alexa-tracking

[Hadeuh..] China klaim wilayah Natuna

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5320886afcca17883b0000b4/hadeuh-china-klaim-wilayah-natuna
[Hadeuh..] China klaim wilayah Natuna
[Hadeuh..] China klaim wilayah Natuna


"Bukan wilayah negara Indonesia saja yang petakan oleh China, negara lain juga dipetakan. Namun China tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka."


Natuna, Kepri (ANTARA News) - Pemerintah Republik Rakyat China telah memasuk sebagian wilayah perairan laut Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau ke dalam peta wilayah mereka, kata Asisten Deputi I Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Bidang Dokrin Strategi Pertahanan, Masekal Pertama TNI Fahru Zaini.

"China telah mengklaim wilayah perairan Natuna sebagai wilayah laut mereka. Klaim sepihak ini terkait sengketa Kepulauan Spratly dan Paracel antara negara China dan Filipina. Sengketa ini, akan berdampak besar terhadap keamanan laut Natuna," ungkap Fahru Zaini saat berkunjung ke Natuna, Rabu.

Ia menjelaskan, China telah menggambar peta laut Natuna di Laut China Selatan masuk peta wilayahnya dengan 9 dash line atau garis terputus, bahkan dalam paspor terbaru milik warga China juga sudah di cantumkan.

"Yang dilakukan oleh China ini menyangkut zona wilayah NKRI. Untuk itu, kami datang ke Natuna ini ingin melihat secara nyata strategi dari komponen utama pertahanan NKRI, yaitu TNI, terutama dalam kemampuan, kekuatan dan gelar pasukan bila terjadi sesuatu di wilayah ini," jelasnya.

Menurut dia, bukan hanya wilayah Indonesia saja yang dipetakan oleh China tetapi juga wilayah negara lain yang berbatasan dengan perairan Laut China Selatan seperti, Vietnam, Malaysia, Brunai, Fhilipina serta Taiwan.

"Bukan wilayah negara Indonesia saja yang petakan oleh China, negara lain juga dipetakan. Namun China tidak mau berterus terang terhadap koordinat mana yang masuk wilayah mereka," katanya.

Itu sebabnya, lanjut Fahru, demi terjaganya keutuhan NKRI ini, kebhinekaan kebangsaan di wilayah terdepan seperti Kabupaten Natuna perlu diperkokoh.

"Wilayah yang berada di perbatasan, seperti Kabupaten Natuna, persatuan dan kesatuan antar warga maupun etnis, perlu diperkokoh. Persatuan antar warga perlu dijunjung tinggi, ini dimaksudkan supaya tak mudah disusupi atau diadu domba oleh negara lain," ujarnya.

Ia mengatakan, letak Indonesia sangat strategis, baik lautnya maupun udaranya. Setiap hari selalu ramai dilewati oleh kapal maupun pesawat negara lain yang dapat berdampak baik dan juga berdampak buruk.

"Dari letak yang bagus ini, bisa menjadi keuntungan, bahkan juga kerugian, itu tergantung kita dalam mengimpletasikannya dalam bernegara, NKRI adalah harga mati," tuturnya. (*)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2014


emoticon-Belo waduh menlen juga ngakuin Natuna.. emoticon-Mad (S)
natuna mana tuu emoticon-Bingung (S)
gw tahu kenapa tuh negara sukanya maen klaim wilayah sembarangan, karna peta yg digunakan peta kw kali........ emoticon-Big Grin
kaga apa-apa gan diklaim china. daripada diklaim malaysia, kan mending diklaim china?
waspada...china terkenal licik
dejavu kaya peristiwa PD.II dg jepang...
mentang2 tumbuh jd kuat, jd sok2an dah...
Quote:


yang diklaim itu perairan (laut) natuna .. mungkin terkait dengan sengketa Spartly island .. jika memang dikuasai China, ya pasti ZEE nya bebatasan langsung dengan ZEE Indonesia yang di kepulauan Natuna ..

makanya harusnya pulau2 terluar kita harusnya ditingkatkan Coast Patrol nya .. nelayan2 disana juga harus diberdayakan ... kalau bisa jangan lagi nelayan tradisional .. tapi udah pake kapal nelayan yagn bagus dengan teknologi .. dengan begitu, kehidupan nelayan di pulau2 terluar taraf hidupnya meningkat, kita tidak kehilangan ikan, pendapatan Negara dari pajak bertambah, sekaligus masyarkat yagn sejahtera menambah daya tahan pertahanan kita sebagai Negara baik di wilayah laut maupun darat ..
Quote:


cacat otak lu emoticon-Big Grin
Tenang kalo macam2 minta bntuan mamarika ya emoticon-Ngakak:
Hati hati kalo.ada bantuan luar negeri ngga ada yg namanya makan siang gratis
Quote:


[Hadeuh..] China klaim wilayah Natuna
Ngomongan opo toh WARTAWANnya ALAY niat nya gak benar ini
Quote:


Tdk berterus terang kok di artikan dgn ngeklaim ??? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:


Itu kerjaan wartawan alay nulis berita bray....hoax ini emoticon-Cape d... (S)
Quote:


guoblok, digoogle map kn ada atau pinjem atlas sono emoticon-Cape d... (S)

Quote:


otak loe dangkal
Quote:

Berita HOAX laknat di angkat lagi emoticon-Malu (S)
Quote:


Babu emoticon-Embarrassment
Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan I Wayan Midyo menyangkal jika Cina dikatakan mengakui Kepulauan Natuna secara langsung. “Sebenarnya Cina mengklaim Laut Cina Selatan sebagai wilayah teritorinya, termasuk sebagian perairan Indonesia di sekitar timur laut Kepulauan Natuna,” katanya ketika dihubungi INDOPETRO.



Ini kerjaan golongan pengadu BANGSA ini
Quote:


hoax nenek lu peang, udah sering sering cina melanggar batas wilayah RI karena jarang ada yang patroli dari pihak kita. otak lu upgrade dikit lah emoticon-Nohope
Diberitakan pada awal bulan Juli 2010 Angkatan Laut Cina mengadakan latihan pendaratan di dekat Pulau Natuna dengan menggunakan kapal pendarat kelas Yuyi, berikut sedikit kutipannya :

“The first week in July, Chinese media reported that China’s hull number 3320 landing craft air cushion satisfied gateway to islands in Indonesia (Natuna) near the drill.”

http://www.comhaha.com/blog/514816-c...-construction/

Bagi orang sipil seperti saya mungkin tampak sekedar latihan biasa yang dilakukan di laut internasional, tapi saya yakin bagi pihak militer berita tersebut harus diwaspadai dengan sungguh-sungguh, apakah mereka sedang bersiap-siap menginvasi Kepulauan Natuna, bagian tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ?

Terlepas dari berita itu adalah berita bohong atau benar, yang jelas angkatan laut cina sanggup dan mampu mengirimkan kapal pendarat berikut peralatan perang yang diangkutnya sampai ke Natuna, demi memenuhi ambisi yang tertuang dalam klaim sepihak cina atas perairan Natuna dimana perairan Natuna pernah dimasukkan dalam Peta Wilayah Cina, secara keseluruhn klaim negeri tirai bambu tersebut di seputaran laut cina selatan dapat dilihat dari laporan berikut ini :

“The disputed areas often involve oil and gas resources:

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Ngakak iyakan ini salah satu contoh yg otaknya sdh kena PROVOKASI!!! sdh gak pny otak di cekoki berita gini lgs manggut2 emoticon-Ngakak

baca ini tong :

Quote:


Lihat beritanya tahun brp 2010 benar?? ato BUTA??
Quote:


ya lu tau lah mbak siapa yang nyoba benturin rrc sama nkri.. apalagi rrc sama nkri lagi mesra2 nya nih...emoticon-Ngakak