alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531fbcbf80cf173863000106/mui-desak-pemerintah-ratifikasi-fatwa-soal-rokok
MUI Desak Pemerintah Ratifikasi Fatwa Soal Rokok
SUMBER

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) atau Konvensi Internasional untuk Pengendalian Tembakau.

Pasalnya, MUI telah menetapkan fatwa mengenai hal ihwal rokok dalam muktamar alim u'lama di Padang Panjang, pada 2009, dengan status hukum: "Khilaf baina Makruh wal Haram" atau "Hukum merokok adalah makruh dan haram karena perbedaan pendapat diantara para ulama".

Informasi ini disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain, saat dihubungi Republika pada Selasa petang (11/3).

"Dalam muktamar alim ulama itu, 87 persen menyatakan merokok itu haram, sedangkan 13 persen ulama lainnya mengatakan makruh. Jadi Hukum merokok sudah jelas, yakni makruh dan haram," tegas Tengku Zulkarnain.

Berdasarkan muktamar alim u'lama se-dunia tahun 2008 yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, lanjut Tengku Zulkarnain, sudah diputuskan hukum merokok itu haram.

Jadi pemerintah harus segera meratifikasi FCTC, tutur Tengku Zulkarnain, untuk mengendalikan distribusi tembakau di Indonesia. Namun dengan catatan, pemerintah harus menyediakan pekerjaan pengganti bagi para petani dan buruh tembakau di Indonesia.

"Saran saya, pemerintah memfasilitasi para petani dan buruh tembakau untuk segera beralih menanam buah-buahan yang selama ini diimpor dari luar negeri," tegas Tengku Zulkarnain.

Saat ini, lanjut Tengku Zulkarnain, 90 persen buah-buahan di Indonesia merupakan impor dari negara lain. Situasi ini menjadi peluang besar bagi para petani tembakau untuk beralih menanam buah-buahan impor di Indonesia.

Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), lanjut Tengku Zulkarnain, selalu terlambat dalam merespons berbagai permasalahan di negeri ini.

Mulai masalah Jilbab Polisi Republik Indonesia (POLRI), lalu Rancangan Undang-Undang (RUU) Jaminan Produk Halal (JPH) dan sekarang FCTC, terang Tengku, semuanya selalu direspon terlambat oleh Presiden SBY dan jajaran kabinetnya.

Komen TS:
Ini gara2 dipimpin Din kali ya langsung bikin gebrakan gini?
soal ngerokok sih gw terserah pelakunya,yg penting jgn ngerokok di tempat umum,atau deket perempuan dan anak2
apa maksudnya MUI pakai desak-desak pemerintah buat ratifikasi segala emoticon-Bingung (S) wong di internal MUI aja masih rancu,masa bisa ada ijtihad setengah-setengah emoticon-Hammer2
Seorang muslim sejati itu, jangankan mengkonsumsi barang haram, barang yg syubhat pun ditinggalkan. Rokok selalu berada dalam status kontroversi, maka seorang muslim yang hati2 akan menghindarinya dan menganggap itu sebagai barang syubhat CMIIW
Quote:Original Posted By i_am_FRoM
apa maksudnya MUI pakai desak-desak pemerintah buat ratifikasi segala emoticon-Bingung (S) wong di internal MUI aja masih rancu,masa bisa ada ijtihad setengah-setengah emoticon-Hammer2


di berita sih katanya udah ada fatwa thn 2009 bro
yg jelas kl diratifikasi,dan keluar fatwa haram dan diikuti,bisa2 bos rokok keluar dr list orang terkaya di indo
Kenapa Islam jd ribet banget ya gara2 ada ormas MUI?

Rokok dari jaman baheula itu udah ada baru sekarang mau difatwakan haram.

Kemarin fatwa air mineral dijadiin haram.

emoticon-Najis
Quote:Original Posted By simeoneinter
Kenapa Islam jd ribet banget ya gara2 ada ormas MUI?

Rokok dari jaman baheula itu udah ada baru sekarang mau difatwakan haram.

Kemarin fatwa air mineral dijadiin haram.

emoticon-Najis


Ane Islam, ane gak ribet gara2 MUI gan emoticon-Big Grin

Tinggal lihat aja fatwanya, masuk akal gak. Kalo masuk akal pake, kalo gak tinggalkan. Simpel, ribet apaan? emoticon-Big Grin

Cuma majelis pemeberi saran kok. Saran ya, bukan tuntutan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By simeoneinter
Kenapa Islam jd ribet banget ya gara2 ada ormas MUI?

Rokok dari jaman baheula itu udah ada baru sekarang mau difatwakan haram.

Kemarin fatwa air mineral dijadiin haram.

emoticon-Najis


fatwa rokok thn 2009
yg air kemasan bukan fatwa bro,pendapat ketua mui doang
Masak dosa kok manusia eh LSM yang menentukan? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By autoband
Seorang muslim sejati itu, jangankan mengkonsumsi barang haram, barang yg syubhat pun ditinggalkan. Rokok selalu berada dalam status kontroversi, maka seorang muslim yang hati2 akan menghindarinya dan menganggap itu sebagai barang syubhat CMIIW


hehe di akar rumput sampe ada perdebatan apakah merokok saat puasa itu batal apa ngga,kalo udah kecanduan gitu susah lepasnya
Quote:Original Posted By perusuhjalanan
komentar MUI sudah spot on kok !
negara lain sudah pada meratifikasi UU tembakau. di Indonesia saja yang belum
apa masih terus mau rakyat miskinnya kejebak dalama lingkaran kemiskinan ?


bbrp orang terkaya di indo bos rokok,maklum aja pasarnya luas banget,regulasi,cukai dll-nya santai
wah ga lama gula juga haram nih .... karna gula mengakibatkan penyakit gula ..... btw eman buah impor gampang di tanam pemerintah sendiri ga pro sama petani kayanya
Quote:Original Posted By lowo.tenggeng
wah ga lama gula juga haram nih .... karna gula mengakibatkan penyakit gula ..... btw eman buah impor gampang di tanam pemerintah sendiri ga pro sama petani kayanya


air juga kalo minum se toren bisa mematikan bro,hehe
soal rokok sih mnrt gw diperketat lah regulasinya,naikin cukainya,duitnya kan bisa buat pembangunan
soal buah import,sebetulnya sih indonesia kan tanahnya subur,jd bisa kok tanem buah2an yg skg msh import,masalahnya pemerintah ga dukung petani dan lbh suka import krn bisa ikutan main
thn 70an thailand dan filipina belajar ke ipb,skg hasil pertanian dan buah2an mrk bisa dieksport
kita?tiap musim rambutan,mangga aja kualitas makin menurun,kuantitas juga
Yang ngehalalin rokok siapa ya..

Anak kecil, manula ama perempuan juga halal gak..

MUI benar-benar tidak konsisten. Kemarin bilang soal fatwa halal adalah domain ulama (MUI), sekarang soal fatwa rokok malah diserahkan ke pemerintah (mungkin karena bagi Muhammadiyah rokok adalah haram, sementara bagi NU tidak).
korbannya petani tembakau lagi?

petani diminta pindah tanam buah impor?



pengen tau gw kl emank dah jalan ky gimana...karena ini bener lagi ngmng lapangan pekerjaan ratusan orang
Aku gak ngoros....pokok e ngebul emoticon-Cool
Quote:Original Posted By Caverim
MUI benar-benar tidak konsisten. Kemarin bilang soal fatwa halal adalah domain ulama (MUI), sekarang soal fatwa rokok malah diserahkan ke pemerintah (mungkin karena bagi Muhammadiyah rokok adalah haram, sementara bagi NU tidak).


emang di beritanya bilang gitu gan? emoticon-Bingung (S)
rokok haram bikin rusak generasi muda aja
ane kira ts berkata bijak..
boleh rokok tp wajib jauh dr anak2, wanita n bpk2 yg gak rokok...
haha
Quote:Original Posted By bati82
ane kira ts berkata bijak..
boleh rokok tp wajib jauh dr anak2, wanita n bpk2 yg gak rokok...
haha


perokok di-ghetto-kan saja dalam kawasan ruang tertutup, soalnya asapnya tidak hanya membahayakan manusia, kucing pun yg terpapar bisa membuat mutasi genetik
×