95% sepanjang 2010 sampai 2013, yang semula 900 tahun 2010, tahun 2013 hanya 45 kematian saja. Sementara di dunia tercatat 627 ribu nyawa melayang akibat gigitan nyamuk Malaria sepanjang 2012. Semoga aja ke depannya atau tahun tahun berikutnya semakin berkurang. emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By culebre


yoi..
keterbatasan akses pelayanan kesehatan, kesinambungan jangkauan, kualitas diagnosis (mikroskopis) dan tatalaksana kasus, aspek lingkungan, yang mempermudah berkembang biaknya nyamuk, dan nyamuk sendiri yang memang ada di alam dan tidak terlalu mudah ditangani
semoga pemerintah dan csr cepet punya solusi tentang masalah pengendalian malaria..
agar kesehatan saudara setanah air yang mendiami daerah timur lebih terjamin
emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By harydeyy
biasanya di kamar mandi yang jarang dibersihin ato kena sinar matahari biasanya sering tuh gan ada nyamuk DBD dan malaria,, bersihin kamar mandi secara rutin, minimal seminggu 2x lah gan,,


Quote:Original Posted By apphrodite18
Jenis malaria yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum itu disebut Malaria Tropika gan. Kalo sudah parah dan menyerang otak baru namanya malaria Cerebral. Memang yang paling sering sampai pada tahap malaria cerebral itu adalah malaria tropika

Selain itu gejala dasar malaria ada yg disebut Trias Malaria
1. menggigil terlebih dahulu sebelum panas
2. demam tinggi
3. Demam turun + berkeringat banyak

Tapi ga selalu gitu juga sih gan, di daerah endemis kayak di Papua belum tentu gejalanya persis seperti itu.
Ane udah pernah malaria, dulu ane tinggal di Jayapura gan. Semoga yang belum pernah kena jangan sampai kena ya!


Quote:Original Posted By benedick.henry
World Malaria Days ya Gan!

Moga cita-cita bangsa Indonesia untuk bebas malaria di tahun 2030 tecapai gan!

Indonesia bebas malaria 2030

Tips bepergian ke negara endemik malaria



====


kaskuser / temen kaskuser yang pernah kena malaria nih gan emoticon-norose


Quote:Original Posted By KisKasKus
sepupu ane kena malaria gan, kasian ane pas jenguk ybs,, smoga malaria bisa diberantas atau ditekan seminimal mungkin gan


Quote:Original Posted By davinof
Ane salah satu korban malaria gan....Saat itu kondisi ane udah parah banget. Badan tiba-tiba menggigil hebat sampe berguncang guncang. Muntah terus menerus disertai kedinginan (hipotermia) yang hebat, sampe harus dibungkus dengan selimut berlapis lapis. Kepala seketika sakit luar biasa (pusing 7 keliling).

Beruntung saat itu ane segera di bawa ke klinik untuk diambil tindakan, kalo enggak mungkin ane bisa lewat.......emoticon-Berduka (S)

Usahakan jangan pernah kena penyakit yang satu ini gan....Gak enak banget akhirnya. Sebab ketika ente terjangkit malaria dengan jenis malaria apapun maka percayalah sehebat apapun kondisi tubuh ente pasti akan turun (drop) 20 s/d 30%. Dan itu gak akan pulih lagi........emoticon-Berduka (S)


Lagipula setau ane malaria itu gak bisa ilang sepenuhnya, sebab malaria virusnya bisa menempel di hati (liver). Jadi ketika kondisi tubuh dalam kondisi tidak baik maka sewaktu waktu bisa saja kambuh lagi.



Quote:Original Posted By darelaksa
Ane pernah gan kena malaria.. kayak sekarat rasanya..emoticon-Hammer (S)
Tapi alhamdulillah dirawat seminggu sembuh..emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By bgv69
temen ane ada yang meninggal gara2 malaria emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By Reyncrussader
dulu ibu ane pernah tuh kena gan
bikin meriang terus menggigil


Quote:Original Posted By rezphone29
Temen ane pernah kena gan malaria. Katanya udah gabisa ngapa2in sakit mau ngapa2in juga emoticon-Sorry tapi doi udah sehat skrg emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By CloudyTama
Di Papua sendiri, malaria masih jadi endemik di sana. Saking seringnya, orang-orang sana bahkan udah biasa kena malaria. Mereka sebagian besar udah tau gimana pengobatannya. Kalo masih gejala ringan, cek darah lengkap (untuk memastikan), konsultasi ke dokter n' diobati sendiri di rumah. Kalo udah gejala berat, baru ke rumah sakit...emoticon-Big Grin

Biasanya stok obat mereka obat Kina (dulunya). Tapi, menurut beberapa info, Kina udah resistant, jadi ane gak tw apa lagi stok obat mereka....

Ane selama di Papua dulu (FYI, 17 tahun di sana) udah 2 kali kena. Temen ane ada yang setahun kena minimal 3 kali, tapi masih hidup dy sampe sekarang. Bahkan, kalo gak salah, temen ane ini sampe kena malaria otak. Tapi masih hidup dy sampe sekarang...emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By internisti2304
terima kasih infonya gan...

ane dulu 2011 saat tigas di papua pernah terkena malaria. yg paling ane rasain kepala rasanya pusing hebat kayak bumi lg muter2, nggak ada nafsu makan dan mual...

kalo di papua, ada istilah di masyarakat malaria plus 1, plus 2, 3, dan plua 4 itu apa ya gan? menurut mereka kayak stadiumnya gotu gan....

krn papua menjadi endemik malaria, di setiap warung makan biasanya ada lalapan dari daun pepaya, katanya itu utk pencegahan malaria juga... bagi saya terlihat aneh ketika pertama datang ke papua dan makan penyetan, lalapannya pasti ada daun pepayanya...

CMIIW gan...


Quote:Original Posted By namakulyna
Baru tau ane ada hari malaria emoticon-Matabelo

Dulu waktu smp pernah kena untung cepet di obatin kalo gak lewat deh emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By fly69
ane baru kena malaria minggu kemaren gan emoticon-Mewek campur sama tifus lagi. sampe skrg belum sembuh total. tiap 3 hari sekali harus cek dokter emoticon-Mewek doain ane gan biar cpet sembuh emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By blackclassic
gan, ane baru aja kena DBD gan seninggu yang lalu..
dan sampai sekarang yang aneh nya kok tangan ane gatel gatel kemerahan gitu ya ? kalau demam sih udah lama banget turun..


Quote:Original Posted By syam.part.97
Pak De gue juga pernah kena Malaria sob. Gue kirain mah demam biasa, eh setelah dibawa kerumah sakit ternyata kena Malaria. Tapi Alhamdulillah, ga ada seminggu Pak De gue udah sembuh...


Quote:Original Posted By Tulus031280
dulu kena malaria diremote area kalimantan taun 2008, kena yang tipe falciparum, rasanya ohhh yesss....
pesan bang napi, klo yg baru keluar dari daerah endemi malaria dan ada gejala demam tinggi serta menggigil sebaiknya langsung ke rs dahh jgn tunda2 dgn berobat ke klinik. Ane udah ngerasain soalnya, bisa idup sampai sekarang bagaikan dikasi kesempatan hidup kedua kalinya. Kena malaria taruhannya nyawa, telat dikit penanggulangan, lewat!!!
Let's aware to malaria..
yap dan tanggal 7 April kemarin yang merupakan hari kesehatan dunia , WHO mengusung tema "prevent vector borne disease" (pencegahan penyakit yg ditularkan serangga) salah satunya penyakit malaria ini emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By makankamus
yap dan tanggal 7 April kemarin yang merupakan hari kesehatan dunia , WHO mengusung tema "prevent vector borne disease" (pencegahan penyakit yg ditularkan serangga) salah satunya penyakit malaria ini emoticon-Smilie



wah ada momod emoticon-Belo

bentar mod benerin dulu masih berantakan emoticon-Frown
maklum makek hengpon emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By [ sensor
admin[ sensor ];5358bf9c5ccb1731260004cb]wah ada momod emoticon-Belo

bentar mod benerin dulu masih berantakan emoticon-Frown
maklum makek hengpon emoticon-Hammer



iya gpp gan good idea membuat thread mengenai malaria emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By makankamus



iya gpp gan good idea membuat thread mengenai malaria emoticon-thumbsup


makasi supodnya mod emoticon-Shakehand2
Wah ni thread bermanfaat bagi kaskuser lain emoticon-thumbsup
Alhamdulillah ane belum pernah merasakan gejala malaria emoticon-Maaf Agan
Bantu emoticon-Rate 5 Star

emoticon-rose
Berantas Malria... emoticon-thumbsup
ane kgk pernah kena malaria gan.. meski tiap malem nyamuk sana kemari kliweran.. isi bensin di kulit ane..





emoticon-rose
kakak ku pernah mengidap malaria saat bertugas di daerah timur Indonesia
untung disana kakakku dengan mudah mendapat sarang semut papua
nais info om ts
emoticon-Salaman
Ane belom
Kena malaria dan semuga gak emoticon-Malu emoticon-Salaman




emoticon-rose
Oh besok ya ?
Alhamdulillah ane belum pernah kena malaria emoticon-Smilie
Nice share TS emoticon-Belo
emoticon-Coolemoticon-rose
Quote:Original Posted By mohamadnh
Ane belom
Kena malaria dan semuga gak emoticon-Malu emoticon-Salaman

emoticon-rose

Quote:Original Posted By k0c4n14
Wah ni thread bermanfaat bagi kaskuser lain emoticon-thumbsup
Alhamdulillah ane belum pernah merasakan gejala malaria emoticon-Maaf Agan
Bantu emoticon-Rate 5 Star

emoticon-rose


ane juga belom gan emoticon-Smilie
dan semoga enggak kenak deh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By lekdsater
Berantas Malria... emoticon-thumbsup





emoticon-rose


Malria emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By culebre
kakak ku pernah mengidap malaria saat bertugas di daerah timur Indonesia
untung disana kakakku dengan mudah mendapat sarang semut papua
nais info om ts
emoticon-Salaman


kalo di Indonesia daerah endemik malaria emang didaerah timur gan emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By Lacroixz
Oh besok ya ?
Alhamdulillah ane belum pernah kena malaria emoticon-Smilie
Nice share TS emoticon-Belo
emoticon-Coolemoticon-rose


besok gan emoticon-Big Grin
ane aja baru tau tadi pagi juga emoticon-Hammer
Jumlah kematian akibat malaria di Indonesia menurun 95% sepanjang 2010 sampai 2013, yang semula 900 tahun 2010, tahun 2013 hanya 45 kematian saja. Sementara di dunia tercatat 627 ribu nyawa melayang akibat gigitan nyamuk Malaria sepanjang 2012. Semoga aja ke depannya atau tahun tahun berikutnya semakin berkurang. emoticon-thumbsup
Baru tau ane ada hari malaria emoticon-Matabelo

Dulu waktu smp pernah kena untung cepet di obatin kalo gak lewat deh emoticon-Matabelo
alhamdulillah
ane belum pernah kena malaria emoticon-Matabelo

emoticon-rose
alhamdulillah gan ane belom pernah kena emoticon-Smilie
semoga gak akan kena tuh malaria emoticon-Smilie

emoticon-rose
Ane perna kena ganemoticon-Frown
2 minggu di rumah sakitemoticon-Frown
gak enak banget rasa nyaemoticon-Frown
emoticon-rose
Quote:Original Posted By romyalfarezy
alhamdulillah
ane belum pernah kena malaria emoticon-Matabelo

emoticon-rose

emoticon-Angel
Quote:Original Posted By lenasigalak
Jumlah kematian akibat malaria di Indonesia menurun 95% sepanjang 2010 sampai 2013, yang semula 900 tahun 2010, tahun 2013 hanya 45 kematian saja. Sementara di dunia tercatat 627 ribu nyawa melayang akibat gigitan nyamuk Malaria sepanjang 2012. Semoga aja ke depannya atau tahun tahun berikutnya semakin berkurang. emoticon-thumbsup

tengs inpohnya sis emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By namakulyna
Baru tau ane ada hari malaria emoticon-Matabelo

Dulu waktu smp pernah kena untung cepet di obatin kalo gak lewat deh emoticon-Matabelo


mosok lin emoticon-Kagets
wah untung yah emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By rjet
alhamdulillah gan ane belom pernah kena emoticon-Smilie
semoga gak akan kena tuh malaria emoticon-Smilie

emoticon-rose


Amin ganemoticon-Angel
semoga gak kayak ane ya ganemoticon-Angel
emoticon-rose