alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532208c50d8b46c35b8b457a/ask-amp-help-me-tentang-aplikasi-parkir-dengan-php
Peringatan! 
[Ask & Help Me] Tentang Aplikasi Parkir Dengan PHP
Agan2 mater PHP ane mau tanya neh, kira2 pendapat ente kalo bikin aplikasi parkir otomatis pake barrier gate (palang pintu) dengan PHP itu bisa gak kira2 ? Soalnya yg ane tau kbnyakan program parkir di mall2 atau public area berbasis desktop. Nah kalaupun bisa kira2 di PHP ada class/fungsi buat buka sebuah barrier gate (palang pintu) itu gak? Terus kira2 komunikasinya pake port apa ? serial kah, usb kah atau tcp/ip (LAN)? Mohon pencerahannya mastah...
kalo ga salah buat buka ato tutup paling nya itu mesti pake controller lagi gan, kebetulan saya lagi buat yang pintu keluarnya pake PHP, sedangkan palang masuk pake linux ubuntu
Sebenarnya susah kalau bikin aplikasi jenis ini menggunakan PHP. Karena PHP adalah server based aplication dan masing-masing barrier gate terpasang di masing-masing pos sehingga akan sulit untuk mengaturnya.
Ada jenis barrier gate yang sudah mempunya interface ethernet untuk menerima command dari luar tapi setahu saya baru satu jenis yang begitu dan harganya mahal. Umumnya untuk membuka gate cukup men-short dua kabel saja.
Untuk itu dibutuhkan sebuah interface yang biasanya menerima sinyal dari RS-232 dari PC. Dimana kombinasi data tertentu yang dikirimkan oleh PC melalui RS-232 akan meggerakkan relay untuk men-short kabel yang pada akhirnya akan membuka gate.
Interface ini biasanya menggunakan microcontroller sebagai pemroses command yang dikirimkan oleh PC untuk menggerakkan relay. Sebagai informasi bahwa pemrograman microcontroller sangat berbeda dengan membuat program di PC dimana microcontroller memiliki perpheral dan resource yang sangat terbatas. Umumnya untuk memprogram microcontroller menggunakan bahasa Assembly yang berbeda dari satu microcontroller dengan microcontroller lainnya, atau yang lebih portable menggunakan bahasa C.

Kalau memang harus menggunakan PHP solusi yang mungkin adalah:
1. Membuat interface Ethernet yang menghubungkan server dengan barrier gate.
2. Install background application (service, daemon) di client. Dimana aplikasi ini untuk mengirimkan command ke interface melalui RS-232.

Mungkin itu aja dulu gan informasi dari saya. Kalau ada yang salah mungkin ada yang bisa perbaiki atau tambahkan dengan informasi yang kira-kira perlu mengingat saya sendiri kurang tahu banyak soal PHP.

Terima kasih,
Faizal Rezi
Tesla Systems