alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Nama Kereta Api di Indonesia
4 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/534242d380cf173d6b00005a/sejarah-nama-kereta-api-di-indonesia

Sejarah Nama Kereta Api di Indonesia

Sejarah Nama Kereta Api di Indonesia

Agan-agan sekalian...pernah naek kereta api kan?? Waktu kecil, waktu mudik, waktu kuliah, waktu mo ketemu calon mertua, waktu mengunjungi pacar LDR emoticon-Ngakak , waktu .......................... (isi sendiri aja gan)


Pernah naek salah satu yang di bawah ini? Cekidot gans......

Sejarah Nama Kereta Api di Indonesia

Nama-nama kereta memiliki makna tersendiri terkait Legenda daerah setempat, icon daerah, akronim tujuan, nama sansekerta, semuanya untuk meningkatkan daya jual, memudahkan memori dan menghilangkan imej buruk karena pernah mengalami kecelakaan

Asal-usulnya

Spoiler for NAMA SUNGAI:


Spoiler for NAMA SATWA:


Spoiler for NAMA GUNUNG:


Spoiler for AKRONIM KOTA:


Spoiler for SEJARAH:


Spoiler for NAMA TOKOH POPULER:


Sekian dulu thread ane gan. Sori kalo berantakan maklum baru thread pertama. emoticon-Maluemoticon-Malu
emoticon-Blue Guy Cendol (L) Kaskuser yang bijak selalu ninggalin jejak gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Bata (L)TS benar-benar tidak mengharapkan emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Rate 5 Star Untuk silent reader minimal kasih emoticon-Rate 5 Star
Urutan Terlama
kalo kereta kumbo karno dari nama apa yah?
Diubah oleh nurefen
Quote:


Kumbokarno = nama pewayangan, rasaksa saudara Rahwana yang badannya besar, kalo kereta aslinya kan emang fungsinya untuk crane menganggkut kereta yang kecelakaan
Malabar selain nama gunung, dia juga akronim kota Gan. Malang-Bandung Raya CMIIW emoticon-Malu (S)
ane pernah naik kereta GAYA BARU malam, ini masuk nama yang mana ya gan?
Pict nya gan ditambahin lg biar HT
Dulu buat KRL lokal Jabotabek ada KA Ciujung, Ciliwung, Cisadane (nama-nama sungai di Jabotabek) tapi sekarang udah jadi KRL Commuter Line semua.

Jalur Jakarta-Rangkasbitung-Merak ada beberapa KA bernama:

KALIMAYA (Tanahabang-Merak): nama lain untuk batu mulia opal

LANGSAM (Angke-Rangkasbitung): kata bahasa Jerman, artinya "lambat". Ga tau ini nama resmi atau julukan saja. Julukan lainnya dari roker jalur sana: "Odong-odong" emoticon-Big Grin

RANGKAS JAYA (Tanahabang-Rangkasbitung). (RANGKASbitung - JAkarta RaYA)

BANTEN EKSPRES (Jakarta Kota-Merak). Namanya ya gitu doang.
Diubah oleh InRealLife
Kereta Penataran kok ga ada ?
jurusan sby-blitar via malang emoticon-EEK!
asalnya dari nama candi di blitar emoticon-EEK!
Quote:


nah ini dia kereta andalan waktu masih sering maen ke jawa timur

dulu saya ngiranya, ada kereta Gaya Baru Malam, berarti ada kereta Gaya Baru Siang, Gaya Lama Malam, Gaya Lama Siang emoticon-Hammer (S)
ane kira sejarah perusahaannya gan...eh ternyata sejarah penamaan keretanya...
wah ga mudeng aku gan....emoticon-Hammer

nice share gan....emoticon-shakehand
gile, yg sembrani keren bgt arti nya,
kalo taksaka malah serem,

ane inget pas kerja di gambir di kasir parkir nya, taksaka itu kan dateng nya subuh2 mulu tuh jam 4an sampe gambir, biasa nya dibangunin tu sm atasan pake HT siap2 keluar mobil beruntunan
wah kereta favorit ane ada tuh

KA Taksaka,

inget jaman-jaman awal kuliah
kalo kereta antaboga gmna ganemoticon-Ngakak

nambahin nama KA

TS nambahin dikit untuk nama Gunung :

1. Pangrango (Bogor - Sukabumi)
2. Argo Gede (Gambir - Bandung K1, sekarang udah dilebur ama Parahyangan jadi Argo Parahyangan K1 & K2)

Berasal dari Gunung Gede & Pangrango, komplek gunung berapi yang dikelilingi kota Cipanas, Cianjur, Sukabumi, Bogor. Klo agan sering ke puncak, nah itu ada di lereng gunung Gede Pangrango

Trus nambahin lagi jenis nama KA baru, yaitu singkatan (gak tau ini resmi dari KAI ato bukan)

KA BABARANJANG (KA Batubara rangkaian panjang)

Merupakan rangkaian KA terpanjang di Indonesia saat ini dengan ditarik loko terkuat ( 2 X CC202 / CC 205 ). Kadang2 bisa 60 gerbong sekali lewat gan. emoticon-Belo Agan bisa ngopi dulu klo kereta ini lewat di perlintasan emoticon-Ngakak:
Kalo mutiara timur & mutiara selatan apaan gan artinya ?? emoticon-I Love Indonesia (S)
Waktu itu pernah liat Joko Kendil , warna ijo, itu KA feeder, untuk disewa, atau apaan ya? Asal usulnya juga darimana? emoticon-Hammer
Diubah oleh 191296
dulu pernah denger dari orang2 yg ngobrol d stasiun tugu jogja,,

dulu sebenarnya ka. taksaka awalnya dimanai ka. argo merapi,,,

namun karena beberapa pihak memprotes yang intine gunung merapi itu sakral dan namanya pun dirubah menjadi taksaka

mohon maaf kalo salah
beberapa kereta udah nggak aktif & tinggal kenangan emoticon-Embarrassment
ada lagi loh yg kurang, KA Jayabaya. Jayabaya itu raja kerajaan kediri yg paling termasyur dan kerajaan kediri mencapai puncak kejayaan pada masa raja Jayabaya yg juga sangat terkenal dengan kitab ramalan Jayabaya tsb. Kemudian diakhir kerajaan kediri berdiri dipimpin oleh seorang raja yaitu Kertajaya. Jadi mereka berdua saling terkait. KA Jayabaya pse-ml, KA Kertajaya pse-sbiemoticon-Malu

ah masih banyak yg kurang tapi ane males ceritanya

emang deh transportasi paling unik dan sejarahnya gak ada habisnya ya kereta apiemoticon-Ngacir
Diubah oleh ntnggrn
Keren nih bro.. nyimak dlu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di