alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532522ab3ecb174f688b4586/pengamat-transportasi-ugm--sumatera-lebih-baik-punya-jalur-kereta-ketimbang-jalan-to
Pengamat Transportasi UGM: Sumatera Lebih Baik Punya Jalur Kereta Ketimbang Jalan Tol
Quote:Pengamat Transportasi Universitas Gajah Mada, Djoko Stijowarno menilai pembangunan jalur Kereta Trans Sumatera lebih efisien ketimbang pembangunan Jalan tol Trans Sumatera.

Efisiensi dihitung dari biaya pembangunan jalur kereta api lebih murah ketimbang membangun jalan tol lintas Sumatera.

"Kalau rail way per kilo menghabiskan dana Rp 20 miliar per kilo meter (km), kalau tol Rp 120 miliar per km," kata Djoko saat berbicang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Keberadaan kereta trans Sumatera dinilai bermanfaat karena mampu menekan biaya pengiriman barang dari Sumatera.

Menurut dia, saat ini biaya pengiriman barang dari Sumatera sangat mahal akibat sarana infrastruktur jalan yang kurang baik.

"Lebih baik bangun jalan kereta saja, karena lebih efisien. Untuk mengangkut barang, biar biaya logisitik murah masa mengirim jeruk dari Medan ke Jawa biayanya hampir sama jeruk dari China," tuturnya.

Selain itu, manfaat yang diberikan dari jalur kereta trans Sumatera adalah efisiensi waktu. Sebab medan jalur trans Sumatera yang berat waktu pengiriman barang menjadi lama.

"Itu sarananya tidak ada, angkutan kereta butuh di Sumatera, suapaya pengiriman barang tidak makan waktu lama," pungkasnya.


Sumber

Ane sendiri juga mendukung jalur KA Trans Sumatera, tapi pasti bakal muncul komen "Sumatera gak butuh rel kereta", "yang komen Sumatera butuh rel KA pasti orang sotoy yang gak tahu apa-apa soal Sumatera" dsb emoticon-Big Grin
mo jalan tol ataupun jalur kereta gag masalah yang mana yang penting jadi n segera dibangun kagag cuman omang-omong doang..
ane lebih dukung bangun kereta gan .... tapi paling omong kosong doanggggemoticon-Ngakak
Iya neh...boleh jg..moso cm jawa yg punya kereta api..

Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:
tempo hari gw baca, lebih mahal KA ketimbang tol...mana yg bener sih itungannya emoticon-linux2
pengamatnya sudah pernah keliling sumatra ?

sumatra itu bukit barisan loh, enggak mudah bangun jalur kereta yang maksimal tingkat kemiringan tanahnya terbatas...

tapi kalau memang mampu sih lebih baik kereta memang...
Butuh keduanya

Tol lintas sumatera antar provinsi dan jalur kereta ganda dari aceh sampai lampung

Tol untuk mobiltas manusia dan barang antar sumatera

Rel untuk mobilitas manusia dan barang antar sumatera dan Jawa
jadi kalo sumatra cuma boleh punya salah satunya ya? ndak boleh dua duanya kek sodara tiri kami di jawa ya?emoticon-Malu
Tapi perlu diawasin tuh jangan sampe rel2nya dicolongin nanti malah runyam deh kl ada kecelakaan dsb.... karena masih ada kan daerah2 yg angker preman di sepanjang sumater (cmiiw)




Spoiler for mohon bantu gan/wati :shakehand:


Quote:Original Posted By Pitung.Kw
jadi kalo sumatra cuma boleh punya salah satunya ya? ndak boleh dua duanya kek sodara tiri kami di jawa ya?Pengamat Transportasi UGM : Sumatera Lebih Baik Punya Jalur Kereta Ketimbang Jalan To



mantap neh kalo dua2nya emoticon-Recommended Seller

percuma ngebabu lama2 buat orang jawa
babu dan sapi perahan juga perlu pembangunan
biarpun pada goblok emoticon-Malu
Jalan tol antara sumatra dulu lah...trus dikaji ulang efeknya baru lanjut kereta api + bandara juga... emoticon-Big Grin
ayo PT KAI bikin proposal untuk bangun rel ka di sumatra , ane dukung 100% tuh asal tidak di korupsiemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By shenchen
ayo PT KAI bikin proposal untuk bangun rel ka di sumatra , ane dukung 100% tuh asal tidak di korupsiemoticon-Ngakak


KAI kan cuma operator, kewenangan untuk bikin jalur kan ada di pemerintah alias Kemenhub
ente salah kamar gan..emoticon-Big Grin
mustinya ente post di BPLN..
emoticon-Nohope

emoticon-Ngacir

Dimana2 jalur kereta selalu lebih unggul, murah, efektif, & efisien daripada jalan tol, yg kendaraannya pakai BBM, yang BBM-nya disubsidi, yang subsidinya bengkak terus tiap taun.
emoticon-Big Grin
Kesian sumatra cuma dijanjiin doang realisasi gak ada hasil bumi disedot terus ke jawa
t
Mau rel kereta atau jalan...yg penting itu dibangun. Percuma berdebat kereta ato jalan, tapi dibangun aja tidak....kampret!!! emoticon-fuck2
Quote:Original Posted By roterberg
Mau rel kereta atau jalan...yg penting itu dibangun. Percuma berdebat kereta ato jalan, tapi dibangun aja tidak....kampret!!! emoticon-fuck2


ane denger sodara kita di malaysia sebetulnya mau bangun infrastruktur di sumatra, tapi jakarta menolaknya, mungkin takut sumatra majuemoticon-Ngacir

tapi ide bangun rel KA emang bagus sih, jadi kekayaan alam bisa lebih cepat diangkut ke jawa. Kalo jalan tol kan lebih ke untuk angkut manusianya, ndak ada untungnya.
Quote:Original Posted By Abidin_Domba
pengamatnya sudah pernah keliling sumatra ?

sumatra itu bukit barisan loh, enggak mudah bangun jalur kereta yang maksimal tingkat kemiringan tanahnya terbatas...

tapi kalau memang mampu sih lebih baik kereta memang...


dilembah anai aja bs bikin jlr ka dijaman belanda, kenapa teknologi sekarang gak bs
Pengamat Transportasi UGM : Sumatera Lebih Baik Punya Jalur Kereta Ketimbang Jalan To
Quote:Original Posted By bafometz


dilembah anai aja bs bikin jlr ka dijaman belanda, kenapa teknologi sekarang gak bs
Pengamat Transportasi UGM : Sumatera Lebih Baik Punya Jalur Kereta Ketimbang Jalan To


Bukan masalah teknologi juga sih, tp di jaman Belanda, mungkin (mungkin lho ya) gak ada cerita ttg pembebasan lahan. Ada yg ngelawan tinggal didor, tinggal diperangi..

Lha klo sekarang, begitu tau tanahnya mau jadi jalur tol/kereta api, pasti lgs pasang harga tinggi emoticon-Hammer. Jadi skr ini yg jadi masalah adalah biaya dan "kemauan" utk mengerjakan.

Apapun itu, mau tol kek, mau kereta kek, yg penting dibangun secepatnya, jgn wacana mulu emoticon-Big Grin