alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53210e25c3cb17437c8b4596/trit-sepi-akibat-klaim-natuna-oleh-tiongkok-tni-siap-gelar-pasukan
[Trit Sepi] Akibat klaim Natuna oleh Tiongkok, TNI siap gelar Pasukan
Satu lagi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diklaim asing. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah mengklaim wilayah perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ke dalam peta wilayah RRT.

Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara Tiongkok dan Filipina.

Masekal Pertama TNI Fahru Zaini menegaskan, akibat klaim terhadap perairan Natuna oleh Tiongkok, TNI siap gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah tersebut.

"Yang dilakukan oleh Tiongkok ini menyangkut zona wilayah NKRI. Untuk itu, kami datang ke Natuna ingin melihat secara nyata strategi komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini," tegas Fahru.

Dijelaskannya, Tiongkok telah menggambar peta sebagian perairan Natuna di wilayah Laut Tiongkok Selatan masuk ke peta wilayahnya dengan sembilan dash line atau garis terputus. Bahkan dalam paspor terbaru milik warga Tiongkok juga sudah dicantumkan.

"Sengketa ini akan berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna," ungkapnya.

Menurutnya, bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh Tiongkok, tetapi juga negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut Tiongkok Selatan seperti, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, serta Thaiwan.

"Namun Tiongkok tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka," ujarnya.

Dalam rangka terjaganya keutuhan NKRI, tegas dia, kebhinekaan kebangsaan di wilayah terdepan seperti Kabupaten Natuna perlu diperkokoh.

"Wilayah yang berada di perbatasan, seperti Kabupaten Natuna, persatuan dan kesatuan antarwarga maupun etnis, perlu diperkokoh. Persatuan antarwarga perlu dijunjung tinggi, ini dimaksudkan supaya tak mudah disusupi atau diadu domba oleh negara lain," ujarnya.

Ia mengatakan letak Indonesia sangat strategis, baik lautnya maupun udaranya. Setiap hari selalu ramai dilewati oleh kapal maupun pesawat negara lain.

"Dari letak yang bagus ini, bisa menjadi keuntungan, bahkan juga kerugian, itu tergantung kita dalam mengimpletasikannya dalam bernegara, NKRI adalah harga mati," tuturnya.

sumber: [url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2082353/klaim-natuna-oleh-tiongkok-tni-siap-gelar-pasukan#.UyEJC84WfIk[/url]

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah mengklaim wilayah perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ke dalam peta wilayah negeri Panda tersebut.

Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara Tiongkok dan Filipina.

"Sengketa ini akan berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna," kata Asisten Deputi I Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Bidang Dokrin Strategi Pertahanan, Masekal Pertama TNI Fahru Zaini saat berkunjung ke Natuna, Rabu (12/3).

Ia menjelaskan, Tiongkok telah menggambar peta sebagian perairan Natuna di wilayah Laut Tiongkok Selatan masuk ke peta wilayahnya dengan sembilan dash line atau garis terputus. Bahkan dalam paspor terbaru milik warga Tiongkok juga sudah dicantumkan.

"Yang dilakukan oleh Tiongkok ini menyangkut zona wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, kami datang ke Natuna ingin melihat secara nyata strategi komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini," jelasnya.

Menurut dia, bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh Tiongkok, tetapi juga negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut Tiongkok Selatan seperti, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, serta Thaiwan.

"Namun Tiongkok tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka," katanya.

http://www.beritasatu.com/politik/17...ah-natuna.html

Pict area yg di klaim China:
Spoiler for The Claim:

Post by rulixies di sf sebelah

Kedaulatan bangsa tidak diukur dari untung rugi rupiah. Pertahanan negara yang kuat adalah wajib bagi NKRI. Ancaman nyata udah didepan mata.

PS: komen yang bijak, no sara emoticon-army
Thanks to om kenyot10 emoticon-Angkat Beer
damai aja dah pasti ada solusinya, kasian nanti rakyat kecil klo beneran perang. emoticon-I Love Indonesia (S)
apa bedanya RRC sama RRT gan ? emoticon-Bingung (S)
Kok seenaknya ya negara tetangga?
Mentang2 ekonominya maju.
Oleh krn itu militer kita harus modern dan mumpuni.
Biar ga di bully asing.
NKRI harga mati emoticon-army:

banyak banget yang mau ngutil wilayah NKRI emoticon-Najis (S)
Quote:Original Posted By to0R
apa bedanya RRC sama RRT gan ? emoticon-Bingung (S)


RRC= China mailand (Beijing)

RRT= Taiwan

Jangan percaya ama yang namanya kawan/ sahabat, lengah sedikit bisa ditelikung dari belakang emoticon-army
JAUH amet kepulauan di riau sampe diklaim china emoticon-Bingung (S)
wajarnya sih rebutan sama vspore/malay
Mayan buat pamer KS kilo emoticon-Big Grin
yakin gelar pasukan gan?
sama oz aja disadap ga ngamuk2 tuh emoticon-Malu
ini China lho.......
kalo di kliam sama malaysia atau vietnam mungkin wajar karena pualau natuna deket dengan kedua negara itu .. tapi kalau di klaim sama chinamah kebangetan .. jaraaknya jauh gitu ........emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By grafuse2
Mendingan masuk ke china saja deh, sudah terbukti mereka lebih berkualitas daripada lokal.
Kalau ngikut china yakin nasibnya bakal kayak singapore, hongkong, taiwan, dll maju, modern n sejahtera.
Kalau milih lokal paling ya tetap primitif, miskin n terbelakang

emoticon-I Love Indonesia


ya udah lho pindah ajah sono ke main land, gw mah tetep orang indonesia
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By grafuse2
Mendingan masuk ke china saja deh, sudah terbukti mereka lebih berkualitas daripada lokal.
Kalau ngikut china yakin nasibnya bakal kayak singapore, hongkong, taiwan, dll maju, modern n sejahtera.
Kalau milih lokal paling ya tetap primitif, miskin n terbelakang

emoticon-I Love Indonesia

Ya orang orang kaya ente memang selalu ada dari zaman kompeni dulu


Quote:Original Posted By grafuse2
Mendingan masuk ke china saja deh, sudah terbukti mereka lebih berkualitas daripada lokal.
Kalau ngikut china yakin nasibnya bakal kayak singapore, hongkong, taiwan, dll maju, modern n sejahtera.
Kalau milih lokal paling ya tetap primitif, miskin n terbelakang

emoticon-I Love Indonesia


Taiwan masih berdiri sendiri belum gabung China mainland!!!!

Kalo situ mau gabung, ga usah ajak2!!!! emoticon-Mad:
Quote:Original Posted By ahok.btp
Mayan buat pamer KS kilo emoticon-Big Grin


Ga jadi beli kilonya
vs malay aja ciut, aplg sama china? emoticon-Ngacir
lah lah lah..RRT itu kalo gak slah taiwan bukan sih?? emoticon-Bingung (S)
bukan RRC setau gw..kok komen2 diatas pada nyalahin china sih..
gile sengketa dgn filipina makin melebar nih
Quote:Original Posted By gajoestamboenan


Ga jadi beli kilonya


anggap saja tidak jadi beli emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rheeanz


RRC= China mailand (Beijing)

RRT= Taiwan

Jangan percaya ama yang namanya kawan/ sahabat, lengah sedikit bisa ditelikung dari belakang emoticon-army


RRC/RRT itu sama-2 mainland

RRC = Republik Rakyat Cina
RRT = Republik Rakyat Tiongkok

Beda sebutan aja gan
Banyak bener yang mau klaim Indonesia.
Terlalu luas ya negaranya?
media inilah bikin bingung aja, main singkat singkat lagi, sempat salah crosscek bisa dikira TAIWAN yang ngeklaim

tolol juga media inilah..comemoticon-Nohope