alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hubungan Garam dan Hipertensi ??
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53270a040e8b46ff05000106/hubungan-garam-dan-hipertensi

Hubungan Garam dan Hipertensi ??

Sekedar share buat agan....

Para penderita tekanan darah tinggi pasti sudah sangat tahu dengan nasihat untuk mengurangi konsumsi garam. Namun, tak banyak yang tahu mengapa garam menyebabkan tensi merangkak naik. Hubungan antara garam dan hipertensi sesungguhnya baru menemukan titik terang pada tahun 1980-an ketika dilakukan perbandingan antara orang di berbagai negara.

Ditemukan bahwa masyarakat yang mengonsumsi garam yang tinggi dalam pola makannya, tekanan darahnya juga meningkat seiring bertambahnya usia. Sebaliknya, masyarakat yang konsumsi garamnya rendah, hipertensi relatif jarang terjadi.

Menurut profesor D.G.Beevers, dalam buku Seri Kesehatan mengenai Tekanan Darah, disebutkan konsumsi garam yang tinggi selama bertahun-tahun akan meningkatkan tekanan darah karena kadar sodium dalam sel-sel otot halus pada dinding arteriol juga meningkat. Kadar sodium yang tinggi ini memudahkan masuknya kalsium ke dalam sel-sel tersebut. Hal ini kemudian menyebabkan arteriol berkontraksi dan menyempit pada lingkar dalamnya.

Terdapat bukti bahwa mereka yang menderita hipertensi karena faktor keturunan, memiliki kemampuan yang rendah dalam mengeluarkan garam dari tubuh mereka. Namun tentu saja memang terdapat perbedaan dalam pengolahan garam pada tubuh tiap individu. Sebagian orang lebih sensitif terhadap garam dibanding lainnya.

Salah satu cara untuk menjaga agar tensi tetap rendah lewat makanan adalah dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung potasium, seperti buah-buahan dan sayuran. Hal ini karena sel-sel tubuh bereaksi terhadap kandungan potasium yang tinggi dengan membuang sodium (dalam garam).

SUMBER
Urutan Terlama
hhmmm berarti ane harus mengonsumsi potassium yaemoticon-Big Grin

Ok sib, ane cari KClO4 biar gregetemoticon-Big Grin
Post ini telah di hapus oleh hansip
ane pernah baca bahwa pernah dilakukan survey terhadap beberapa ratus orang dalam beberapa kesempatan....konsumsi garam tidak memberikan dampak yg signifikan terhadap kenaikan tekanan darah dalam diri seseorang.
Tapi kepedulian agan terhadap hipertensi lumayan juga...sampe-sampe pake id nya aja Nutrisalin....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
solusinya rajin2 makan bayam ya gan emoticon-Matabelo
Quote:


gak ada korelasinya gan.....kalangan medis diseluruh dunia sampai saat ini tidak bisa menemukan kenapa orang bisa menderita hipertensi....ini masuk kategori kelainan genetis sebagaimana penderita diabetes.....Obat yg ada hanyalah menjaga agar tekanan darah masih dalam batas toleransi agar tidak membahayakan kehidupan penderita , bukan menyembuhkan....
udah pasti garam bikin hipertensi gan, soalnya garam tuh setahu ane juga bikin darah kita menjadi lebih kental sehingga memberatkan kerja jantung dan saluran peredaran darah
memang harus banyak makan buah dan sayuran, gan...
buat keseimbangan...
harus makan sayur2an atau buah2an yang sehat ya gan
jgn banyak garem emoticon-Takut
minum jus belimbing kalo lagi tensi naek gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di