alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533323861f0bc3591e8b4887/10-orang-amp-hanya-satu-satunya-yang-selamat-dari-kecelakaan-pesawat-yang-mengerikan
10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan
10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan


10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan


Sebelum kita masuk ke bahasan utama sudi kiranya untuk



10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan


Dan Ingatlah ini selalu

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan




Quote: Quote:Kecelakaan pesawat terbang yang tragis seperti yang dialami oleh Malaysia Airlines MH-370 (masih pencarian), Sukhoi superjet 100 di gunung salak, Adam air 547, dan masih banyak tragedi pesawat yang tragis di mana para penumpang dan kru pesawat ditemukan dalam keadaan meninggal semuanya.
Tapi di bawah ini adalah mengenai mereka orang orang yang beruntung bisa selamat dari musibah tersebut entah karena beruntung, keajaiban, takdir atau apapun itu yang jelas orang orang ini adalah merupakan satu satunya penumpang yang selamat dari kecelakaan yang mengerikan


Quote: Quote:10. Martin Farkas

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 19 Januari 2006
Tipe pesawat : antonov An-24
Operator : Slovak Air Force
Lokasi kecelakaan : Hejce, Hnggaria
Jumlah penumpang dan kru : 43
Jumlah meninggal : 42
Penyebab kecelakaan : Pilot error

Pesawat ini tengah membawa para pasukan penjaga perdamaian dari Slovakia. Jatuh di daerah hutan yang bersalju di daerah Bukit Borso pada ketinggian 700 meter atau sekitar 2300 kaki di dekat Desa Hejce Kota Telkibanya Hunggaria. Sebelum jatuh dan terbakar pesawat ini terlebih dahulu menabrak bagian atas pohon. Mayat mayat dan serpihan pesawat tersebar dalam area yang cukup luas di daerah ini.

Michaela Farkasova, istri dari satu satunya penumpang yang selamat mengatakan bahwa dia menerima telepon dari handphone suaminya yang mengabarkan bahwa pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan dan jatuh di hutan, meminta untuk segera dicarikan pertolongan. Tidak lama setelah menerima informasi tersebut, Farkas pun ditemukan. Menurut regu penyelamat, Farkas benar benar beruntung bisa selamat dari kecelakaan dan dia ditemukan di dalam toilet. Farkas menderita pembengkakan otak ringan dan paru paru nya terluka akibat kecelakaan tersebut.Kemudian dia dirawat karena mengalami koma dan tidak lama setelah itu dia dikabarkan membaik.Dari hasil penyelidikan diketahui bahawa penyebab kcelakaan adalah pilot terlalu cepat menurunkan pesawat dalam keadaan gelap menuju Kosice


Quote: Quote:9. James Polehinke

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 27 Agustus 2006
Tipe pesawat : Bombardier Canadair Regional Jet (CRJ) CRJ-100ER
Operator : Comair d/ b/ a Delta connection
Tempat kecelakaan : Blue Grass Airport, Lexington, Kentucky
Jumlah penumpang dan kru : 50 orang
Jumlah meningal : 49 orang
Penyebab kecelakaan : pilot error

Pesawat ini seharusnya berada di runway 22 untuk lepas landas, tetapi malah menggunakan runway 26. Runway 26 yang digunakan terlalu pendek untuk dilakukan take off sehingga menyebabkan pesawat gagal melakukan take off. Menewaskan semua penumpang dan dua dari tiga kru, yang selamat hanyalah James Polehinke. Dia menderita luka yang sangat serius, patah tulang di beberapa bagian, kerusakan paru paru dan pendarahan parah. Kemudian dokter memutuskan bahwa polehinke menderita kerusakan otak dan tidak bisa mengingat kecelakaan ataupun hal yang menyebabkannya. Polehinke memang tengah menerbangkan pesawat tersebut, dan yang menjadi kapten nya adalah Jeffrey Clay yang mengemudikan pesawat ke landasan yang salah.



Quote: Quote:8. Foye Kenneth Roberts

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 14 juni 1943
Tipe pesawat : B-17C Flying Fortress
Tempat kecelakaan : BAKERS CREEK NEAR MACKAY, QLD Australia
Jumlah penumpang dan kru : 41
Jumlah yang meninggal : 40
Penyebab kecelakaan : tidak diketahui

Demi alasan moral dan keamanan militer, kejadian ini dirahasiakan oleh pihak US Army dan otoritas sipil australia selama bertahun tahun. Pesawat membawa 41 prajurit amerika sekembalinya dari cuti 10 hari. Pesawat lepas landas dalam keadaan daratan yang berkabut dan berada pada ketinggian sekitar 300 kaki. Dalam hitungan menit kemudian pesawat terbakar dan jatuh ke pepohonan dan salah satu sayapnya lepas mengakibatkan pesawat berlubang besar tepat di bagian para penumpang berada dan berhamburan jatuh ke bawah ke semak semak. Satu satunya penumpang yang selammat ialah Foye Kenneth Roberts. Roberts menderita cedera kepala yang tidak didiagnosis pada saat kecelakaan dan menjadi tidak bisa bicara setelah dilakukan operasi pada otaknya. Dia tidak bisa mengingat apa apa tentang kecelakaan tersebut. Pada bulan Februari 2004, Foye Kenneth Roberts meninggal. Fakta lain yang luar biasa adalah bahwa, masih sampai hari ini, kecelakaan tersebut masih menempati urutan pertama sebagai bencana penerbangan terburuk dalam sejarah Australia.



Quote: Quote:7. Nestor Mata


10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 17 Maret 1957
Jenis pesawat : c 47 skytrain
Operator : Angkatan udara philipina
Tempat kecelakaan : 22 mil barat laut kota cebu, philipina
Jumlah penumpang dan kru : 26
Jumlah meninggal : 25
Penyebab kecelakaan : Gangguan mesin

Kecelakaan ini menewaskan Presiden ke-7 dari Filipina , Ramon Magsaysay serta sejumlah pejabat tinggi militer. Seorang wartawan untuk Filipina Herald , Nestor Mata , adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan itu . Pesawat lepas landas dari Bandara Lahug menuju Nichols Field, dan saksi mata di lapangan mengamati bahwa pesawat belum memperoleh ketinggian yang cukup saat mendekati pegunungan di Balamban. Mata sedang duduk di kursi kedua , di samping kompartemen Presiden , ketika kecelakaan itu terjadi , dan mengingat ada kilatan menyilaukan sejenak , kemudian ia jatuh tak sadarkan diri . Ketika ia sadar ia menemukan dirinya di sisi tebing curam di antara pohon-pohon dan semak-semak . Karena ia merasakan sakit , ia mulai berteriak , ' Mr Presiden ! Bapak Presiden ! "

Ketika beberapa petani menemukan bahwa mereka harus kembali ke desa untuk mendapatkan tandu di mana mereka ditempatkan dan membawanya selama 18 jam melalui medan yang sulit. Begitu Mata mencapai Rumah sakit di bagian Pulau Selatan di Cebu , ia dirawat karena shock berat dan rasa sakit karena menderita luka bakar tingkat dua dan tiga . Mata tidak kehilangan kesadaran di rumah sakit , dan mampu memberitahu perawat melalui secarik kertas . Ini dimulai dengan kalimat' Presiden Magsaysay sudah mati . "
Foto di atas salib putih adalah " penanda " dari tempat kejadian kecelakaan tersebut.



Quote: Quote:. Erika Delgado


10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 13 Januari 1995
Jenis pesawat : DC - 9
Operator : Intercontinental Airlines
Tempat kecelakaan : Maria La Baja, 500 mil barat laut Bogota, Kolombia
Jumlah penumpang dan kru : 52
Jumlah meninggal : 51
Penyebab kecelakaan : tidak diketahui

Pesawat ini meledak di udara ketika sang pilot berusaha untuk melakukan pendaratan darurat di rawa dan membentur daratan berumput dan meledak dan kemudian terguling ke dalam laguna. Seorang petani mengatakan ia mendengar teriakan minta tolong, dan menemukan seorang gadis berusia 9 tahun, Erika Delgado, di gundukan rumput laut, yang telah mencegahnya jatuh. Dia adalah satu-satunya yang selamat. Dia bepergian dengan orangtuanya dan adik laki-laki, dari Bogota ke kota resor Karibia Cartagena. Para penyelamat mengatakan dia mengatakan kepada mereka ibunya mendorongnya keluar dari pesawat karena pecah dan terbakar. Dia dibawa ke rumah sakit shock, dan dengan lengan yang patah. Erika kemudian ingat seseorang mendekati dan mengabaikan teriakannya minta tolong, tapi malah merebut kalung emas dari lehernya dan melarikan diri. Saksi mata mengatakan pemulung juga menjarah tubuh penumpang lain. Erika mengeluarkan permohonan untuk kembalinya kalung itu, yang katanya adalah satu-satunya kenang-kenangan dari ayahnya. Sempet sempetnya ya gan, tega bener yang ngejarah..emoticon-Mad:



Quote: Quote:5.George Lamson Jr

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 21 Januari 1985
Jenis Pesawat : Lockheed Electra 188
Tempat kecelakaan : Reno , Nevada , USA
Penumpang & Kru : 71
Meninggal: 70
Penyebab kecelakaan : Kesalahan Pilot / Ground crew error

Setelah bermain ski di akhir pekan, George Lamson yang yang waktu itu berusia 17 tahun mengambil kursi di sebelah ayahnya di barisan depan kabin pesawat, tepat di belakang sekat. Pesawat mulai gemetar dan sayap kanan pesawat itu menukik ke arah kanan yang keliru. Lamson menarik lututnya ke dadanya pada saat pesawat berbenturan dengan tanah . Kekuatan kecelakaan itu merobek kursi Lamson itu dari badan pesawat , dan ia terlempar keluar dari pesawat , mendarat tegak di tengah-tengah jalan raya , masih terikat di sabuk pengamannya .
Dia melepas sabuk pengamannya dan berlari menuju lapangan di tepi jauh dari trotoar saat pesawat meledak . Tiga orang selamat dari kecelakaan itu awalnya , termasuk ayah George Lamson , tetapi keduanya meninggal beberapa hari kemudian akibat luka bakar parah dan cedera kepala . kemudian ditetapkan bahwa kemungkinan penyebab kecelakaan ini adalah kegagalan kapten untuk mengontrol , dan kegagalan kopilot untuk memantau jalur penerbangan dan kecepatan udara pesawat. Ini adalah apa yang menyebabkan getaran tak terduga tak lama setelah lepas landas .
Lamson baru-baru ini dihubungi oleh pers. Dia meminta wartawan untuk tidak mengungkapkan apa-apa lagi dari pekerjaannya atau keberadaannya dan tetap menjadi orang yang sangat tertutup.



Quote: Quote:4.Mohammed el-Fateh Osman emoticon-Frown

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 8 Juli 2003
Jenis Pesawat : Boeing 737
Operator: Sudan Airways
Tempat kecelakaan : Port Sudan
Penumpang & Kru : 116
Kematian : 115
Penyebab Crash : Tidak diketahui

Sekitar 10 menit setelah lepas landas menuju dari Port Sudan di pantai timur laut ke ibukota , pilot lewat radio menara kontrol mengabarkan tentang masalah di salah satu mesin . Pilot mematikan mesin itu dan mengatakan kepada menara dia kembali ke bandara . Sepuluh menit kemudian, pesawat Sudan terjun ke bukit ketika mencoba pendaratan darurat , menewaskan 116 orang dan menyebabkan bayi berusia 3 tahun Mohammed el - Fateh Osman berada di tengah mayat mayat yang hangus , sebagai satu-satunya yang selamat . Anak itu ditemukan terluka dan berbaring di bawah pohon yang tumbang oleh seorang pengembara . Ibu anak itu berada di antara para korban . Mohammed kehilangan bagian dari kaki bagian bawah dan dirawat karena luka bakar parah . Mayat-mayat itu dikubur di sebuah kuburan massal setelah melakukan doa Muslim , karena kondisi tubuh korban yang meninggal tidak memungkinkan untuk diangkut dan diantarkan kepada kerabat mereka* Negara ini menyalahkan Amerika Serikat untuk kecelakaan itu , mengatakan bahwa sanksi telah membatasi spare part bagian vital pesawat. Amerika Serikat membantah klaim itu, menyatakan bahwa tidak ada larangan peralatan yang diperlukan untuk keselamatan penerbangan .



Quote: Quote:3.Vesna Vulovi

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 26 Januari 1972
Jenis Pesawat : McDonnell -Douglas DC - 9
Operator: Jugoslovenski Aero transportasi
Penyebab kecelakaan : pengeboman
Tempat kecelakaan : Hinterhermsdorf , Jerman Timur
Penumpang & Kru : 28
Meninggal: 27

Vesna adalah seorang pramugari pesawat ketika sebuah bom meledak , pada ketinggian 33.000 ft ( 10.050 meter ) . Tindakan teroris ini disebabkan oleh teroris Kroasia Ustashe . Ledakan itu merobek jet menjadi beberapa bagian di udara . Reruntuhan pesawat jatuh melalui langit selama tiga menit sebelum menghantam bagian gunung yang beku . Seorang pria Jerman , setelah tiba di kecelakaan itu , menemukan Vesna setengah berbaring di luar pesawat, di antara tubuh anggota kru lain berada di atas tubuhnya , dan trolley untuk melayani penumpang menancap di tubuhnya . Pria itu seorang dokter dalam perang dunia kedua , dan melakukan apa yang dia bisa untuk dia sampai bantuan lebih lanjut datang . Cedera Vesna sudah termasuk tengkoraknya retak , dua kaki yang patah dan tiga patah tulang belakang , yang meninggalkan dia lumpuh sementara dari pinggang ke bawah . Dia kembali bisa mengggunakan kakinya setelah operasi , dan terus bekerja untuk JAT di meja kerja . Fakta mengungkapkan bahwa jadwalnya telah bercampur dengan jadwal yang lain dengan pramugari lain bernama Vesna , dan dia kemudian ditempatkan pada penerbangan yang salah .
Vesna masih memegang Guinness World Record untuk orang yang masih bisa selamat jatuh dari ketinggian tanpa parasut , pada 33.330 kaki . Dia dianggap sebagai pahlawan nasional di seluruh bekas Yugoslavia .



Quote: Quote:2. Cecelia Cichan

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

udah gedenya

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 16 Agustus 1987
Jenis Pesawat : McDonnell Douglas MD - 82
Operator: Northwest Airlines
Tempat kecelakaan : Romulus , Michigan ( western Detroit )
Penumpang & Kru : 155
Jumlah meninggal : 154-2 di lapangan juga tewas
Penyebab Crash : Pilot error

Setelah lepas landas dari Metro Airport , selama pendakian awal , pesawat berputar sekitar 35 derajat ke setiap arah . Sayap kiri menghantam sebuah tiang lampu sekitar ½ mil ( 800 m ) dari ujung landasan pacu, menghantam tiang lain yang lebih ringan, atap bangunan sewa mobil , dan kemudian tanah . Cecelia Cichan ditemukan oleh pekerja penyelamat di kursinya , beberapa meter jauhnya dari tubuh ibunya bersama ayah Cecelia , dan kakaknya 6 tahun . Kelangsungan hidupnya dari kecelakaan itu dianggap tidak bisa dijelaskan dan ajaib oleh banyak orang, termasuk penyidik ​​kecelakaan pesawat . Dewan Keselamatan Transportasi Nasional menentukan bahwa kemungkinan penyebab kecelakaan itu kegagalan awak pesawat untuk menggunakan checklist taksi untuk memastikan proses penutupan dan serangan angin yang tiba tiba selama lepas landas . Cecelia sekarang sudah menikah dan memperoleh gelar Psikologi dari University of Alabama . Meskipun ia tidak membuat pernyataan publik , ataupun menghadiri upacara peringatan tahunan mengenai kecelakaan tragis tersebut, dia tetap berhubungan dengan orang orang atau saudara yang ditinggalkan oleh para korban .



Quote: Quote:1. Juliane Köpcke

10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan

Tanggal kecelakaan : 24 Desember 1971
Jenis Pesawat : Lockheed Electra L - 188A
Tempat kecelakaan : Puerto Inca , Peru
Penumpang & Kru : 92
Meninggal: 91
Penyebab Crash : Kesalahan Manusia dan kegagalan struktural , mungkin disambar petir

Pada malam Natal 1971, pesawat Peru itu lepas landas dari Bandar Udara Internasional Jorge Chavez di Lima , dalam penerbangan ke Pucallpa , Peru . Sekitar setengah jam setelah lepas landas , dan pada sekitar 21.000 kaki , pesawat memasuki badai dan turbulensi berat dan mungkin disambar petir . Para pilot mengalami kesulitan mengendalikan pesawat , dan secara cepat menukik jatuh. Para kru berusaha untuk keluar pesawat, tapi api dan turbulensi di sayap menyebabkan sayap kanan dan sebagian besar dari sayap kiri lepas dari pesawat . Pesawat jatuh di daerah pegunungan di Amazon . Ajaibnya , seorang remaja Jerman Juliane Koepcke ( 17 ) , yang bepergian dengan ibunya , selamat dari kecelakaan itu dan masih terikat di kursinya . Setelah mencari ibunya sia-sia , Koepcke berjalan melalui hutan selama sembilan hari mencari bantuan . Pada hari kesembilan , ia menemukan sebuah kano dan tempat tinggal . Beberapa jam kemudian , pengusaha kayu lokal kembali dan menemukannya . Akhirnya Orang-orang membawanya melalui perjalanan tujuh jam melalui kano menyusuri sungai ke tempat penampungan kayu , di mana ia diterbangkan ke rumah sakit . Koepcke sekarang seorang ahli biologi yang sukses di Jerman .
Foto di atas adalah Juliane Köpcke duduk di dekat puing-puing diciptakan untuk sebuah film dokumenter yang disebut Wings of Hope.





Quote: Quote:Note : Ingatlah semua agan agan, kematian bisa datang menjemput kita kapan dan dimana saja pun kita berada maka janganlah sia siakan anugrah hidup yang diberikan Tuhan

Sumber

Quote: Quote:isi thread ane edit seperlunya supaya bisa dipahami tanpa mengurangi sedikit pun isi asli dari sumbernya

kepada agan vladimirs, maaf untuk gambar pembuka dan penutupnya ane comot ya...:D


Ane mohon pada kaskuser semuanya untuk


10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan 10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan
reserve for update

ane tidur dulu....emoticon-Ngacir
semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan emoticon-Mewek
Gile gan itu org nyawanya banyak emoticon-Matabelo
beruntung sekali yang masih bisa selamat dari kecelakaan pesawat sperti diberi hidup kedua...
ane komeng dulu baru baca trit ente gan emoticon-Cool

update sendiri : udah ane baca gan, dan ane gk nyesel baca trit ente, bikin ane jera naik pesawat emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Kurniawan.Yus
semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan emoticon-Mewek



aminnn YRA...


Quote:Original Posted By young14
Gile gan itu org nyawanya banyak emoticon-Matabelo



belom waktunya meninggal kali gan


Quote:Original Posted By xcqtor
beruntung sekali yang masih bisa selamat dari kecelakaan pesawat sperti diberi hidup kedua...



makanya gan jangan sia2kan hidup ini...emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By mbahmarley99
ane komeng dulu baru baca trit ente gan emoticon-Cool


sing penting pekiwan ya gan...emoticon-Big Grin


ane kan mau tidur...emoticon-Hammer
bagus bgt nasib2 tuh orang..
tapi kasian jg yang gak selamet..emoticon-Sorry
emoticon-Matabelo emg belum takdirnya mati kali ya..
btw, 3 gambar terakhir tu gak pas, gan emoticon-Big Grin
Padahal pesawatnya udah ancor parah tapi doi masih selamat emoticon-Belo
subhanalloh emang belum takdirnya untuk mati yah gan emoticon-Smilie
Dari indonesia ada gan. Kebetulan itu kejadiannya rute penerbangan perintis ke kota ane. Ane masih ingat jelas kejadiannya ampe sekarang. Kalau ane tulis ulang, kelamaan. Nih ane comot dari blog :

Quote:
10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan
Nasib dalam Bencana 1 : Kisah Selamatnya Ny. Nur (Kecelakaan pesawat)

Seseorang tak akan mati sebelum ajalnya tiba, itulah salah satu wujud kekuasaan dan kebesaran Ilahi, sebab itu orang beragama tentu percaya bila malaekat maut belum menjemput, ia pasti akan selamat dari musibah dahsyat sekali pun yang menimpa dirinya.


Kejadiannya sudah lama tapi sangat menarik untuk dibaca …
Mukjizat Tuhan ini telah terjadi pada diri Ny Nur (31). la merupakan satu-satunya penumpang pesawat Britten Norman milik PT DAS (Dirgantara Air Service) yang selamat dalam kecelakaan di Gunung Saran, Kabupaten Sintang (Kaliman­tan Barat) hari Senin (25/4). Ahli pemetaan hutan lulusan salah satu Akademi Ilmu Kehutanan di Bandung yang bekerja pada salah satu Unit Pelaksana Teknis di Kalbar ini ditemukan oleh penduduk dan tim SAR setelah enam hari lima malam berjuang sendirian di tengah hutan belantara.
Pesawat PT DAS dengan kapten pilot Agung Kuntjoro yang ia ditumpangi beserta 9 penumpang lainnya yang tewas dalam musibah itu, jatuh di Gunung Saran yang tingginya 1.758 meter di atas permukaan laut. Pesawat bernomor penerbangan BN-ZA ini berangkat dari Bandara Supadio Pontianak sekitar pukul 09.42 WIB dengan tujuan Nanga Pinoh, Kabupaten Sintang, sekitar 500 km arah timur Pontianak.


Gambar : ilustrasi dari pesawat jenis Britten Norman
Diduga pesawat Britten Norman yang masih laik terbang hingga bulan November 1994 itu jatuh karena menabrak tebing Gunung Saran dalam keadaan cuaca buruk.
Menurut Ny Nur, beberapa saat sebelum musibah terjadi cuaca memang buruk sekali, disertai hujan lebat. Pandangan ke depan tertutup kabut. Lalu tiba-tiba pesawat terasa tersedot ke bawah, dan sepertinya hilang kendali. Pada saat itu ia duduk paling belakang mengenakan sabuk pengaman. Tiba-tiba pesawat terasa menyeruak pepohonan, sebelum kemudian membentur tebing dan ekor pesawat tersangkut di pohon. "Saya melihat penumpang lain terpental ke depan masih dalam pesawat. Tapi tidak ada yang bangun. Ternyata mereka semuanya tewas.
“Terus saya keluar dari pesawat yang kebetulan pintu belakangnya telah terbuka," tutur Ny Nur kepada beberapa wartawan yang menengok di RSUD Dokter Soedarso hari Selasa (3/5).

Kisah usaha Ny Nur menyelamatkan diri cukup mengharukan ...
Hari ke-1
Beberapa saat setelah pesawat mem­bentur tebing, ia bergerak dan membuka tali pengaman pada pinggangnya. Sebelum keluar pesawat ia sempat menepuk beberapa penumpang di dekatnya, tapi, tidak satupun yang bergerak. Dengan perasaan panik. serta takut pesawatnya meledak, dia ke­luar dan pintu belakang.
Setelah turun ke bawah beberapa meter dari pesawat, Nur sempat menunggu satu hari. Ternyata tidak ada satu pun penumpang lain yang keluar dari dalam pesawat. "Saya pikir, oh ... mati semuanya. Kemudian saya turun ke bawah untuk mencari air." kisahnya sambil terbata bata.
Hari ke-2
Ia melihat ada pesa­wat yang berputar di atas lokasi musi­bah, namun karena cuaca buruk, pesawat tersebut agaknya tak bisa melihat apa yang terjadi.
Hari ke-3
Ia mendengar ada orang menggergaji pohon dengan chain saw. Walau mereka berada tidak jauh dari dirinya, tapi ia tak bisa mencapai tempat itu. "Saya minta tolong, tapi tidak ada juga yang menemukan saya.
Hari ke-4 dan 5
“Saya turun lagi dengan cara menyusur menggelinding di semak-semak, karena kaki saya tidak bisa berjalan lagi.". Menurut Ny Nur, pada hari keempat ia melihat helikopter, dan memberi kode dengan kain yang diikatnya di ujung ranting. Mereka se­pertinya sudah melihat, namun menjauh lagi. Karena cuaca makin buruk ia putuskan turun lagi sampai ke lembah.
Hari ke-6
Ny Nur baru ditemukan pada hari keenam (Sabtu, 30/4) oleh enam penduduk desa yang membantu tim SAR, mereka antara lain adalah Ningkan, Sandin, dan Kundin.
Selama enam hari lima malam sendirian da­lam hutan, Ny Nur tidak pernah tidur dan merasa takut. Sebagai petugas pemetaan ia sudah terbiasa di dalam hutan. Selama menanti datangnya pertolongan, ia selalu berdoa bisa secepatnya dipertemukan dengan keluarganya, terutama dengan putri satu-satunya, Nur Aini yang baru berumur enam bulan. "Se­lama dalam hutan saya selalu teringat anak saya yang wajahnya sering terbayang," tulur Ny Nur.

Kejadian aneh
Banyak sekali kejadian aneh yang ditemuinya selama enam hari lima malam itu. Dua ekor lalat besar berwarna biru dan hijau, selalu menemaninya. Pada malam hari mata lalat yang nampak menyembul keluar itu, memberi cahaya penerangan. Kemudian anehnya, lalat itu bisa ngomong Jawa. "Saya mengerti maksudnya, membimbing saya untuk bisa tengkurap. Padahal rasanya waktu itu badan sudah tidak bisa bergerak lagi.
"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter RSUD Dokter Soedarso yang merawatnya, Nur memang mengalami retak tulang pinggul kiri. Lalu, dari kejauhan nampak juga orang-orang seperti patung, tanpa kaki pakai baju kuning. Meski dua tangan dan mukanya menghadap ke arahnya, tapi mahluk orang-orangan itu tidak datang membantu. Hanya melihat saja dari jarak beberapa me­ter. Kemudian sewaktu ia tergelinding dan tak berdaya tersangkut di pohon ada suara seperti orang Jepang memimpinnya untuk bisa keluar. De­ngan bimbingan suara orang Jepang itu, akhirnya Nur bisa bergerak dan lepas dari jepitan pohon. "Selama dalam hutan sepertinya saya banyak teman. Tapi saya tidak melihat mereka, yang terdengar suaranya saja." tutur Ny Nur.
Selama enam hari itu, Nur tidak merasa lapar. Padahal ia cuma memakan dua pucuk pohon semacam pakis. Menurut Direktur RS Dokter Soedarso, dr Buchary A. Halman yang mengetuai tim dokter yang merawat, kekuatan fisik Ny Nur memang luar biasa, la mampu bertahan selama enam hari dalam keadaan sakit terjatuh dan tanpa makan, kecuali dedaunan dan minum air hujan.

Penemuan korban
Pada mulanya tim SAR mengira semua korban pesawat itu telah tewas. Tapi ketika sekitar pukul 11.30 WIB hari keenam badan pesawat berliasil dibelah, ternyata jumlah korban yang tersisa dalam badan pesawat hanya tiga orang, bukan empat orang seperti perkiraan semula. Sehingga ditambah dengan korban yang telah dievakuasi sebelumnya, jumlah yang ada hanya sepuluh orang. Dan yang tidak ada itu adalah Ny Nur.
Karena itu, tim SAR lalu mencari di sekitar reruntuhan pesawat. Tanpa disangka, pada jarak sekitar 50 meter dari pesawat ditemukan sepotong pakaian dalam wanita yang tersangkut pada ranting. Kemudian ke arah barat dari situ, ditemukan jejak perjalanan orang berupa patahan ranting pohon sepanjang jalan yang dilalui. Dengan petunjuk pakaian dan jejak patahan ranting itu, tim SAR bersama pendu­duk lalu menelusuri hutan. Sekitar pukul 13.45 WIB hari Sabtu (30/4), Ny Nur ditemukan penduduk da­lam keadaan tersandar lemah.
Menurut penuturan Ningkan, pada mulanya ia dan tiga kawannya ingin memanggil dua orang temannya lain yang agak terpisah. Tiba-tiba ada suara wanita yang menyahut dekat mere­ka. "Ketika ditanya siapa, wanita itu menjawab : saya, Nur," tutur Ningkan. Ia segera berlari menemui tim SAR sementara rekannya membuat tenda di tempat Ny Nur ditemu­kan. Berita ditemukan Ny Nur dalam keadaan masih hidup ini, sugera diteruskan ketua tim SAR Letkol (Pur) Sholeh Tridjoko ke Sintang, dan selanjutnya diteruskan ke Pontianak.
Kesedihan dan keletihan selama be­berapa hari dari tim SAR dan pendu­duk melakukan evakuasi para korban tiba-tiba tidak terasa. Sekitar dua jam kemudian tim SAR bersama dokter dan Kakanwil Kehutanan Tony Sumardjo yang baru datang dengan heli­kopter dari Sintang tiba di tempat ditemukan Ny Nur. Lalu dengan ditandu, korban dibawa ke dekat landasan helipad untuk mendapat perto­longan dan pengobatan sementara.
Berita ditemukan Ny Nur dalam keadaan hidup ini, diterima suaminya bersama kedua orang tuanya yang da­tang dari Bandung sekitar pukul 14.00 WIB hari Sabtu (30/4). "Kami sekeluarga tidak bisa ngomong lagi, dan langsung sembahyang sujud syukur atas kejadian yang tidak disangka-sangka itu," kata Hasanuddin Syahib, ayah Ny Nur.
Sebelumnya menurut Hasanuddin, pihak keluarga yang beralamat di Kompleks Kanwil Kehutanan Pontianak dan di Bandung, tidak merasa ada tanda-tanda Nur telah meninggal dan merasa ia masih hidup. Bahkan putrinya yang masih berusia enam bulan tidak rewel selama ditinggalkan ibunya. "Namun setelah membaca berita koran bahwa semua penumpang pesawat DAS itu tewas, semua keluarga kami pasrah. Selain telah memesan tempat pemakaman buat Ny Nur di Bandung, kami di Pontianak juga sudah tahlilan sam­pai malam ketiga." tuturnya.
Ny Nur lahir di Ujungpandang tahun 1963. la sem­pat kuliah di Fakultas Kehutanan Unhas. Namun. karena orang tuanya pindah ke Bandung, la lalu masuk salah satu Akademi Ilmu Kehutanan di Bandung, dan lulus ujian negara tahun 1990. Dengan mengantungi sarjana muda dia bekerja di Departemen Kehutanan dan ditempatkan di salah satu UPT di Pontianak. Dari hasil perkimpoiannya dikarunia seorang putri yang baru berusia enam bulan (pada waktu kejadian).

sumber :http://isamas54.blogspot.com/2011/04/nasib-dalam-bencana-1-kisah-selamatnya.html?m=1
calon HT gan.....selamat yah....
subhanallah.. padahal kecelakaannya luar biasa tapi mereka masih bisa selamet ya cckckck emoticon-Matabelo
tapi yg terakhir perjuangan banget abis kecelakaan mesti jalan menyusuri hutan 9 hari baru ketemu orang emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Keajaiban Tuhan yg selalu melindungi mereka gan..
mungkin ada sesuatu yg Tuhan titipkan pada mereka yaa
org yg d tunda kematiannya,org2 pilihanNya..
10 orang & hanya satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengerikan
Gile ndro, pegimane coba rasanye ada diantara mayat2.. Sejem duajem sih kaga ngapa2, lah kalo udh berhari2, bisa brabe kite emoticon-Takut
Ngeri ya gan emoticon-Takut
Ane suja quote nya emoticon-Angkat Beer
Emang tergantung yang diatas maunya gimana, kalo mati ya mati, selamat ya selamat emoticon-Big Grin
Nyawanya pada doble tuh...
emoticon-Matabelo
wih beruntungnya nasib tuh orangnya.....
sampai hanya dia satu2nya yg bs selamat dr kecelakaan pesawat.....
semoga aja kagak kejadian lg kecelakaan pesawat.....
×