alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533bc9025bcb172b62000112/memperingati-hari-lahir-legenda-komik-indonesia-ra-kosasih-kosasihday
icon-hot-thread
Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay
Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay

Alhamdulilllah #KosasihDay dapet HT
Spoiler for Hot Thread:


Halo gan! Dalam kesempatan kali ini, ane Juki, selaku karakter Komik Indonesia mau ngebahas tentang eyang RA Kosasih !

Quote:Quote:Hah? Ga tau RA Kosasih?
Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay
Raden Ahmad Kosasih adalah salah satu komikus legenda di Indonesia gan! Beliau banyak menelorkan karya-karya komik di zaman keemasannya, sebut aja Sri Asih, Siti Gahara, dan yang paling fenomenal adalah komik-komik wayangnya! Kalau ga ada eyang Kosasih mungkin ane gak bakal ngerti dan tertarik sama kisah pewayangan macem Mahabharata dan Ramayana gan!

Spoiler for komik RA Kosasih:

Beliau wafat pada tahun 2012 silam. Dari sini, kami teman-teman penggiat komik, komikus, sampe karakter komik kayak ane mau memberi apresiasi untuk alm. RA Kosasih dengan memperingati hari lahir beliau setiap tanggal 4 April.

Kita sebut, #KosasihDay
Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay

Quote:#KosasihDay adalah kegiatan apresiasi yang ditujukan pada seniman komik yang telah begitu besar jasanya di Indonesia ini. Yaitu RA Kosasih. Beliau di mata komunitas komikus muda ini adalah sosok yang penuh dedikasi dan memiliki prestasi yang takbiasa di masa hidupnya dulu, seri adapatasi babad Ramayana dan Mahabarata dalam karya komik adalah sebuah bukti prestasi RA Kosasih dalam menyebarkan kisah yang hingga kini menjadi teladan nasional bahkan menjadi khas Nusantara.

RA Kosasih kini telah tiada, namun anak-anak muda ini takkan rela menguburkan nama dan jasanya, mereka berusaha mengingatkan dan menjadikan RA Kosasih sebagai pahlawannya sendiri, sehingga sejarah akan lestari sebagai media belajar bersama. Pameran ini bukan hanya menyadarkan aspek kenang-kenangan/ klangenan, namun justru dijadikan titik balik untuk merevitalisasi pentingnya karya komik yang menjadi literatur di negerinya sendiri. RA Kosasih telah menurunkan warisan terbesarnya pada kita, giliran kita yang hendak mewariskan apa pada generasi mendatang.


Berikut ane coba kutip beberapa tulisan dari pak Henry Ismono, pengamat dan kolektor komik indonesia:

Quote:Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay
Mengapa RA Kosasih pantas dikenang? Sebagian besar penggiat cergam menyebutkan, RA Kosasih memang bukan cergamis pertama di Tanah Air, namun perannya memang penting bahkan terpenting. Ketokohannya yang dahsyat, bahkan layak untuk disebut sebagai Bapak Komik Indonesia, meski sebutan ini sangat mungkin memunculkan perdebatan.

Akan tetapi, saya ingin mengatakan bahwa RA Kosasih adalah komikus paling populer di Indonesia. Dia adalah satu-satunya cergamis yang karyanya, terutama komik wayangnya sampai hari ini terus dicetak ulang. Dan, saya meyakini komik wayangnya masih akan terus dicetak ulang di tahun-tahun mendatang.

Kalau Anda tidak percaya, datanglah ke Toko Buku Maranatha [Erlina] di Jln Inggit Ganarsih 148 Bandung. Banyak yang mengatakan, di sanalah surga komik wayang dan tentu saja adalah cergam wayang karya RA Kosasih yang jumlahnya puluhan judul. Padahal, sebagian cergam tersebut dibuat pada tahun 50-an. Sebuah karya yang melewati zamannya.


Quote:Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay
Pengamat cergam Arswendo Atmowiloto mengatakan, jasa paling besar RA Kosasih adalah memperkenalkan wayang kepada pembaca, lewat komiknya. Bersama John Lo cergamis segenerasinya, Kosasih adalah kreator perintis komik wayang. Bahkan, di eranya, Kosasih adalah kreator komik wayang paling produktif. Ratusan komik dibuatnya dengan master piece Mahabharata dan Ramayana.

Keberhasilan komik wayang Kosasih yang diterbitkan Melodie, Bandung dan didampingi Ardisoma, Oerip, dan John Lo, segera memunculkan gelombang komik wayang. Selanjutnya, begitu banyak cergamis yang berkiprah membuat komik wayang. Dari Bandung, komik wayang tumbuh dan berkembang di Jakarta, Semarang, Surabaya, bahkan menyeberang sampai ke Medan.

Kehadiran komik wayang Kosasih juga menyelamatkan komik Indonesia yang sempat ditentang kaum pendidik ketika komik dianggap kebarat-baratan.

Seno Gumira juga menyebutkan, komik wayang Kosasih yang berbahasa Indonesia itu, membuat wayang sebagai bagian budaya di Jawa dan Bali, mampu menembus batas-batas teritorial. Masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mampu menikmati wayang lewat komik-komik wayang Kosasih dan rekan segenerasinya. Kendala bahasa dalam kisah wayang yang umumnya disampaikan dalam bahasa daerah, tidak terjadi lagi. Bahkan, hingga sekarang, cara efektif orangtua untuk memperkenalkan komik wayang, salah satunya masih menggunakan komik wayang karya sang maestro.

Beberapa komikus senior yang sempat saya temui juga mengatakan, RA Kosasih adalah salah satu sumber inspirasi mereka ketika berkarya. Argumentasi inilah yang membuat saya beranggapan: RA Kosasih adalah cergamis paling populer dan membawa pengaruh besar dalam pertumbuhan komik Indonesia.


Sumber: website HenryKomik


Bagaimana gan? Ane makin bangga kita punya komikus segiat dan setangguh pak Kosasih di zamannya emoticon-Matabelo

Harapan ane, semoga momen #KosasihDay ini bisa jadi penyemangat para komikus, penikmat, dan penggiat komik Indonesia agar semakin produktif dalam berkarya!

Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay

Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay

Segitu dulu gan thread tentang eyang RA Kosasih dari ane. Ane gak mengharapkan cendol, ane cuma mau share supaya masyarakat indonesia juga mengenal Komikus Legendaris di Indonesia yang Membanggakan ini. emoticon-Matabelo

Yuk rame-rame kita meriahkan #KosasihDay di Kaskus dan sosial media lainnya, khususnya pada tanggal 4 April!

UPDATE

Tulisan Oleh Seno G.A tentang R.A Kosasih :
Quote:
Spoiler for Tulisan Seno G.A tentang R.A Kosasih:




Ternyata di Jakarta ada yang mengadakan acara #KosasihDay secara offline!


Spoiler for Acara #KosasihDay:
Tribute Para Komikus indonesia untuk R.A Kosasih di #KosasihDay

Spoiler for Karya Sweta Kartika:


Spoiler for Karya Dody YW:


Spoiler for Karya Sheilla Rooswitha:

Spoiler for Karya Plankton Studio:


Spoiler for Pemenang #KosasihDay Drawing Contest Re:ON Comics:


Download komik wayang RA Kosasih

Quote:Original Posted By asharisme
nih, gan ane nemu
http://rawerontek.blogspot.com/2010/...a-kosasih.html
tapi masih di z*ddu
ada yg mau mirror-in? emoticon-Malu (S)

edit:
udah ane mirror di dropb*x
https://www.dropbox.com/sh/g7m3hpxb9...gsu/quUecnbNiv
isinya bentuk *.djvu

thanks to yang ngescan sama yang ngupload pertama kali emoticon-I Love Indonesia (S)


Komentar agan-agan yang budiman :

Quote:Original Posted By gerileo_gerilei


Masih dijual kok, info aja yah, kalo mau beli langsung ada di Bandung di jalan Ciateul/Inggit Ganarsih namanya Toko Buku Maranatha
Spoiler for pic:


Kalo mau beli online ada di toko buku online Anelinda Store di sini,
Code:
http://www.anelinda-store.com/




Quote:Original Posted By adityas
Saya juga penggemar karya almarhum RA Kosasih. Dulu pertama kali baca karya beliau saya pikir pengarangnya seorang perempuan. Setelah berpuluh tahun kemudian baru tahu bahwa beliau seorang laki-laki sejati emoticon-Big Grin
Maklum gan, di tahun 1980-an belum ada internet. Bisa menikmati karyanya tapi buta pengarangnya.
Semoga beliau diterangkan kuburnya & tenang di sana dengan kiriman doa dari para penggemarnya.


Quote:Original Posted By kochikaduy
Fanart : Sri Asih

"i'll live for you"
Spoiler for :


#KosasihDay


Quote:Original Posted By sasrabirawa
Eyang satu ini benar benar legenda dalam urusan komik. Mungkin kalau di Amerika sono levelnya udah kayak Stan Lee atau Steve Ditko
karya karya Eyang Kosasih sebegian besar gw hafal. terutama yang edisi Mahabarata, bukunya tebel tebel, kalau ditumpuk udah mirip bantal. Meskipun teknik komik Eyang masih sederhana (apalagi dibandingkan komik saat ini) tapi cara beliau dalam merangkai storyline sangat menarik dan urut, membuat pembacanya tidak bosan
sayangnya buat nyari buku buku karya Eyang udah susah banget. Kalau ada pasti harganya mahal...


Quote:Original Posted By Dgariel
dulu pas masih SMP gak sengaja baca Buku Bharatayudha yang buku pertama kalo ga salah, terus sampe nyari di toko-toko buku dapet buku kedua ama buku ketiganya.

akhirnya setelah kelar belum puas juga, beli juga deh seri mahabratanya emoticon-Ngakak

tapi emang lebih seru pas perang bharatayudanya sih, seri mahabrata lebih seneng ke pengenalan dan penjelasan karakter karakternya aja emoticon-Big Grin

mengingat sekedar hobi bacaan ane dulu yang nggak mainstream banget di kalangan anak SMP emoticon-Big Grin

dan akhirnya tuh buku dipinjem om ane yang sampe sekarang gak tau lagi tuh buku ada dimana emoticon-Cape d... (S)

sayang banget sekarang udah menetap di bandung, udah gak dijakarta lagi jadi ga bisa dateng emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By joko_cool
ane pernah baca buku beliau yg mahabarata waktu ane masih smp gan, asli ane demen banget..

btw, ada yang punya ebook komik2 ciptaan beliau?? atau lin donlodnya, buat reunian lagi bacanya..


Quote:Original Posted By adonmajnun
ane paling suka cerita mahabrata, abiss emua serinya dibaca. cara beliau menyampaikan pesan-pesan dalam cerita pewayangan sangat baik dan mudah dipahami oleh seluruh kalangan.
duh coba acaranya di bandung ane ikutan deh emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By ranaberry
ane masih punya gan koleksi komiknya dari wayang purwa ampe parikesit, sampe beli yang edisi baru soalnya yang lama kertasnya udah lapuk jadi sayang banget dibacanya hehehe , makasih TS udah ngingetin. Mungkin kapan kapan perlu dibahas komikus yang lain gan biar ga tenggelam kalah ama manga.


Quote:Original Posted By lasijan
cerita alm ibu, thn 50an akhir komik beliau banyak dtgg klo mau terbit. ampe kaya anak2 nunggu harry potter ato jaman ane ababil nunggu tigerwong/kungfu kid nya chin mi. sempet punya komik nya waktu kecil/sd skr entah kmn.


Quote:Original Posted By hondagepenk
Komik Wayang saya tahu semua pernah baca waktu kecil, tapi yang punya keponakan saya, sampai beberapa lemari itu Komik RA Kosasih.

Waktu kecil suka nebeng baca : Komik Wayang, Majalah Bobo, Ananda.

Ada yang posting ini terkenang masa lalu pertamakali bisa baca emoticon-Ngakak

Bahwa betul itu sebenar-benarnya komik pewayangan itu memang ada dan tebal-tebal lagi


Quote:Original Posted By burmencia
Wah besok nih Kosasihday...emoticon-2 Jempol
Semoga makin banyak Kosasih-Kosasih muda di Indonesia...emoticon-I Love Indonesia
Saya bantu share..emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By gerrald10
wah, ane punya ini semua yg seri mahabaratha
ane dulu koleksi waktu masih umur 10 th
ceritanya keren, perangnya keren, semua karakter dalam pewayangan dimunculkan dalam komik ini
paling menyedihkan itu waktu semua para pandhawa mendaki puncak mahameru
yg sampe dipuncak itu hanya yudistira dan seekor anjing yg menemaninya

hehe, maaf spoiler emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By almiraqq
Jujur gan, ane tau ttg Kosasih gara2 hot thread kemarin yang bahas komikus Indonesia. Gara2 thread ini ane juga jadi lebih tau ttg Kosasih, ane sedikit paham ttg pewayangan/mahabrata tapi bukan dari cergam/komik tapi karena ane nonton wayang kulit. Wkwkwk
Pengin deh kapan2 nikmatin karya kosasih langsung. emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By aytidaanaskaciw
wah ane tau banget kalo R.A. Kosasih. komik beliau jadi bacaan ane sebelum tidur kalo lagi nginep di rumah almarhum kakek-nenek ane.

cuman sayang.. karena ane nakal dikit, komik yang bharatayudha dan pandawa seda sobek-sobek gitu gan. maklum masih kecil.. emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By ichalcloud7
ane baru nyadar punya komiknya tapi gak tau nyimpan dimana emoticon-Frown

wah ini trit si juk yak emoticon-Big Grin, gudlak juk,, tetep bikin komik yg berkualitas yak emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By kenzoaoki
Tentu saya kenal!! jaman SD-SMP saya masih rutin baca komiknya..ukurannya segedhe ama BOBO... dan tebel nya se Harry Potter..mana banyak serinya. ha ha ha...

Karya beliau legendaris...bahkan termasuk dalam koleksi komik dunia di USA, dan tersimpan seri lengkapnya disana. sebetulnya banyak komikus serem Indonesia lainnya. seperti Djan mintaraga yang style nya american bgt komik2 nya.
emoticon-Belomatabelo


Quote:Original Posted By pakdekeris
ijin share koleksi ane gan.. tp sebagian ada yg ilang semenjak ane tinggal ngerantau emoticon-Sorry emoticon-Sorry
Spoiler for pic:


page one kalo berkenan emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By alucardzz
Salah satu legenda komikus Indonesia

Gara-gara bosen baca komik jepang waktu sma, akhirnya ane ubek-ubek gudang buku bokap. ketemu komik mahabharata dan ramayana, langsung dibaca semuanya dalam satu hari.

habis baca, ngerti deh artinya makna dan falsafah kehidupan. banyak pesan yang bisa diambil dari komik wayang eyang kosasih.

terima kasih eyang sudah memberi kita pesan untuk memaknai kehidupan....
Semoga tanggal 4 April bisa dikukuhkan sebagai hari Komik Nasional.
jadi kita juga punya hari komik emoticon-Smilie
gak sempet ikutan share art karya kosasih di re:ON ane emoticon-Frown

Kasih di Kosasih Day emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By okuto
Semoga tanggal 4 April bisa dikukuhkan sebagai hari Komik Nasional.
jadi kita juga punya hari komik emoticon-Smilie


setujuu gann!!

Quote:Original Posted By kochikaduy
gak sempet ikutan share art karya kosasih di re:ON ane emoticon-Frown

Kasih di Kosasih Day emoticon-I Love Indonesia


Mantap gan, ditunggu fanart nya, ntar ane taro pejwan

yah ane ga bisa ikut ganemoticon-Sorry
emoticon-Matabelo
Moga warga indonesia maikn mengenal tokoh-tokoh legenda Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
Mangstappp juk! Cuman elu yang bisa ngingetin pahlawan pahlawan kayak gini emoticon-I Love Indonesia (S) . Kira kira libur gak ya ? emoticon-Hammer2
wah ane baru tau tuh juk emoticon-Malu
sukses deh #kosasihday
Baru tau nih juk. Sukses lah buat para komikus indonesia dan #kosasihday nya.
Mendingan ngerayain #KokasihDay daripada ngerayain Palentin emoticon-Gila <~
Btw itu komik nya masih dijual gak ya? emoticon-Bingung (S)
Mendingan memperingati #KosasihDay daripada AprilTop .. eh AprilPom ..
eh apalah bodo amat .. emoticon-Hammer2
makin bangga dengan indonesia..
Quote:Original Posted By alifian.a.w
yah ane ga bisa ikut ganemoticon-Sorry


Paling gak, bantu sebarkan ini gan biar dibaca banyak orang.. Memperingati hari lahir Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih #KosasihDay

Quote:Original Posted By hiruma027
emoticon-Matabelo
Moga warga indonesia maikn mengenal tokoh-tokoh legenda Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)


Bener gan
wah ane baru tau ntu juk.Semoga dunia perkomik-an Indonesia makin maju.Izin share juk
#KosasihDay emoticon-I Love Indonesia (S)
Ane jadi tau full-nya cerita juga Mahabarata lewat komiknya beliau... .
Quote:Original Posted By teori.darwin
Mendingan ngerayain #KokasihDay daripada ngerayain Palentin emoticon-Gila <~
Btw itu komik nya masih dijual gak ya? emoticon-Bingung (S)


ane masih lihat beberapa komik2 beliau ada di etalase toko buku Gramedia emoticon-Smilie

di beberapa toko buku skala kecil juga pernah dengar kalau ada juga...

#KosasihDay

emoticon-Sundul:
Si Babeh memang legenda sob.. emoticon-Cendol (S)
ayo jadiin hari komik nasional ! ! ! emoticon-2 Jempol
terlepas dari kontroversi penyematan Bapak Komik Indonesia
mari kita "Komikkan" tanggal 4 April emoticon-Big Grin