alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532ceffb38cb1704528b4793/buah-dan-sayur-pendukung-kesehatan-mata
BUAH DAN SAYUR PENDUKUNG KESEHATAN MATA
Konsumsi buah-buahan dan sayuran bisa membuat mata terlindungi dari sejumlah penyakit.
Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menjadi penyebab berkurangnya sensitivitas pada sinar mata (retina).
Vitamin yang mengandung antioksidan dan sejumlah mineral suplemen yang berisi vitamin C dan E , betakaroten , serta senyawa seng mampu memperlambat proses terjadinya kebutaan.

Salah satu upaya menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten dan senyawa antioksidan.
Alam telah menyediakan banyak sekali sumber vitamin A.
Berikut segelintir contoh tanaman yang dapat menjaga kesehatan mata yang ditemukan dalam kelompok buah dan sayuran.

1. Buah yang mengandung vitamin A
Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin A pada umumnya adalah buah matang pohon yang berwarna kuning , jingga , dan merah.
Kandungan vitamin A banyak terdapat pada buah-buahan seperti pepaya , semangka , kesemek , mangga , tomat , pisang , jeruk koprok , anggur , dan nanas.

A. Pepaya (Carica Papaya)
Umumnya pepaya matang yang sudah berwarna merah mengandung betakaroten.
Selain vitamin A , kandungan vitamin C juga ditemukan dalam buah pepaya.

B. Semangka (Citrullus Vulgaris Schard)
Buah semangka matang banyak mengandung vitamin A dan C.

C. Kesemek (Diospyros Kaki)
Kandungan yang terdapat pada buah kesemek yaitu vitamin A dan C.

D. Mangga (Mangifera Indica)
Umumnya mangga mengandung betakaroten.
Selain vitamin A , buah mangga juga mengandung vitamin C.
Nilai vitamin A paling tinggi terdapat pada mangga gedong , yakni 4.920 RE per 100 g.
Mangga yang masak di pohon mengandung nilai vitamin A sebesar 1.900 RE per 100 g.

E. Tomat (Licopersicon Esculentum)
Buah tomat yang sudah matang mengandung vitamin A yang cukup tinggi.
Vitamin B1 dan C juga terkandung dalam buah tomat.

F. Pisang (Musa Paradisiaca)
Buah pisang mengandung vitamin A , B1 , dan C.

G. Jeruk keprok (Citrus Reticulata)
Kandungan vitamin yang terdapat pada jeruk keprok adalah vitamin A , B1 , dan C.
Umumnya , buah jeruk kaya akan vitamin C.
Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat melumpuhkan radikal bebas sebagai penyebab penuaan sel sehingga berguna untuk mencegah katarak.

H. Anggur (Vitis Sp)
Ekstrak biji anggur mengandung proantosianidin.
Kandungan antioksidan ini lebih kuat dari vitamin C dan E.
Bahkan , kandungan antioksidannya bisa memperbaiki penglihatan dan mengembalikan fungsi retina , terutama yang rusak akibat pendarahan pembuluh darah di mata dan ketidakseimbangan gula darah.

I. Nanas (Ananas Comosus L)
Vitamin dan mineral utama yang terkandung dalam nanas adalah vitamin C , vitamin B kompleks , betakaroten (provitamin A) , Fe , Mg , Ca , Cu , Zn , Mn , dan K.

2. Sayur-sayuran yang mengandung vitamin A
Sayur-sayuran yang mengandung vitamin A pada umumnya dari sayuran daun yang berwarna hijau tua.
Sayuran daun tersebut diantaranya wortel , daun singkong , daun pepaya , daun melinjo , daun katuk , kangkung , bayam , kentang , ubi jalar merah , dan buncis.

A. Wortel (Daucus Carota L)
Kandungan vitamin yang terdapat pada wortel adalah vitamin A , B1 , dan C.
Dalam setiap 100 g wortel terdapat sebanyak 3.600 RE cadangan vitamin A.
Kadar vitamin A yang tinggi pada wortel dapat membantu fungsi retina mata.

B. Daun singkong (Manihot Esculenta)
Daun singkong mengandung vitamin A , B1 , dan C.
Nilai vitamin A yang terkandung dalam 100 g daun singkong mencapai 3.300 RE.

C. Daun pepaya (Carica Papaya)
Meskipun daun pepaya rasanya pahit , tetapj manis manfaatnya.
Kandungan vitamin yang terdapat dalam daun pepaya adalah vitamin A dan vitamin C.
Dalam setiap 100 g daun pepaya tersimpan vitamin A senilai 5.475 RE.
Kandungan vitamin A pada daun pepaya lebih tinggi dari wortel.

D. Daun melinjo (Gnetum Gnemon)
Daun melinjo sering ditemukan dalam hidangan sayur asem.
Setiap 100 g daun melinjo mengandung nilai vitamin A sebesar 3.000 RE.

E. Daun katuk (Sauropus Androgynus L)
Daun katuk mengandung vitamin A , B1 , dan C.
Daun katuk baik untuk menambah ASI dan menyehatkan mata.
Nilai vitamin A yang terdapat di dalam daun katuk berkisar 3.111 RE per 100 g.

F. Kangkung (Ipomoea Aquatica)
Kangkung mengandung zat gizi tinggi dan lengkap , seperti kalori , protein , lemak , karbohidrat , serat , kalsium , fosfor , zat besi , natrium , dan kalium.
Selaim itu , kangkung juga mengandung vitamin A , B1 , dan C.

G. Bayam (Amaranthus Sp)
Bayam terkenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi.
Selain itu , bayam juga mengandung provitamin A , vitamin C , protein , dan serat dalam jumlah besar.

H. Kentang (Solanum Tuberosum)
Umbi kentang mengandung vitamin A , B1, dan C.
Zat-zat yang terkandung di dalam umbinya yaitu pati (amilosa dan amilopektin) , protein , lemak , kalsium , fosfor , besi , dan belerang.

I. Ubi jalar merah (Ipomoea Batatas)
Ubi jalar merah mengandung vitamin A , B1, dan C.
Kandungan vitamin A pada ubi jalar merah sekitar 2.310 RE per 100 g.
Tidak heran bila WHO dan UNICEF turut mempromosikannya sebagai makanan pencegah kekurangan vitamin A.
Rebusan ubi jalar merah sangat baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.

J. Buncis (Phaseolus Vulgaris)
Buncis mengandung vitamin A , B1 , dan C.
Buah buncis mengandung saponin dan polifenol.
Pada buah muda , kandungan glukosida dan nutrisinya cukup tinggi , misalnya vitamin , mineral , karbohidrat , protein , dan lemak.
Dari 100 g buncis mentah , mengandung 17 kalori , 3 g karbohidrat , 1 g protein , 0,1 g lemak , 200 IU vitamin , 25 mg vitamin B , dan 18 mg vitamin C.
rajin2 makan wortel aja kalo menurut ane

atau sering2 minum jus wortel emoticon-Big Grin
THANKS GAN emoticon-Betty