alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53268cd60d8b469b3f8b45e2/bpjs-harus-direvisiprogram-tanggungan-anak-bpjs-mandulkan-program-kb
(BPJS Harus Direvisi)Program Tanggungan Anak BPJS Mandulkan Program KB
Quote:(BPJS Harus Direvisi)Program Tanggungan Anak BPJS Mandulkan Program KB
Tidak semua program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan didukung sepenuhnya oleh masyarakat. Salah satunya program tanggungan anak yang dianggap tidak sesuai dengan program Keluarga Berencana (KB) dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang telah diterapkan di Indonesia.

"Kalau tanggungan anak di BPJS Kesehatan sebanyak tiga orang, ini tidak sinkron dengan program KB yang hanya menyarankan satu keluarga hanya cukup punya dua anak saja," kata dr.Feldi, perwakilan Rumah Sakit Muhammad Husein (RSMH), pada acara Rakerda Kependudukan & Keluarga Berencana (KKB) di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, seperti ditulis Senin (17/3/2014).

Ia pun sempat bingung saat salah satu pasiennya mengurus tanggungan anaknya hingga tiga orang. Tentu ini akan memicu mandulnya program KB dari BKKBN ke masyarakat. Sehingga, program dua anak cukup dikhawatirkan bakal diabaikan masyarakat karena BPJS Kesehatan memberikan pelayanan untuk tanggungan tiga anak.

Menanggapi hal itu, Asisten Kesra Pemprov Sumsel Ahmad Najib mengatakan bahwa ini memang harus dievaluasi lagi ke depannya. "Harus dievaluasi lagi, saya setuju tanggungan anak hanya dua orang saja, karena sesuai dengan program KB," jawabnya.

Pihaknya akan menanyakan lagi ke BPJS Kesehatan perihal ini dan lebih menekankan berapa banyak tanggungan anak yang ideal harus dikaver.

Program KB sendiri tentu menjadi salah satu ujung tombak penekanan laju pertumbuhan penduduk (LPP). Secara nasional saja, LPP ditargetkan mencapai 1,4 persen, sedangkan di Sumsel LPP sudah mencapa 1,8 persen.

Desliana, perwakilan BKKNN Sumsel mengungkapkan bahwa persentase itu akan ditekan lagi dengan berbagai cara. "Ya, jangan cepat nikah, kita juga akan mengarahkan peserta KB aktiv ke Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Tapi nampaknya ibu-ibu masih seneng ke implan. Kita juga sosialisasi pendewasaan usia kimpoi. Sosialisasi ini akan dilakukan oleh tim penggerak PKK," urainya.

Selain LPP, angka Unmet need juga tinggi. Saat ini Unmeet need mencapai 12,9 persen dari yang diproyeksikan pemerintah sebesar 4,7 persen.

Unmeet need adalah proporsi wanita menikah yang tidak menginginkan tambahan anak atau ingin menunda kehamilan hingga jarak dua tahun namun tidak menggunakan metoda keluarga berencana apapun

"Kita sedang menyiapkan fasilitas, pemahaman tentang ketidak tahuan masyarakat, memetakan pasangan usia subur. Banyak keinginan ber-KB, jadi kita akan mensosialisasikan implan. Ini juga berguna untuk strategi ke daerah trpencil,terkhusus ke daerah perairan yang banyak penduduknya," paparnya.


Sumber

Ane setuju, mendingan HANYA 2 ANAK yang ditanggung BPJS
itulah indonesia. UU nya saling bertabrakan satu sama lain emoticon-Cape d...
PEMBATASAN jumlah penduduk MELANGGAR HAK ASASI MANUSIA !!
emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)
Sepertinya program kb emang udah mandul dari lama. Sekarang lihat aja berapa jumlah anak yang ditanggung ama perusahaan2 gede, bahkan bumn sekalipun. 3 anak kan?
kader, simpatisan, pendukung pks pasti tidak setuju om kalau dibatasi cuma 2 emoticon-Embarrassment


Karena bayar, jadi mungkin ini yang jadi pertimbangan

lebih baik KJS dibandingkan BPJS bener ga nih ? soalnya BPJS selalu ks\isruh
Quote:Original Posted By Jatafest
PEMBATASAN jumlah penduduk MELANGGAR HAK ASASI MANUSIA !!
emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)


emoticon-Ngakak

komen yang sungguh WOW emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ariearlu
lebih baik KJS dibandingkan BPJS bener ga nih ? soalnya BPJS selalu ks\isruh
masa sih?
Judul nya kliru gan, kalo mau direvisi itu sistem JKN nya, BPJS itu badannya.
loh ane maunya 5 anak jadi gak boleh ya?
jaminan sosial seharusnya untuk semua orang

gak peduli dia anak pertama, kedua , kelima atau gak punya keluarga sama sekali