alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532572f5c0cb17e74c8b460f/bosen-jokowi-pak-anies-anti-kolonialisme-tp-berpikir-spt-kolonialis
[Bosen Jokowi] Pak Anies: Anti-kolonialisme, tp Berpikir spt Kolonialis
Banyak Orang Bicara Anti-kolonialisme, tapi Berpikir seperti Kolonialis

[Bosen Jokowi] Pak Anies: Anti-kolonialisme, tp Berpikir spt Kolonialis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu kandidat dalam Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Anies Baswedan, mengkritisi kebijakan ekonomi Indonesia. Menurut dia, banyak orang meneriakkan slogan anti-kolonialisme, tetapi tak sesuai dengan laku hariannya.

"Banyak di antara kita yang retorikanya anti-kolonialisme, tapi berpikirnya bak kolonialis," kata Anies dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (15/3/2014). Di depan para mahasiswa IAIN Imam Rizali, Ambon, pertengahan pekan ini, Anies memberikan bukti tudingannya itu.

Buktinya, sebut Anies, adalah kebijakan ekonomi yang masih bicara soal sumber daya alam. "Cara berpikir kolonial bicaranya selalu sumber daya alam, tak pernah bicara soal kualitas manusia," kecam Anies. Dia mengatakan, bila Indonesia ingin jaya maka pola pikir semacam itu harus diubah.

Penggagas gerakan Indonesia Mengajar ini berpesan kepada ratusan mahasiswa yang mengikuti bincang-bincang "Sejam Bersama Anies Baswedan" untuk tak pernah melupakan peningkatan kualitas sumber daya manusia walaupun ada sumber daya alam melimpah. "Manusianya harus menjadi fokus," tegas dia.

Nasib guru

Terpisah, di depan peserta kegiatan Dies Natalis Universitas Pattimura, Anies mendorong pengistimewaan guru. Menurut dia, dalam lagu para guru kerap mendapat puja-puji, tetapi dalam kenyataannya nasib pahlawan tanpa tanda jasa itu tak benar-benar dipikirkan.

"Mari kita istimewakan guru-guru kita, istilahnya kita VIP-kan guru kita," ujar Anies. Dia meminta upaya itu dimulai dari hal-hal sederhana. Misalnya, sebut dia, memberi kesempatan guru untuk lewat lebih dulu ketika bersamaan memasuki suatu tempat atau kendaraan.

Bila perlu, imbuh Anies, ada potongan harga khusus setiap kali para guru berbelanja. Menurut Anies, pengistimewaan semacam itu diharapkan akan membuat semangat mengajar para guru tersebut meningkat. "Tak hanya meningkatkan kesejahteraan para guru, tetapi juga memangkas pengeluarannya."

Menantang mahasiswa...

Di depan para mahasiswa, Anies pun menitipkan pesan khusus. Dia berharap, para mahasiswa hari ini tetap menempa diri dengan menjadi aktivis. "(Tapi) aktivis mahasiswa yang aktif di organisasi harus melatih diri berintegritas. Integritas harus dibangun sejak (masih menjadi) mahasiswa," tegas dia.

Anies mengatakan, indikator integritas sangat jelas, yakni akuntabilitas dan transparansi. Karenanya, dia pun berharap organisasi mahasiswa bisa akuntabel dan transparan. "(Karena), kalau sejak mahasiswa sudah terbiasa dengan selisih anggaran kegiatan, maka kelak setelah jadi pejabat pun (terbiasa) dengan selisih APBN atau APBD," tegas dia.

Selain itu, Anies juga menyerukan para mahasiswa untuk mulai berwirausaha. "Banyak aktivis yang lulus lalu aktif di LSM atau mengemban jabatan publik. Namun, masih sedikit yang menekuni kewirausahaan," kata dia. Kewirausahaan, ujar Anies, sangat penting untuk pengembangan diri sekaligus membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Spoiler for komen:
mantap, pak!
andai gagal nyapres, jadi menteri pendidikan ya pak?

.
Quote:masa depan bangsa bukan hanya di pilpres, gan!

ingat 9 april, merah putihkan senayan! jangan golput! ntar nyesel, gan! emoticon-army pilih partai & caleg yang memiliki komitmen kebangsaan dan kemanusiaan yang sungguh-sungguh memahami & menghargai pluralitas emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By
"(Karena), kalau sejak mahasiswa sudah terbiasa dengan selisih anggaran kegiatan, maka kelak setelah jadi pejabat pun (terbiasa) dengan selisih APBN atau APBD,"


nahhh, itu poin yg paling penting banget.
semuanya pasti terbiasa dari hal yg kecil,
dan pada kenyataan yg sekarang "mungkin" yg menjabat itu sudah terbiasa dari sejak menjadi mahasiswa,
atau bahkan contoh selain pejabat tinggi,
pns golongan 1 atau lain nya yg pendaftarnya bisa dikatakan tidak jelas tapi bisa menduduki kursi pns,
dari dulu sampe sekarang pun selalu terulang,
yang dibayarkan tidak sesuai dengan yg dihasilkan
Siiiiip... semoga Demokrat nyadar.. klo beliau capres.. ane pilih emoticon-Big Grin
Doi emang hebat, ane dengar dari teman ane yg dekat ama kalangan PDIP ama golkar
Seandainya capres indipenden bisa maju tanpa paTAI tokoh2 seperti beliau bisa mendapatkan amanah besar
Terus SBY gimana??? emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Anies Baswedan sih bagus tapi partainya itu lho
Quote:Original Posted By vespapx
Anies Baswedan sih bagus tapi partainya itu lho



kek jokowi ya, orangnya bagus..partainya luar biasa bagus juga emoticon-Recommended Seller
×