alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Aku dan Bipolar Disorder
3.81 stars - based on 27 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53214f395bcb17f4270002a0/aku-dan-bipolar-disorder

Aku dan Bipolar Disorder

Halo gan, ane mau numpang curhat tentang keadaan ane. Ane merasa harus berbagi tentang Bipolar disorder karena diluar sana ada banyak yang mengidap gangguan kejiwaan ini tapi mereka takut untuk berterus terang dan kebanyakan keluarga mereka denial kalau salah satu anggota keluarganya ada yang mengalami gangguan Bipolar Disorder. Ane cuma ingin berbagi dan menyatakan bahwa siapapun yang mengidap Bipolar bahwa dia ga sendirian dan harus berjuang untuk melanjutkan dan bertahan hidup. Ane mau cerita tentang semuanya gan.

Spoiler for Kisah nyata ane tentang Bipolar Disorder:


Spoiler for Pesen ane :


Spoiler for Catatan kecil :


sekian cerita ane gan, buat yang diluar sana dan juga penderita bipolar ane mau ngajak untuk sama sama sembuh serta semangat terus, jangan lupa ibadah juga jangan risih /malu untuk jujur ke orang lain bahwa kalian bipolar karena kita membutuhkan bantuan dan support dari orang orang terdekat untuk sembuh, serta mencari pertolongan seperti ikut komunitas dimana ada sesi untuk curhat tentang bipolar agan seperti yang ane lakuin, kita sharing sama sama dan saling mendukung untuk sembuh juga mencari pusat rehabilitasi.

Buat para agan yang ternyata sodara/teman agan mengalami Bipolar disorder ane sarankan untuk terus mensupport dia gan dan temani dia mencari bantuan rehabilitasi. Jangan pernah ninggalin penderita sendirian dan jauhin benda-benda atau peralatan yang beresiko dapat membahayakan penderita atau orang-orang disekelilingnya.

Spoiler for update 18 Maret 2014:


Update 21 Maret 2014
Diubah oleh pilamaya
Thread sudah digembok
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 22
emoticon-Matabelo

temen ane juga ngidap Bipolar sis malah ane nyangkain dia gila ternyata bipolar bukan penyakit gila yah sis. serem juga kalau ujung-ujungnya selalu ada percobaan bunuh diri, ngerasa bersalah ane ma temen ane. Cepet sembuh ya sis & semoga dilancarkan semuanya. amin
ini bahasannya terlalu berat emoticon-Hammer (S)
saya aja masih kurang faham bipolar seperti apa emoticon-Embarrassment
karena emang belum ada kenalan gua yang punya bipolar disorder gini emoticon-Hammer (S)
jadi untuk sist nya, semangat aja jalanin hidupnya. banyak hal yang bisa kamu dapetin walau kondisinya seperti itu emoticon-Big Grin
sabar ya sis. semoga terapinya lancar n segera diberi kesembuhan.
ane setuju bgt klo sifat/kekurangan/kelebihan yg dianugerahkan Tuhan ke kita merupakan ujian buat kita.
Semoga sis, suami, mertua, n temen yang mendukung sis diberikan kekuatan dan kesabaran yang tidak ada batasnya..

aamiin
Agan agan yang merasakan hal yang sama dengan ane emoticon-Sorry


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh pilamaya
Quote:


jangankan ngebahas nya gan, ngalaminnya aja berat banget gan. emoticon-Sorry
Iya gan, saya juga mulai membangun semangat saya buat ngejalanin hidup
makasih gan dukungannya
emoticon-Smilie
Quote:


Amin amin, makasih gan supportnya
Post ini telah dihapus oleh dipretelin
wah...syukur bgt ya sist...suami dan mertua pengertian bgt...ane terharu bacanya....
Terus berjuang n semangat ya sist....
Quote:


iya gan alhamdulillah ane dapat support penuh dari suami, mertua, ipar dan temen temen ane buat sembuh, walaupun sejujurnya hati kecil ane juga mengharapkan keluarga ane mendukung juga tapi mereka malah denial emoticon-Sorry

makasih yah gan udah nyemangatin ane.

emoticon-Smilie
oh jadi Bipolar disorder tuh begitu yah sis, tapi pake obat juga ga sis yang dikonsumsi? makin curios nih gue, soalnya beberapa hal yang sist sebutin di atas ane juga ngalamin.
Tapi sis biasanya penderita bipolar tu pinter ma kreatip loh sis, mereka bisa bikin karya yang orang normal belon tentu kepikiran malahan banyak yang jadi terkenal kaya Van Gogh, Ernest Hemingway, Beethoven, Kurt Cobain sama banyak seniman seniman laen.yang tragis sih menurut ane si van gogh yg bunuh diri baru dah setelah meninggal, karya-karyanya meledak di pasaran. sampe Don Mclean nyiptain lagu buat si van gogh judulnya Vincent, lagunye enak sis. No offence ya sis ane cuma mau bilang kalau penderita bipolar itu sebenernya hebat sis karena mereka lebih kreatip dalam berkarya dibanding orang normal.

ayo sis berjuang terus buat sembuh

emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


pakai sis, ada obat mood stabilizer nya
Quote:


iya gan rata rata memang seperti itu kreatif emoticon-Wink hehe
Yang saya tahu, memang bener kalo bipolar disorder itu genetik, kebanyakan yang menderita itu cewek, entah kenapa juga, saya tahunya dari keseringan nonton tv serial di tv kabel dan beberapa acara pengetahuan lainnya...
Quote:


karena biasanya perempuan lebih rentan banget depresi gan, makanya kebanyakan perempuan mengidap Bipolar episode depresi daripada episode mania gan, setau ane gitu emoticon-Smilie
Ane juga orangnya lebay sist, sering gembira berlebihan, dan kadang-kadang mood langsung berubah karena hal gak jelas.

Dulu juga pernah nyoba bunuh diri karena stress berat, nyoba nyakitin diri sendiri pas SD sampe akhirnya ni mata minus dan silindrisnya besar banget padahal ane lulus SMA aje belonemoticon-Berduka (S)

Tapi keluarga ane baik banget sama ane, gak pernah ada riwayat kekerasan. Tapi sekarang ane udah gak gitu sih, udah bisa mengontrol dengan baik, sangat baik malahemoticon-Bingung (S)

menurut sist-nya ane ada kecenderungan ke bipolar juga gak?emoticon-Bingung (S)
Quote:


ane juga sis, bukan gan emoticon-Malu (S)
Bedanya bipolar sama yang ngalamin mood swing biasa itu apa ya sis?
Quote:


Jadi bipolar itu faktornya ada 3 sis:

1. Faktor genetik (ini faktor umumnya bawaan entah ortu sis ada yg bipolar atau kakek nenek bipolar)

2. Faktor lingkungan (ini yang ane alamin karena kekerasan)

3. faktor fisiologis (terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak)

Kalau lingkungaan sis bagus, mungkin bisa jadi karena faktor genetik atau faktor fisiologis. kalau ditanya sis kemungkinan bipolar atau engga, dari tanda yang sis bilang diatas kemungkinan iya sis bipolar tapi lebih enak kalau di tes sis jadi bisa keliatan hasilnya bipolar atau tidak.Tapi kan alhamdulillah sekarang sis sudah jauh lebih baik, keep it up emoticon-Smilie

Quote:


eh hehe maaf sis, saya kira gan emoticon-Malu (S)
Quote:


setau ane perbedaan mood swing orang normal vs mood swing penderita bipolar dilihat dari keparahan dan durasi. Kalau penderita bipolar lebih ekstrim gan, dia mengalami episode mania dan episode depresi kadang secara bersamaan.

episode mania nya bipolar biasanya tanda2nya: gembira berlebihan (diluar batas orang normal), bicaranya cepet, ga bisa tidur, punya banyak ide tapi idenya meloncat dari satu ide ke ide lain, mengambil tindakan/keputusan yang beresiko tinggi 9pokoknya keputusan yang orang normal tuh ga kepikiran atau ga mau ngelakuin karena sadar bahayanya apa)

nah tiba tiba dia berubah nih dengan cepat mengalami episode depresi, yang tanda2nya: anti sosial, gampang stress, sensitif, gampang tersinggung, males makan, gelisah terus-terusan, sedih berlebihan, konsentrasi buyar dan yang bahanya adalah keingin untuk bunuh diri.

kaya yang ane alamin ane lagi ketawa / bahagia berlebihan tapi sesaat kemudian ane nangis meraung2 bahkan ane sendiri ga tau nangiss meraung2 karena apa kayanya sedih banget gan ampe pada bingung. kalo orang yang ga menderita bipolar kan palingan mood swingnya sebentar nah kalau penderita bipolar biasanya agak lama. kira kira begitu gan yang ane alamin.
Halaman 1 dari 22
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di