alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pemilih Pemula Lebih Minati Partai Nasionalis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533bf65917cb1776118b4a00/pemilih-pemula-lebih-minati-partai-nasionalis

Pemilih Pemula Lebih Minati Partai Nasionalis

Nasionalisme kayaknya udh jadi barang yang diminatin bangsa Indonesia. Pernyataan ini ga berusaha ngajak pembaca berpikir dualis demi mencari jawab: benar atau salah. Tapi di sini saya coba menekankan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya pemuda, ternyata lebih mengedepankan semangat nasionalisme dibanding golongan tertentu, Mungkin karena nasionalisme mampu merefleksikan semangat muda mereka. Seperti contoh tulisan yang sama kutip dari detik.com yang berdasarkan sebuah survey. Sekali lagi, saya tidak bermaksud mencari jawab benar salah, namun sekadar memaparkan fakta yg terjadi di masyarakat kita.


Survei LKP: Pemilih Pemula Lebih Minati Partai Nasionalis

Jakarta - Survei yang dirilis Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menyebutkan bahwa pemilih pemula lebih menyukai partai-partai nasionalis daripada partai berbasis massa Islam. Elektabilitas partai berbasis massa Islam di kalangan pemilih pemula lebih rendah dibandingkan dengan elektabilitas kalangan pemilih semua umur.

"Partai nasionalis cenderung menjadi pilihan para pemilih pemula pada Pemilu 2014 ini. Dan juga, elektabilitas partai berbasis massa Islam yaitu PKB, PPP, PKS, PBB, dan PAN di kalangan pemilih pemula lebih rendah bila dibandingkan dengan elektabilitas di kalangan semua pemilih," kata CEO Lembaga Klimatologi Politik dalam rilis survei 'Kecenderungan Voting Behaviour Pemilih Pemula: Partai Nasionalis atau Partai Islam' di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/4/2014).

Sebanyak 77% responden yang berusia 16-21 tahun memilih partai-partai nasionalis jika Pemilu dilaksanakan saat ini. Sedangkan yang mengaku akan memilih partai-partai berbasis massa Islam hanya 19,2% dan sebanyak 3,8% menjawab tidak tahu.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden berpedoman kuesioner. Ambang kesalahan dari survei ini sebesar +/- 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei ini dibiayai oleh Yayasan Klimatologi Politik.

Pemilih pemula dalam kategori survei LKP kali ini adalah mereka yang berusia 16-21 tahun atau mereka yang baru pertama kalo memilih. Pemilih pemula umumnya masih berstatus pelajar SMA atau mahasiswa program diploma dan S1. Namun banyak pula yang tidak bersekolah, terutama yang tinggal di desa-desa.

Berikut urutan elektabilitas partai politik pilihan pemilih pemula:

Golkar 22,9%
PDIP 20,4%
Gerindra 15,6%
Hanura 8,4%
Demokrat 6,1%
PAN 5,4%
PKB 4,8%
PKS 4,2%
NasDem 3,6%
PPP 3,6%
PBB 1,2%
PKPI 0%
Undecided 3,8%

Berikut urutan tingkat elektabilitas parpol pemilih semua usia (bukan cuma pemilih pemula):

Golkar 19,8%
PDIP 18,9%
Gerindra 14,4%
Hanura 10,2%
Demokrat 6,4%
PKB 6,2%
PPP 5,8%
PAN 4,6%
PKS 4,3%
NasDem 3,8%
PBB 1,2%
PKPI 0,6%
Undecided 3,8%



Urutan Terlama
partainya ARB memimpin ya? emoticon-Bingung (S)

Pemilih Pemula Lebih Minati Partai Nasionalis


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di