alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5321328e118b46d0408b4567/daripada-tergantung-as-dpr-pilih-dukung-impor-kedelai-ethiopia
Daripada tergantung AS, DPR pilih dukung impor kedelai Ethiopia
Quote:Wakil Ketua Komisi VI DPR, Azam Azman Natawijaya tak mempermasalahkan kebijakan pemerintah mendatangkan kedelai impor dari negara miskin Ethiopia. Menurut Azam impor dari negara tersebut dilakukan agar Indonesia tidak ketergantungan dari satu negara saja.

Menurut Azam, impor kedelai dari negara miskin seperti Ethiopia bisa menjadi jalan keluar daripada Indonesia terus menerus ketergantungan pada kedelai dari Amerika.

"Itu bagus daripada kita tergantung sama kedelai Amerika, daripada dipermainkan Amerika terus," ucap Azam ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, Rabu (12/3).

Menurutnya, impor kedelai dari Ethiopia merupakan peluang untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pasokan dalam negeri hingga saat ini masih belum mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Mencari peluang peluang asal kedelai memenuhi standar, barangkali kedelai Ethiopia bagus. Ini kan diizinkan pemerintah untuk pengrajin tahu dan tempe dan kita," katanya.

Meski begitu Azam juga meminta Kementerian Perdagangan untuk mengecek ulang kualitas kedelai dari Ethiopia. Jangan sampai kualitas kedelai tersebut berada di bawah standar yang ada.

"Lebih bagus dan kompetitif sebenarnya tapi asal importir dan kedelainya bagus. Ini perlu dicek lagi," tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengaku kaget dan tidak percaya jika Indonesia mengimpor kedelai dari negara miskin Ethiopia. Bayu mengaku sudah melihat data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS). Namun tidak secara detail.

"Ah masa, saya kaget sekali. Enggak mungkin. Masa iya sih," ucap Bayu kaget ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (12/3).

Bayu berjanji segera mengecek kebenaran data yang dilansir BPS. "Nanti saya cek lagi," tambah Bayu.

Impor kedelai dari Ethiopia sudah terjadi sejak tahun lalu. Pada periode Januari-Desember 2013, jumlah kedelai yang diimpor Indonesia dari Ethiopia dengan nilai USD 2,6 juta. Impor kedelai dari Ethiopia berlanjut tahun ini.

Dikutip dari data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) impor kedelai selama Januari 2014 mencapai USD 86 juta dengan volume mencapai 149.000 ton. Kedelai yang datang dari Ethiopia pada Januari 2014 mencapai 694 ton dengan nilai USD 347.000.

Impor kedelai tidak hanya datang dari negara tersebut. Indonesia juga masuk daftar langganan kedelai dari Amerika Serikat. Amerika merupakan negara pengekspor kedelai terbesar ke Indonesia. Nilai impor kedelai dari Negeri Paman Sam tersebut mencapai USD 84 juta dengan volume impornya mencapai 146.000 ton.

Selanjutnya Indonesia mengimpor kedelai dari Ukraina. Impor dari negara yang sedang mengalami gejolak politik tersebut volumenya mencapai 1,5 juta ton dengan nilai impor mencapai USD 783.000.

Indonesia juga mendatangkan kedelai dari Malaysia. Volume impor dari Malaysia tersebut mencapai 1,1 juta ton dengan nilai USD 759.000.


http://www.merdeka.com/uang/daripada...-ethiopia.html

Mau dari USA atau Etiophia, lebih baik tidak usah impor. Asal pemerintah punya niat, Indonesia bisa menjadi salah satu eksportir kedelai terbesar di dunia. Mengapa pemerintah lebih suka impor? Heran deh. emoticon-Mad (S)
ahh elah ts kaya kagak tau kelakuan binatang super dongo bin goblok macam dhewan keparat satu ini emoticon-Ngakak










-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
seharusnya beli aje tuuh kedelai asal tani kebumen,.... emoticon-Bingung (S)

tapi sih katanya kedelai asli indonesia itu tidak bagus kualitasnya gan, makanya para pengusaha tempe dan tahu di indonesia menggunakan kedelai import katanye lebih bagus...

sebenarnya ini bisa disiasati dengan kemajuan teknologi IPB niih,, emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By jojoeinstein

seharusnya beli aje tuuh kedelai asal tani kebumen,.... emoticon-Bingung (S)

tapi sih katanya kedelai asli indonesia itu tidak bagus kualitasnya gan, makanya para pengusaha tempe dan tahu di indonesia menggunakan kedelai import katanye lebih bagus...

sebenarnya ini bisa disiasati dengan kemajuan teknologi IPB niih,, emoticon-Matabelo


siapa bilang kedelai lokal lebih jelek?

kedelai impor menang ukuran doang

justru kedelai lokal patinya lebih banyak walau ukurannya lebih kecil sehingga tempe dan tahu yang berasal dari kedelai lokal rasanya lebih gurih

petani disini malas menanam kedelai karena harga beli yang dikeluarkan pemerintah terlalu rendah sehingga gak menguntungkan buat mereka....
Quote:Original Posted By jojoeinstein
ahh elah ts kaya kagak tau kelakuan binatang super dongo bin goblok macam dhewan keparat satu ini emoticon-Ngakak










-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
seharusnya beli aje tuuh kedelai asal tani kebumen,.... emoticon-Bingung (S)

tapi sih katanya kedelai asli indonesia itu tidak bagus kualitasnya gan, makanya para pengusaha tempe dan tahu di indonesia menggunakan kedelai import katanye lebih bagus...

sebenarnya ini bisa disiasati dengan kemajuan teknologi IPB niih,, emoticon-Matabelo


Kuat dugaan, kalau impor maka mereka pasti akan kecipratan fee yang nilainya tentu tidak sedikit.
mari kita simak sama sama gan... emoticon-Berduka (S)

youtube-thumbnail
Daripada dukung impor dari negara antah berantah mending dukung untuk produksi dalam negeri sendiri emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Mau dari USA atau Etiophia, lebih baik tidak usah impor. Asal pemerintah punya niat, Indonesia bisa menjadi salah satu eksportir kedelai terbesar di dunia. Mengapa pemerintah lebih suka impor? Heran deh.

bisa sih gan asal orang Indonesia tidak makan makanan yang mengandung kedelai emoticon-Ngakak

Lha jumlah rakyat Indonesia saja jauh lebih banyak daripada petani kedelai
Konon.... negeri kita ini subur... tapi kenapa jadi impor ya...

Peenah swasembada beras, swasembada pangan

Sekarang..... Sapi aja impor...

eeh maaf maksudnya kacang kedelai...
Quote:Original Posted By falseter


bisa sih gan asal orang Indonesia tidak makan makanan yang mengandung kedelai emoticon-Ngakak

Lha jumlah rakyat Indonesia saja jauh lebih banyak daripada petani kedelai


berarti kalo ga impor harus "lebih banyak" petani kedelai daripada penduduk kita?
ibarat kalo penduduk 250 juta berarti minim 150 juta lah orang yang bertani kedelai emoticon-Embarrassment
yah yang mau jadi petani kan juga semakin berkurang emoticon-Embarrassment

gak heran kalo stock lokal kurang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By falseter


bisa sih gan asal orang Indonesia tidak makan makanan yang mengandung kedelai emoticon-Ngakak

Lha jumlah rakyat Indonesia saja jauh lebih banyak daripada petani kedelai


Logika yang aneh emoticon-Nohope
itu anggota dehewan yg terlaknat ngarti ga sih apa yg dikoar koarin...

sebenarnya biaya impor jauh lebih besar daripada subsidi pupuk dan pestisida serta insektisida dan stabilisasi harga beli komoditi petani...

tapi yah gitu deh...
Bukannya mikir swasembada malah bangga dgn budaya konsumtif.
emoticon-Nohope

Ethiopia termasuk negara yg diperangi Al Shaabab, salah satu cabang Al Qaeda di Afrika Timur. Awas, nanti dirampok bajak2 laut Somalia!
emoticon-Big Grin
emang sih.. kedelai amrik kan ada gmonya.. ga sehat..

menurut gw impor ga masalah.. smua punya klbihan dan kkurangan.. ethiopia dan amrik jg kbutuhan minyak sawitnya mgkn dari indonesia.. emoticon-Big Grin
kalo di stop impor kedele bisa ngak makan tempe kita gan karena petani kedele kurang....
Mau dibangun sentra kedele di kalimantan ngak tau jadi apa ngak
karena tender import ada duidnyaaaa.. produk lokal mana ada duitnya.
Quote:Original Posted By japek


siapa bilang kedelai lokal lebih jelek?

kedelai impor menang ukuran doang

justru kedelai lokal patinya lebih banyak walau ukurannya lebih kecil sehingga tempe dan tahu yang berasal dari kedelai lokal rasanya lebih gurih

petani disini malas menanam kedelai karena harga beli yang dikeluarkan pemerintah terlalu rendah sehingga gak menguntungkan buat mereka....


Yoi, gan. emoticon-Cendol (S)

Kedele impor Amiriki itu persis kayak watak sebagian besar para pejabat dan anggota dewan yang menjabat saat ini.



Gede doank, isinya dikit!... emoticon-Najis

trus kpn kita gak tergantungnya?
Quote:Original Posted By Caverim


http://www.merdeka.com/uang/daripada...-ethiopia.html

Mau dari USA atau Etiophia, lebih baik tidak usah impor. Asal pemerintah punya niat, Indonesia bisa menjadi salah satu eksportir kedelai terbesar di dunia. Mengapa pemerintah lebih suka impor? Heran deh. emoticon-Mad (S)


Kalau impor kan ada yg kecipratan fee nya gan. emoticon-Malu (S)

Kalau memberdayakan petani lokal malah ga ada feenya, yg ada malah keluar duit. Begitulah kalau pemerintah isinya pejabat kongkalikong sama para pedagang dan pemburu rente. emoticon-Cape d... (S)
wah bahas pertanian lagi emoticon-Ngakak
nunggu mentri pertanian yang baru dah, kalo yang sekarang ga ketolong lagi emoticon-Ngakak