alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53323d06f8ca17f8618b47b4/pertunjukan-calonarang-yang-mistis
Pertunjukan Calonarang yang Mistis
Halo semuanya.. Tadi malam saya baru saja menonton pertunjukan Calonarang di Desa Lelateng, Jembrana, Bali.
Pertunjukan ini dilakukan saat odalan Pura Dalem. Dramatari calonarang ini merupakan ritual magis yang melakonkan kisah-kisah yang berkaitan dengan ilmu sihir, ilmu hitam maupun ilmu putih, dikenal dengan Pangiwa / Pangleyakan dan Panengen.

Spoiler for Calonarang:


Lakon-lakon yang ditampilkan pada umumnya berakar dari cerita Calonarang, sebuah cerita semi sejarah dari zaman pemerintahan raja Airlangga di Kahuripan (Jawa timur) pada abad ke IX. Cerita lain yang juga sering ditampilkan dalam drama tari ini adalah cerita Basur, sebuah cerita rakyat yang amat populer dikalangan masyarakat Bali. Karena pada beberapa bagian dari pertunjukannya menampilkan adegan adu kekuatan dan kekebalan (memperagakan adegan kematian bangke-bangkean, menusuk rangda dengan senjata tajam secara bebas) maka Calonarang sering dianggap sebagai pertunjukan adu kekebalan (batin).

Spoiler for Calonarang:


Cerita calonarang ini biasanya dimulai pada pukul 00.00 WITA , kemudian dilaksanakan di dekat setre/kuburan (Pura Dalem). Inti ceritanya merupakan perpaduan dari tiga unsur penting, yakni Babarongan diwakili oleh Barong Ket, Rangda dan Celuluk, Unsur Pagambuhan diwakili oleh Condong, Putri, Patih Manis (Panji) dan Patih Keras (Pandung) dan Palegongan diwakili oleh Sisiya-sisiya (murid-murid). Tokoh penting lainnya dari dramatari ini adalah Matah Gede dan Bondres. Karena pagelaran dramatari ini selalu melibatkan Barong Ket maka Calonarang sering disamakan dengan Barong Ket. Pertunjukan Calonarang bisa diiringi dengan Gamelan Semar Pagulingan, Bebarongan, maupun Gong Kebyar.

Spoiler for Celuluk:


Spoiler for Barongket-Calonarang:


Ditempat pertunjukan harus ada sebuah balai tinggi (trajangan atau tingga) dan pohon pepaya. Pohon pepaya merupakan tempat bagi Ni Calonarang untuk bersandar nantinya. Saat pertunjukan, ada pawang (Jero mangku) yang harus siap siaga untuk mengawasi jalannya acara.

Spoiler for Balai tinggi:


Selain pawang, ada pula beberapa Pecalang dan Pemangku (jumlahnya bisa lebih dari 8) yang ikut mengawasi acara. Hal ini karena saat puncak acara, maka semua pemain yang memakai topeng (Calonarang, Barong Ket ) akan kesurupan. Sehingga perlu adanya penjagaan agar tidak melukai penonton.

Pertunjukan Calonarang akan memanggil/melawan leak leak yang ada di sekitar tempat pertunjukan. Secara naluri, orang orang yang bisa / keturunan leak akan datang ke acara pertunjukan tersebut, karena adanya kekuatan yang besar yang ada di dalam pertunjukan ini. Orang orang ini datang ada yang karena penasaran dengan kekuatan tersebut, ada pula yang ingin adu kekuatan.

Saat puncak acara, Banaspati raje (Leak) dipanggil untuk datang dan mengadu kekuatan. Nah hal ini akan membuat (sebut saja hantu) yang ada di dalam diri orang yang bisa ngeleak untuk keluar, sehingga orang ini akan kerasukan. Orang bali percaya bahwa jika ada orang yang kerasukan saat pertujukan ini, artinya orang tersebut bisa ngeleak.

tadi malam, ada 1 ibu ibu yang kerasukan. Tepat disamping saya. Saat sedang menonton beliau tiba-tiba seperti kejang-kejang dan akhirnya dibantu oleh Pemangku diberi tirte (air suci) dan di bawa masuk ke dalam pure untuk dibersihkan.

Spoiler for calonarang:


Kemudian, nantinya Calonarang ini akan di tusuk-tusuk menggunakan keris. tetapi dia tidak akan terluka karena memang memiliki ilmu kebal. untuk mengakhiri pertunjukan, Jero mangku akan datang dan memberikan tirte untuk para pemain yang kerasukan. kemudian akan di bawa masuk juga ke dalam pure.

Seru sekali pertunjukan ini, saya saja pengen nonton lagi. tapi tidak setiap bulan ada. biasanya hanya ada saat ada odalan di pure dalem.

Demikian ceritanya, maaf kalo agak panjang dan malas baca. tapi kalo mau nonton bisa juga cari di Youtube (key:calonarang) tapi jangan sampai ketipu calonarang ala suzzana emoticon-Bingung (S)

Spoiler for Video:


Spoiler for Boleh:


Spoiler for Terimakasih:


PERTAMAX HABISSSSS emoticon-Kiss
wawww keren gan

kebudayaan asli Indonesah
jadi inget pelem calon arang yang diperanin Suzanna

karakternya kuat en megang banget emoticon-2 Jempol emoticon-Big Grin
ceritanya gmn ya?dulu ane punya nih buku cerita rakyatnya. sering ane baca ulang2. tp skrg malah lupa emoticon-Hammer (S)
ane blasteran bali tapi ane kaga dong ma begituan emoticon-Berduka (S)
ane pernah nonton gan emoticon-Request
rada takut ama barongnya emoticon-Takut
itu anunya ngeri aat gan emoticon-Takut

pengen nonton jadinya




Quote:punya harapan Indonesia untuk maju?
yuk gunain hak suaramu di 9 April nanti emoticon-I Love Indonesia (S)


Pertunjukan Calonarang yang MistisPertunjukan Calonarang yang Mistis
Ane paling doyan nonton Calonarang gan emoticon-2 Jempol
ane dulu nonton yg di tusuk2 keris perutnya emoticon-Takut
Quote:Original Posted By 19petruk19
ane dulu nonton yg di tusuk2 keris perutnya emoticon-Takut


ada juga yg pake "Bangke Matah" (mayat yg baru meninggal) Gan,, serem dehh pokoknya
mantap gan serememoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Matabelo
Ane ngeliat fotonya aja takut..
Serem banget emoticon-Takut (S)

Gmn nonton langsung yaa..

Budaya bali emank kaya deh emoticon-2 Jempol
emoticon-Matabelo hebat juga mereka ya Gan emoticon-2 Jempol

emoticon-Malu ane nitip thread buat pencerahan masa depan ya Gan emoticon-Shakehand2

Apa tujuan hidup Agan? (tentukan jati diri Agan)
jadi inget film jadul jaman dulu yang calon arang emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By miniproject
wawww keren gan

kebudayaan asli Indonesah
jadi inget pelem calon arang yang diperanin Suzanna

karakternya kuat en megang banget emoticon-2 Jempol emoticon-Big Grin


Iya gan, tapi lebih keren kalo agan nonton langsung calonarangnya bali. emoticon-Big GrinSerem mistisnya dapet gan. soalnya sampe ada yang ditusuk2 keris gitu yang kesurupan. dan tiap cerita di tiap daerah juga beda-beda sih gan. cuma intinya sama. emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By charize
ceritanya gmn ya?dulu ane punya nih buku cerita rakyatnya. sering ane baca ulang2. tp skrg malah lupa emoticon-Hammer (S)


wah pikun nih gan emoticon-Stick Out Tongue itu cerita tentang calonarang yang punya anak cantik tapi ga ada yang mau sama doi karena ibunya itu bisa ngeleak. ada yg nyebarin gosip kalo anaknya juga bisa ngeleak. ibunya itu (calonarang) marah terus ngasih wabah penyakit ke desa tersebut. kurang lebih gitu gan. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By gowenda
ane blasteran bali tapi ane kaga dong ma begituan emoticon-Berduka (S)


Wah, ane aja orang jawa gan. tapi emang mau rencana jadi Bali, hehe.. emang tertarik sama yang gitu gitu juga sih. keren pokoknya. mistisnya bali dapet banget deh emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By suwuk
ane pernah nonton gan emoticon-Request
rada takut ama barongnya emoticon-Takut


haha.. iya gan. tapi kalo ga kesurupan gapapa kok emoticon-Big Grin

ane baru nonton tatian bali yg sendratari gan...lakonya rangda dan barong
emoticon-Takut serem juga ya smp ada ajang "adu ilmu gt". Tp emang diBali masih kental kebudayaanyaemoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By leader.regional
itu anunya ngeri aat gan emoticon-Takut

pengen nonton jadinya






anu apa gan ? emoticon-Hammer2
iya gan, seru loh nonton langsung gitu. cuma ya harus desak-desakan karena banyak juga yang nonton emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By pekakgalau
Ane paling doyan nonton Calonarang gan emoticon-2 Jempol


Keren ya gan emoticon-thumbsup
ane kemaren nonton baru yang pertama kali. kalo udah isi mistis gitu, udah pasti ane demen dah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 19petruk19
ane dulu nonton yg di tusuk2 keris perutnya emoticon-Takut


mereka emang ada yang punya ilmu kekebalan gan. sama kaya bapak ane emoticon-Big Grin hehe.. ga kenapa kenapa di iris iris pake pedang gitu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By pekakgalau


ada juga yg pake "Bangke Matah" (mayat yg baru meninggal) Gan,, serem dehh pokoknya


Iya gan itu yang bikin para orang yang bisa ngeleak semakin ingin dateng gan emoticon-Smilie

bentuknya kayak wewe gombel ya tetenya ampe menjuntai gitu
kebayang serunya dari cerita Calonarang di buku2 ganemoticon-Matabelo
belum pernah ke bali gan,pengen banget emoticon-Sorry