alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5326b0d0fbca17b9138b466e/kenapa-jenderal-polisi-tak-pernah-diusulkan-jadi-capres-dan-cawapres
Kenapa Jenderal Polisi Tak Pernah Diusulkan Jadi Capres dan Cawapres?
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden atau calon wakil presiden dari kalangan jenderal militer masih tetap menjadi isu menarik di kalangan publik dan partai politik. Bahkan, ada yang menyebutkan komposisi idealnya adalah sipil-militer ataupun militer-sipil.

Namun, jarang terdengar ada yang mengusulkan jenderal-jenderal Polri untuk dipasangkan dalam kompoisisi tadi. Meskipun polisi adalah bagian dari sipil, tetapi hampir tak ada yang mengusung jenderal polisi menjadi capres ataupun cawapres.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Saiful Umam menilai, polisi tak dilirik dalam bursa capres-cawapres karena persepsi yang berkembang di masyarakat. Di mana, masyarakat menilai (meskipun penilaian ini sulit dibuktikan) bahwa polisi sebagai sosok yang culas, pungli, korup, dan pandangan buruk lainnya.

"Masyarakat kita itu kan berhubungan langsung dengan kepolisian mulai dari urus SIM, STNK, tilang, hingga melaporkan kejahatan," kata Saiful saat dihubungi Republika, Senin (17/3).

Dari hubungan langsungnya itu, masyarakat banyak melihat keburukan-keburukan dari polisi. Sehingga, kepercayaan masyarakat terhadap polisi pun buruk.

Partai politik, sebagai pihak yang berwenang dan diatur undang-undang untuk mengusung capres ataupun cawapres melihat kasus ini di masyarakat. Sehingga, sebuah kerugian bagi parpol jika mengusung jenderal polisi untuk menjadi capres ataupun cawapres. "Parpol kan tahu mana yang menjual," kata Saiful.

Berbeda dengan kalangan militer, meski tak dipungkiri militer juga tak bersih, tetapi masyarakat tak melihatnya. Karena, urusan militer adalah pertahanan negara bukan pelayanan masyarakat.

Sehingga, masyarakat tetap meliihat militer sebagai sosok yang tegas, gagah, dan tidak (terlihat) korupsinya. Partai pun melihat peluang ini dan akhirnya lebih memilih wacana pencapresan atau cawapres dari kalangan militer ketimbang polisi.


http://www.republika.co.id/berita/pe...s-dan-cawapres
komen ts mana???
Polkis mah dapat dari setoran aja udah cukup ngapain nyapres/cawapres emoticon-Embarrassment
TNI masih ada wibawanya (walaupun menurut gw wibawa semu)
Polisi udah ancur lebur.

Tapi Militer yang bangke jadi bekingan cukong juga banyak loh

Intinye menurut gw karena si Polisi sering bersentuhan sama masyarakat aja jadi citranya ancur. Padahal Kalo TNI punya kesempatan yang sama, gw yakin bakal berubah korup juga tuh.

emoticon-Embarrassment
Keseringan 86
Quote:Original Posted By merdekaboy
komen ts mana???



komen emoticon-Betty

oot emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By zaozipper
TNI masih ada wibawanya (walaupun menurut gw wibawa semu)
Polisi udah ancur lebur.

Tapi Militer yang bangke jadi bekingan cukong juga banyak loh

Intinye menurut gw karena si Polisi sering bersentuhan sama masyarakat aja jadi citranya ancur. Padahal Kalo TNI punya kesempatan yang sama, gw yakin bakal berubah korup juga tuh.

emoticon-Embarrassment


hmmmmm

bisa jadi gan..

emoticon-Shakehand2
Cari pemimpin yg pasti2 aja lah...
karena polisi gajebo gan nggak tahu dibawah departemen atau kementerian apa. Kalo TNI kan di Bawah Kementerian Pertahanan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By parkbench
karena polisi gajebo gan nggak tahu dibawah departemen atau kementerian apa. Kalo TNI kan di Bawah Kementerian Pertahanan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)



Tni bukan dibawah kemenhan tp ada garis koordinasi dgn kemenhan
Salah satu bukti TNI bukan di bawah kemenhan panglima tni masih dilantik oleh presiden dan bertanggung jawab kepada presiden. Panglima TNI kedudukannya setingkat dgn Menhan dan panglima TNI tdk bertanggung jawab kepada Menteri.

Kl polri sampai detik ini masih sama berkedudukan dibawah presiden dan bertanggung jawab kepada presiden
Quote:Original Posted By des.12
Polkis mah dapat dari setoran aja udah cukup ngapain nyapres/cawapres emoticon-Embarrassment


setorannya guedeee yakk .......

emoticon-Ngakak
bner tuh polisi udah pada tahu kebusukan mereka klo smpe jadi capres siapa juga mau milih
Ane komen, isi beritanya objektif kaga berat sebelah. satunya kotor keliatan satu lagi kotor juga tapi ga keliatan.....politik emang kotor cuma orang milih yang kotornya ga keliatan....emoticon-Ngakak
soalnya polisi citranya dah jelek d masyarakat gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Sehingga, masyarakat tetap meliihat militer sebagai sosok yang tegas, gagah, dan tidak (terlihat) korupsinya. Partai pun melihat peluang ini dan akhirnya lebih memilih wacana pencapresan atau cawapres dari kalangan militer ketimbang polisi.

polisi udah dapet jatah buat gendutin rekening ko dari masyarakat, jadi ga perlulah ya nyalon emoticon-Malu (S)
parpol pinter nyari calon buat ngejual nama dan nampung suara buat pemilu itu sudah cukup. sebagai modal pemenangan pilpres nanti emoticon-Big Grin
dari kalangan ninja kgk ada ya masuk bursa capres? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By kristiyono777


maaf sudah ane edit emoticon-shakehand

Klonengan TS?
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Udah pada puas kali
gak perlu jadi presiden udah enak. emoticon-Malu (S)
Kenapa jenderal TNI yg diusulkan jadi Presiden yah karena Jenderal tsb memang pendiri partai politik . Mungkin kl jend polisi mendirikan parpol kemungkinan besar juga diusung oleh partainya sndr menjadi capres. Tp yg ane liat jenderal TNI yg sedikit mempunyai "nama" orgnya yg itu2 aja yg 5 tahun lalu juga menjadi cawapres

Wiranto pendiri hanura , prabowo pendiri gerindra pantas lha diusung oleh parpolnya sndr emoticon-Ngakak (S)

Kl dr demokrat "jadi" mengusung Pramono E Wibowo yah publik tau sndr lha dia itu siapa emoticon-Embarrassment
Iya juga yah,jadi wakil presiden juga ngga ada calonnya