alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533261d95dcb175e150002a8/kenapa-harus-baca-ini-diskusi-untuk-orang-yang-cinta-toleransi
Kenapa Harus Baca ini (Diskusi Untuk Orang yang Cinta Toleransi)
BOLEHKAH SHOLAT DI GEREJA BAGI ORANG ISLAM? emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please

Di bulan Maret 2013 kemarin, Pendeta dari Gereja Episkopal Santo Yohanes, Isaac Poobalan. Salah satu tokoh agama Kota Aberdeen, Skotlandia, mengizinkan umat muslim untuk melaksanakan ibadah sholat, di gereja Gereja Episkopal Santo Yohanes dimana ia melayani sebagai pendeta. Sejak itu gereja Episkopal menjadi tempat bagi ratusan umat Islam melakukan shalat lima waktu setiap harinya.

Pendeta Isaac Poobalan, beralasan bahwa berdoa tidak pernah salah. Pekerjaan saya justru membuat agar orang berdoa. Masjid yang biasa dipakai umat Islam di sini terkadang penuh, dan jika sudah penuh mereka sampai salat di luar dengan keadaan berangin dan hujan, dan saya tidak dapat membiarkan hal ini terjadi sebab itu sama saja saya telah mengabaikan Alkitab yang mengajarkan bagaimana seharusnya kita memperlakukan sesama kita dengan baik,”

Lantas bagaimana menurut syariat Islam mengaturnya, karena shalat itu sendiri akan syah selama memenuhi syarat dan rukunnya.

Terdapat satu kaidah yang masyhur terkait masalah shalat jamaah. kaidah itu menyatakan “orang yang shalatnya sah, maka shalat dengan bermakmum di belakangnya juga sah” Oleh karena itu, selama sang imam shalat adalah orang yang aqidahnya lurus, tidak melakukan perbuatan yang menyebabkan syahadatnya batal, alias masih muslim, syarat, rukun, dan wajib shalat dikerjakan maka shalatnya sah.

Dalam riwayah lain di masa Khalifah Umar bin Khatab, memasuki Yerusalem pada tahun 636, dia disambut oleh Sophronius I (634-638), Patriarkh dan Uskup Agung Gereja Orthodox Yerusalem dan diantarkan ke tempat ibadah Kristen yang paling suci, Gereja Makam Suci (Holy Sepulchere Church). Ketika ia hendak memasuki tempat suci itu terdengar adzan sholat Dzuhur.

Uskup Sophronius adalah seorang tuan rumah yang penuh hormat, maka ia bertanya kepada Khalifah: “Tidakkah tuan akan menjalankan sholat? Akan saya ambilkan sehelai sajadah untuk Anda dan Anda akan dapat menjalankan sholat di sini”.

Sang Khalifah berpikir sejenak dan berkata: “Terima kasih, ‘Umar memilih shalat di depan pintu gereja. “Jika saya shalat di tempat suci anda,” demikian kata ‘Umar kepada sang Uskup setelah selesai shalat, “para pengikut saya yang tidak mengerti dan orang-orang yang datang ke sini di masa yang akan datang akan mengambil alih bangunan ini kemudian mengubahnya menjadi masjid, hanya karena saya pernah shalat di dalamnya. Mereka akan menghancurkan tempat ibadah kalian. Untuk menghindari kesulitan ini dan supaya gereja kalian tetap sebagaimana adanya, maka saya shalat di luar.”

Dari riwayah kejadian tersebut, tidak menghalangi seseorang untuk melaksanakan sholat di manapun ketika waktu sholat tiba*2.

Dengan kata lain sholat dalam gereja di bolehkan jika memang tidak ada tempat yang lain, dan ia masuk dalam keumuman, sabda Rasulullah Muhammad saw “Dan dijadikan bumi bagiku sebagai masjid, dan untuk bersuci, dan jika seseorang dari umatku mendapati sholat (datang waktu sholat) maka hendaklah ia sholat.” HR. Bukhari.

Sabda Rasulullah Saw yang lain “Aku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorangpun dari Nabi-Nabi sebelumku: aku ditolong melawan musuhku dengan ketakutan mereka sepanjang sebulan perjalanan, bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud dan suci; maka dimana saja seorang laki-laki dari umatku mendapati waktu shalat hendaklah ia shalat…” HR. Bukhari

kesimpulan :

1. Boleh masuk dan shalat di tempat peribadatan dan gereja atau yang semacamnya.Sah melaksanakan shalat di gereja atau tempat peribadatan orang non muslim karena sabda Rasulullah Muhammad saw “Dan dijadikan bumi bagiku sebagai masjid, dan untuk bersuci, dan jika seseorang dari umatku mendapati sholat (datang waktu sholat) maka hendaklah ia sholat.” HR. Bukhari.

2. diriwayatkan bahwa Nabi sallallahu’alaihi wa sallam shalat dalam Ka’bah dan di dalamnya ada gambar, kemudian ia termasuk dalam sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam: “Dimana saja anda dapatkan shalat, maka shalatlah. Karena ia adalah masjid.”

"SILAHKAN DI SHARE"

Baca Dan Pahami.... Orang-orang yang tau Sesuatu dari Kulitnnya doang pasti bakalan mencak2 dan ngatain2 doang

No Petramax ya
Trid bagus,,, tp malah sepi....emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Boleh aja kalo ga ada tempat lain dan emang terpaksa itu satu2nya tempat. Kalo masih ada tempat lain yg "netral" dan suci (tidak kotor/banyak sampah/najis) maka itu lebih utama. Islam itu simpel, jangan dibikin susah. CMIIW emoticon-Blue Guy Peace
Sepi amat coy emoticon-Cool
nyimak aja men , sepi yah :cih
Untuk menghindari pemikiran sara dari umat di indonesia alangkah baiknya sholat di tempat "layak" gan. Saatnya me"layak"an diri di Indonesia mah emoticon-Shakehand2emoticon-Ngakak
Bahas ginian pasti sepi dah, kalau ngundang sara pasti banyak banget yang dateng, (cercaan, kata2 binatang dan lain2) tipikal indonesia kan kaya gitu emoticon-Hammer2

Jujur ane lebih suka tread kaya gini, yang bikin adem dan damai emoticon-Big Grin
udah tau sih,,,sebenernya,,,
logika aja,,
nice share gan.....
bentar lagi wahabi dateng bawa poster kafeer emoticon-Traveller
semuanya tergantung niat emoticon-Cool
Ane sendiri sih sebagai orang kristen kalo emang bener2 terpaksa dan gak ada tempat lain, ya gak masalah kok, yg penting gak ganggu aja (misalnya lagi ada ibadah minggu trus ente tau2 sholat di tengah2 jemaat emoticon-Ngakak (S))
yg penting salaing bertoleransi satu sama lain emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
mencoba memahami dan mercerna apa yg dishare TS
nyimak gan emoticon-linux2
×