alexa-tracking

[ask] seputar surat penegasan persetujuan kredit (sppk) kpr bank btn

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533c2064c2cb17110a8b4729/ask-seputar-surat-penegasan-persetujuan-kredit-sppk-kpr-bank-btn
[ask] seputar surat penegasan persetujuan kredit (sppk) kpr bank btn
gan. ane bingung mau dimasukin forum yang mana, ane masukin ke lounge aja semoga tidak salah kamar.

nanya ya gan, surat penegasan persetujuan kredit kpr dari bank btn itu dikeluarkan langsung setelah approval kpr atau nunggu rumah dalam keadaan siap huni?

kasus ane, dari bayar dp lunas trus wawancara dan approval dengan rumah masih dalam tahap pembangunan ane belum dapat sppk, ane tanya admin perumahan katanya sppk belum keluar dan akan keluar setelah rumah siap dihuni, tapi dari temen yang ngajuin kpr di bank btn juga, sppk langsung keluar bahkan setelah dia approval kpr. padahal rumah juga baru dibangun.

ini mana yang bener gan?? ane takut kena penipuan

yang tau mohon dijawab
image-url-apps
tolongin donk gan emoticon-Bingung (S)
setahu ane sppk itu (mau kredit apapun) keluarnya setelah pengajuan disetujui, soalnya di dalam sppk itu salah satu cara dari kreditur konfirmasi/memastikan ke debitur jumlah angsuran, lama angsuran, jumlah hutang, tanggal jatuh tempo, dll

yg penting perjanjian kreditnya gan, lebih penting lagi dananya udah keluar. sppk mah ga begitu penting..tapi nanti klo udah dapat perjanjian kredit dan ternyata hitung2annya berbeda agan langsung komplain (harusnya sih komplain pas terima sppk sih) ke krediturnya.
KASKUS Ads
image-url-apps
lha kalo kasus ane ini gimana gan?

kalo dari admin perumahan katanya sppk keluar kalau rumah udah siap huni jadi bisa di survey.

ni apa developernya ga bener?

trus ane bisa cek approval kpr ane disetujui apa enggak selain dari developer gimana gan?

oh ya, bulan kemaren sih approval kpr btn dikasih tau sama admin developer, ane tanya sppk nya jawabane ya seperti ane tulis diatas
image-url-apps
coba bantu gan..
untuk kpr rumah secara peraturan BI hrs sudah jadi dulu rumahnya, br bs dilakukan pencairan kredit..

utk kondisi tertentu sppk memang bs dikeluarkan dengan pertimbangan perhitungan bank atas kredit yg diberikan kepada nasabah..

namun utk pencairan kredit hanya bisa dilakukan setelah ttd perjanjian kredit dan pengikatan di notaris..

klo admin bilang kredit baru proses setelah rumah selesai,, berarti proses kreditnya berdasarkan nilai riil pasar yg sesuai penilaian appraisal atau bank tsb..
moga bisa bantu agan..
image-url-apps
Quote:


yang ane maksud surat sppk nya gan, bukan akad kredit. kalo akad kredit ane tau pasti setelah rumah layak huni.

kalo sppk kan tanda kita udah approval kpr.

nah kasus ane ini kata si admin udah approval tapi tidak bisa kasih bukti sppk gan, katanya sppk keluar setelah rumah jadi. tapi temen ane dengan kondisi dan bank yang sama kok keluarnya sppk langsung setelah dia approval kpr emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
Coba bantu gan.. kebetulan ane kerja di bank..
Tahapan proses kredit mungkin bisa dijelasin kaya gini :
1. Permohonan
2. Analisa
3. Sppk/skk/spk
4. Perjanjian kredit/akad
5. Pencairan

Jadi mungkin agan baru sampe di tahapan ke 4,jadi ada miss antara si developer dan bank.
Pengertian dr developer akad (dimana sppk diartikan sebagai akad) br bisa dilakukan setelah rumah jadi, karena memang gitu aturan dr BI. Sedangkan dr pihak bank, ga masalah untuk mengeluarkan sppk sepanjang belum akad dan pencairan karena emang gitu prosesnya.

Mungkin lebih jelasnya agan bisa langsung tanya sama pihak banknya gan..
Biar agan ga bingung..

---edit---

Mungkin maksud dr banknya, permohonan kredit agan sudah disetujui, cuma untuk mengeluarkan sppk dalam bentuk fisik rumahnya kudu jadi dulu..
image-url-apps
Quote:


iya ya gan mungkin lebih jelas tanya ke bank.
yang bikin ane bingung, antara temen ane m ane kok beda prosedurnya. padahal bank sama, mungkin kantor cabang juga sama
mantau bro...
Gan Surat SPk ada masa berlakunya ya..?emoticon-Bingung (S)
Kebetualan ane ambil kpr di btn, spk sudah keluar bulan juni kemarin, rumahnya baru jadi pertengahan september ini.
Waktu itu di surat spk di sebutkan ane kena bunga 11.50% fix 1 tahun.
Apakah waktu akad nanti bunga akan berubah atau masih 11.5%, info dari temen ane yang sudah nyicil di btn ada kenaikan bunga jadi 14%.
Mohon masukannya gan..
Makasih
image-url-apps
gan...kebetulan ane pengen pengajuan kredit.modal kerja di bank btn. kira2 ada ga agan2 kenal atau ada marketing bnk btn yang bisa menangani pengajuan kredit ane.

mohon pencerahan
×