alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532091591acb1743058b460b/berita-japek-3-tahun-lagi-jakarta-bebas-dari-perlintasan-sebidang
[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang
Quote:
Quote:

[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang
Ilustrasi: Boston Elevated Railway Company (Rare Specimen Stock Certificate) - 1920


Jakarta - Kementerian perhubungan telah mengkaji sistem transportasi kereta di Jakarta. Diharapkan dalam 3 hingga 5 tahun ke depan seluruh perlintasan sebidang akan melayang.

"Kereta api di perkotaan 3 sampai 5 tahun ke depan harus melayang. Khususnya di Jakarta, semuanya akan dibangun seperti di Gambir," ujar Wamenhub Bambang Susantono dalam kunjungan kerjanya ke Semarang, Rabu (12/3/2014).

Selain Jakarta, pihaknya juga mewacanakan kota-kota lain seperti Semarang, Surabaya dan Medan. Sedangkan di Jakarta sendiri pembangunan jalur rel kereta melayang sudah dimulai.

Quote:[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang
Gambar: Elevated train line in the Loop, downtown Chicago.


"Selama pembangunan, operasi akan tetap dilakukan. Kita telah memiliki cetak birunya di mana akan ada dua jalur di sisi rel sehingga selama pengerjaan transpotasi tersebut masih dapat berjalan," kata Bambang.

Bambang mengatakan pada tahap awal, pihaknya telah menganggarkan dana senilai Rp 700 miliar. "Pengerjaan sendiri akan dilakukan dari sisi timur dari Jatinegara ke Jakarta Utara, karena sepanjang jalur tersebut tidak akan memotong fly over," ungkapnya.

Quote:
[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang
Gambar: Kecelakaan di perlintasan sebidang beberapa waktu lalu.



http://news.detik.com/read/2014/03/1...?991104topnews


komen: seharusnya hal ini sudah dipikirkan pemerintah sejak dulu kala .. seperti kata Ign. Jonan (Dirut KAI), jika kebutuhan Kereta untuk Commuter bisa dipenuhi, maka ada kemungkinan palang perlintasan Kereta tidak akan terbuka karena banyaknya frekwensi Kereta yang lewat.

Jalur Kereta Perkotaan Harus "Elevated"

Quote:Jakarta - Kecelakaan Kereta Api Commuterline bernomor 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki milik Pertamina, Senin (9/12), bisa dihindari bila semua perlintasan kereta sudah dibangun elevated train atau jalur kereta layang.

Quote:[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang

Kecelakaan di pintu perlintasan kereta sudah sering terjadi sehingga tak ada alasan lagi, jalur kereta harus ditempatkan "elevated" alias di atas jalur jalan biasa.

Direktur Eksekutif The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Yoga Adiwinarto mengatakan, perlintasan sebidang sudah tak layak lagi dipertahankan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Sehingga tidak ada pilihan bila masih ingin mengoperasikan kereta di kota besar maka harus dibuat secara "elevated".

“Ini bergantung pada kemauan pemerintah dalam hal ini Dirjen Perkeretapian. Sesuai undang-undang, pembangunan jalur kereta adalah wewenang pemerintah pusat,” ujar Yoga di Jakarta, Selasa (10/12).

Jalan sebidang juga sangat mengganggu penambahan frekuensi kereta. Di saat headway atau jarak kedatangan antar kereta ditingkatkan, perlintasan sebidang menjadi permasalahan besar.

“Gimana mau menaikkan frekuensi perjalanan bila perlintasan sebidang banyak. Bisa-bisa kejadian seperti yang di Serpong kemarin bisa semakin sering terjadi,” katanya.

Menurutnya, banyak pihak yang terlibat dalam pengelolaan jalur kereta. PT KAI hanya berwenang operasional saja. Sementara jalur tanggungjawab pemerintah.

Quote:[Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang

Pemerintah daerah, kata Yoga, memiliki peran menutup perlintasan sebidang namun hal itu sulit dilakukan karena akan semakin membuat lalu lintas macet. Menutup perlintasan sebidang begitu saja tidak mudah karena akan berdampak pada kelancaran lalu lintas.

“Di kota-kota besar di dunia tak ada lagi perlintasan sebidang. Cuma di Indonesia yang ada. Anehnya pemerintah membiarkan situasi ini berlangusung terus-menerus,” ujarnya.

Akibat kecelakaan kemarin menyebabkan enam orang tewas yakni Betty (penumpang), Darman Prasetyo (masinis), Sofyan Hadi (Asisten masinis), Muh Subhi (teknisi) Rosa Elizabeth Kesauliya (penumpang), dan Alrisa Maghfira (penumpang).

Kecelakaan KRL Commuterline jurusan Serpong-Tanah Abang itu terjadi pada Senin (9/12) sekitar pukul 11.00 WIB. Kereta menabrak truk pembawa bahan bakar minyak jenis premium.
http://www.beritasatu.com/aktualitas...-elevated.html
emoticon-Traveller
inisiatif kemenhub ya, baguslah.. [Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang
Quote:Original Posted By .lex.divina
inisiatif kemenhub ya, baguslah.. [Berita Japek] 3 Tahun Lagi Jakarta Bebas dari Perlintasan Sebidang


Iyalah ... Baca beritanya gak? Yang mau dibangun itu rel kereta api yg melayang ... (elevated) .... Mana mungkin pemda yg bangun jalan kereta api emoticon-Big Grin
×