alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53326630118b46b4148b47bf/yuuk-kita-matikan-lampu-utama-mobil-disaat-macet-parah
YUUK KITA MATIKAN LAMPU UTAMA MOBIL DISAAT MACET PARAH.
Buat Agan & Aganwati yang sehari-hari pakai kendaraan roda 4 di Jakarta dan sekitarnya pasti udah sering ketemu ama yang namanya macet. Nah.. Bicara macet, itu ga mesti pagi, siang, sore atau malem. Kadang tergantung kondisi cuaca, keberuntungan kita dan sebagainya. Penyebabnya kadang aneh-aneh pula.

Nah.. Sehubungan dengan macet. Pernah ga sih kita pikirkan kerja mesin mobil pada saat macet itu lumayan berat? Terlebih di malam hari. Apalagi pada saat itu AC nyala, audio system nyala, lampu nyala, kadang nginjek rem juga, jadi lampu rem nyala (lupa pake rem tangan)

Kurang lebihnya begini nih.. Pada saat kondisi macet parrrah, kondisi putaran mesin cenderung stasioner di 1500-1700 rpm. Dari putaran mesin tersebut dia harus ngejalanin compressor AC, alternator, kipas radiator dan sebagainya. Sebenernya.. Tanpa disadari temperatur mesin jadi naik, untuk yang punya mobil baru, hal ini tidak terasa karena kondisi extra fan masih bagus. Kenapa temperatur bisa naik?
1. Karena beban kerja mesin untuk AC, audio, lampu DLL
2. Knalpot kendaraan didepan kan ga jauh tuh dari posisi sirip radiator mobil kita, yang di sedot radiator udaranya udah kurang suejuk gan.
3. Hawa panas dari radiator kendaraan depan kita juga kesedot ama radiator kita gan.. makin kurang suejuk dah.
4. Panas dari cahaya lampu. Ini membuat bagian depan kendaraan kita jadi panas.

Ujung-ujungnya bisa overheat, AC jadi kurang dingin dan laen-laen

Nah.. Biar enak, dalem arti kendaraan ga cepet masalah dibagian pendingin, alternator, AC dan mata jadi adem.. situasi pun ga jadi tegang..
Pada saat kejebak macet parrah di lokasi yang memang ada lampu jalan dan terang dari lampu bangunan sekitar.. Agan bisa mematikan lampu depan / lampu utama kendaraan agan. Supaya meringanken kerja mesin dan menurunkan temperatur lingkungan dan kendaraan. Mika lampu juga jadi ga cepet kuning gan.. Tapi... Biar ga jadi bahaya.. Agan nyalain deh tu Fog Lamp agan. jadi posisi kendaraan masih terpantau dari kaca spion. Pas matiin lampu coba agan denger suara mesin ato takometer agan.. pasti gerungan mesin rada turun. walaupun dikit. Dan akhirnya beban mesin pun berkurang.. Karena beban mesin berkurang.. Umur pake kendaraan pun jadi panjang.. (aamiin)

hal ini juga bisa diterapin ke sepeda motor. Terutama yang masih ada saklar on/off lampunya (motor baru kaga ada saklarnya).

Gitu aja siih...
bagi-bagi infonya yaa gan ke temen-temen yang laen.. Biar serempak barengan gitu..
Oh iya.. Tar malem kalo kejebak macet ada kendaraan yang matiin lampu, bisa jadi doi juga kaskuser yang baca trit inih.. klaksonin ajah dikit.. biar asal nengok doang.. anggukin dah kepala kita sebagai kode..

Bay de wey.. Met makan siang.. Semoga bermanfaat..emoticon-Shakehand2
tp ntar jadi ditangkap polisi gan, alasan tidak menyalakan lampu emoticon-Bingung (S)
Nanti ditilang polisi gk gan gara" gk nyalahin lampu utama...
iya gan ntar di tangkep pak polisi
Quote:Original Posted By langkasenenge
Buat Agan & Aganwati yang sehari-hari pakai kendaraan roda 4 di Jakarta dan sekitarnya pasti udah sering ketemu ama yang namanya macet. Nah.. Bicara macet, itu ga mesti pagi, siang, sore atau malem. Kadang tergantung kondisi cuaca, keberuntungan kita dan sebagainya. Penyebabnya kadang aneh-aneh pula.

Nah.. Sehubungan dengan macet. Pernah ga sih kita pikirkan kerja mesin mobil pada saat macet itu lumayan berat? Terlebih di malam hari. Apalagi pada saat itu AC nyala, audio system nyala, lampu nyala, kadang nginjek rem juga, jadi lampu rem nyala (lupa pake rem tangan)

Kurang lebihnya begini nih.. Pada saat kondisi macet parrrah, kondisi putaran mesin cenderung stasioner di 1500-1700 rpm. Dari putaran mesin tersebut dia harus ngejalanin compressor AC, alternator, kipas radiator dan sebagainya. Sebenernya.. Tanpa disadari temperatur mesin jadi naik, untuk yang punya mobil baru, hal ini tidak terasa karena kondisi extra fan masih bagus. Kenapa temperatur bisa naik?
1. Karena beban kerja mesin untuk AC, audio, lampu DLL
2. Knalpot kendaraan didepan kan ga jauh tuh dari posisi sirip radiator mobil kita, yang di sedot radiator udaranya udah kurang suejuk gan.
3. Hawa panas dari radiator kendaraan depan kita juga kesedot ama radiator kita gan.. makin kurang suejuk dah.
4. Panas dari cahaya lampu. Ini membuat bagian depan kendaraan kita jadi panas.

Ujung-ujungnya bisa overheat, AC jadi kurang dingin dan laen-laen

Nah.. Biar enak, dalem arti kendaraan ga cepet masalah dibagian pendingin, alternator, AC dan mata jadi adem.. situasi pun ga jadi tegang..
Pada saat kejebak macet parrah di lokasi yang memang ada lampu jalan dan terang dari lampu bangunan sekitar.. Agan bisa mematikan lampu depan / lampu utama kendaraan agan. Supaya meringanken kerja mesin dan menurunkan temperatur lingkungan dan kendaraan. Mika lampu juga jadi ga cepet kuning gan.. Tapi... Biar ga jadi bahaya.. Agan nyalain deh tu Fog Lamp agan. jadi posisi kendaraan masih terpantau dari kaca spion. Pas matiin lampu coba agan denger suara mesin ato takometer agan.. pasti gerungan mesin rada turun. walaupun dikit. Dan akhirnya beban mesin pun berkurang.. Karena beban mesin berkurang.. Umur pake kendaraan pun jadi panjang.. (aamiin)

hal ini juga bisa diterapin ke sepeda motor. Terutama yang masih ada saklar on/off lampunya (motor baru kaga ada saklarnya).

Gitu aja siih...
bagi-bagi infonya yaa gan ke temen-temen yang laen.. Biar serempak barengan gitu..
Oh iya.. Tar malem kalo kejebak macet ada kendaraan yang matiin lampu, bisa jadi doi juga kaskuser yang baca trit inih.. klaksonin ajah dikit.. biar asal nengok doang.. anggukin dah kepala kita sebagai kode..

Bay de wey.. Met makan siang.. Semoga bermanfaat..emoticon-Shakehand2


as matiin lampu coba agan denger suara mesin ato takometer agan.. pasti gerungan mesin rada turun. walaupun dikit.

mau ralat gan, yg ada putaran mesin malah naik, why ? soalnya beban mesin terbuang dengan matinya lampu yg kaya agan bicarain emoticon-Smilie #keepshare
haha bener tuh gan nanti klo di tangkep polisi kena tilang lagi
polis gan poiis emoticon-Ngakak


macet sih lampu mati pas udah jalan lupa nyalain lampu, kena deh
ane setujaaaaaa
Pake lampu kota aja hehehe emoticon-Big Grin pas jalan baru pake lampu besar
Ane sih selalu dimatiin gan, silau juga ke ane kalo semisal cat mobil depan mengkilap emoticon-Ngakak (S)
Tapi pasang lampu kecil lah, atau kalo ada foglamp ya ikut dinyalain emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By chriscncc
Pake lampu kota aja hehehe emoticon-Big Grin pas jalan baru pake lampu besar


Nah ini gan.. Bener inih..
Quote:Original Posted By weekwood
polis gan poiis emoticon-Ngakak


macet sih lampu mati pas udah jalan lupa nyalain lampu, kena deh


Masa iya bisa lupa gan.. Kan beda banget terangnya.. lampu utama ama foglamp..
Tapi kalo misalnya orangnya pelupa atau matanya kurang awas sih jangan dimatiin gan.. bisa repot itu..

Quote:Original Posted By vanhelldon
Nanti ditilang polisi gk gan gara" gk nyalahin lampu utama...


Kayanya ngga deh gan.. Polisinya pun ngga ada yang blusukan ke tengah-tengah jalan yang lagi macetot apalagi macetotnya di jalan tol..
ajibbbb gan . emoticon-2 Jempol nice info nya
matiin ac aja gan jendela dibuka...lampu masih urgent soalnya
waaahhh
klo dpikir bnr jg gan emoticon-cystg
ane klo macet pake lampu motr yg kcil az emoticon-Big Grin
mksii gan emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By jokiinsap


as matiin lampu coba agan denger suara mesin ato takometer agan.. pasti gerungan mesin rada turun. walaupun dikit.

mau ralat gan, yg ada putaran mesin malah naik, why ? soalnya beban mesin terbuang dengan matinya lampu yg kaya agan bicarain emoticon-Smilie #keepshare


Oo.. Ditempat agan kaya gitu yah?emoticon-Bingung (S). harusnya kalaupun naik, hanya sesaat aja gan. Kalo punya aye begitu beban mesin dikurangin (yang gede-gede) rpm turun sekitar 100 rpm. Aye pernah juga dulu kaya gitu.. Malah kasusnya di AC gan pas dinyalain RPM malah turun.. ehh taunya setelan idle-up ama vacum carburator kena.

Teorinya sih.. begitu beban kerja mesin bertambah, otomatis RPM mesin akan naik karena yaa.. itu tadi ngejar ke status idle

Bay de wey.. nice post gan..



cuma mau ingetin utamakan keselamatan daripada penghematan apalagi demi gaya.
Quote:Original Posted By zafianrasya
matiin ac aja gan jendela dibuka...lampu masih urgent soalnya


Boleh gan.. lebiha bagus itu.. malem-malem di puncak adem tapi gelap.. jadi ga perlu nyalain AC yaa.. lampu nya aja yang nyala emoticon-Malu (S)

nah.. buat yang di jakarta.. boleh dicoba hal yang sama ntar malem di arena laga macet tol cawang tanjung priok..
Quote:Original Posted By pitbull
cuma mau ingetin utamakan keselamatan daripada penghematan apalagi demi gaya.


emoticon-Cape d... (S) ampuun gaan.. bukan masalah gaya ini mah.. mangkanyah.. biar aman lampu guedhenya matiin ganti lampu foglamp aja gan. itu lhoo.. lampu sedeng yang dibawah bemper.. terangnya setara ama lampu motor.