alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5332d1790e8b460a0d000004/forum-baru-perkenalan-masuk-semuanya--ada-yang-berbeda
Love 
FORUM BARU, Perkenalan, Masuk semuanya ,, ada yang berbeda...
Assalamu`alaikum. .. Wr .. Wb .....
Selamat datang di topik ini


Melalui topik ini ingin memperkenalkan forum kreasi kami yang bernama "OPSIONAL - Ngobrolin Apa Saja Itu Mudah." OPSIONAL sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2012, saat itu OPSIONAL menggunakan engine Joomla + Kunena yang didesain sedemikian rupa. Kala itu rival OPSIONAL adalah forum Dunia Ceria (sudah down), Forum Pepaya (sudah down), Slowbos (sudah down), Cihuy.org (sudah down), dan banyak lagi.

Kala itu OPSIONAL bernama LAM - ALIF, sampai akhirnya ditahun 2014 ini berubah menjadi OPSIONAL dengan segala sesuatu yang baru. Di saat itu LAM - ALIF sangat tidak diminati karena bertemakan Islami, melihat itu kami bukan mundur tetapi terus membuat LAM - ALIF menjadi lebih baik dengan mendesain tampilan sangat berbeda dari forum online manapun.

FORUM BARU, Perkenalan, Masuk semuanya ,, ada yang berbeda...

Di pertengahan 2012 kami memutuskan untuk nekat mengganti engine dari Joomla + Kunena menjadi vBulletin, sebuah software forum termahal dan terbaik seantero Bumi. Software ini sama seperti yang dipakai di OLD Kaskus hanya versinya yang berbeda. Bagi kami membeli software ini tidaklah mudah karena tidak mempunyai kartu kredit atau semacamnya, maklum kami dari golongan menengah kebawah. Pada saat itu ada seseorang yang mau membantu kami dengan menyediakan layanan transfer menggunakan paypai. Rupiah yang kami keluarkan terbilang fantastis yakni sekitar 7 jutaan lebih. Akhirnya dengan susah payah lisensi full vBulletin menjadi milik kami.

"O iya, perkenalkan nama saya Muhammad Rahman, saat ini masih menjadi mahasiswa disalah satu perguruan tinggi. Mungkin kalian semua berpikir kalau saya seorang web programer, tidak saya bukan web programer. Sepanjang pendidikan, saya tidak pernah belajar yang namanya dunia web programer (PHP, HTML, JS, dll). Namun dengan niat yang kuat saya belajar disana sini, akhirnya sedikit demi sedikit saya mengenal beberapa dasar dari web programing."

Oke, lanjut ke OPSIONAL ...

OPSIONAL dibangun menggunakan vBulletin Suite versi 4.2.1, banyak cerita yang menghiasi perjalanan dalam mendesain OPSIONAL menjadi seperti sekarang ini. OPSIONAL menggunakan beberapa teknologi web terbaru seperti :
  • Bootstrap
  • HTML5
  • CSS3
  • Responsive Design

Menjadikan OPSIONAL bisa diakses dengan mudah dari semua jenis perangkat apapun seperti Android, iOS, BlackBerry, Nokia dan sebagainya. OPSIONAL sangat baik diakses dengan perangkat dengan resolusi layar 320 x 480 px. Selain itu agar bisa dinikmati juga oleh para pengguna ponsel jadul seperti Symbian OPSIONAL juga memiliki Wap Mode.

Mari lihat beberapa screenshot dari halaman-halaman di OPSIONAL..

Pertama dimulai dengan tampilan Desktop, iPad, iPhone dan perangkat lain dengan resolusi seperti disebutkan diatas.

1. Halaman Home
Halaman ini memuat beberapa fungsi seperti topik terbaru, terupdate, pilihan, login panel, hot info, dll.
Spoiler for Lihat penampakan:


2. Aktivity Stream
Dihalaman ini memuat semua update terbaru seperti reply thread, topik baru, update profil dan semua aktifitas user yang ada di OPSIONAL.
Spoiler for Lihat penampakan:


3. Halaman List Thread (topik)
List thread bisa dilihat dihalaman ini, ada jumlah view, jumlah repy, bentang (ala Twitter), post terakhir, dll. Di Opsional user bisa mengedit judul threadnya.
Spoiler for Lihat penampakan:


4. Halaman Showthread
Isi dari thread di tampilkan dihalaman ini termasuk reply, memberikan reputasi, infraction, post ke artikel, post ke blog dan lain-lain. Halaman tidak terlalu terang sehingga nyaman untuk membaca isi dari thread.
Spoiler for Lihat penampakan:


5. Halaman Posting
Setiap thread berawal dari halaman ini, pengguna bisa dengan mudah memilih kategori dan sub-kategori untuk threadnya. Powerfull editor, user bisa memasukkan table, video, gambar dan lain-lain.
Spoiler for Lihat penampakan:


6. Profile Page
Di halaman ini semua data diri user ditampilkan seperti alamat, jenis kelamin, tentang, no hape, pin bb, VM (visitor message) dan banyak lagi.
Spoiler for Lihat penampakan:


7. Statistik Pendapatan TS
Di Opsional ada program bernama OPPV (opsional pay per view), dimana program ini akan memberikan imbalan kepada para TS dengan rupiah berdasarkan jumlah view dari thread yang dibuatnya.
Spoiler for Lihat penampakan:


8. Point Panel, "Jempol Merah" dan "Jempol Hijau"
Kalau di Facebook ada "Like" maka di Opsional ada "Jempol Merah" dan "Jempol Hijau." Para pembaca dari thread bisa memberikan point kepada thread TS.
Spoiler for Lihat penampakan:


9. Halaman Feedback
Ini akan sangat bermanfaat untuk para Seller di Opsional FJB, karena user bisa memberikan Feedback kepada seller. Ada 3 pilihan yakni "Positif", "Negatif", dan "Netral", Dengan begitu maka Buyer bisa tahu apakah dia Seller terpercaya atau tidak. FItur ini mirip seperti yang ada pada eBay.
Spoiler for Lihat penampakan:


10. Forum FJB
Sama seperti forum kebanyakan, Opsional juga menyediakan ruang Jual Beli namun dengan tampilan berbeda dari forum lainnya. User bisa langsung melihat preview dari produk, harga, rating, lokasi dsb.
Spoiler for Lihat penampakan:


11. Halaman Produk
Halaman ini menampilkan detail dari produk seperti Feedback Seller, lokasi, harga, cara pembayaran, dsb. Selain itu ada fitur "Tandai Terjual", seller bisa menggunakan fitur ini jika dagangannya sudah terjual, dengan begitu threadnya akan otomatis terkunci.
Spoiler for Lihat penampakan:


12. Album
Fitur Album ini memungkinkan User membuat Album untuk koleksi gambar-gambarnya. Setiap gambar bisa langsung di masukkan kedalam postingan.
Spoiler for Lihat penampakan:


13. Album Picture
Halaman ini menampilkan semua gambar/foto yang ada didalam Album user. Gambar yang ada bisa langsung dimasukkan kedalam postingan.
Spoiler for Lihat penampakan:


14. Fitur Grup
Nah, fitur ini sangat berguna untuk Komunitas-komunitas karena bisa digunakan untuk membuat diskusi seperti hal nya membuat thread. Pengguna bisa berdiskusi dengan sesama anggota komunitas sperti berdiskusi di thread karena ada fitur "Quote" dan sebagainya. Jadi kalau punya komunitas, Fitur ini bisa optimalkan.
Spoiler for Lihat penampakan:


15. Fitur Kalender
Dengan kalender ini user bisa membuat jadwal untuk event-eventnya, ini juga sangat bermanfaat untuk para komunitas.
Spoiler for Lihat penampakan:


Sebenarnya masih banyak fitur lain seperti artikel dan blog, untuk lebih jelasnya bisa langsung ke www.opsional.com


Untuk para netter yang takut Quota internetnya terkuras bisa mengakses Opsional dengan Wap Mode. Wap Mode sebenarnya diperuntukan untuk perangkat jadul seperti Symbian dan sejenis.

Oke , langsung saja lihat penampakannya ... emoticon-Big Grin

1. Halaman Home
Dihalaman home bisa melihat thread terbaru dan posting terbaru. Ada juga menu untuk kehalaman lain seperti blog, grup, album, dan banyak lagi.
Spoiler for Lihat penampakan:


2. Halaman Kategori
Disini user bisa melihat kategori forum yang ada di Opsional serta jumlah thread untuk setiap kategori.
Spoiler for Lihat penampakan:


3. Halaman List Thread (topik)
Sama seperti tampilan di desktop hanya menjadi lebih sederhana, user bisa melihat waktu posting dan jumlah reply.
Spoiler for Lihat penampakan:


4. Halaman Showthread (isi thread)
Dengan tampilan yang sederhana, user bisa memberikan reputasi, melaporkan thread, memberi infraction dan lain-lain.
Spoiler for Lihat penampakan:


5. List FJB
Dihalaman ini para buyer bisa melihat harga dari produk yang diwarkan oleh seller.
Spoiler for Lihat penampakan:


6. Halaman detail Produk FJB
Buyer bisa melihat harga, lokasi, cara pembayaran, jumlah dilihat, jumlah feedback, dan sebagainya.
Spoiler for Lihat penampakan:


7. Halaman Profil
Dihalaman ini user bisa melihat VM (visitor message), topik, posting, jumlah thread dan jumlah postingan ditambah dengan avatarnya.
Spoiler for Lihat penampakan:


8. Halaman Grup
Para komunitas tetap bisa melakukan diskusi dengan anggota komunitasnya karena grup bisa dengan mudah di akses menggunakan ponsel. Jadi, tetap diskusi dimana saja berada.
Spoiler for Lihat penampakan:


Yah,, itu lah beberapa halaman yang ada di OPSIONAL, masih banyak yang lainnya seperti PM (private message), setting, dan lain-lain.

Semoga OPSIONAL bisa bermanfaat untuk semua termasuk saya, tempat saling tanya jawab, media berbagi pengetahuan, tempat silahtulrahmi, dan apapun itu.

Kami sadar masih banyak kekurangan disana sini, oleh karena itu kami mengajak siapapun yang bisa membuat OPSIONAL menjadi lebih baik untuk bergabung menjadi Officer di OPSIONAL, apabila berminat bisa mengirimkan emal ke service@lam-alif.com . emoticon-Smilie

Sekian dan terima kasih, salam persatuan untuk Indonesia yang lebih baik.
up saja ya, biar ada yang komentar
belum ada yang ngasih masukan?
selamet ya gan..sip deh PF gan
Quote:Original Posted By cleanherhand
selamet ya gan..sip deh PF gan


PF itu apa ya emoticon-Bingung (S)
cek tekape ganemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By ikc.id
cek tekape ganemoticon-Traveller


iya om
jangan lupa feedbacknya
up subuh
ijin nyimak dulu gan emoticon-Bingung
izin nyimak dulu gan + cek TKPemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By MbezZ
ijin nyimak dulu gan emoticon-Bingung


iya, jangan lupa feedbacknya
Quote:Original Posted By alexandersagala
izin nyimak dulu gan + cek TKPemoticon-Traveller


jangan lupa feedbacknya ya emoticon-Cendol (S)
up menjelang siang
up menjelang Maghrib
semoga ada yang ngasih feedback
buset nih karya keren dianggurin

ayo pemuda pemudi indonesia diramein biar kita punya lebih banyak forums emoticon-Big Grin