alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5325a24880cf1798630000c4/apa-perlu-mainan-indonesia-ber-sni
Apa Perlu Mainan Indonesia Ber-SNI?
produk-mainan-ber-SNIJAKARTA (suarakawan.com) - Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) diakui bakal berdampak positif bagi industri mainan lokal dalam jangka panjang. Dikhawatirkan juga akan merugikan pelaku usaha pembuat mainan skala kecil dan menengah.

Dampak positif lain dari penerapan SNI adalah peluang industri mainan dalam negeri semakin berkembang termasuk dalam upayanya memperluas pasar ekspor. Namun, jika SNI mainan tidak diterapkan, maka akan sulit untuk berkembang di pasar dalam negeri apalagi ekspor.

Ketua Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif dan Tradisional Indonesia (APMETI) Danang Sasongko mengatakan mainan yang masuk ke Indonesi nantinya akan lebih tersaring, sehingga tidak sembarangan produk mainan bisa masuk.

Hingga kini, mayoritas mainan di Indonesia didatangkan dari China. Sayangnya, 80% dari produk tersebut dinyatakan berbahaya karena mengandung timbal. Mainan asal negeri tirai bambu tersebut masih diminati di pasar mainan Indonesia karena harganya yang lebih murah.

Menurutnya, mainan-mainan ini berasal dari olahan limbah plastik, yang dalam prosesnya membutuhkan bahan kimia seperti timbal dengan kadar tinggi.

"Kalau murni dari biji plastik, tidak mengandung timbal. Tapi kalau dari olahan limbah plastik seperti yang didatangkan dari China, itu yang berbahaya," ujarnya di Jakarta, Minggu (16/3/2014).

Industri mainan anak di China merupakan salah satu industri yang diperhitungkan karena memiliki kawasan industri tersendiri. Sedangkan di Indonesia mainan masih termasuk dalam kerajinan, belum diperhitungkan sebagai industri yang potensial.

"Padahal pasar mainan Indonesia sangat besar, lihat saja berapa jumlah masyarakat Indonesia," tandasnya. (lp6/han)

Sumber : www.suarakawan.com
owh gitu ya gan emoticon-Matabelo


butuh stempel MUI juga nda emoticon-Ngakak
biar kagak ada maenan cina yg bebas masuk.. emoticon-thumbsup
×