alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53245875fcca17e4510000a7/bupati-bogor-jawa-barat-takut-dicaplok-jakarta
Bupati Bogor: Jawa Barat Takut Dicaplok Jakarta
Bupati Bogor: Jawa Barat Takut Dicaplok Jakarta

Quote:Bupati Bogor Rachmat Yasin setuju dengan konsep megapolitan atau kota raya Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur). Belum lama ini, Dewan Perwakilan Daerah membuka kembali wacana pembentukan Undang-Undang Megapolitan Jabodetabekjur itu.

Rachmat masih ingat, konsep tersebut pernah diusulkan Sutiyoso saat menjadi Gubernur Jakarta di awal tahun 2000. Sayangnya, draft konsep tersebut terbentur pada ketakutan masing-masing provinsi dalam pengelolannya. "Jawa Barat takut wilayahnya dicaplop Jakarta," kata Rachmat, Kamis, 13 Maret 2014.

Sigap egois dari masing-masing wilayah membuat konsep kota raya tersebut gagal terealisasi. Padahal, kata Rachmat, konsep megapolitan hanya hanya bersifat koordinasi yang terpadu antar wilayah. Konsep megapolitan ini, ujarnya, untuk menyelesaikan berbagai masalah besar tata ruang baik di Jakarta dan daerah penyangganya, seperti Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang dan Cianjur.

Dia mencontohkan penanganan banjir Jakarta yang penataanya bukan hanya dilakukan di wilayah ibu kota, tetapi termasuk Bogor sebagai wilayah hulu Sungai Ciliwung. Rachmat sudah menggandeng Gubernur Jakarta Joko Widodo untuk sepakat membangun Waduk Ciawi dan menertibkan vila illegak di Kawasan Puncak.

Contoh lain soal kemacetan lalu lintas di Jakarta yang pada siang hari dijejali ratusan ribu kendaraan milik warga Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang. Untuk membuat moda transportasi massal dan cepat yang menghubungkan megapolitan ini sangat sulit karena egois tiap wilayah, minimnya anggaran dan ketidakpedulian pemerintah pusat.

Peneliti dari Pengkajian dan Pengembangan Wilayah (P4W) Institut Pertanian Bogor Ernan Rustani mengatakan konsep megapolitan tak hanya mengatur soal kelembagaan, akan tetapi juga pengaturan anggaran. "Konsep ini harus matang dan pengaturanya dilakukan oleh undang-undang," kata dia.

Ernan menyebut megapolitan Jabodetabekjur adalah jantung negara Indonesia karena dijejali sekitar 30 juta penduduk. Malangnya, sejak 1970-an terjadi salah kelola yang mengakibatkan 60 persen ruang terbuka hijau hilang.

Selama ini ada telah Badan Kerja Sama Pembangunan Jabotabek. Menurut Ernan, lembaga ini tidak efektif dan tak menolong kekacauan yang terjadi. "Badan ini tak memiliki kekuatan dan kewenangan pemerintah otonom di wilayahnya menyelamatkan wilayah sehingga seimbang dan adil." Untuk itu, kata Ernan, perlu dibuat undang-undang sehingga badan baru memiliki kewenangan dan anggaran.


sumber: TEMPO

memang sih dampak pelebaran pembangunan ibu kota pasti merembet ke daerah2 di sekitarnya, kalau di kota (misalnya) tata kotanya bagus maka kalau di sekitarnya jelek juga percuma, hmmm pendapat kamu?
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
"ketidakpedulian pemerintah pusat"
catet yah
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

guk.. Guk..

###
Yg utama tranportasi terpadu dulu.biar kendaraan dr daerah penyangga gak msuk jakarta
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


minum dulu obatnya gan, yang ngomong siapa yang dikatain siapa

nggak nyambung



selama transport publik cuma bagus cuma ditengah kota jangan harap kemacetan akan berakhir, sebab kemdaraan2 dari luar jakarta tak terbendung masuk,, solusinya buat transport publik dari luar jakarta ke dalam jakarta agar kendaraan dari luar jakarta tidak masuk
nah loh... bupati bogor sudah menjawab pertanyaan para panastak... entar klo jokowi yg jawab, dibilang banyak alasan... emoticon-Big Grin
Kalao kabupaten bogor rela bergabung dengan provinsi DKI Jakarta. Gimana dengan kota bogor dan depok???emoticon-Big Grin
Apa karena si gubernur bukan lahir dari rahim ummat? Mangkanye gak mau gabung??

Gabung disini bukan berarti melebur tetap melakukan kerjasama antar daerah, saling bahu membahu, bukan saling mencari-cari kesalahan lalu diumbar ke umum.
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Bokap lu pasti kena pecat ya? emoticon-Malu (S)
jabar takut / walkot bogor takut ???

agak meragukan nih.......
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


emoticon-Matabelo pegangan yang kuat brooooooo awas gila emoticon-Gila
masaeh....
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


rabies emoticon-Gila

ini emang wacana udah lama sih yah
kalo ane sih ngedukung aja sih
Jaman Sutiyoso yang egois siapa hayo?
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


emoticon-Ngakak

obat cacing manaa niiih

emoticon-Ngakak
sapa jg yg mau nyaplok emoticon-Sorry
bagusin dulu angkutan umumnya biar gak macet...

bus di jakarta jg mesti dibagusin & diperbanyak. utk wilayah bodetabek harus perbanyak aptb. kalo sopir angkotnya pd takut kehilangan pekerjaan suruh paksa dah jd sopir aptb...

tarif jalan tol jabodetabek harus dibikin mahal minimal 30rb. utk bus & truk barang boleh didiskon / gratis
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Ada orang gila d kaskus
Quote:Original Posted By rickchitra
Jokowi ANJINGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Ada orang gila d kaskus
Gimana nih secara jelasnya? Kota2 tsb mau dijadiin 1 provinsi gitu?