alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531fbf3d17cb17eb698b46a5/kpu-suara-tetap-sah-walau-dicoblos-berkali-kali
KPU: Suara Tetap Sah Walau Dicoblos Berkali-kali
REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL--Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan suara sah meski terdapat tanda coblosan berkali-kali, asalkan berada di satu kotak partai politik atau nama calon anggota legislatif pada kertas suara Pemilu 2014.

"Pada intinya suara dihitung sah apabila tanda coblosan di setiap kotak partai politik (parpol) atau kotak nama caleg dalam surat suara, berapa pun coblosannya," kata Ketua KPU) Bantul Muhammad Johan Komara, Rabu.

Sedangkan suara sah tersebut, kata dia akan masuk ke perolehan suara parpol atau caleg tergantung tanda coblosan pemilih itu terletak di mana dalam kertas suara yang disediakan saat pemungutan suara pada Pemilu 9 April mendatang.

"Suara sah akan dihitung satu untuk parpol atau caleg, jadi perhitungannya apakah secara spesifik merujuk ke perolehan parpol atau tidak melihat tanda coblosan berkali-kali itu di setiap kotak itu di mana," kata Johan.

Menurut dia, penentuan kriteria suara sah pada Pemilu mendatang ini belum diatur dalam Pemilu 2009, sehingga pada pemilu sebelumnya jika terdapat lebih dari satu tanda coblosan maka surat suara dianggap rusak dan dinyatakan tidak sah.

Selain itu, kata dia jika terdapat lebih dari satu coblosan yakni pada kotak parpol dan nama caleg dari partai itu, maka suara sah masuk ke caleg, begitu juga coblosan pada dua kotak nama caleg dalam satu parpol, maka suara sah masuk parpol.

"Kami sudah menyosialisasikan ke masyarakat terkait penandaan coblosan untuk Pemilu 2014, namun KPU tetap menganjurkan agar pemilih menyoblos satu kali saja, karena itu sudah dianggap sah," katanya.

Sementara itu, kata dia kriteria suara tidak sah apabila surat suara terdapat tanda coblosan di luar kotak parpol atau terdapat lebih dari satu coblosan pada dua parpol berbeda dan atau dua kolom nama caleg yang diusung dari partai peserta pemilu yang berbeda.

"Makanya akan lebih baik jika dicoblos sekali saja, dan jangan menggunakan alat coblos selain yang disiapkan tempat pemungutan suara (TPS), misalnya karena terlalu mantap maka coblos dengan rokok, padahal tanda coblosan bisa merusak surat suara," katanya.

Menurut dia, aturan untuk menentukan kriteria suara sah pada Pemilu 2014 yang ditetapkan KPU ini bertujuan untuk meminimalisir suara tidak sah, mengingat suara yang tidak sah pada penghitungan suara Pemilu 2009 secara nasional angkanya sebesar 14 persen.


http://www.republika.co.id/berita/na...os-berkalikali
jadi musti coblos SEMUA partai biar terwakili emoticon-Ngakak
bah itu mah sama juga emoticon-Shutup



















bukti kwitansi nantinya emoticon-Ngacir
nanti ane coblos berkali2 di semua tempat deh emoticon-Big Grin
Kalo bukan muh'rim..tetep ajah kagak sah......emoticon-Ngacir
klo gitu ane coblos semua partai dan di robek dikit biar afdol emoticon-Ngakak
biar suara ane adil, ane coblos semua deh pas pileg emoticon-Cool
saran ane saat pileg, coblos aja smua gan, dr pd kosong surat suara nti dimamfaatkan org2 yg ga tgg jwbemoticon-Big Grin

kecuali pilpres ganemoticon-Big Grin

sesuai kata ati ajaemoticon-Smilie
wah cocok nih untuk para psikopat
untuk pelampiasan emosi, karena dipaksa gak kerja hanya untuk nyoblos (padahal kerja harian, kalo gak kerja gak dibayar)
kalo perlu abis dicoblos sampe kayak saringan, abis itu disobek sobek trus dibakar !
puas!
emoticon-Ngakak
KPU: Suara Tetap Sah Walau Dicoblos Berkali-kali
coblos sampai gambar partainy hilang gan..
Quote:Original Posted By the fan
KPU: Suara Tetap Sah Walau Dicoblos Berkali-kali


Itu Sih Sobek Dan Bolong Semua Gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By the fan
KPU: Suara Tetap Sah Walau Dicoblos Berkali-kali


emoticon-Matabelo
Itu di coblos apa ditusbol?
jangan dibuka lipatan kertas suaranya
==============================
LANGSUNG COBLOS..........!!!! berkali-kali
Biar lebih dramatis, coblosnya disundut pake rokok, berkali2
coblos pake linggis
Quote:Original Posted By hencetbaseh
Kalo bukan muh'rim..tetep ajah kagak sah......emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-NgakakBetul
Kalau bini sah mah di coblos berkali-kali gpp
Kan KPU sah ya....??


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kayak cabe cabean dong...bisa dicoblos berkali kali emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By hencetbaseh
Kalo bukan muh'rim..tetep ajah kagak sah......emoticon-Ngacir


harus akad dulu dong didepan panitia dan saksi emoticon-Ngakak
buset sampe robek begitu masih aja sah suaranyaemoticon-Ngakak kalo di robek2 gmn ja apakan boleh biar sekalian golput,,