alexa-tracking

[PENTING] Teks Proklamasi Yang Tidak Jadi Dibacakan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5326e9aefbca17d5138b466e/penting-teks-proklamasi-yang-tidak-jadi-dibacakan
[PENTING] Teks Proklamasi Yang Tidak Jadi Dibacakan!
Mungkin jika di tahun 1945 Twitter sudah ada, tak perlu rasanya Presiden Sukarno membacakan teks Proklamasi di Pengangsaan Timur no. 56 itu. Toh saat Proklamasi itu kali pertama dibacakan, saya begitu yakin banyak warga yang tak tahu menahu. Bagaimana pula seorang petani di desa terpencil yang tak memiliki radio bisa mendengarnya? Dan bukan cuma itu, dengan hanya 23 kata atau 196 karakter, teks Proklamasi bisa dengan mudah di “tweet”kan, mungkin dengan dua kali tweet dan beberapa kultweet penjelasannya. Ya, tapi itu jika Twitter ada di era Sukarno.

Pernahkan Anda membayangkan bangsa sebesar Indonesia yang memiliki begitu banyak penduduk dengan beragam karakter hanya menggunakan 23 kata untuk mengungkapkan kemerdekaannya pada dunia? Zen Rahmat Sugito, seorang sejarawan partikelir memberikan kita pemahaman baru tentang bagaimana sesungguhnya teks Proklamasi dipersiapkan.

Sebuah naskah yang dibahas dan disepakati anggota BPUPKI pada 14 Juli 1945 menjawab pertanyaan saya diatas. Bahwa sebenarnya ada naskah Proklamasi yang telah dipersiapkan yang sayangkan terpaksa tak jadi dibacakan. Karena disaat-saat itu, dua Proklamator yang kita kenal sekarang diculuk kalangan pemuda untuk sesegera membacakan Proklamasi. Sayangnya, tak ada satupun yang membawa teks Proklamasi yang telah dibuat. Alhasil, kita tak bisa menyaingi “Declaration of Independence” yang terkenal itu.

Berikut merupakan teks Proklamasi versi bukan “Sesingkat-singkatnja”

***
Quote:
“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu makan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan. Bangsa Indonesia di zaman dahulu telah mempunyai riwayat mulia dan bahagia, yang batas-batasnya meliputi seluruh kepulauan Indonesia sampai ke Papua, malah melampaui ke daratan Asa sampai ke batas-batas tanah Siam; negara merdeka, yang dalam perhubungan perdamaian dan persahabatan dengan negara-negara merdeka di daratan Asia, menyambut tiap-tiap bang sayang datang dengan kemurahan hati.

Kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia, membawalah bencana kepada bangsa Indonesia itu. Lebih dari tiga abad meringkuklah bangsa Indonesia di bawah kekuasaan Belanda dengan haluan politik jahat: memecah-mecah persatuan kita, mengina, menginjak-injak rasa kehormatan kita, menghina, menghisap-memeras kekayaan kita untuk kepentingan bangsa Belanda sendiri.

Perkosaan yang jahat itu tidak dapat persambungan dalam dunia seterusnya, yang di dalamnya bertambah-tambah kehebatan perlombaan imperialisme Barat, berebut kekayaan segenap dunia. Dan lama-kelamaan bangkitlah kembali dengan sehebat-hebanya semangat perlawanan bangsa Indonesia, yang memang tak pernah padam dan tak pernah dipadamkan, dalam lebih 3 abad perkosaan oleh imperialisme Belanda itu. Sejarah kolonialisme Belanda di Indonesa adalah sejarah berpuluh-puluh pemberontakan bangsa Indonesia melawan imperialisme Belanda itu. Bergeloralah lagi di dalam kalbu bangsa Indonesia tekad yang berkobar-kobar berbangkit kembali sebagai satu bangsa yang merdeka dalam satu negara yang merdeka, melahirkanlah pergerakan teratur dalam bangsa Indonesia, yang didasarkanatas cita-cita keadilan dan kemausiaan, menuntut pengakuan hak kemerdeaan tiap-tiap bangsa. Tidak tercegah, tidak tertahan tumbuhnya, meluas dan mendalam pergerakan ni dalam segenap lapisan dan segenap barisan bangsa Indonesia, betapa pun kerasnya, betapa pun buasnya betapa pun ganasnya kekuatan pemerintah Belanda berkhtiar mencegah dan menindasnya.

Di saat memuncaknya gelagat pergerakan itu yang seperti barat saat kelahiran anak dari kandungan ibunya, maka Tuhan Yan Maha Kuasa telah membelokkan perjaanan riwayat dunia, mengalih/memindahakn perimbangan kekuasaan di muka bumi, istimewa di daerah lautan Teduh, untuk membantu pembinaan kelahiran itu.

Tuntutan Dai Nippo Teikoku, bertentangan denan tujuan-tujuan imperialisme Barat, yaitu tuntutan hak kemerdekaan Asia atas dasar persamaan ha bangsa-bangsa, serta politik ang dengan tegas dan tepat dijalankan olehnya, menuju pembangunan negara-negara merdeka dan lingkungan kemakmuran bersama Asia Timur Raya, akhirnya telah menyebabkan Dai Nipoon Teikoku metnyatakan perang kepada Amerika Serikat dan Inggris. Perang Asia Timur Raya ini, yang berkebetulan dengan saat memuncaknya perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesa dan pergerakan kmerdekaan bangsa-bangsa Asia yang lain, menjadilah sebagai puncak pertemuan perjuangan kemerdekaan segala bangsa Asia di daratan dan di kepulauan Asia.

Dengan mengakui dan menghargai tnggi keutamaan niat dan tujuan Dai Nipoon Teikoku dengan Perang Asia Timur Raya itu, maka tiap-tiap bangsa dalam lingkungan Asia Tmur Raya atas dasar pembelaan bersama, wajiblah menyumbangkan sepenuhnya tenaganya dengan tekad yang sebulat-bulatnya, kepada perjuangan bersama itu, sebagai jaminan yang seteguh-teguhnya untuk keselamatan kemerdekaannya masing-masing.

Maka sekarang, telah sampailah perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia, adil dan makmur, yang hidup sebagai anggota sejati dalam kekeluargaan Asia Timur Raya. Di depan pintu gerbang Negara Indonesia itula rakyat Indonesia menyatakan hormat dan terima kasih kepada semua pahlawan-pahlawan kemerdekaannya yang telah mangkat.

Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa, berdasar atas segala alasan yang tersebut di atas itu, dan didorong oleh keinginan luhur supaya bertangung-jawab atas nasib sendiri, berkehidupan kebangsaan yang bebas, mulia, terhormat, maka rakyat Indonesia dengan ini:

MENYATAKAN KEMERDEKAAN.


Sumber: http://etnonesia.org/lengkap.php?id=35

Lebih lengkap, ke sejarawannya langsung di: http://kurangpiknik.tumblr.com/post/...kat-singkatnya

Menarik kalau didiskusikan. Mohon di-rate biar orang pada baca emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Spoiler for Bonus!!!:


Artikel-artikel menarik lainnya silakan kunjungi ETNONESIA

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ijin pertamax dulu gan emoticon-Cool
sejarah nih

Pertamax diamankan dari Momod bianca, loetoeyoel, TSnya, atau siapapun emoticon-Betty dibawah ane emoticon-Cool

yo bay emoticon-Ngacir2

ane baru tau gan kalau teks kmaren ga bacakan emoticon-Matabelo
berarti teks skrg dah d edit ya?emoticon-Bingung (S)
nyimak dulu, tunggu rame
wah ternyata ada yang versi panjangnya yah gan?
bener gak tuh ntar cuma hoax media emoticon-Cape d... (S)
soalnya ane baca2 buku sejarah sekolah nggak ada sama sekali teks proklamasi versi sepanjang itu yang ada cuma teks proklamasi tulisan tangan dan ketikan....
Quote:Original Posted By troll0987
ane baru tau gan kalau teks kmaren ga bacakan emoticon-Matabelo
berarti teks skrg dah d edit ya?emoticon-Bingung (S)


Bukan gitu gan, itu teks proklamasi sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum Indonesia merdeka. Sayang, saat angkatan muda menculik Bung Karno dan Bung Hata, itu teks tidak dibawa. Malamnya mereka kelimpungan.... dan engingeng.... jadilah teks proklamasi yg sekarang.

Ini gara2 angkatan muda maen culik gan emoticon-Ngakak
Panjang bener gan, ijin nyimak dulu . Siapa tau jadi HT emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dongni
wah ternyata ada yang versi panjangnya yah gan?
bener gak tuh ntar cuma hoax media emoticon-Cape d... (S)
soalnya ane baca2 buku sejarah sekolah nggak ada sama sekali teks proklamasi versi sepanjang itu yang ada cuma teks proklamasi tulisan tangan dan ketikan....



Ini beneran gan, coba cek jawaban atas ini.

Gan, yg namanya sejarahnya banyak menyimpan misteri. Tergantung penguasa. Ini sudah bukan persoalan karena toh kita sudah merdeka dan fokus membagun Indonesia.
Quote:Original Posted By zaemad


Bukan gitu gan, itu teks proklamasi sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum Indonesia merdeka. Sayang, saat angkatan muda menculik Bung Karno dan Bung Hata, itu teks tidak dibawa. Malamnya mereka kelimpungan.... dan engingeng.... jadilah teks proklamasi yg sekarang.

Ini gara2 angkatan muda maen culik gan emoticon-Ngakak


ane baru tau nih gan,soalnya ane lupa gan sejarahnya emoticon-Hammer2 nice sharenya gan emoticon-2 Jempol
ane bantu emoticon-Rate 5 Star aja ya emoticon-Shakehand2
Baca duluemoticon-Big Grin
Ini bukannya pembukaan UUD, lebih mirip itu sih daripada teks proklamasi emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By troll0987


ane baru tau nih gan,soalnya ane lupa gan sejarahnya emoticon-Hammer2 nice sharenya gan emoticon-2 Jempol
ane bantu emoticon-Rate 5 Star aja ya emoticon-Shakehand2


Santai gan, sejarah emang harus kita ungkit-ungkit emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By xnicks
Ini bukannya pembukaan UUD, lebih mirip itu sih daripada teks proklamasi emoticon-Bingung


emang pembukaan UUD terisnpirasi ini gan. Para tokoh memakai inspirasi ini karena apa yg telah mereka buat supaya ngga mubazir gan.

Lagi2 ini adalah bentuk kecerobohan angkatan muda. Saat menculik dwi tunggal mereka lupa bawa teks.

Bung karno angan2nya ingin proklamasi itu kaya "Decraration of Independience" gan!
lah aslinya ko panjang banget ya emoticon-Bingung (S)
sampe ada alinea yang ngebahas pemerkosaan bangsa barat juga emoticon-Hammer (S)
apakah naskah tersebut bisa dipertanggungjawabkan keotentikannya ya gan... dan... kenapa g jadi yg itu yg dibacakan? misterii..
wah ada versi panjangnya toh gan
nyimak aja deh gan
Quote:Original Posted By redika
apakah naskah tersebut bisa dipertanggungjawabkan keotentikannya ya gan... dan... kenapa g jadi yg itu yg dibacakan? misterii..


Yup gan, naskah itu sudah dipikirkan dan dibuat dalam sidah BPUPKI. Saat terjadi penculikan, para tokoh yg merumuskan naskah tersebut tidak membawanya.

Alhasil, saat penculikan kaum muda. Para tokoh harus kembali membuat teks proklamasi. Sayang, waktu yg terbatas dan hentakan untuk mengucapkan proklamasi keesokan harinya membuat naskah proklamasi yg dibacakan adalah hasil "berpikir cepat" para tokoh proklamator.

Memang sangat disayangkan gan!