alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5332355080cf170c6400030f/berat-jadi-pelajar-di-jakarta-masuk-di-pagi-buta-dan-mungkin-tak-sempat-sarapan
Berat Jadi Pelajar di Jakarta, Masuk di Pagi Buta dan Mungkin Tak Sempat Sarapan
Jakarta - Pelajar di Jakarta memang luar biasa bebannya. Setiap hari mereka mesti sudah masuk ke sekolah sejak pukul 06.30 WIB. Coba dibayangkan, jam berapa mereka mesti bangun dan sarapan pagi.

"Ini sangat tidak bagus, mereka menjadi lelah belajarnya. Tidak maksimal," jelas Psikolog Anak, Seto Mulyadi saat berbincang dengan detikcom, Rabu (26/3/2014).

Pemerhati anak yang akrab disapa Kak Seto ini sudah sejak lama menyoroti aktivitas jam sekolah anak ini. Di Jakarta pelajar menjadi tak maksimal.

"Mungkin mereka belum sarapan, pagi-pagi ngantuk. Ini tidak efektif belajarnya, karena belajar yang efektif itu yang menyenangkan," jelas dia.

Kak Seto memberi contoh, yang paling baik mungkin jam masuk sekolah sekitar pukul 08.00 WIB atau seperti di home schooling jam 09.00 WIB.

"Kalau terlalu pagi sangat tidak ramah anak. Anak dibikin seperti robot. Belajar itu harus dengan suasana gembira," tutup dia.


sumber

http://news.detik.com/read/2014/03/2...?991104topnews
saya sampai hari ini bekerja tidak pernah sarapan pagi

karena apa? karena dulu sekolah masuk jam 7 pagi, sehingga gak sempat sarapan takut terlambat. berlanjut sampai sekarang emoticon-Nohope
emoticon-Ngakak kak seto di dengerin,,, emoticon-Ngakak
bawa bekel aja gan emoticon-Ngakak
Quote:Belajar itu harus dengan suasana gembira

suasana seperti ini yang sudah "langka"didapat...soalnya guru guru sekarang mengajar ga seperti guru tempo dulu...hehehehe
emang sh gan ngantuk, hehehe ane jg dlu skolah ngantuk bner klo pagi. Semangatnya pas kalau ntuh hari paginya ada pelajaran olahraga, tp otak kita klo lg pagi lbh encer gan, di isi pelajaran itungan biasanya. Klo udh siangan waktu nya tidur baru, apa lagi jam 12 - jam 2 itu jam sakral ngantuknya polll
pelajar jakarda termasuk rajin..
pagi buta udah pada berangkat....
saluut...
Sengke bener lu tong.. Mau lu anak sekolah mesti berangkat jam berape??? Trus mau lu anak sekolah mesti bawa mobil sendiri gitu??? Anak sekolah tuh emang harus merasakan susah payah tong.. Kayaknya lu korban sinetron nih tong!!!
Ane baru masuk kuliah tahun kmrn (2013) baru stahun lulus skolah, emng gan kita ngerasain bete bgt apalagi ane rumah di pamulang, skolah di 66 (pdk labu), masuk stngh 7 tuh gaenak bgt, tp dibalik itu ane jd habit bangun pagi gan, dan itu bagus buat dunia kerja nanti (mungkiin) biar bisa lebih disiplin lah.

Kalo ane si setujunya masuk sekolah itu jam 7:15, bagi anak yg telat gausah dihukum, langsung kasih poin aja. Trus pulangnya jam 2, jngn terlalu sore, kalo mau nongkrong gimana emoticon-Big Grin masa sampe maghrib emoticon-Hammer

Oiya kalo masalah sarapan kelewat mah coba baca ebook ocd gan, intinya itu gak sarapan bikin lemes itu salah, itu cuma mindset, ane sering fitness dikondisinperut kosong, baek baek aja emoticon-Big Grin. Malah magh ane jd sembuh gara2 skip breakfast emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By 64m64n9s
Jakarta - Pelajar di Jakarta memang luar biasa bebannya. Setiap hari mereka mesti sudah masuk ke sekolah sejak pukul 06.30 WIB. Coba dibayangkan, jam berapa mereka mesti bangun dan sarapan pagi.

"Ini sangat tidak bagus, mereka menjadi lelah belajarnya. Tidak maksimal," jelas Psikolog Anak, Seto Mulyadi saat berbincang dengan detikcom, Rabu (26/3/2014).

Pemerhati anak yang akrab disapa Kak Seto ini sudah sejak lama menyoroti aktivitas jam sekolah anak ini. Di Jakarta pelajar menjadi tak maksimal.

"Mungkin mereka belum sarapan, pagi-pagi ngantuk. Ini tidak efektif belajarnya, karena belajar yang efektif itu yang menyenangkan," jelas dia.

Kak Seto memberi contoh, yang paling baik mungkin jam masuk sekolah sekitar pukul 08.00 WIB atau seperti di home schooling jam 09.00 WIB.

"Kalau terlalu pagi sangat tidak ramah anak. Anak dibikin seperti robot. Belajar itu harus dengan suasana gembira," tutup dia.


sumber

http://news.detik.com/read/2014/03/2...?991104topnews


masih bersyukur harusnya masih bisa sekolah.... apa kabarnya anak-anak jalanan yang gak bisa sekolah.
masih bersyukur harusnya masih bisa naik motor atau angkot... apa kabarnya anak-anak di daerah yang kalau sekolah harus jalan berpuluh-puluh kilometer, yang harus jalan lewat jembatan yang udah reot...
bersyukurlah pelajar jakarta yang masih bisa sekolah,,,

tapi kalau dikaji sih...emang kebangetan gan....istirahatnya kurang....kalau masalah bekal sih....ya kalau emaknya sempat masakin pas subuh....kalau gak....kasian......yang dagang makanan juga belum tentu sudah standby.....mau beli roti....warung juga belum tentu buka.....mau ke mini market 24 jam kan jauh.....tukang roti keliling baru ngider juga jam 6 an...gak keburu gan..

ya itu lah hasil pemikiran si idolanya pasukan nasi bungkus.....bisa dibilang gak ada relevansinya dengan mengurangi kemacetan......karena yang sebabkan macet itu adalah mobil dan motor para pekerja yagn rata-rata berangkat jam 6 an....anak sekolah kan kebanyakan naik angkot, sepeda, atau motor....atau jalan kaki gan....

lain halnya kalau sekolahnya jauh dari rumah....kudu pagi2 emang berangkatnya......

kasian benar gan nasib pelajar jaman sekarang....makanya wajah mereka kelihatan tua....pada usia masih belia.....

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
buat melatih disiplin dan belajar bangun pagi emoticon-Cool

dan supaya abis subuh tidak tidur lagi emoticon-Hammer2
Saya dulu sekolah jam 06.15
jarak rumah ke sekolah 17km dengan rute super macet sejak pagi2 buta.
di kota Surabaya. Bangun jam 04.30, mandi, sarapan, persiapan, berangkat dr rumah sekitar jam 05.15-05.30. saya gak pernah ngeluh. teman2 saya dulu juga banyak yg rumahnya jauh. malah ada yg jarak rumah ke sekolah 25km. Waru-Sby..
Dan sampe sekarang setahu saya sekolah saya dulu ini sampe skr masih masuk jam 06.15
toh tidak ada yang komplain dan lari2 aja tuh sekolahnya. termasuk salah satu sekolah swasta berprestasi juga.
Kenapa? Karena sekolah itu adalah tempat untuk menDISIPLINKAN jiwa2 muda untuk bekal di kemudian hari.

Ngerti?

Dan hal disiplin tersebut terbawa hingga ke dunia kerja juga kok. dan tentunya kehidupan sehari-hari.
Kalau gak mau masuk sepagi itu, gak mau terbebani. cari aja sekolah2 yang masuknya agak siangan to.atau yg dekat dengan rumah. Gampang kan? semua ada solusinya coy... tergantung anda suka pilihan yang mana.
sarapan di mobil selama di perjalanan gan


jadi malam uda beresin buku & siapin tas barang2 yg mau dibawa bsk pagi,
pas pagi,bangun mandi, ganti baju, minum susu, lgsg berangkat, ane cuma butuh 10-15 menit
sarapan dibuatin nyokap yg simple2 aja buat dibawa di jln , ya nasi,daging,telor, sayur
untungnya ane dari dulu ga pernah baisain sarapan emoticon-Big Grin
makanya kalau milih sekolah itu sebaiknya yang dekat dengan rumah. kalau terlalu jauh ya jadinya anak yang dikorbankan.
masih bagus bisa sekolah ente..
banyak tuh anak-anak ga mampu pengen banget sekolah..
think smart gan..
sepertinya ini adalah aspirasi para pelajar jakarta
semoga keluh kesah mereka diperhatikan agar mereka tdk stress gara jam masukk yg menurut mereka terlalu pagi
Kl ada niat bisa Gan,, Agan Sholat Subuh ga?
ini dasar tnnya aja culas
padahal kalo dibiasain bangun pagi mandi pagi
bisa sarapan juga kan emoticon-Embarrassment
hayoo jangan begadang mulu gan emoticon-Malu