alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532678b5c2cb17c77b8b4654/telusuri-malaysia-airlines-mh-370-yang-hilang
Peringatan! 
Telusuri Malaysia Airlines MH 370 yang Hilang
Telusuri Malaysia Airlines MH 370 yang Hilang

Telusuri Malaysia Airlines MH 370 yang Hilang
Foto Kuala Lumpur FIR

TRIBUNNEWS, JAKARTA - Hingga Minggu (16/3), terhitung sembilan hari pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 menghilang.

Setelah pencarian di Laut China Selatan tidak membuahkan hasil, Sabtu (15/3/2014), muncul informasi baru yang mengarah pada pembajakan pesawat itu.

Sejak awal, para ahli penerbangan bingung dengan putusnya kontak pesawat yang dilengkapi peralatan canggih itu tanpa ada peringatan darurat sebelumnya. Ketidakpastian kian bertambah setelah seminggu pencarian di Laut China Selatan tidak menunjukkan tanda-tanda ada pesawat jatuh. Padahal, kawasan itu tergolong ramai dan dipantau banyak satelit.

Saat sebuah pesawat hilang kontak, asumsi pertama yang muncul biasanya adalah pesawat jatuh. Dari kontak terakhir, posisi hilangnya pesawat dapat dilacak. Adapun posisi pasti jatuhnya pesawat dapat dilihat dari pecahan badan pesawat yang terlihat ataupun pancaran sinyal emergency locator transmitter (ELT).

Pesawat MH370 hilang kontak dengan petugas pengendali lalu lintas penerbangan setelah 50 menit lepas landas dari Kuala Lumpur. Ketika itu, posisi pesawat berada pada jarak sekitar 220 kilometer dari Kota Bharu, di timur laut Semenanjung Malaya, dalam perjalanan menuju Beijing, China.

Pengamat penerbangan dari majalah Angkasa, Dudi Sudibyo, mengatakan, pesawat terbang modern dilengkapi dengan Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS). Alat ini mengirimkan data penerbangan ke petugas maskapai dan data mesin ke pabriknya secara real time. "Alat ini memandu dan memantau pesawat sejak lepas landas, menjelajahi ketinggian, hingga mendarat di tujuan," kata Dudi.

Sebaliknya, petugas di darat akan mengirimkan data pendukung penerbangan, seperti prakiraan cuaca di depan perjalanan. Jika pesawat akan menyeberangi lautan luas, navigasi pesawat akan dibantu satelit agar posisi pesawat tetap di jalurnya.

Mantan Presiden Asosiasi Pilot Garuda, yang juga pilot Airbus A330, Stephanus G Sebaik, menambahkan, selain ACARS, pesawat memiliki transponder (radar sekunder) yang memancarkan sinyal dari pesawat ke radar primer yang ada di pengendali lalu lintas penerbangan (ATC) di bandar udara. Sinyal ini memberitahukan posisi pasti pesawat. "Radar sekunder digunakan untuk mendeteksi awan di depan pesawat," ujarnya.

Sinyal transponder bisa ditangkap radar militer untuk kepentingan pertahanan negara. Syaratnya, pesawat masih berada pada jangkauan radar itu.

Baik ACARS maupun transponder terletak di kokpit pesawat dan bisa dimatikan. Dalam kasus pesawat MH370, ACARS mati sebelum pesawat mencapai pantai timur Semenanjung Malaya dan transponder mati saat pesawat berada di perbatasan wilayah udara Malaysia dan Vietnam.

"Walau kedua alat itu mati, pesawat tetap bisa terbang normal. Hanya, pergerakannya tidak bisa dipantau petugas di darat," kata Stephanus.

ACARS dan transponder tidak menunjukkan posisi jatuhnya pesawat. Posisi jatuhnya pesawat biasanya dideteksi dari sinyal yang dipancarkan ELT. ELT disimpan di ekor pesawat dan akan aktif jika pesawat mengalami benturan keras. Durasi sinyal yang dipancarkan ELT hanya 24 jam.

Sinyal ini akan ditangkap satelit dan disampaikan ke tim SAR terdekat untuk meminta bantuan penyelamatan. Sinyal ELT dipastikan akan terdeteksi di mana pun pesawat itu jatuh.

Sejenis dengan ELT, ada Underwater Locator Beacon (ULB) yang disimpan di dekat kotak hitam di ekor pesawat. Sinyal ULB aktif hingga 30 hari sejak tumbukan dan dapat ditangkap satelit meski pesawat tenggelam di dasar laut.

Ahli desain operasi perawatan pesawat terbang Program Studi Aeronautika dan Astronautika Institut Teknologi Bandung, Hisar Manongam Pasaribu, mengatakan, kedua penunjuk lokasi jatuhnya pesawat bisa saja tidak aktif saat pesawat jatuh dan mengalami tumbukan. Berdasarkan data statistik, 81-83 persen ELT hidup saat terjadi tumbukan. Artinya, ada potensi 17-19 persen ELT tidak aktif walau pesawat jatuh.

"Banyak hal bisa memicu tak aktifnya ELT, bisa jadi karena sengaja dirancang aktif pada benturan sangat tinggi, dayanya habis atau kemungkinan lain yang belum diketahui," katanya.

Berbeda dengan ACARS dan transponder, ELT tidak bisa dimatikan.
Jika tidak ada sinyal ELT dan tidak ditemukan serpihan pesawat di sekitar titik kontak terakhir pesawat, kemungkinan besar pesawat memang tidak jatuh di sekitar Laut China Selatan.

Kondisi itu diperkuat dengan keterangan Pemerintah Malaysia, Sabtu (15/3/2014), bahwa setelah mendekati perbatasan wilayah udara Malaysia-Vietnam, pesawat berbalik arah menuju barat, menyeberangi Semenanjung Malaya. Kontak pesawat dengan satelit terakhir terdeteksi pada 8 Maret pukul 08.11, sekitar 7 jam setelah pesawat hilang dari pengawasan ATC.

Sumber:
http://pontianak.tribunnews.com/2014...70-yang-hilang

Smoga segera ditemukan lokasi pesawatnya dan segera selamatkan penumpang yg ditahan pembajak...
peramax diamankan... semoga cepat ditemukan
Titik hilangnya dimana nyarinya kemana emoticon-Cape deeehh

Malay emg suka memfitnah nih pake alesan di bajakemoticon-Cape deeehh

Setelah laut india gak ketemu tar menduga-duga lagi jatuh di samudra pasifik emoticon-Cape deeehh

Sekalian aja hilang di segitiga bermuda kelar dah pencarian emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By ini gimana?

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Sudah lebih dari seminggu sejak pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang kontak pada Sabtu (8/3/2014) lalu. Pencarian pun terus dilakukan, namun sampai dengan saat ini belum ada titik terang dimana keberadaan pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan awak pesawat itu.

Pasangan suami istri Fajar Sahri (58) dan Winarti (52) turut mengikuti perkembangan proses pencarian pesawat yang juga berpenumpang warga negara Indonesia tersebut. Keduanya, yang mengaku diberi anugerah mampu berkomunikasi dengan alam gaib, merasa prihatin dengan musibah tersebut dan bermaksud membantu dengan cara yang mereka bisa.

"Ya kita hanya memberikan informasi, sebagai sesama harus saling membantu. Kami tidak mengharapkan apa-apa," ujar Fajar saat ditemui Tribun di kediamannya di Jalan Batara Nomor 93, Kampung Parikolot, Ciluar, Bogor, Minggu (16/3/2014).

Menurut Fajar informasi yang mereka peroleh menyebutkan pesawat berada di titik berikut (LU 7 derajat 47'47.90" Bujur Timur 105 derajat 13'39.59" Elev -30m. Ketinggian mata 5 m. Atau berada di sekitar selatan ibukota Vietnam, Ho Chi Minh.

Keduanya kemudian menuturkan bagaimana proses mereka mendapatkan informasi terkait keberadaan pesawat sampai dengan titik koordinatnya. Menurut Fajar, sang istri mengetahui lokasi pesawat setelah melakukan komunikasi dengan awak pesawat naas tersebut.

Winarti ia sebut memang memiliki kemampuan khusus untuk berkomunikasi dengan hal-hal gaib dan sudah beberapa kali terjadi dan terbukti.

Fajar menuturkan, pada hari Kamis (13/3/2014) siang, usai melaksanakan salat Zuhur, Winarti memohon doa agar bisa diberi petunjuk mengenai keberadaan lokasi pesawat Malaysia Airlines MH370.

Tiba-tiba muncul sosok seorang pria dengan pakaian layaknya seorang kru pesawat datang dan berkomunikasi dengan Winarti.

"Mungkin copilot atau siapa, yang jelas pakai seragam," tuturnya.

Pria itu kemudian menuturkan kepada Winarti bagaimana pesawat tersebut tiba-tiba mati seluruh perangkatnya ketika melintas di Laut China Selatan, tepatnya sebelah selatan Vietnam.

Pesawat yang tiba-tiba kehilangan power secara total itu kemudian jatuh dan tenggelam ke dasar laut, lengkap dengan para penumpang dan awak kapal di dalamnya. Jeritan teriakan takbir pun terdengar saat pesawat mula jatuh ke laut.

"Pesawatnya utuh, enggak meledak, enggak ada serpihan apa-apa. Penumpang masih duduk di kursi masing-masing dengan sabuk pengaman terpasang," ujar Winarti yang mengaku sempat diberi penglihatan kondisi pesawat di dasar laut.

Winarti menuturkan semua penumpang sudah dalam keadaan meninggal dunia di kursi masing-masing, dengan sabuk pengaman masih terpasang. Ia mengaku saat diberi penglihatan itu tak sanggup menahan air matanya yang tumpah melihat pemandangan memilukan tersebut, apalagi Winarti sempat melihat dua orang anak kecil di antara penumpang yang tewas.

Terlebih si pria berpakaian awak kapal itu kemudian sempat menitipkan pesan kepadanya untuk disampaikan kepada anak perempuannya yang masih kecil.

"Dia bilang salam buat anakku sambil tersenyum. Anaknya itu rambutnya keriting-keriting, anak perempuan sekitar umur 7-9 tahun," imbuhnya.

Menurut Winarti, pada saat berkomunikasi yang pertama itu, ia tidak sempat mendapatkan lokasi jatuhnya pesawat. Titik koordinat lokasi baru ia dapatkan pada Jumat dinihari, ketika ia kembali melakukan komunikasi dengan awak kapal Malaysia Airlines itu setelah melakukan salat Tahajud.

Winarti menuturkan, komunikasi yang kedua ia lakukan bukan dengan orang yang sama saat melakukan komunikasi pertama. Pada saat komunikasi kedua itu, lelaki berbeda yang kemudian ia tahu adalah pilot pesawat Zahari Ahmad Shah.

Dari Zahari inilah kemudian Winarti dan Fajar memperoleh koordinat yang mereka duga adalah lokasi jatuhnya pesawat naas tersebut. Ia juga menuturkan bagaimana pesawat yang awalnya mengarah ke utara sempat berbelok ke arah barat sebelum kemudian berputar ke arah timur dan terjatuh.

"Makanya badan pesawat itu menghadap timur," ujar Fajar.

Arah pesawat yang goyang dan kemudian terjatuh, menurut Fajar kemungkinan diakibatkan arus magnet yang kuat di dasar laut di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Pesawat itu kemudian tiba-tiba mati total dan jatuh tenggelam ke dalam laut.

Zahari juga mengatakan kepada Winarti bahwa dunia itu penuh keajaiban, entah apa maksudya Winarti sendiri tidak tahu.

"Ya mungkin maksudnya, apa yang enggak mungkin jadi mungkin, yang penting cari dulu. Saya juga enggak tahu artinya," ujarnya

Sempat Melapor ke Danlanud

Fajar mengaku hanya berniat membantu proses pencarian pesawat yang telah memakan waktu lebih dari seminggu itu. Ia menyebut dirinya tidak memiliki maksud apa-apa, yang terpemnting baginya adalah pesawat bisa diketemukan dan keluarga korban bisa lebih lega dan ikhlas menerima kenyataan.

Untuk itu, Fajar menyebut dirinya sudah melaporkan informasi yang ia dapat itu ke beberapa pihak yang ia anggap memiliki akses untuk menggunakan info tersebut untuk menemukan pesawat tersebut.

"Saya sudah hubungi Komandan Lanud Soewondo Kolonel SM Handoko serta duta besar di Vietnam Bambang Tarsanto (Konjen di Ho Chi Minh City) via sms," tuturnya.

Selain itu ia juga sempat mendatangi sebuah stasiun televisi swasta (TvOne) dan diberitahu akan diberi kesempatan tampil live setelah menunggu persetujuan salah satu penanggung jawab program. Namun setelah menunggu lama, justru yang ditunggu itu pulang dan ia tidak diberi tahu apa-apa.

Fajar mengatakan dirinya sama sekali tidak mengharapkan apa-apa, yang terpenting baginya adalah pesawat dapat segera ditemukan.

Mengenai kemampuan berkomunikasi dengan hal-hal gaib, Fajar mengaku tidak menjalani ritual apapun, ia dan istrinya hanya diberi tanggung jawab oleh tuhan untuk membantu sesama.

"Saya pernah bantu teman cari anak perempuannya yang hilang, dan hasil informasi yang didapat itu benar. Saya dan istri juga pernah mendapat informasi soal keberadaan mata air di Banyuwangi, dan ternyata benar terbukti,"ujarnya.


sumber:
http://id.berita.yahoo.com/pasangan-...161720853.html

bagi cendol kalo berkenan ya gan sis
Mungkin jatuh masuk langsung kedalam laut dititik terakhir jam 8.11
Beritanya masih simpang siur emoticon-Frown kasian penumpangnya
kenapa susah banget ditemukannya yak..? emoticon-Berduka (S)
masih menyimpan rahasia pemerintah Malaysia agar penerbangan mereka tidak jadi jelek di mata International.....
kalo allah berkehendak lain ya sudahlah gan...
wallahua'lam