alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5342ab7fc3cb174b3e8b45df/help-harddisk-konslet
{HELP} Harddisk Konslet
Jadi ceritanya HD ane korban USB to IDE converter Gan.. Masang adaptornya kebalik, langsung ada bau gosong tp untungnya ga sampai berasap

alhamdulillah cuman dioda 12v yg kebakar.. Sekarang harddisk posisi nyala karena dioda nya ane cabut tapi takut kalau ada tegangan tinggi nanti langsung kena IC emoticon-Frown

Yg mau ane tanyain, dioda yg buat ganti berapa ampere ya? Cara ngerti anoda dan katoda nya gmana? Sama kalau masang dioda kebalik apakah ada bahayanya?

Makasih agan2 :beer
puter lagu dlu donk, prodigi "Breath" ...biar seruuuuemoticon-Ngakak
ganti dioda ame yang kecil aj, gan. klo ke'lewat ampere khan bisa ganti lageeeemoticon-Big Grin
pegimane? kek ahli lagi bongkar brankas yach..





Dasar pemula,..huahuahua...
Pake usb ide converternya yang kaya gimana?
Kalo yang murah <100k, ati2 deh. Adaptornya loyo, outputnya lemah n gak stabil, juga gampang meleleh plastiknya kalo dipake diatas 30 menit (heatsink dalemnya kecil).
Ane pernah jadi korban, hdd malah gak detect, bunyi cetek2. Ane cek outputnya cuman 4,83v & 10,56v, gak lama kemudian adaptor mokad juga, ampe meleleh kotaknya.
Mending powernya ngambil pake psu aja.
Soal dioda, gak masalah walo dicopot. Kalopun nyari penggantinya yang mirip susah gan. Coba aja cari di toko part elektro, ato kalo ada hdd matot, ambil diodanya aja.
Agan Gilimanese, Iye gan ane pake yg harga 65 rb an, sekali colok lgsung jeglek listrik rumah -_-
Waduh pantesan Gan, ga lagi2 deh kalau ngerti gini.
Soal dioda nya, yakin ente Gan? Bukannya kalau ga ada dioda nanti waktu tegangan tinggi bsa malah resiko IC nya yg kebakar?
Ane udh beli sih kemarin, 1 sama 2 ampere. Iya emg beda bentuknya, yg di hdd persegi panjang, yg ane beli tabung, tp secara fungsi sama kan Gan?
Quote:Original Posted By Albooy
Agan Gilimanese, Iye gan ane pake yg harga 65 rb an, sekali colok lgsung jeglek listrik rumah -_-
Waduh pantesan Gan, ga lagi2 deh kalau ngerti gini.
Soal dioda nya, yakin ente Gan? Bukannya kalau ga ada dioda nanti waktu tegangan tinggi bsa malah resiko IC nya yg kebakar?
Ane udh beli sih kemarin, 1 sama 2 ampere. Iya emg beda bentuknya, yg di hdd persegi panjang, yg ane beli tabung, tp secara fungsi sama kan Gan?


Kayaknya sih gapapa gan, itu dioda sepertinya cuma buat pengaman kalo2 polaritas inputnya kebalik.
Kalo udah beli, pake aja yang 1A. Secarafungsi dan penanda polaritas sama kok (salah satu ujung ada strip putih), cuman polaritasnya ane lupa mana katoda/anoda. Yang jelas arah arusnya dari ujung polos menuju ujung yang ada stripnya.