alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533b8f160d8b4640478b4619/vga-hands-on-gigabyte-gv-n75twf2oc-2gi--the-fastest-gtx750ti-gpu
[VGA] Hands-on GIGABYTE GV-N75TWF2OC-2GI ~ The Fastest GTX750Ti GPU
GIGABYTE GeForce GTX 750Ti WF/OC
GV-N75TWF2OC-2GI

Spoiler for GIGABYTE VGA:


Pertarungan VGA di kelas mainstream untuk GIGABYTE, kini kedatangan anggota baru dari basis nVIDIA dengan seri GTX 750Ti yang akan menggantikan seri GTX650Ti. Secara arsitektur internal GPU, memang terdapat sedikit pemangkasan jumlah CUDA core, namun penawaran model baru 750Ti memiliki kelebihan pada sisi clock rate yang jauh lebih tinggi. Dan, untuk model VGA dari GIGABYTE bahkan meningkatkannya lagi sebagai versi VGA OC. Sebagai pertimbangan, awalnya arsitektur internal GTX 750Ti (640 CUDA Cores) yang berbasiskan GPU Maxwell (GM107), lebih kepada penerus GPU Kepler (GK107) dari seri GTX 650 standar (384 CUDA cores), bukan dari GPU Kepler seri GTX 650Ti/Boost. Lebih jelas mengenai arsitektur Maxwell dan Kepler, akan dipaparkan pada bagian akhir.

Spoiler for Unit VGA:


Kali ini yang akan menjadi perwakilan VGA mainstream 750Ti dari GIGABYTE adalah model GV-N75TWF2OC-2GI, dengan kata lain model VGA yang sudah dilengkapi WindForce2 Cooling dan implementasi OC yang lumayan tinggi. Pada pengujian sendiri, disini juga akan dilakukan overclock tambahan pada GPU dengan utility GIGABYTE OC Guru II, sebagai penunjuk perbandingan performa dari keadaan standar bawaan VGA dengan dengan kondisi overclock tersebut. Selain itu, untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan overclock dari VGA yang ditawarkan oleh GIGABYTE.

Spoiler for Cooling:


Pada kondisi default-nya (tanpa overclock sama sekali), seri GPU Dengan GTX 750Ti hanya dimodali dengan clock GPU pada 1020MHz, sedangkan pada model TWF2OC sudah diimplementasikan overclock pabrikan sebesar 1215MHz. Di sisi akses data/ memory, model yang diuji kali ini dilengkapi RAM DDR5 sebesar 2GB dan berjalan pada clock efektif 5400MHz. Lalu untuk perbandingan performanya, akan dilakukan overclock manual GPU hingga 1250MHz dan RAM hingga 6000MHz efektif. Nilai ini ditetapkan setelah sebelumnya mencoba berbagai setting clock, yang akhirnya ditemukan kondisi paling stabil dan memberikan peningkatan berarti terhadap performa di angka-angka tersebut.


Spoiler for System Test-bed:


Dalam mengimbangi performa ekstra dari model VGA Windforce GIGABYTE yang sudah ter-overclock pabrikan ini, juga diimplementasikan overclock CPU Core i5-4670K yang default-nya 3.4GHz menjadi 4.5GHz.

Tanpa perlu lagi panjang lebar, berikut hasil dari pengujian VGA terbaru GIGABYTE untuk kelas mainstream. Tapi sebelumnya, terpapar dibawah adalah data lengkap dan spesifikasi pengujian sebelum pengujian.
Spesifikasi Pengujian:
  • Processor Intel Core i5-4670K (3.4GHz – OC to 4.5GHz)
  • Motherboard GIGABYTE GA-Z87X-OC
  • RAM Kingston HyperX Predator 2x 4GB DDR3-2133
  • VGA GIGABYTE GV-N75TWF2OC-2GI
  • Storage SSD Kingston HyperX Black 120GB
  • PSU FSP CM Series AU-750M (750Watt)
  • CPU Cooler Corsair H100 (water cooling)
  • LCD Monitor Dell S2440L (1920x1080)
  • Keyboard ROCCAT Isku FX
  • Mouse ROCCAT Kone XTD (mouse pad ROCCAT Hiro)


Spoiler for all spec:


BENCHMARK

3DMark Fire Strike

Spoiler for firestrike:


3DMark11 Performance Setting

Spoiler for 11:



3DMark Vantage Performance Setting

Spoiler for vantage:


Unigine Heaven

Spoiler for unigine heaven:


Unigine Valley

Spoiler for unigine valley:


Catzilla

Spoiler for catzilla:


Final Fantasy XIV A Realm Reborn (online)

Spoiler for ffxiv:


Resident Evil 6

Pada game benchmark ini tidak memungkinkan screenshot langsung, jadi hasil langsung diterapkan pada tabel grafik di bagian tabel grafik score dibawah.

PLA Benchmark

Sama seperti game benchmark Resident Evil 6, hasil score langsung diterapkan pada tabel grafik score dibawah.


Tabel Grafik Score
Untuk memudahkan pembacaan hasil skor VGA dari berbagai pengujian, berikut hasil yang lebih compact dalam bentuk table grafik.

Spoiler for Tabel Grafik Skor:


Power Draw

Spoiler for power draw:


Mengenai asupan daya, ditentukan dari kondisi idle dan full-load dari system keseluruhan. Pada power draw yang didapatkan, di uji juga kondisi dengan maupun tanpa VGA pada system untuk mengetahui berapa daya yang benar-benar ditarik oleh VGA.
Ketika tanpa VGA, idle system berada pada asupan 76Watt. Dengan VGA idle (seperti yang sudah diketahui) adalah 86Watt. Dengan kata lain, asupan kondisi idle hanya VGA saja adalah 10Watt. Pada kondisi full-load hanya VGA saja, didapatkan 95Watt (171Watt – 76Watt). Dengan kata lain, VGA GIGABYTE GTX750Ti ini memiliki TDP pada kisaran 95Watt.
Memang secara real, nilai-nilai ini mungkin tidak akan tepat. Karena banyak factor lain yang menentukan. Tapi, setidaknya mendekati dari nilai asupan daya hanya VGA yang sebenarnya.



Temperature

Spoiler for temperature:


Pada suhu, VGA ini cukup memberikan tingkatan operasional yang terbilang dingin. Dengan kondisi maksimal pada full-load hanya menunjukkan tingkatan suhu 57 derajat celcius dan kondisi idle pada 29 derajat celcius. Hal ini cukup membuktinya efektifitas dari HSF Windforce dalam proses pendinginannya. Perlu diingat, pada kondisi standar VGA GIGABYTE ini adalah model yang sudah ter-overclock pabrikan yang cukup tinggi.


Quote:Ekstra: Arsitektur GPU Maxwell
Arsitektur baru dari NVIDIA yang dinamakan Maxwell diperkenalkan mulai dari seri mainstream dengan dirilisnya GeForce GTX 750 Ti dan GTX 750, berbasis GPU GM107 didesain khusus untuk platform dengan konsumsi daya rendah seperti notebook dan komputer form factor ringkas atau kecil. Hal yang paling luar biasa dari Maxwell adalah peningkatan efisiensi konsumsi daya signifikan, hampir 2x lipat lebih efisien dari Kepler. Faktor ini juga yang menjadi alasan Maxwell akan menjadi arsitektur NVIDIA untuk produk Tesla di masa depan.

Multiprosesor lebih efisien
Maxwell memperkenalkan desain baru untuk Streaming Multiprocessor (SM) yang berdampak pada semakin efisiennya konsumsi daya. Meskipun Kepler dengan desain SMX-nya sudah memperlihatkan efisiensi daya yang cukup signifikan, namun kehadiran Maxwell merupakan wujud yang lebih nyata dengan peningkatan pada control logic partitioning, workload balancing, clock-gating granularity, instruction scheduling, number of instructions issued per clock cycle, dan berbagai peningkatan lainnya menjadikan efisiensi SM Maxwell memiliki peningkatan efisiensi yang cukup jauh dibandingkan SMX dari Kepler. Arsitektur Maxwell SM memungkinkan peningkatan jumlah SM menjadi 5 SM pada GM107 dibandingkan hanya 2 pada GK107, dengan hanya terjadi peningkatan 25% pada area die GPU.
Maxwell juga secara dramatis memperbesar ukuran desain L2 cache, 2048KB untuk GM107 berbanding 256KB pada GK107. Dengan lebih banyak cache teralokasi pada chip, lebih sedikit peranan DRAM pada grafik card yang dibutuhkan, dan memperkecil kebutuhan daya sekaligus meningkatkan kinerja.
Sebagai tambahan dari hal hal diatas, engineer NVIDIA secara agresif melakukan implementasi tuning pada tiap unit Maxwell GPU hingga pada level transistor untuk lebih memaksimalkan efisiensi daya. Sebagai hasil akhir dari berbagai perubahan yang dilakukan ini, Maxwell mampu menghadirkan 2x lipat performance/watt dibandingkan Kepler, dengan manufaktur yang sama yaitu 28nm.

Tabel Perbandingan Maxwell vs Kepler

[VGA] Hands-on GIGABYTE GV-N75TWF2OC-2GI ~ The Fastest GTX750Ti GPU





NB: Ketersediaan kemungkinan pada akhir bulan April 2014. Mengenai harga belum ada kejelasan, tapi yang pasti masih dibawah $200.
aduh makin bingung ni ambil msi ato gigabyte yak??? emoticon-Takut