alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5356d45482cf1715380002c7/help-hipokalemia-gak-bisa-gerakkin-kaki
(Help) Hipokalemia, Gak Bisa Gerakkin kaki
Halo selamat pagi gan, mau cerita tentang penyakit yang lagi gue alami sekarang, gue gak bisa gerkakkin kaki gue, badan gue juga berasa kram, terus tangan gue bagian atas juga susah buat diangkat. Ini gue ngetiknya sambil nahan rasa gak enak semua itu. Kira-kira gue mesti ngapain? Gue search di google, katanya sih harus makan pisang sama makanan yang mengandung kalium lainnya. Tapi belum ngefek nih, udah seharian penuh, gue pernah juga kaya gini dulu, disruh makan pisang juga beberapa jam udah mendingan, ini udah seharian gan, Mohon bantuannya emoticon-Frown
kakus nya kayak yg saya alami, ini ngetik pake hape aja kelingking tangan kanan udah kesemutan, btw ada solusi ato haruas bagaimana ?

nunggu om dokter nya dolo emoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By ipoenx49
kakus nya kayak yg saya alami, ini ngetik pake hape aja kelingking tangan kanan udah kesemutan, btw ada solusi ato haruas bagaimana ?

nunggu om dokter nya dolo emoticon-Sundul Up


Iya nih, gak enak. Berdiri aja susah banget gan, kram nya di paha, di tangan juga ngangkat apa apa susah. -_-
sebaiknya ke rumah sakit gan, nanti supaya diinfus, jadi kadar kalsium bisa meningkat, untuk selanjutnya bisa tiap hari makan pisang untuk jaga asupan kalsiumnya.

*temen saya pernah ngalamin ini juga, dan dia akhirnya diinfus di rumah sakit, istirahat 2 hari terus udah sehat lagi. gara2 kecapekan gan.

hipokalemia ga bisa gerakin kaki

gan itu mesti dilihat dulu penyebab hipokalemianya ...
penyebabnya antara lain :
1. diare dan muntah hebat
2. Kelainan gnjal ( rta renal tubular acidosis )
3. hipertiroid sub klinis
4. kelainan pada pompa kalium


kalau agan ga cari penyababnya bisa berulang tuh gan .. dan lebih parah bisa mengganggu otot nafas dan jantung gan
ane juga penderita hipokalemia gak tau yg mana tapi setelah kerja yg menurut ane berat mesti langsung tepar kaya orang lumpuh tapi kesadaran dan humor tetap normal

pernah masuk rumasakit dan ditangani oleh spesialisnya

tretmen saya yg alhamdulillah berhasil
1.jangan beraktifitas yg melewati batas tubuh anda kalo capek langsung berhenti jangan diteruskan

2.kalo agan ngerasa jejalanya segera atasi dengan kalium/potasium (ini sama aja kalium bahasa indonesianya dan potasium untuk internasional, kalo gak kebalik hhahaha) minum 2 tablet 2x sehari atau 3x sehari dibantu dengan pokari dan sari kedelai atau amanya datangi spesialis urat syaraf / penyakit dalam

3 rutin konsumsi obat agan seminggu 2x atau 1x dan juga boleh rutin konsumsi pokari dan dibantu sama kelapa muda dan sari kedelai ini yg paling mak nyus karna perbotolnya mengandung kira2 400 mg kalium dan di pil hanya 50 mg

penyakit ini sangat merepotkan dan menyiksa!
Quote:Original Posted By satriyasegala
ane juga penderita hipokalemia gak tau yg mana tapi setelah kerja yg menurut ane berat mesti langsung tepar kaya orang lumpuh tapi kesadaran dan humor tetap normal

pernah masuk rumasakit dan ditangani oleh spesialisnya

tretmen saya yg alhamdulillah berhasil
1.jangan beraktifitas yg melewati batas tubuh anda kalo capek langsung berhenti jangan diteruskan

2.kalo agan ngerasa jejalanya segera atasi dengan kalium/potasium (ini sama aja kalium bahasa indonesianya dan potasium untuk internasional, kalo gak kebalik hhahaha) minum 2 tablet 2x sehari atau 3x sehari dibantu dengan pokari dan sari kedelai atau amanya datangi spesialis urat syaraf / penyakit dalam

3 rutin konsumsi obat agan seminggu 2x atau 1x dan juga boleh rutin konsumsi pokari dan dibantu sama kelapa muda dan sari kedelai ini yg paling mak nyus karna perbotolnya mengandung kira2 400 mg kalium dan di pil hanya 50 mg

penyakit ini sangat merepotkan dan menyiksa!


setuju sama agan ini...
kemungkinan bisa karena aktifitas yg berlebihan...(ini saya sekarang kondisi lagi ngedrop juga...)

kalo agan sudah merasa gejalanya segera perbanyak konsumsi buah pisang, pokari dan kalo perlu dibantu dengan konsumsi obatnya(untuk penambah kalium (ga bisa sebut merk disini))
untuk menjaga kadar kalium mending rutin konsumsi buah pisang n pokari atau degan ijo...
dan selalu sedia obat buat jaga2 aja...dan kalau bisa hindari konsumsi kacang hijau karena kata dokter yg dulu ngerawat saya itu ga bagus...
Udah yakin hipokalemia gan? Lebih baik periksa dl gan. Selain itu kalaupun hipokalemi kl sudah diperiksakan akan ditambah kaliumnya sesuai kekurangan. Kl cm makan pisang dengan hipokalemia yg sedang keliatannya tdk akan cukup gan. Jadinya jangan pernah malas untuk periksa gan. emoticon-Smilie
Jangan jangan gue juga kena, nih kalo abis di wc ... kalo kelamaan jongkok pasti berdirinya susah.

gimana nih?
Quote:Original Posted By aminidae.com
Jangan jangan gue juga kena, nih kalo abis di wc ... kalo kelamaan jongkok pasti berdirinya susah.

gimana nih?

Kalau itu sih bukan hipokalemia gan, tp kram kakinya akibat kl jongkok pembuluh darah yg di belakang lutut tersumbat akibat agan jongkok. emoticon-Stick Out Tongue
gan sy jg uda menahun hipokalemi..ud dcr sebab nya smpe ke hormon2 jg blm ktemu.. jd ini sy jaga sndiri aja kadar kaliumnya
rutin aja cek kalium ke pr*dia (krn sy rasa ini yg plg akurat dbanding klinik lain) jgn sampe di bawah 2.5 gan..mmg rujukan minim 3.5 tp buat sy yg hipokalemi lama sih cm maintain di 3 gitu aja sdh berjuang..
selain obat, konsumsi pisang minim 2-3 per hari ditambah jus apel 3-4bhn dcampur madu murni 1sendok.. trs diet tinggi kalium (klo sayur ya spt kentang rebus.kmbang kol.kapri) sm minum hydr*o coco 3x sehari gan.. djamin cpt.. tp klo ud smpe kram parah mnding ke RS gan.. jgn dsepelein ya.. ☺
kasusnya mirip2 sama ane nih.
kejadiannya bisa tiba2 sih, kalo ini mulai dr sabtu kemaren. pas mau bangun dr tidur rasanya berat banget 1 badan
musti pegangan sama sesuatu yang kuat baru bsa bangun

misal kalo lagi berdiri trus ane ancang-ancang mau jongkok (tekukin kaki) itu bisa langsung lemes kakinya, parahnya bisa langsung jatoh
mau bangunnya juga susah musti pegangan sama sesuatu dulu

makanya hari ini ane izin ga masuk kerja. soalnya dulu pernah pas turun dr motor (naek ojek) salah pijak lgsg gedubrak. sampe bangun aja minta tolong satpam loh (malu)

mau mandi aja berat rasanya, tangan buat shampooan gitu jadi kaya ga ada tenaga lah. jadi harus pelan2 ga bisa cepet2.

perut juga ikutan kram, mau batuk kayaknya ga bisa full gitu jadi musti kaya ketahan atau bangun dr ranjang itu perut berasa sakit.

itu gmn ya? plis solusinya, sangat mengganggu nih

thx ya
2 bulan kemaren ane kena hipokalemia karena efek obat kemo. Kalium ane cuma 2,5 sampe ane pernah bibir ane getar2 sendiri terus ane mangap kaku tiba2 ane gak sadar selama 10menit an..
ga bisa gerakin kaki, sering kesemutan, dll itu bisa banyak hal penyebabnya. salah satunya bisa karena kekurangan oksigen atau masalah saraf. jadinya ga tau lu blng hypokalaemia itu uda di diagnosis ato berspekulasi sendiri.

hypokalaemia ato low potassium level itu kondisi yg serius karena K digunakan untuk jantung. low K = weak heart contraction.

lebih baik segera ke dokter. jelasin secara detail gejala2nya, dari kapan mulai lemes, ada prnyakit lain apa, lg minum obat apa,dll
Kalo ane tiap kambuh langsung konsumsi pisang ijo atau kelapa ijo (kelapa muda yg kalo dibuka warna dalemnya pink kemerahan) kalo gak ya alpukat gan, karena saran dokter ane 3 buah itu yg banyak kandungan kaliumnya...Ane lebih milih konsumsi itu daripada harus minum obat rutin dari dokter, ane udah kena sakit ini dari tahun 2010 & cuma sekali opname di rs gegara penyakit ini (jgn smp opname lagi) waktu itu yg terparah karena udah kek mayat idup kaga bisa apa - apa cuma bisa tengok kiri kanan aja padahal hasil lab tiroidnya jg gak bermasalah :|
saya didiagnosa hipokalemia periodik. sudah 3 kali opname di RS untuk inject kalium. terendah pernah 1.8. kalau pas kumat kaki dan tangan terasa lumpuh. selama 4 tahun lebih ga lepas dari KSR tiap hari. Bener2 sudah hopeless waktu itu. Alhamdulilah..sekarang sudah normal. Dulu yang namanya olah raga atau aktifitas fisik yang menguras tenaga sampai pobia. Asli gila!