alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533267f0feca175f0d8b45ea/horeeee-akhirnya-indonesia-impor-listrik-dari-malaysia
Horeeee, akhirnya Indonesia Impor listrik dari Malaysia
Tolong di RATE 5 DULU YA GAN
Agar Yang Lain Bisa Berkunjung Ke Thread ini


Quote:
UUD 1945 pasal 33 ayat 3
Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


Quote:
Horeeee, akhirnya Indonesia Impor listrik dari Malaysia


Quote:
Direktur PT PLN Nur Pamudji mengungkapkan rencana perusahaan itu mengimpor listrik dari Malaysia. Impor ini dilakukan dari Serawak Energi Berhard untuk Pulau Kalimantan.

Quote:
Horeeee, akhirnya Indonesia Impor listrik dari Malaysia


Sebelumnya Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Jarman mengatakan impor dari Serawak ini lebih hemat. Alasannya listrik di Kalimantan kebanyakan dihasilkan dari diesel sedangkan di Serawak menggunakan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Quote:“Jadi begini, kalau di Kalimantan clear di sana pembangkitnya kebanyakan PLTD (berbahan bakar solar), kalau bangun PLTU perlu waktu, paling nggak 4 tahun. Kalau kita beli energi dari Malaysia yang pakai teknologi PLTA itu lebih cepat. Nah sementara itu kita mengganti dulu untuk pembangkit diesel,”

Kalau memang kebanyakan pembangkit listrik di Kalimantan selama ini menggunakan diesel, kenapa tak ada rencana jangka panjang untuk membangun pembangkit dengan energi yang lebih murah? Sungguh ironi jika melihat Kalimantan sebagai penghasil batu bara misalnya, malah justru tak bisa merasakan dampak dari banyaknya sumber daya dari perut bumi mereka itu.

Tapi tentu saja batu bara juga bukan pilihan terbaik untuk pembangkit listrik. Sumber energi yang tak terbarukan itu bisa saja lenyap dari Kalimantan pada suatu ketika kelak. Para pemangku kebijakan di negeri ini sudah saatnya tak berpikir jangka pendek. Memikirkan energi untuk jangka panjang adalah keniscayaan.

Quote:
Horeeee, akhirnya Indonesia Impor listrik dari Malaysia


Banyak sumber energi dari bumi Kalimantan yang bisa dimanfaatkan. Pembangunan pembangkit listrik tenaga air pun sebenarnya bisa jika melihat potensi sungai-sungai di sana. Kalaupun mau berpikir lebih jauh, energi biomassa yang kini tengah banyak dikembangkan bisa menjadi solusi lainnya. Energi biomassa bisa memanfaatkan sumber daya alam yang banyak ditemukan di Kalimantan seperti cangkang sawit, sekam padi, ataupun bamboo.

Pembangunan pembangkit listrik dari gasifikasi biomassa ini memang belum dianggap menguntungkan secara ekonomis. Namun dalam jangka panjang, investasi ini justru akan sangat menguntungkan. Dengan sumber daya alam yang murah, akan tercipta energi listrik yang harganya bisa terjangkau untuk rakyat. Pemerintah mungkin bisa belajar dari satu perusahaan Singapura NRGLab Pte Ltd yang tengah giat mengembangkan energi alternatif termasuk biomassa ini.

Quote:
Horeeee, akhirnya Indonesia Impor listrik dari Malaysia


Pemerintah juga bisa memberikan insentif pada swasta yang ingin mengembangkan energi terbarukan ini. Insentif pada swasta sama dengan memperpanjang umur bumi ini karena pemakaian energi alternatif akan ikut mempertahankan sumber daya alam tak terbarukan yang ada di negeri tercinta ini.


Quote:
sumber


Quote:Original Posted By trit lainnya

emoticon-I Love Kaskus (S)cek jg trid ane berikut gan emoticon-I Love Kaskus (S)
MH370, Sekenario Busuk Bagi Indonesia NEW :sundulgans
Alasan Kenapa Rhoma Irama Layak Jadi Capres (Menurut Rhoma Irama Sendiri) NEW :sundulgans
7 Film Bollywood dg Adegan Ranjang Paling Hot
Inilah Kerja Presiden Anda Selama 10 Tahun, Anda Pun Bisa HT:iloveindonesias
Orion Si Kucing Terlantar...
Terapi Ekstrim TimNas U-19 HT:iloveindonesias
Proses Manufaktur X-Box Classic
[Tutorial] Gambar Boobs versi Manga
Pemandangan Kota Dunia Dari Langit
wow... mobil zombie ditemukan di china Gan
ilussi Mata T-REX Yang Menakjubkan!!!
[PETISI] Stop Memakan Hewan Hidup-Hidup
Penampakan Meteor di Danau Chebarkul Rusia
Hidangan Yang Luar Biasa Lezat Dari Berbagai Negara
Gila Pria Ini Nekat Ngintip Wanita di Bawah Kursi Kereta
[Mimikri] Proses Regenerasi Jari Gan! Jangan Masuk Jijik!
[Gallery] wajah kemurungan anjing ditinggalkan dalam mobil
Remaja Palestina Umur 15 Sudah Menikah Gan [Jones Masuk]

ane ikut bahagia juga deh coy..





twitter - @TukangCendool


post by: DeathRabbit
Munfkin ini yg disebut tipikal pejabat yg mau gampangnya aja gan emoticon-Cape d...
Ko horeee sih bray... ???? emoticon-Cape d... (S)
bangun pembangkit listris gitu aja negara mesti mikir.
haduhhhhhh......kurang bijak
Turut prihatin gan...
Indonesia yang ktanya kaya listrik juga hrus impor k teteangga.. memalukanemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
seperti inilah negara kita,
di tempat ane aja masih pake disel,
malahan sering mati lampu.............. emoticon-Cape d... (S)
kemunduran bangsa ni gan namanya emoticon-Ngakak



Dead Frontier - Online Zombie Game (Langsung main di browsermu gan!)
4 tahun untuk selamanya, why not? Hadeeh pemerintah yang aneh...

emoticon-Thinking
Semua Energi kan sudah dikuasai asing ya horeee la

emang agak ribet gan masalah listrik d kalimantan
gw prnah tnya ma temen orng pln
sbenernya udah ada pltu d kalbar tapi masih tahap komisioning, blom operasi udah trouble
katanya sih gara2 pltunya dri cina, (you know lah produk cina)

untuk masalah bahan bakar dri kelapa sawit ( udah mulai diimplementasikan)
jdi bahan bakarnya campuran solar n PPO (olahan klapa sawit)
tpi kenyataannya bukan malah lebih hemat, malah lebih mahal,
katanya PLN beli PPO dg hraga d atad standart

trus knapa pake PPO klo lebih mahal?
pastinya krna peraturan pemerintah untuk menguragi bhn bakar tak terbarukan

ribet manajemennya gan,
tmn gw aja cuma bisa geleng2 kpala
hahaha
Mudah2an ini hore nya sementara emoticon-Sorry,,, dan Indonesia bs ngebangun jaringan listriknya sendiri untuk pulau2 yg kekurangan listrik spt kalimantan dsbgnya...
emoticon-Cape d... impor listrik...
indonesia pakai barang import semua emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By selena.gemez
indonesia pakai barang import semua emoticon-Cape d... (S)


indonesia bisanya cma ekspor TKI gan... emoticon-Cape d...
hari ini kita impor listrik, bsok kita impor air, skalian udara juga ntar kita impor....
jadi dari skarang agan mendingan nabung air, sama udara... krn anak cucu kita ntar napas aja bayar........... emoticon-Ngakak

utang pemerintah udah lebih 2000 triliun, masih hobi impor mengimpor............
ane kasian banget sama Kalimantan, kayak Itik mati dilumbung padi emoticon-Berduka (S)
Tambang batubara bejibun tapi semua diekspor, padahal itu kalau dipake buat pembangkit listrik, harga listrik bisa turun 50% emoticon-Cape d... (S)
mesakke bangsaku
horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

pejabat indonesia makin PINTAR

emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis
kita gbs langsung ngjudge yg mundurlah bangsa ini, yg mikir lamalah...semua itu membutuhkan proses gan...untuk pembangunan PLTU yg katanya memakan waktu bertahun2, ane turut membenarkan gan. karena ane jg dulu pernah gawe di PLTU. nah, segi positifnya, meski berkali2 terjadi konflik dg tetangga, paling tidak mereka (Malaysia) masih mau "meminjankan" jaringan listrik untuk keperluan saudara kita yang berada di Kalimantan.emoticon-Shakehand2