alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53329fb2f9ca17b4138b4574/fenomena-calon-pns-antara-akreditasi-dan-kemampuan-personal-adilkah
Fenomena Calon PNS, antara Akreditasi dan Kemampuan Personal. Adilkah?
Thread ini hanya bertujuan untuk mendapatkan pendapat-pendapat tentang hubungan TINGKAT AKREDITASI INSTANSI PENDIDIKAN dan Kemampuan Personal.

Fenomena Calon PNS, antara Akreditasi dan Kemampuan Personal. Adilkah?


Beberapa waktu lalu kita pasti banyak mengetahui informasi tentang penerimaan CPNS baik tingkat kementerian maupun daerah. Dan mungkin beberapa dari kaskuser ada yang mengikuti seleksinya, bahkan mungkin diterima sebagai PNS..hehe..Selamat ya...emoticon-Selamat

Untuk mengikuti seleksi CPNS,, bisa dibilang susah-susah gampang gan.., selain beberapa persyaratan yg diwajibkan, juga proses pengurusan beberapa dokumen persyaratan yg sangat memakan waktu.
TAPI hanya ada satu persyaratan yang ane bawa ke therad ini, yaitu : Tingkat Akreditasi Instansi Pendidikan kita, tempat dimana kita pernah kuliah.

Apakah yang kuliah di Instansi Pendidikan dengan Akreditasi A atau B saja yg dapat menjadi PNS?
Apakah yang kuliah di Instansi Pendidikan dengan Akreditasi A atau B saja yg mampu menjadi PNS?
Apakah yang kuliah di Instansi Pendidikan dengan Akreditasi C TIDAK LAYAK mengikuti seleksi CPNS atau bahkan menjadi PNS??
Apakah Tingkat Akreditasi Instansi Pendidikan menjadi penentu kemampuan personal??

Bahkan ane pernah lihat dan membaca ada point persyaratan yg hanya menerima calon pegawainya hanya dari lulusan PTS ternama..ANEH

Kita mungkin sama-sama mengetahui, bawha Instansi Pendidikan dengan Akreditasi A hanya Instansi Pendidikan ternama, dan pasti mahal.

Bagaimana dengan nasib para anak yg belum mendapat rezeki mampu mencicipi Kampus Negeri atau Swasta Ternama dgn akreditasi A??
Bagaimana jika orang tua hanya mampu menyekolahkan anaknya di kampus yg kurang ternama dengan akreditasi seadanya (yg penting si anak bisa kuliah dan mengecap pendidikan)??
Apakah mereka tidak layak mendapatkan kesempatan yg sama??


BAHKAN ADA PERSYARATAN CPNS YG HARUS MENGUNGGAH DOKUMEN AKREDITASI INSTANSI PENDIDIKAN.

Bukankah seharusnya segenap warga negara Indonesia mendapatkan hak yg sama?
Atau akankah lulusan dari instansi pendidikan ternama dgn akreditasi selangit menjadi lebih baik dari lulusan instansi pendidikan yg tidak ternama dgn akreditasi seadanya?

Ane sendiri lulusan dari salah satu sekolah tinggi swasta dengan akreditasiu seadanya di karawang, dan ane bukan salah satu pelamar CPNS yg kecewa hehe...(da terlalu tua untuk itu gan), DULU sebelum persyaratannya aneh2, ane pernah nyoba dan GAGAL..

APAKAH SELEKSI CPNS DI NEGARA KITA CUKUP ADIL ATAU TIDAK??

SILAHKAN AGAN/WATI NILAI.


kasusnya sama dg persyaratan IPK gan, padahal gak menjamin IPK tinggi kemampuan personalnya juga baik emoticon-Angkat Beer
tapi sih menurut ane wajar.
disaat jumlah permintaan untuk mendapatkan lapangan kerja tinggi, tidak ada salahnya perusahaan menerapkan filter/parameter/standart yang tinggi.

simple nya mau dapat yang terbaik dari yang terbaik.

klo masalah orang yang pintar tapi tidak mampu kuliah sih mungkin udah pernah dipikirkan terutama oleh pihak perusahaan. tapi apakah agan bisa mengalahkan asumsi mereka : " daripada kita menghabiskan waktu untuk mencari jarum di tumpukan jerami (org pintar di PTS yg gk ternama), lebih baik kita cari jarum di toko jahit".
mereka perekrut juga punya prinsip ke efektifan kerja.
sekian.

edit:
komen ane di atas untuk perusahaan swasta saja. untuk masalah cpns, ane setuju dengan agan, seharusnya gak usa ada diskriminasi masalah tempat kuliah sang cpns berasal. toh tes nya juga udah ketat. namun gak bisa dipungkiri, mungkin untuk cpns2 yang butuh keahlian khusus, mungkin pihak perekrut benar2 memperhatikan kualitas.
sebenernya ini kebijakan yg diambil gara-gara banyak univ. abal2 yang hanya jual ijazah.
tau sendiri lah gan, banyak bgt univ. di Indonesia ini yg kampusnya aja kagak jelas dimana, tau2 mahasiswanya lulus dapet ijazah. kalo yg kaya gitu jadi PNS apa gak parah kinerjanya? lha wong sekarang udah dari PTN atau PTS yg akreditasinya bagus aja masih banyak PNS yg kerjanya gak bener..
kebijakan itu bukan hal yg mudah diambil gan, dan pasti gak bisa memuaskan semua pihak.
itulah salah 1 alasan
kenapa ane
golput emoticon-Matabelo
kalo menurut ane pribadi sih ya jelas2 udah gak adil dong kalo gitu caranya emoticon-Peace
itu karna tiap tahun pengganguran sarjana bertambah, jumlah pelamar 10 kali lipat di bandingkan lowongan cpns yg ada jadi di buat seperti itu, ngga adil emang, yahh gmana lagi ..... sistem pemerintahan yg gagal
sepakat dgn TS, tapi pemerintah/perusahaan tdk mgkn ngecek kemampuan personal pelamar kerja yg jumlahnya bisa belasan ribu itu. Akhirnya dengan filter IPK atau PTN lah, krn utk mempermudah administrasi.
Quote:kalo ane melihat karakter orang bukan dari IPK dan Akreditasi pendidikan..tapi waktu kinerja dia saat wawancra pasti kelihatan..sayangnya pada tes cpns justru yg diuji ada materi yg menurut saya kurang kompeten dibidangnya..
misalnya pada tiap departemen seharusnya menguji materi yg sesuai..bukan materi zaman sekolah SMP dulu..tapi harus menilai dari kebutuhan skill dari tiap departemen..
ane setujuh dengan agan pendidikan saat ini menjadi barang komoditi yg mahal yg diperjualbelikan pada mereka yg mempunyai modal.. yg kaya tetap kaya yg miskin tetap miskin emoticon-Mewek
bagi gw seharusnya lewat kemampuan personal gan
gw ga yakin akreditasi a b gtu isinya perfect semua, psti ad aja yg masuk lewat "jalur blkg"
klo hal ini brlangsung terus, ya lu tau lah emoticon-Cape d... (S)
Pns ya ? Sama aja kaya anggota dpr kalo liat kerjanya emoticon-Cool
sekarang apa2 harus pake duit