alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5321a778ffca17ae6c8b4575/situs-calonarang-dirusak-amp-dipendam-karena-dianggap-musyrik
Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik
Rabu, 5 Maret 2014 01:02:00 [Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik]
Situs Calonarang. ©2014 Merdeka.com/Imam Mubarok





Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik

Reporter : Imam Mubarok


Merdeka.com - Situs Calonarang di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri dirusak oleh juru kuncinya, Ki Suyono Joyo Koentoro. Menurut data dari Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (PASAK), Yudi Pitulas Drajad, situs peninggalan Raja Airlangga sudah dirusak sejak 1965 karena dianggap musyrik.

"Informasi di lapangan sejak tahun 1965 banyak patung-patung yang dulunya banyak disini kini telah hilang. Ada yang dirusak dan ada yang dipendam karena dianggap musyrik. Dan yang dilakukan Ki Suyono sang juru kunci adalah perusakan yang terakhir yang dilakukan dan tercatat. Inilah yang membedakan permasalahan agama dan budaya, pemahaman yang keliru tentu berdampak fatal bagi pelestarian kebudayaan di nusantara," kata Yudi pada merdeka.com, Selasa (4/3).

Menurut Yudi, akibat perusakan itu, hanya tersisa dua buah batu yang merupakan ambang pintu dari bahan batu andesit. Ambang pintu pertama berukuran, panjang 135 cm, lebar 56 cm dan tebal 29 cm. Ambang pintu kedua berukuran panjang 137 cm, lebar 38 cm dan tebal 23 cm. Keduanya dalam kondisi baik. Pada sisi atas di sebelah kanan dan kiri terdapat dua lubang segi empat dan lingkaran. Kemungkinan ini dipakai tempat pilar penyangga semacam kusen pintu.

Selain ambang pintu terdapat 4 buah umpak dari bahan batu andesit yang rata-rata berukuran sekitar panjang bawah 50 cm, panjang atas 45 cm, lebar bawah 50 cm, lebar atas 45 cm dan tinggi sekitar 50 cm. Keempat umpak batu berbentuk prisma itu diperkirakan merupakan pondasi penyangga empat sudut rumah. Juga terdapat dua buah balok batu dari bahan batu andesit dengan ukuran, batu pertama dengan panjang 62 cm, lebar 40 cm dan tebal 17 cm. Batu kedua dengan panjang 67 cm, lebar 47 cm dan tebal 18 cm.

"Kami masih berupaya mencari dimana kira-kira sebagian patung-patung itu disimpan atau dipendam. Sebab ini jika terus dilakukan pengrusakan bagaimana anak cucu kita memahami sejarah. Selain di lokasi yang ada sebenarnya situs ini luas, terbukti banyak kita temukan pondasi bangunan dari batu bata merah dengan ukuran besar. Dan kami berharap apa yang dilakukan juru kunci adalah perusakan yang terakhir," jelas Yudi.

Menurut Yudi, selain fakta di lapangan seperti itu ada cerita lain tentang Calonarang yakni sebenarnya dia adalah adanya informasi baru bahwa kakak dari Prabu Airlangga sendiri yang bernama Sri Maha Dewi, dia adalah orang yang berhak mewarisi tahta yang diduduki Airlangga.

"Selain kisah-kisah yang selama ini kita dengar, ada kisah yang lain menyebutan bahwa Calonarang yang memiliki nama asli Shantika Maha Dewi yang terkenal dengan kesaktiannya memiliki adik yang bernama Airlangga," jelas Yudi.

Masih menurut Yudi, Shantika Maha Dewi lah yang berhak atas wahyu keprabon untuk menggantikan ayahandanya, namun kemudian tahta itu direbut oleh Airlangga. "Dari cerita jelas Calonarang adalah korban kekuasaan, inilah sejarah yang perlu kita pelihara bukan malah dirusak," pungkas Yudi.

http://m.merdeka.com/peristiwa/situs...p-musyrik.html

Ini bukannya yang pertama kali, tapi sudah beberapa kali. Peninggalan leluhur harus dijaga bukan dirusak bahkan kalo perlu dijadikan objek wisata biar bisa mendatangkan devisa. Ingat Indonesia dikenal dunia Internasional justru budaya tradisionalnya bukan budaya impor yang selalu dibangga2kan selama ini. kalo dirusaknya sejak tahun 1965 , jadi ini ada hubungannya dengan G30S ya. kalo iya , alasannya kenapa
Ikut prihatin aja atas rusaknya situs bersejaran Nusantara ini emoticon-Sorry
kan demi arabisasi dan ontaisasi gaaaann ....emoticon-Toastemoticon-Toast semua yg tidak sesuai hadits harus dimusnahkan. ga perduli duluan mana antara hadits dengan peninggalan sejarah.

yg mereka tau yg tidak sealiran dg mereka adalah musuh dan kafir gaaaann ...
budaya nusantara segera musnah, diganti budaya padang pasir , semua calon dinyatakan musrik dan kapir .
Dirusak apa dijualin yah emoticon-Big Grin
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By urashimax
Dirusak apa dijualin yah emoticon-Big Grin

Dua2nya mungkin
yang gak laku dirusak
yang laku dijual
Quote:Original Posted By agninistan
Rabu, 5 Maret 2014 01:02:00 [Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik]
Situs Calonarang. ©2014 Merdeka.com/Imam Mubarok





Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik

Reporter : Imam Mubarok


Merdeka.com - Situs Calonarang di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri dirusak oleh juru kuncinya, Ki Suyono Joyo Koentoro. Menurut data dari Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (PASAK), Yudi Pitulas Drajad, situs peninggalan Raja Airlangga sudah dirusak sejak 1965 karena dianggap musyrik.

"Informasi di lapangan sejak tahun 1965 banyak patung-patung yang dulunya banyak disini kini telah hilang. Ada yang dirusak dan ada yang dipendam karena dianggap musyrik. Dan yang dilakukan Ki Suyono sang juru kunci adalah perusakan yang terakhir yang dilakukan dan tercatat. Inilah yang membedakan permasalahan agama dan budaya, pemahaman yang keliru tentu berdampak fatal bagi pelestarian kebudayaan di nusantara," kata Yudi pada merdeka.com, Selasa (4/3).

Menurut Yudi, akibat perusakan itu, hanya tersisa dua buah batu yang merupakan ambang pintu dari bahan batu andesit. Ambang pintu pertama berukuran, panjang 135 cm, lebar 56 cm dan tebal 29 cm. Ambang pintu kedua berukuran panjang 137 cm, lebar 38 cm dan tebal 23 cm. Keduanya dalam kondisi baik. Pada sisi atas di sebelah kanan dan kiri terdapat dua lubang segi empat dan lingkaran. Kemungkinan ini dipakai tempat pilar penyangga semacam kusen pintu.

Selain ambang pintu terdapat 4 buah umpak dari bahan batu andesit yang rata-rata berukuran sekitar panjang bawah 50 cm, panjang atas 45 cm, lebar bawah 50 cm, lebar atas 45 cm dan tinggi sekitar 50 cm. Keempat umpak batu berbentuk prisma itu diperkirakan merupakan pondasi penyangga empat sudut rumah. Juga terdapat dua buah balok batu dari bahan batu andesit dengan ukuran, batu pertama dengan panjang 62 cm, lebar 40 cm dan tebal 17 cm. Batu kedua dengan panjang 67 cm, lebar 47 cm dan tebal 18 cm.

"Kami masih berupaya mencari dimana kira-kira sebagian patung-patung itu disimpan atau dipendam. Sebab ini jika terus dilakukan pengrusakan bagaimana anak cucu kita memahami sejarah. Selain di lokasi yang ada sebenarnya situs ini luas, terbukti banyak kita temukan pondasi bangunan dari batu bata merah dengan ukuran besar. Dan kami berharap apa yang dilakukan juru kunci adalah perusakan yang terakhir," jelas Yudi.

Menurut Yudi, selain fakta di lapangan seperti itu ada cerita lain tentang Calonarang yakni sebenarnya dia adalah adanya informasi baru bahwa kakak dari Prabu Airlangga sendiri yang bernama Sri Maha Dewi, dia adalah orang yang berhak mewarisi tahta yang diduduki Airlangga.

"Selain kisah-kisah yang selama ini kita dengar, ada kisah yang lain menyebutan bahwa Calonarang yang memiliki nama asli Shantika Maha Dewi yang terkenal dengan kesaktiannya memiliki adik yang bernama Airlangga," jelas Yudi.

Masih menurut Yudi, Shantika Maha Dewi lah yang berhak atas wahyu keprabon untuk menggantikan ayahandanya, namun kemudian tahta itu direbut oleh Airlangga. "Dari cerita jelas Calonarang adalah korban kekuasaan, inilah sejarah yang perlu kita pelihara bukan malah dirusak," pungkas Yudi.

http://m.merdeka.com/peristiwa/situs...p-musyrik.html

Ini bukannya yang pertama kali, tapi sudah beberapa kali. Peninggalan leluhur harus dijaga bukan dirusak bahkan kalo perlu dijadikan objek wisata biar bisa mendatangkan devisa. Ingat Indonesia dikenal dunia Internasional justru budaya tradisionalnya bukan budaya impor yang selalu dibangga2kan selama ini. kalo dirusaknya sejak tahun 1965 , jadi ini ada hubungannya dengan G30S ya. kalo iya , alasannya kenapa

kebudayaan lokal dianggap musrik oleh kebudayaan impor yg maniak
ingat 9 april jangan golput! ntar nyesel, gan! emoticon-armypilih partai & caleg yang memiliki komitmen kebangsaan dan kemanusiaan yang sungguh-sungguh memahami & menghargai pluralitas emoticon-I Love Indonesia
jangan sampe budaya asli bangsa dihancurkan oleh budaya impor emoticon-Embarrassment
Bpers banyak yg munafik

Lah anak muda doyan ke jepang"an..make avatar muja muja JKT48 k-pop


Malah mosting arabisasi ontanisasi emoticon-Ngakak

Ngaca tongemoticon-Big Grin
Quote:Merdeka.com - Situs Calonarang di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri dirusak oleh juru kuncinya, Ki Suyono Joyo Koentoro. Menurut data dari Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (PASAK), Yudi Pitulas Drajad, situs peninggalan Raja Airlangga sudah dirusak sejak 1965 karena dianggap musyrik.

lol, kuncen wahabi
Quote:Original Posted By adnan.januzaj.


Budaya barat mengenai HAM,,,free sex,,kesetraan gender


Harus di lestarikan gan emoticon-Embarrassment


Moyes gmn broh ???
kok MU makin mlorot aja nih prestasinya
kek partai ane aja, makin surem

Gila bener,..lama2 budaya jawa bakalan hilang,.budaya org jawa yg terkenal pekerja keras dan berbudi luhur diganti ama budaya,makan,tidur,baik ama sembhayang,,,,..
Quote:Original Posted By s.bhatoegana


Moyes gmn broh ???
kok MU makin mlorot aja nih prestasinya
kek partai ane aja, makin surem



Tenang broh

The long and winding roaf emoticon-Cool

2014 3 besar pokoke

gw pikir website
ternyata tkp real emoticon-Hammer
tinggal nunggu aja pasti bakalan ada balasannya
kapan giliran borobudur ??
emoticon-Cape d... (S)
Orang orang yang suka neror atas nama agama dengan alasan membela tuhan mereka itu adalah orang beragama yng hidup di indonesia dan bukan orang indonesia yng beragama
Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik

Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik

Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik

Situs Calonarang dirusak & dipendam karena dianggap musyrik
esok mungkin bakalan dibangun kabah KW2 disana emoticon-Cape d... (S)

semua situs sejarah NKRI di tebang semua emoticon-Cape d... (S)
lama2 entar candi borobudur disikat pasukan onta juga nih.. emoticon-Cape deeehh