alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5323c1311acb17ef7f8b45b9/saat-jokowi-effect-menerpa-lantai-bursa
Saat Jokowi effect menerpa lantai bursa
Saat Jokowi effect menerpa lantai bursa
JAKARTA. Tak seperti biasanya, Rabu lalu (12/3) lalu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau sering disapa Jokowi tak tampak di Balai Kota. Rupanya, Jokowi berziarah ke makam Bung Karno, presiden pertama Indonesia bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.Entah apa maksud dari ziarah itu, yang jelas keesokan harinya Kamis (13/3), Megawati mengumpulkan petinggi partai di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Tak hanya petinggi PDI-P yang tampak hadir, ada juga pengusaha yang ikut nimbrung.
Beberapa petinggi yang dimintai keterangan membantah, bawah pertemuan itu akan membahas Jokowi sebagai capres 2014. Namun yang jelas, Jokowi ikut hadir dan ikut duduk sejajar dengan para petinggi partai berlogo banteng itu.
Dalam hitungan belasan jam setelah rapat atau keesokan harinya, tepatnya Jumat (14/3), Joko Widodo secara tiba-tiba mendeklarasikan dirinya menjadi calon presiden 2014. Jokowi menyampaikan keinginannya berkompetisi menuju Istana Negara saat berada di Rumah Si Pitung di kawasan Marunda, Jakarta.Saat itu, Jokowi bilang telah menerima mandat Megawati Soekarnoputri, selaku Ketua Umum PDIP. "Saya telah mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjadi capres dari PDI Perjuangan," kata Jokowi yang dikutip Kompas.com (14/3).
Hanya dalam hitungan menit, pernyataan Jokowi itu berseliweran di media online. Sahut-sahutan informasi tentang Jokowi jadi capres 2014 itu kemudian menjalar ke lini masa alias media sosial. Tak butuh waktu lama, kabar itu akhirnya sampai di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sontak, IHSG yang kala itu ada di zona merah atau di posisi 4.717 langsung melaju ke zona hijau. Bak busur panah yang ditembakkan ke atas, IHSG menanjak dan mendarat di zona hijau dengan penguatan fantastis 152,48 poin atau naik 3,23% menjadi 4.878,64. Ini merupakan level tertinggi tahun ini.
Penguatan IHSG sebesar itu bisa dibilang langka, apalagi waktu penguatannya terjadi hanya dalam hitungan puluhan menit saja. Tiga saham LQ 45 yang melaju kencang di akhir sesi II itu adalah; saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) naik 10,46%, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) melaju 9,61% dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) naik 9,21%.
Tak hanya bursa yang menggeliat setelah Jokowi menyatakan kesiapannya menjadi capres dari PDIP. Nilai tukar rupiah di pasar spot juga sumringah. Pada hari Jumat (14/3), rupiah menjadi mata uang paling perkasa di Asia dengan penguatan 0,26% menjadi Rp 11.356 pada pukul 15.59 WIB.

Ada proyeksi IHSG tembus 5.000
Respons dari pelaku pasar atas pencalonan Jokowi menjadi capres tampak dari akhir sesi perdagangan Jumat (14/3). Adanya pergerakan positif bursa menandakan sikap positif pasar menyikapi keputusan Jokowi menjadi capres.
"Pasar menyambut gembira mendengar kabar Jokowi menjadi calon presiden. Mereka optimistis dengan pasar ke depan, sehingga melambungkan IHSG," kata Setiawan Effendi, analis Phintraco Securities kepada KONTAN di Jakarta, (14/3).Menurut Setiawan, banyak pelaku pasar di bursa menyukai kepemimpinan Jokowi yang hampir dua tahun memimpin Ibukota Jakarta. Apalagi, tambah Setiawan, Jokowi diproyeksikan membawa kebijakan pasar yang ramah atau market friendly.Setiawan memproyeksikan, Jokowi Effect tersebut tidak bertahan lama. Adanya euforia itu hanya bertahan selama dua sampai tiga hari mendatang. Itu Artinya, IHSG menurut Setiawan masih berpeluang beberapa hari ke depan.Di awal pekan depan, Senin (17/3), Setiawan memperkirakan IHSG ada di posisi bullish di level support 4.810 dan resistance 4.900. Sedangkan, dalam sepekan seminggu ke depan, IHSG diproyeksikan mampu mencapai titik resistance 5.135 dan support 4.810.
Pencalonan Jokowi menjadi capres 2014 dari PDI-P tersebut direspons positif investor. Sembilan sektor menguat, ketika kabar Jokowi mencalonkan diri menjadi orang nomor wahid di negeri ini. Sektor manufaktur mencatat kenaikan tertinggi dengan kenaikan 7,38%, disusul sektor keuangan naik 6,50%, industri lainnya naik 5,76%, basic industry naik 4,20%, konstruksi naik 2,54%, infrastruktur naik 2,50%, produk konsumen naik 1,35%, perkebunan naik 0,70% dan perdagangan naik 0,52%. Sektor yang turun hanyalah pertambangan yang turun 0,93%.

Jokowi mau ke Istana, rupiah perkasa
Tak hanya membawa harapan di bursa saham. Jokowi Effect membawa angin segar pada nilai tukar mata uang Garuda. "Kabar yang mengejutkan itu membuat optimisme pasar," kata Mika Martumpal, Research and Strategy Head Treasury PT Bank CIMB Niaga kepada KONTAN (14/3).
Sedendang seirama dengan Mika, Ariston Tjendra, Head of Research and Analysis Division PT Monex Investindo Futures juga menilai serupa. Menurutnya, penguatan rupiah akhir pekan terjadi karena deklarasi Jokowi sebagai calon presiden dari PDI-P.Sebagaimana diketahui, sebelum deklarasi, rupiah bertengger di posisi Rp 11.411 per dolar Amerika Serikat (AS). Namun, setelah Jokowi mengumumkan dirinya menjadi capres, rupiah kemudian melesat naik ke area Rp 11.350 per dolar. dan tutup di level 4.878.
"Jokowi memang mendapatkan dukungan pasar keuangan sehingga pencapresannya disambut positif oleh pelaku pasar," kata Ariston.

Editor: Asnil Bambani Amri

Sumber : http://fokus.kontan.co.id/news/saat-...a-lantai-bursa

luar biasa emang efek pencalonannya emoticon-Matabelo
Wanjeng cucokloginya strooong emoticon-Matabelo
ini pasti hoax.
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Wanjeng cucokloginya strooong emoticon-Matabelo


Goblok ini sih bukan cuciklogi tolol emoticon-Tai
Ini baru jadi Capres doang ...... apalagi kalo beneran jadi Presiden .

MANTABSSSSS .......

emoticon-Ngakak
Namanya jg efek jokowi.... Buktinya jokowi bersih dan dipercaya oleh rakyat bahkan untuk kaum kapitalis....
Quote:Original Posted By MatiLoe


Goblok ini sih bukan cuciklogi tolol emoticon-Tai


Hah ?
Dari awal febuari juga dah keliahatan rupiah hingga IHSG menguat..
Oh ya pokoknya hrs bisa diklaim emoticon-Mad
hehehe yg ngerti pasar modal pasti tau ini cucokmologi apa bukan emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngakak

PANASTAK TUOOOOLOOOLLL.... ASAL mane klaim..... emoticon-Ngakak

yg namanya bursa saham mah gampang banget di "goreng"

lagian apa hubungannya ama pencapresan jokowow emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ruuuruuu


Hah ?
Dari awal febuari juga dah keliahatan rupiah hingga IHSG menguat..
Oh ya pokoknya hrs bisa diklaim emoticon-Mad


Tolol....
Jumat kemarin seluruh bursa asia turun antara -1% sampai -3%
ihsg +3%

Kalau gak ngerti jangan koar2
Apa gak malu keliatan kapasitas otaknya? emoticon-Big Grin
semoga ihsg & kurs rupiah makin menguat kalo jokowi jadi presiden
yang pegang dollar .... lg was was semua nih ... menjelang pemilu kok turun ... dipegang salah ... dijual resiko besar menjelang gonjang ganjing politik .... emoticon-Hammer2
Dulu pemilu thn 97 Suharto jd presiden kembali, rupiah melemah thd dollar. Saat Suharto lengser thn 98, rupiah menguat.emoticon-Big Grin

Jokowi seterong
Megatron seterong emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ..:137ER::..
yang pegang dollar .... lg was was semua nih ... menjelang pemilu kok turun ... dipegang salah ... dijual resiko besar menjelang gonjang ganjing politik .... emoticon-Hammer2


prediksi gw dollar bakal terus menguat dalam seminggu ini, meski gak signifikan.
kalo gw masih blum mau jual, nanti aja liat sikon dulu emoticon-Big Grin
Minggu Saat JOKOWI Capres
Quote:
Minggu kedua bulan Maret ini, diawali dengan 4 hari yang dipenuhi dengan kekhawatiran, lebih tepatnya adalah 4 1/2 hari dari minggu ini dipenuhi dengan kekhawatiran, penyebab kekhawatiran dimulai dari krisis di Ukraina, kekhawatiran dinaikannya suku bunga oleh BI, sampai dengan data Ekonomi China yang mengkhawatirkan kejadian tersebut terjadi sejak hari Senin sampai dengan hari Kamis.

Perdagangan hari Jumat diawali dengan kekhawatiran yang lebih besar karena pada hari Kamis malam bursa Dow Jones terkoreksi lebih dari 1%, IHSG dibuka turun 1%, dan tutup di kisaran tersebut sampai penutupan sesi 1. Namun pada sesi kedua IHSG langsung bergerak naik, salah satu kenaikan paling cepat dalam 5 tahun terakhir, dari posisi -1% hanya dalam jangka waktu 2 jam IHSG sudah berada di kisaran +3%, penyebab kenaikan tersebut adalah pernyataan dari PDI-P yang resmi menunjuk JOKOWI sebagai calon Presiden untuk pemilu 2014.

Berita itu cukup mengejutkan market, baik investor lokal maupun asing, peluang majunya JOKOWI dalam Pilpres 2014 memang sudah semakin jelas selama minggu ini, namun para pelaku pasar sepertinya terlalu fokus pada hal lain sehingga belum sempat mengantisipasi sentimen positif ini.

Selain kenaikan IHSG sebesar 4% ada banyak hal yang istimewa di Minggu ini : IHSG TABER
Saat Jokowi effect menerpa lantai bursa

Dalam tabel di samping kita dapat melihat bahwa pada perdagangan hari Jumat kemarin, dana asing yang masuk sebesar 1.68 T,jumlah yang sangat besar terutama jika kita melihat bahwa uang tersebut masuk hanya dalam 1 sesi perdagangan.

Secara total dana yang masuk dalam bulan Maret ini sebesar 3.3T, dan total dana yang masuk sepanjang tahun 2014 sebesar 13T.

Sepanjang minggu ini dana yang masuk terfokus pada 2 sector, yaitu sector Finance dan Property, hal ini sesuai dengan prediksi kami dalam 2 bulan terakhir yang memfokuskan saham-saham dari kedua sector ini.

Beberapa saham property juga tampak masuk dalam peringkat 15 besar. Sementara untuk saham yang paling banyak dijual asing, TLKM tampak menduduki peringkat pertama dengan total penjualan sebesar 665 M sepanjang minggu ini.

Kesimpulannya pergerakan minggu ini kemungkinan masih akan mendorong IHSG menguat pada perdagangan minggu depan, potensi pergerakan IHSG ke 5.000 tampak sangat besar dalam 1-2 bulan kedepan. Baca analisa pergerakan IHSG minggu depan pada posting Senin Pagi minggu depan.


sumur

real man

ini bukan hoax tapi real.cek dulu baru bilang hoax.
Quote:Original Posted By 032700
Dulu pemilu thn 97 Suharto jd presiden kembali, rupiah melemah thd dollar. Saat Suharto lengser thn 98, rupiah menguat.emoticon-Big Grin

Jokowi seterong
Megatron seterong emoticon-Big Grin

menguat pala lo ... emoticon-Big Grin

16 ribu coyyy ....
Quote:Original Posted By amadeus83.


prediksi gw dollar bakal terus menguat dalam seminggu ini, meski gak signifikan.
kalo gw masih blum mau jual, nanti aja liat sikon dulu emoticon-Big Grin


sampe pemilu ya boss ... emang bikin bingung ... udah 1000an nih anjloknya .... kalo pegang cuma lima sepuluh ribu sih gak kerasa ... tapi kl pegangnya seratus duaratus ribu ya mencret juga ... emoticon-Hammer2

kalo emang stabil ya syukur ... tapi ini kl menjelang pemilu ... isu politik gampang dikocok ... kl meleduk ... udah jual dollar ya nangis bombay .... emoticon-Hammer2
di goreng di goreng buat pencitraan, SBY terpilihpun dulu rupiah menguat ..
namanya saham pasti sensitive oleh Isue isue dan dihubungkan dengan jokowi nyapres

Sentimen sesa'at saja ntar kelanjutanya malah jadi dodol
Quote:Original Posted By kakdr


Tolol....
Jumat kemarin seluruh bursa asia turun antara -1% sampai -3%
ihsg +3%

Kalau gak ngerti jangan koar2
Apa gak malu keliatan kapasitas otaknya? emoticon-Big Grin


Walah 1 hari dibandingkan sama 1 - 2 bulan ini efek sapa om ? emoticon-Big Grin
Keknya asik bwt treat bursa saham n rupiah emoticon-Big Grin
perlu dicermati apakah sustain ?