alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5326f2aaf7ca170b5f8b467a/tentang-balapan-pertama-era-baru-f1
Tentang Balapan Pertama 'Era Baru' F1
Setumpuk perubahan dalam F1 2014 sudah membuat musim ini disebut-sebut memasuki era baru 'Jet Darat'. Dalam balapan pertama di era baru itu sejumlah kisah pun hadir.

Setelah beberapa musim terakhir dinilai "kurang seru" akibat dominasi Red Bull dan Sebastian Vettel, F1 musim ini coba berbenah dengan melakukan sejumlah perubahan yang salah satunya bertujuan agar balapan tak lagi menjemukan.

Kendatipun masih terlalu dini untuk menjatuhkan vonis apakah regulasi baru itu berbuah hasil positif atau tidak, sekurang-kurangnya balapan pertama di GP Australia tetap mampu menghadirkan drama sedari awal balapan, Minggu (16/3/2014).

Kamui Kobayashi, yang musim ini kembali ke lintasan F1 bersama Caterham, benar-benar tak membuang waktu untuk mencuri perhatian. Selepas start mobilnya dengan keras langsung menghantam mobil Felipe Massa, mantan pebalap Ferrari yang musim ini membela Williams. Akibatnya kedua pebalap serta-merta out dari balapan.

"Sulit untuk menemukan kata-kata apa yang sudah terjadi. Mmeulai balapan pertama dalam sebuah musim...Anda tak bisa berbuat apa-apa," cetus Massa, seperti dikutip Derbyshire Times, yang jelas-jelas kesal dengan Kobayashi.

Pada prosesnya penyelidikan dari Caterham menyatakan bahwa ada malfungsi pada mobil CT05 Kobayashi, yang lantas berkicau di Twitter. "Ada kegagalan sistem di rem belakang jadi masalah ini merupakan kecelakaan. Maaf untuk Felipe, tapi itu bukan kesalahanku," tulis Kobayashi.

Kimi Raikkonen, yang mulai musim ini kembali membela Ferrari, sebenarnya juga tersenggol oleh mobil Kobayashi meski dampaknya tidak separah Massa. Namun, balapan ini juga tetap kurang memuaskan buat juara dunia F1 2007 itu.

Setelah tersenggol mobil Kobayashi, Raikkonen juga kehilangan waktu di pit karena harus menunggu rekan setimnya, Fernando Alonso, yang ada di depannya. Pada prosesnya Raikkonen finis di posisi delapan--dan naik ke posisi tujuh usai didiskualifikasinya Daniel Ricciardo (Red Bull).

Bicara mengenai Ricciardo, pebalap yang menggantikan posisi Mark Webber yang memutuskan pensiun, ia sebenarnya mampu melintasi garis finis di posisi dua. Tetapi Ricciardo didiskualifikasi karena dinilai melanggar aturan soal bahan bakar--salah satu regulasi baru musim ini. Red Bull telah menyatakan naik banding dengan mengklaim bahwa sensor dari FIA untuk melakukan pengukuran tidaklah dapat diandalkan.

Apa yang terjadi pada Ricciardo seperti melengkapi derita Red Bull, juara konstruktor empat musim terakhir, setelah Sebastian Vettel gagal finis akibat masalah pada mobilnya. Vettel pun gagal melanjutkan rentetan kemenangannya--sembilan seri beruntun--sejak GP Belgia 25 Agustus 2013 lalu.

"Kami tak bertenaga di awal balapan, mobil-mobil lain terus melewatiku. Pada titik tertentu aku mengira ada peningkatan, tapi kemudian kami sadar kehilangan tenaga dari mesinnya," ungkap Vettel.

Apa yang menimpa Vettel ini seperti tidak jauh berbeda dengan problem-problem yang menimpa Red Bull secara khusus dan mobil-mobil yang mengusung mesin Renault pada umumnya, sepanjang pramusim.

"Kami sedang bekerja keras di pabrik di Milton Keynes dan Viry (markas Renault). Walapun kami kini harus tertinggal, kami sudah belajar banyak hal, dan ketika paketnya nanti sudah beres kami akan kompetitif," seru Vettel.

Kisah kurang menyenangkan juga dialami Lewis Hamilton, pebalap Mercedes yang sebenarnya digadang-gadang sebagai salah satu favorit. Ia mengalami masalah pada bagian mesin dengan kehilangan satu dari enam silindernya. "Aku jadi cuma menggunakan lima silinder. Itu sedikit disayangkan, tapi begitulah balapan," tutur juara dunia F1 2008 itu.

Pun begitu Hamilton tampak tetap percaya diri. Bukan cuma karena balapan kali ini dimenangi oleh rekan satu timnya, Nico Rosberg, tetapi juga karena mobil-mobil bermesin Mercedes tampil amat kompetitif sebagaimana sudah diprediksi dan diperlihatkan sepanjang tes pramusim lalu.

"Kami punya kecepatan dan akan pulih dari hal ini. Itu cuma sandungan kecil dan jalan masih panjang. Saat ini aku tidak risau dengan apapun," ucap Hamilton.

Kendatipun balapan ini berhasil dimenangi oleh Rosberg, kegagalan Hamilton meraih angka membuat klasemen konstruktor berhasil dipuncaki oleh McLaren yang menempatkan dua pebalapnya di posisi dua dan tiga--juga akibat didiskualifikasinya Ricciardo.

Mengusung mesin Mercedes, McLaren memang diperkirakan mampu tampil cukup oke di awal musim. Namun, siapa mengira kalau debutan Kevin Magnussen akan lansung mampu unjuk gigi dan naik podium. Hasil itu membuatnya menjadi debutan F1 tersukses sejak Jacques Villeneuve (1996) finis kedua. Magnussen, yang membuat McLaren memutuskan mendepak Sergio Perez agar ada tempat lowong, juga menjadi pebalap Denmark pertama di podium.

Kehadiran Jenson Button di posisi berikutnya kian menjadi kabar gembira buat McLaren, yang musim lalu gagal naik podium sekalipun--sebuah prestasi terburuk tim itu sejak 33 tahun.

Membahas soal rookie, Magnussen tidak sendirian mencuri perhatian. Aksi debutan lain, Daniil Kvyat, bersama Toro Rosso cukup untuk menghadirkan kisah tersendiri.

Dengan finis di posisi sembilan pada usia 19 tahun, 10 bulan, dan 18 hari, pebalap Rusia tersebut kini menjadi driver F1 termuda yang bisa meraih poin. Kvyat mematahkan rekor yang sebelumnya ditorehkan oleh Vettel pada tahun 2007 silam.

"Saya turut senang untuk Daniil... Ini sangat menjanjikan dan saya yakin ini adalah yang pertama dari sukses-sukses selanjutnya," komentar Prinsipal Tim Toro Rosso Franz Tost di Reuters.

Masih ada sekitar dua pekan lagi untuk menyimak bagaimana "ronde dua" dari F1 era baru ini dalam seri balapan berikutnya di Sepang, Malaysia, pada tanggal 30 Maret.
Hmmm apakah dengan regulasi baru bisa membuat balapan lebih seru
kayak moto GP gitu emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
mungkin kali gan..emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By bapake.mufid
Hmmm apakah dengan regulasi baru bisa membuat balapan lebih seru
kayak moto GP gitu emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By bapake.mufid
Hmmm apakah dengan regulasi baru bisa membuat balapan lebih seru
kayak moto GP gitu emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)


bisa jadi gan
emoticon-Kissemoticon-Kiss