alexa-tracking

[ASK] Soal OS Windows 8.1 Original

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/534246a4c0cb173f608b45c9/ask-soal-os-windows-81-original
[ASK] Soal OS Windows 8.1 Original
Permisi sepuh semua, nubie punya sedikit pertanyaan nih. emoticon-Malu (S)

Jadi gini, ane ada laptop HP d014au, yang udah terinstall OS Windows Original di dalemnya. Nah, yang ane bingung ini kalo misalkan (amit-amit) nanti ada virus dan semacamnya yg memaksa ane buat install ulang itu gimana ya, secara ane ga di kasih CD Windows nya. emoticon-Hammer
Cara install ulang lagi gimana, apa ane harus beli CD nya yg original yg pasti bakalan mahal emoticon-Cape d... (S) ? Atau ada saran dari sepuh sepuh di mari. emoticon-Kiss (S)

Mohon pencerahannya ya. emoticon-Matabelo
Quote:


Di bawah tiap laptop ber-WIndows biasanya ada serentetan nomor kode. Itu adlaah nomor serial Windows original kamu. Nomor itu bisa dipakai lagi. jadi kalo kamu harus isntall ulang, pastikan versinya sama. Jadi kalo laptop kamu punya windows Home version, install dng Home version. Kalo install dng Professional atau yg lain, tidak akan masuk kodenya.

Microsoft sendiri sebenarnya tidka menjual versi digital WIndows di situsnya. Tapi situs DIgital River diberi hak lisensi resmi untuk menjual secara legal versi digital Windows dalam bentuk ISO. Kamu bisa masuk ke forum resmi Microsoft untuk meminta link download Windows 8 yg dihost di Digital River.
Windows 8 gak prlu kaset lgi buat instal ulg...
Ckup pke fitur Refresh, itu sama kayak nginstal ulg tpi pke image yg udah ada di bawaan Windows 8...
KASKUS Ads
Quote:


Jadi intinya serial number itu penting dan bisa di pake lagi buat nanti ane install ulang ya gan? atau gimana. Maap IT nya jeblok emoticon-Hammer

Quote:


Fitur refresh nya ada dimana gan? emoticon-Bingung (S)
Quote:


coba liat di PC setting, trus plih bagian Recovery klo gak salah, udah lupa juga sih...
Coba tanya ke trit Windows 8 di CCPB...
Quote:


Berangkaat. emoticon-Ngacir2
Quote:

Betul. Nomor di bawah laptop kamu itu adalah serial number Windows laptop kamu. Nomor itu bisa dipakai lagi saat kamu install ulang Windows. Tapi pastikan versinya sama persis.

Quote:


CARA REFRESH
******************
Sebelum refresh, pastikan kamu menyediakan DVD installasi Windows 8.1 karena mungkin Windows akan meminta file tertentu selama proses refresh.
1. Kalau kamu memakai mouse, arahkan kursor ke pojok kanan monitor. Klik Setting, lalu pilih Change PC.
2. Klik Update And Recovery, lalu pilih Recovery
3. Di bawah "Refresh your PC without affecting your files", pilih Get Started
4. Ikuti instruksi berikut dan komputer akan melakukan refresh otomatis

Seperti yg saya sebutkan di atas, refresh (dan juga reset) tetap butuh cd instalasi! Krn ada kalanya file2 yg dibutuhkan untuk mensukseskan refresh ada di dalam cd.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tengok link referensi soal refresh dan juga reset Windows 8:
Spoiler for Cara Refresh Windows 8:

Quote:


di ane work 100% kok Gan biarpun gak pke installer...
Quote:


Jaga-jaga saja, gan emoticon-Smilie Kerusakan Windows tiap orang kan berbeda2. Mana tau ada bagian yg korup.

Tips itu saya dapat langsung dari situs Microsoft loh. Saya terjemahkan biar lebih mudah dicerna.

Quote:


Quote:


Thanks gan buat masukannya.
Jadi kalo mau refresh musti ada CDnya kann, tapi balik lagi ke persoalan ane yg engga ada CD windowsnya. Nah itu gimana ya, apa harus ane beli dulu. emoticon-Hammer
Quote:


Fitur refresh sebenarnya bisa dijalankan tanpa CD krn fitur itu tidak terikat CD. TAPI saat kamu terpaksa install ulang Windows, kamu tidak akan tahu kerusakan apa yg terjadi dan apa yg harus dibetulkan. Dalam kasus2 tertentu, mungkin Refresh akan meminta kamu memasukkan cd instalasi. Kalo itu terjadi, kamu gak usah panik, begitu loh ^_^

Kamu gak usah beli di lapak bajakan. Kamu bisa google kata kunci "Windows ISO original". Ada kok. File ISO itu jamin original selama linknya berasal dari Digital River. Tidak ada serial number di sana krn Digital River bukan situs pembajakan. Jadi kode serial kamu kudu dipakai setelah install. Pastikan sekali lagi, kamu mendowlaod versi Windowsyg cocok dng versi laptop kamu. Beda seidkit, serial number kamu tidak akan bekerja.

Btw WIndows laptop kamu versi apa ya???? Kayaknya kamu belum omong deh emoticon-Bingung (S)
Quote:


Wuihhhhh paham ane gannn. emoticon-Shakehand2
Makasih ya gan advice nya berguna banget. emoticon-Kiss (S)

Btw, apa ane harus burn file iso ke dvd ya? hehe biar sekalian pahamnya. emoticon-Malu (S)
Quote:


Oh ya, selain versi, pastikan bit-nya juga sama. Ya, ISO-nya diburn ke DVD. Tak ada salahnya mengetes cd hasil burn itu untuk memastikan semua berjalan mulus (tapi gak usah install sungguhan - ngetes aja).

Asalkan kamu download dari Digital River, copy Windows kamu termasuk legal. Digital River juga sering disebut2 dalam forum resmi Microsoft jadi 100% legal. Kamu gak usah beli lagi krn kamu terhitung sudah membelinya saat kamu membeli laptop kamu.

ikut ijin nyimak gan
emoticon-Blue Repost mulu
penting HDDnya gak di del partisi masih bisa recovery buat refresh emoticon-Embarrassment

Quote:


ada sepuh emoticon-Matabelo