alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53200a6c0d8b4629128b468f/waspada-capres-blusukan-fitra-sinyalir-penyusunan-apbn-demi-kepentingan-tertentu
(Waspada CAPRES Blusukan) FITRA Sinyalir Penyusunan APBN Demi Kepentingan Tertentu
FITRA Sinyalir Penyusunan APBN Demi Kepentingan Tertentu
11 Mar 2014 04:50
FITRA Sinyalir Penyusunan APBN Demi Kepentingan Tertentu

0
0
0

Ilustrasi: Demo APBN di Gedung DPR.
Politisi Terkait
Chairul Tanjung

Tidak ada aktifitas user.

JAKARTA, BIJAKS – Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) disinyalir hanya mementingkan kepentingan politik tertentu yang diusung dan dibawa anggota DPR tertentu ketimbang memperhatikan kemakmuran dan kesejahteraan warga.

Hal itu dipaparkan Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (10/3). “Dalam praktiknya, APBN lebih banyak dipenuhi oleh kepentingan politik ketimbang memperhatikan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” beber Yenny.

Dalam penyusunan APBN tersebut, ia mensinyalir terdapat koreksi Fitra terkait kinerja DPR selama menjalankan fungi bujeting dan membuat kebijakan APBN.

Pertama, DPR dinilai diam dan menyetujui kebijakan anggaran belanja yang tidak berpihak pada rakyat. Dewan tidak maksimal dalam melaksanakan fungsi budgetingnya karena meyetujui APBN sebagai produk kebijakan anggaran belanja yang tidak bersentuhan dengan rakyat kecuali sebatas orientasi pada pertumbuhan ekonomi saja.

Kedua, DPR dinilai tidak menggunakan fungsi budgetingnya untuk mensejahterakan rakyat. Akibatnya terjadi ketimpangan alokasi dalam APBN seperti anggaran kesehatan berkisar 2 persen dari APBN, sektor pertanian hanya berkisar 3-4 persen dari APBN, infrastruktur hanya berkisar 10 persen sedangkan untuk cicilan dan bunga utang mencapai 20 persen.

“Padahal kesehatan merupakan hak konstitusional rakyat yang harus diperjuangkan oleh DPR,” ungkapnya.

Sebelumnya, penyusunan APBN menurut Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung masih berorientasi proyek, bukan pada prioritas. Malahan, DPR di Senayan sangat menikmati sistem APBN yang berbasis proyek.

“APBN kita berproyeksi proyek bukan pada prioritas,” terang Chairul Tanjung beberapa waktu lalu.

Bos Trans Corp itu menyebutkan, mestinya APBN disusun berdasarkan tujuan (prioritas). Ia juga mengkritik pihak DPR yang terlalu nyaman dengan penyusunan APBN yang berbasis proyek. (am/ho/dc)

http://www.bijaks.net/news/article/9...ingan-tertentu


Wakakkakk ...kalau Presidennya yang doyan blusukan, APBN pasti Melesat meningkat terutama operasional Pengawalan Browemoticon-Matabelo