alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5325a7ba59cb178c628b45bc/mahfud-md-kepemimpinan-indonesia-oligarki
Mahfud Md.: Kepemimpinan Indonesia Oligarki
Mahfud Md.: Kepemimpinan Indonesia Oligarki

Quote:Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud Md. mengatakan Indonesia bukan negara demokrasi. "Demokrasi kita tersandera, bergeser jadi oligarkis," katanya kepada wartawan di gedung Rektorat Universitas Airlangga, Jumat, 14 Maret 2014.

Ketika seharusnya membahas aspirasi rakyat, kata Mahfud, anggota Dewan Perwakilan Rakyat ternyata malah melakukan praktek lobi dengan anggota Dewan lain. Mahfud menjelaskan, setiap kelompok di DPR memiliki rekanan sendiri-sendiri. Karena itu, bila ada suatu kelompok yang tidak setuju terhadap suatu kebijakan baru yang dibahas kelompok lain, maka semua anggota dalam kelompok itu tidak akan menyetujui kebijakan tersebut. Walhasil, ada tindakan saling mengancam di dalam tubuh DPR. Mahfud menyebut sistem pemerintahan Indonesia sebagai politik oligarki karena dikuasai oleh elite politik tertentu.

Menurut Mahfud, hal tersebut disebabkan oleh kepemimpinan yang lemah. Para pemimpin banyak yang terkungkung oleh praktek kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) masa lalu. "Kalau dulu zaman Pak Harto hanya bagian atas saja yang korupsi, sekarang korupsi sudah dari hulu," ujar guru besar dari Universitas Islam Indonesia itu.

Karena itu, kata Mahfud, penegakan hukum sangat diperlukan untuk mewujudkan kepemimpinan yang kuat, mengendalikan birokrasi, serta menggeser sistem oligarki ke demokrasi. "Sebenarnya pemimpinnya sudah jelas, tapi penegakan hukumnya tidak jelas. Pasal-pasal diperjualbelikan. Anda pesen berapa, uangnya sekian, begitu."

sumber: TEMPO


kacau ya korupsinya, bener2 seluruh lapisan jabatan emoticon-Mad (S)

Quote:Diwawancarai, Mahfud Md.: Percuma, Nanti Ndak Dimuat

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud Md. bertandang ke Universitas Airlangga Surabaya, Jumat, 14 Maret 2014. Kedatangannya dalam rangka menjadi pembicara workshop bertema "Indonesia Lima Tahun ke Depan: Pemikiran Tokoh Nasional" di gedung Rektorat Unair.

Setelah membawakan materi, Mahfud dicecar berbagai pertanyaan oleh wartawan, termasuk seputar isu pencalonannya sebagai presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Tanya terus, percuma. Nanti ndak dimuat," kata Mahfud.

Para wartawan menjadi kagok dan sedikit bingung dengan sikap spontan Mahfud itu. Meski demikian, akhirnya Mahfud tetap bersedia melayani berbagai pertanyaan awak media. Beberapa pertanyaan tersebut berkisar pada pencapresan dirinya, izin cuti para menteri dan kepala daerah yang menjadi juru kampanye, dan hukuman mati bagi para koruptor.

Mahfud disebut-sebut menjadi calon presiden dari PKB. Jusuf Kalla dan Rhoma Irama menjadi pesaingnya. Mahfud mengaku sangat optimistis menghadapi para kedua pesaingnya itu. "Harus optimistis. Kalau tidak optimistis, tidak mungkin ada presiden, kepala daerah, atau bupati," ujarnya.

sumber: TEMPO


nah loh, kok bisa ngomong begitu? oia sosok pak mahfud ini gimana sih menurut agan2? emoticon-Smilie
Seenggaknya ane bisa kasih satu contoh: dinastinya Atut itu, IMO, menunjukkan, kepemimpinannya oligarkhi gan.
Spoiler for Dinasti Atut1:


Spoiler for Dinasti Atut 2:


Di Banten, penguasanya adalah Ratu Atut.
Quote:"Kalau dulu zaman Pak Harto hanya bagian atas saja yang korupsi, sekarang korupsi sudah dari hulu," ujar guru besar dari Universitas Islam Indonesia itu.

Pak Mahfud ini tidak tahu atau pura2 tidak tahu, atau cari simpati dari kelompok tertentu ? Ane yakin pada jaman Pak Harto juga korupsi dilakukan dari atas sampai ke bawah. Bedanya dulu tidak tersebar, sekarang lebih terbuka melalui media. Dulu hampir tidak ada koruptor yang dihukum. Sekarang lebih banyak yang merasakan penjara.
Quote:Original Posted By Rosseau
Seenggaknya ane bisa kasih satu contoh: dinastinya Atut itu, IMO, menunjukkan, kepemimpinannya oligarkhi gan.
Spoiler for Dinasti Atut1:


Spoiler for Dinasti Atut 2:


Di Banten, penguasanya adalah Ratu Atut.


Quote:Original Posted By Wariban


Pak Mahfud ini tidak tahu atau pura2 tidak tahu, atau cari simpati dari kelompok tertentu ? Ane yakin pada jaman Pak Harto juga korupsi dilakukan dari atas sampai ke bawah. Bedanya dulu tidak tersebar, sekarang lebih terbuka melalui media. Dulu hampir tidak ada koruptor yang dihukum. Sekarang lebih banyak yang merasakan penjara.

hmmm saya baru tau, jadi cerna dulu deh komen2nya ya emoticon-Smilie
Kalo dicermati memang betul,

sekarang itu KKN'nya terasa lebih menjalar dari hulu ke hilir..
Ga salah jg sih kl d sebut oligarkhi
Emang gt kan kenyataannya?
Quote:Original Posted By dimanadansiapa
Kalo dicermati memang betul,

sekarang itu KKN'nya terasa lebih menjalar dari hulu ke hilir..

betul banget
Quote:Original Posted By EcL4
Ga salah jg sih kl d sebut oligarkhi
Emang gt kan kenyataannya?

yup! makanya banyak orang2 yang sudah sadar
Quote:Original Posted By bagaswara

betul banget

yup! makanya banyak orang2 yang sudah sadar


sadar tidak bisa melawan jd hrs mengikuti arus, ya gan ?
Pak Mahfud MD kan dulunya selalu menempati posisi teratas polling capres sebelum adanya jokowi effect..
Quote:Original Posted By menu.hari.ini
Pak Mahfud MD kan dulunya selalu menempati posisi teratas polling capres sebelum adanya jokowi effect..


Bah.. jokowi effect, jgn2 ntar ada butterfly effect nya jg

-----------------------------

Cerdas anda pak md, semoga sehat menyertai anda
Quote:Original Posted By Herculebaik


sadar tidak bisa melawan jd hrs mengikuti arus, ya gan ?

sebenarnya mengikuti arus ga ada salahnya, tapi harus dimodifikasi untuk tidak benar2 "hanya" mengikuti saja emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By menu.hari.ini
Pak Mahfud MD kan dulunya selalu menempati posisi teratas polling capres sebelum adanya jokowi effect..

iya dia merasa pantas karena jejaknya bagus
Quote:Original Posted By c.trova


Bah.. jokowi effect, jgn2 ntar ada butterfly effect nya jg

-----------------------------

Cerdas anda pak md, semoga sehat menyertai anda

amin emoticon-Smilie
si mahfud ini banyak lagak,krn bernafsu juga utk jd presiden emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By torukmakto.
si mahfud ini banyak lagak,krn bernafsu juga utk jd presiden emoticon-Ngakak

wah bukannya dia itu termasuk tokoh yang bersih?
Quote:Original Posted By dimanadansiapa
Kalo dicermati memang betul,

sekarang itu KKN'nya terasa lebih menjalar dari hulu ke hilir..


Ups jangan lupa, kebebasan pers waktu jaman pak harto beda lho.... Salah omong sedikit lenyap deh... Jadi jangan heran ga terlalu diketahui
nah skrg yg jd msalah, gmn caranya tuk memberantas korupsi tsb....
apakah ada di tangan presiden ato anggota hewan....
Quote:Original Posted By Bydyn


Ups jangan lupa, kebebasan pers waktu jaman pak harto beda lho.... Salah omong sedikit lenyap deh... Jadi jangan heran ga terlalu diketahui

betul tuh emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By cimot07
nah skrg yg jd msalah, gmn caranya tuk memberantas korupsi tsb....
apakah ada di tangan presiden ato anggota hewan....

atau malah di masyarakat? emoticon-Bingung (S)