alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53319da740cb176d378b4871/kisah-bocah-7-tahun-mengamen-dikutip-setoran
Kisah Bocah 7 Tahun Mengamen Dikutip Setoran
Kisah Bocah 7 Tahun Mengamen Dikutip Setoran

Quote:Ana Rohayati, 7 tahun, sibuk menghitung uang receh yang dikumpulkannya di dalam bungkus bekas makanan ringan. Dari raut wajahnya, ia terlihat kecewa, dengan sesekali mengembuskan napas dengan keras. "Baru dapat Rp 3.500 sejak pagi," kata Ana kepada Tempo, Senin, 24 Maret 2014.

Menurut dia, dirinya seharusnya bisa mendapat lebih banyak uang pada pagi hari saat jam sibuk arus lalu lintas. Kekurangan jumlah itu masih banyak karena dia harus menyetorkan Rp 10.000 kepada orang yang disebutnya sebagai Bang Amat dan sisanya diberikan untuk ibunya guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anak yang biasa mengamen di perempatan Grogol, Jakarta Barat, ini mengatakan Amat adalah pria yang mengizinkannya mengamen di wilayah itu. Ia juga "pemodal" kecrekan yang digunakan Ana untuk mengamen. Setoran itu ditujukan agar Ana tetap bisa mengamen di sana. "Nanti kalau enggak setoran, enggak boleh ngamen di sini lagi," katanya.

Dia menuturkan, jika uang yang didapatnya tak melebihi Rp 20 ribu, uang setoran terpaksa dikurangi agar dia dan ibunya tetap bisa makan. Meski sering kali jumlahnya kurang, Ana tetap menghampiri Amat untuk menyerahkan setoran. Setoran itu kadang ditolak dan membuat Ana mengamen hingga pukul 20.00 WIB.

Ana pernah bersekolah hingga kelas I SD. Namun anak yang tinggal bertiga dengan ibu dan adiknya di Latumenten, Jakarta Barat, ini terpaksa berhenti bersekolah karena ibunya yang semula bekerja sebagai buruh cuci sering sakit. Selain tuntutan dari Amat, tekanan juga datang dari rekan sebaya akibat saling mendahului menghampiri mobil yang sedang berhenti di lampu lalu lintas. "Biasanya sering dorong-dorongan," ujarnya.

Pantauan Tempo, di perempatan Grogol ada belasan pengamen anak dan anak jalanan yang berkeliaran pada pagi hari. Mereka menyerbu mobil dan sepeda motor yang sedang berhenti saat lampu lalu lintas menyala merah. Saat lampu menyala hijau, semuanya kembali ke tepi jalan dan mengulangi hal yang sama saat lampu kembali merah.

Tekanan yang dialami Ana juga dirasakan Iqbal Saputra, 3,5 tahun. Iqbal disiksa oleh kekasih ibunya, Dadang Supriyatna, 29 tahun. Dadang menyiksa Iqbal karena uang hasil mengamen balita itu tak memenuhi target yang diminta Dadang. Iqbal kini masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Koja, Jakarta Utara.


sumber: [URL="hhttp://bit.ly/1gmig00"][COLOR="Red"][SIZE="3"][B]TEMPO[/B][/SIZE][/COLOR][/URL]

parah banget ya, disaat anak2 membantu orang tuanya (meskipun banyak yang bilang seharusnya sekolah aja udah) karena sakit atau ekonomi lainnya, disaat itu pula preman tidak peduli dengan niat baik mereka emoticon-Mad (S)
emang gitu kali gan

biasa jatah lapak

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kasian gan emoticon-Mewek

jadi gimenong getoh




Quote:punya harapan Indonesia untuk maju?
yuk gunain hak suaramu di 9 April nanti emoticon-I Love Indonesia (S)


Kisah Bocah 7 Tahun Mengamen Dikutip SetoranKisah Bocah 7 Tahun Mengamen Dikutip Setoran
di sisi lain ane salut gan. kerja keras sejak kecil. yang penting jangan lupa belajar



Dead Frontier - Online Zombie Game (Langsung main di browsermu gan!)
klu sudah urusan perut, hati nurani bisa hilang ditiup angin.
Quote:Original Posted By l4wang
emang gitu kali gan

biasa jatah lapak

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

iya "memang begitu" dan seterusnya akan seperti itu emoticon-Frown
Quote:Original Posted By deadfrontier
di sisi lain ane salut gan. kerja keras sejak kecil. yang penting jangan lupa belajar



Dead Frontier - Online Zombie Game (Langsung main di browsermu gan!)

sayangnya dia putus sekolah emoticon-Frown
Quote:Original Posted By donipj
klu sudah urusan perut, hati nurani bisa hilang ditiup angin.

apalagi di kota besar ya seperti jakarta ini emoticon-Frown
Lalu??? kira2 komeng "PEMERINTAH KITA YANG TERCINTA" soal masalah "INI" gimana yah??
Paraaaaaaaaaaaaaaaaaah, udah capek nyanyi jarang dapet duit, EH malah dikutip emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By gloryart
Lalu??? kira2 komeng "PEMERINTAH KITA YANG TERCINTA" soal masalah "INI" gimana yah??

sudah berjalan kan sekarang preman2 ditangkepin, ya setidaknya 1 langkah lebih baik dibanding dulu2 yang cuma diam, mari kita doakan supaya indonesia lebih baik lagi kedepannya, amin emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By makareli
Paraaaaaaaaaaaaaaaaaah, udah capek nyanyi jarang dapet duit, EH malah dikutip emoticon-Mad (S)

parah banget memang, bener2 orang yang ga layak untuk mati tenang emoticon-Mad (S)
×