alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53410d61bfcb1792018b4596/tak-cuma-turunkan-kolesterol-temulawak-juga-bisa-bantu-melindungi-liver
Tak Cuma Turunkan Kolesterol, Temulawak Juga Bisa Bantu Melindungi Liver
Quote: Jakarta, Selain menjaga kebugaran dan menambah nafsu makan, temulawak juga dikenal sebagai salah satu ramuan herbal yang bermanfaat untuk mengobati hepatitis. Lebih dari itu, temulawak juga berguna bagi mereka yang mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang.

Pasalnya, konsumsi obat kolesterol jangka panjang bisa mengganggu fungsi hati, demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dr Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM.

Menurut dr Arijanto, jika kadar kolesesterol pasien tinggi padahal sudah diberi obat dalam dosis tinggi, sebaiknya jangan ditambah dosis obatnya tetapi carilah herbal lain yang bisa melengkapi terapi, misalnya temulawak.

"Temulawak tidak hanya mengobati hepatitis tetapi juga bisa menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL," kata dr Arijanto di tengah-tengah Press Conference The 1st Natural Wellness Symposium di Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan dan ditulis pada Minggu (6/4/2014).

Maka dari itu, untuk pasien yang sudah mengonsumsi statin dalam jangka panjang dan bisa mengganggu liver bisa mengonsumsi temulawak untuk membantu menaikkan HDL sekaligus memanfaatkannya menjadi hepatoprotektor.

"Jadi hati bisa terlindungi dari efek samping simvastatin yang dikonsumsi dalam jangka panjanh. Ini kan jadi bentuk gabungan terapi yang bermanfaat," kata dr Arijanto.

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa obat herbal bisa juga berpengaruh pada fungsi ginjal?

"Efek samping obat herbal pada ginjal memang belum ada penelitiannya," ujar dr Arijanto.Tapi, ia menekankan sebelum memberi obat apapun termasuk herbal, dokter harus tahu terlebih dulu bagaimana fungsi liver dan ginjal pasien. Sebab, semua obat akan melewati ginjal dan liver.

Maka dari itu, dr Arijanto menekankan pemakaian herbal terutama yang sudah diekstrak harus diketahui dulu kadar keamanannya melalui uji toksikologi.


sumber : http://health.detik.com/read/2014/04...lindungi-liver
pertamax kah? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By david.gunadi
pertamax kah? emoticon-Bingung (S)


mau kejar pertamax jgn di FHM gan...kecuali kalo ente pengen di banned emoticon-shakehand
nice gan thread nya,, emoticon-Rate 5 Star
ane baru tau kalo temulawak berfungsi melindungi liveremoticon-Matabelo
mau tanya nih kali aja tau, ane dulu
waktu sd pernah kena liver / hematitis gue
lupa, nah sekarang ane udah umur 19 baru
lulus smk mau kerja, btw ada bbrapa
pekerjaan yg mengharuskan tes kesehatan
nah klo misal aja ente tau, itu penyakit
liver/hepatitis bisa sembuh dgn
sendirinya gak sih ane sering sih minum jamu temulawak klo nggk beli di pedagang grobak ya kadang ibu buatin, nah ane takut udah tes udah wawancara pas mau tes kesehatan gagal,
btw maap ya out of topic
Ada cara ngolahnya nggak gan?
Kalo di kunyah mentah ane kaga dah emoticon-Hammer2

Kalo beli di tukang jamu apa aman di konsumsi? emoticon-cystg
beli aja temulawak bubuk yg asli,biasanya di penjual obat2 herbal,ampuh buat sakit kuning sama maag