alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penyebab kita sering Lupa bukan karena faktor usia saja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5327c6c41acb1711668b45bf/penyebab-kita-sering-lupa-bukan-karena-faktor-usia-saja

Penyebab kita sering Lupa bukan karena faktor usia saja

Penyebab kita sering Lupa bukan karena faktor usia saja

Penyebab kita sering Lupa bukan karena faktor usia saja
Sudah kesekian kali Anda lupa membawa ponsel dan kunci rumah, padahal kaki telah melangkah jauh dari tempat tinggal. Kasus lain, Anda lupa membawa data presentasi, padahal waktu semalam penuh telah dihabiskan untuk membuatnya. Jujurlah, jadi seorang pelupa memang merepotkan bukan?

Ini bukan hanya faktor usia, seperti yang sering dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. Sejatinya, gaya hidup dan beban pikiran punya peran penting dalam melemahkan memori Anda, apa saja faktornya?

Depresi

Ketika seseorang mengalami depresi, sangat sulit bagi mereka berkonsentrasi. Ini terjadi karena perasaan negatif sedang menghantui. Emosi negatif lain yang melemahkan memori antara lain kemarahan, ketakutan dan rasa cemas.

Banyak tugas

Banyak orang yang menganut kebiasaan multi-tasking agar bisa mengerjakan banyak hal dengan cepat. Ini adalah sesuatu yang menarik dan menantang memang.

Tapi sayangnya hal ini dapat menimbulkan kebingungan mental dan stres karena pikiran dipenuhi dengan banyak hal yang harus dilakukan. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah fokus pada satu bidang.

Terlalu menyembunyikan emosi

Ada orang yang terlatih menyembunyikan perasaan mereka, misalnya rasa takut, malu atau bangga. Mereka cenderung mengabaikan aspek emosional.

Meski hal ini baik untuk pekerjaan, tapi mampu menyebabkan kelemahan emosi serius. Bagaimanapun, otak terdiri dari dua bagian yang mengatur logika dan emosional. Keduanya harus digunakan secara seimbang.

Penyalahgunaan narkoba

Selain masalah fisik dan psikologis yang berat, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan penurunan memori. Mengapa? karena narkoba mempengaruhi hippocampus atau bagian otak yang berkaitan dengan fungsi kognitif.

Konsumsi alkohol berlebih

Berdasarkan penelitian ilmiah, kelebihan alkohol mengakibatkan berbagai masalah kesehatan dan mental, termasuk kerusakan memori. Bagian otak akan kekurangan oksigen. Jika mengonsumsinya terus-terusan, sistem saraf pusat akan terganggu.

Kurang tidur

Tidur membantu menyegarkan tubuh dan pikiran, serta memperbaiki sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, gelombang otak yang diciptakan ketika tidur akan bertanggung jawab menyimpan memori. Orang dewasa harus memiliki waktu tidur setidaknya 7-8 jam untuk meningkatkan memori. (ren)

Sumber: Lifespan


emoticon-Matabelo~~~~~~~~~Cincin Couple ~~~~~~~emoticon-MatabeloPenyebab kita sering Lupa bukan karena faktor usia saja
Urutan Terlama
Ternyata depresi yah emoticon-Belo
Jadi penyebab nya gara gara depresi ane jadi Pikun emoticon-Kagets
jadi begitu ya ternyata banyak juga penyebab lupa
Kalo ane lupa thu kayaknya pas gak inget Gan...emoticon-Ngakak
mungkin kurang tidur yang membuat ane sering lupa gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


benar gan makanya tidak boleh depresi nanti jadnya ngapain-ngapain jadi lupa emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
bener gan banyak faktor lain ternyata
ane tipe orang kurang tidur gan emoticon-Ngakak
makasih deh infonya cuma bisa emoticon-Rate 5 Star doang gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di